Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by newrubble »

sy malah harap.lima thn dr skrg harga mazda yg current lineups hanya sdikit lbh mahal drpd besi kiloan krn dg bgt org org kampung sempit bisa beli bgini ...spt mrk mrk di kampong ayer (kampung air) byk punya jdm cars yg tdk bgt tua umur produksi
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Kaptenslow »

newrubble wrote:sy malah harap.lima thn dr skrg harga mazda yg current lineups hanya sdikit lbh mahal drpd besi kiloan krn dg bgt org org kampung sempit bisa beli bgini ...spt mrk mrk di kampong ayer (kampung air) byk punya jdm cars yg tdk bgt tua umur produksi

Agak miris.. Tp saya setuju deh om nr... Dengan begitu, masda bisa memberikan enough competition buat brand yg sudah ada, dan eventually spareparts nya akan bertebaran dimana-mana.... :mky_02:
:mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by ChZ »

marzoochi wrote:di Frankfurt Auto 2015 udah dikenalin desain Koeru - calon CX-5 di masa mendatang....

bisa kasih usulan kali biar kaki kaki nya diperkuat buat Asian Market....


Image

The Mazda Koeru concept will make its debut at the Frankfurt motor show. It’s billed as a new crossover SUV concept, which could possibly preview a sportier CX-5 for the near future.

Said concept rides on a 2,700 mm wheelbase, which matches that of the CX-5. It’s also 4,600 mm long, 1,900 mm wide and 1,500 mm tall, compared to the CX-5’s 4,555 mm, 1,840 mm and 1,670 mm respectively.

Bodinya juga melar jadi lebih lebar dan tinggi.
Sorry OOT... tapi desainnya Mazda kok jadi gak kereatip gini ya sejak Skyactiv generation... Okelah itu moncong itu identity merek, tapi BMW bisa koq bertahun-tahun dengan signature double kidney grille bikin desain yang kreatip. VW yang katanya desainnya boring aja masih lebih kereatip, itu liat gambar Tiguan di kamar sebelah beda banget khan sama present Tiguan.

Keren sih, tapi lambat laun orang akan cepet bosen karena mirip-mirip semua :big_bored:

Just IMO.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Turboman »

Check ke pemain spare parts alternative

Brake pad terkenal merek inital "B" ada ready utk Mazda....tapi hanya utk M2

Ane udah sarankan utk sediakan juga utk CX-5 / Biantik

Juga V belt dari merek inital "C" (German), udah ane sarankan juga sediakan utk mesin CX-5 / Biantik / M2
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by kompresorz »

Turboman wrote:
Di luar faktor image, disetir dan nyamannya juga menang F30 kemana2

Iya buat parts BM dan MB mah enak dahhh....apalagi bbrp produsen parts nya udah punya reps office di sini, dan bbrp lagi dipegang oleh grup kuat spt Sumber Berkat, belum lagi importir2 parts independent

Asiknya lagi yg seri2 khusus spt CLS or M series juga banyak sharing parts dgn sodara2 nya yg type2 biasa.........jadi sebagian tetap mudah dan affordable
:mky_02:

M6 itu mobil aneh kalo buat saya pribadi, sedan saloon kesannya utk comfort tapi bantingan agak kaku, trus suara mesin juga agak ngaung.......saya dulu TD 1 putaran lgs balik lagi.....nggak impress sama sekali

Dibanding F30 mah huuuuuuuuuuuu.........jauuhhhhhhhh lebih impress F30 kemana2 buat saya mahhhh........ Ga tahu ya kalo buat org lain
:mrgreen:
ya betul mod 74,anugrah biasa join impor part...


ooo gitu modd...kan itu sky...saya pikir acord tidak ada yg patut di unggulkan...pokoknya terbaiklah yg itu...

saya ingat kejadian lucu waktu jual accord CR januari kmrn..ditawari mazda...saya bilang acord aja jualnya jatuh bnyk...apalg itu...kadang bukan soal mikir RV tp ketika kita mau jual susah jg pusing...dipelihara lama2 buat apa...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Turboman »

Nah itu dia

Kalo saat mau dijual trus dah pasang iklan nggak ada yg telpon atau ada yg nawar tapi jauh di bawah......sebel banget

Mau dijual ke showroom juga ditawarnya lebih sadis lagi

Kalo udah begitu, kenyaman yg kita rasakan selama punya mobil tsb lgs sirna dah
:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by newrubble »

atau pakai system spt alm ayah sy ...beli ...tdk usah fikir resale value ...bosan masuk gudang (pisahkan engine part by part ada dlm greased plastic bag) jack every wheel up ....beli brandnew lg n bgt seterusnya

wkt mati ...kel akan perlu wkt tahunan u jual 1 per 1 (alm kakek sy/ mertua dia juga punya habit sama)
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by egibaio »

Jadi inget kemarin melihara mazda2 S M/T. Awal awal rasanya indah, handling lincah, gearbox manual almost perfect, engine hi rev dengan light flywheel, fitur lengkap, dll. Tapi nikmatnya mobil itu lambat laun mulai ilang juga karena pelayanan aftersales mazda di bandung tuh waduh kurang deh (ane biasa pake honda dr dulu). Steering rack gladak gluduk lama bgt datangnya, udah diganti 2 taun kemudian muncul lg tuh suara pas garansi abis.

Ane inget dulu pas garansi mau abis ane minta cek semua masalah karena ane tau nih mobil kaki-kakinya agak ga beres. Beres bilang ga ada masalah. Pas garansi abis baru lah itu bermunculan disuruh ganti ini itu, shock breaker, engine mounting, bearing jg kena. Masalahnya adalah harga sparepart mazda ini tinggi, busi 500rb SATU BUAH di beres, Bearing 2,1jt, mounting 2,25jt, kopling set 4.5jt. Dengernya aja ane mau muntah dah beneran. Untungnya engine mounting nemu tuh yg ga bermerek di jalan ABC bandung 800rb ga jebol sampe itu mobil laku dijual dan barang itu bener bener cuma ada satu satunya disitu waktu itu.

Ngejual mobil ini bekas susahnya bukan main. Jual ke pedege ditawar murah seharga picanto 1.2, jual di olx lama bgt lakunya itu jg ditawar lg. Bingung pake mobil ini tuh dirawat mahal dijual jatuh bgt. Ane rugi besar pakai mobil ini meski saat dipake sih ya enak bgt mobilnya.

Sayang banget mazda, mobilnya enak tapi harga spare part illogical dan aftersales kurang bagus jadi begini. Ane mungkin akan beli mazda di masa depan seperti CX 5 atau Mazda 6 kalau di bandung udah nambah lagi dealer at least sebiji yang besar. Karena kalau servis tuh nunggunya lama bgt dan ga memuaskan (anak SMK lg praktek kadang2 yg ngerjain) dan mahalnya ngalahin honda. Maaf OOT hehehe
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by alvin23 »

yup Mazda emang biaya servisnya lebih mahal dibanding merk Jepang lain.... termasuk biaya JASAnya wkwk
entah karna positioning brand dia premium apa gimana hahaha

tapi pengalaman ane kalo di Mazda Serpong sih oke ga kayak pengalaman oom, masalah cuma di kantong dompet ajah -__-
Rocky R ADS CVT 2021
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by egibaio »

alvin23 wrote:yup Mazda emang biaya servisnya lebih mahal dibanding merk Jepang lain.... termasuk biaya JASAnya wkwk
entah karna positioning brand dia premium apa gimana hahaha

tapi pengalaman ane kalo di Mazda Serpong sih oke ga kayak pengalaman oom, masalah cuma di kantong dompet ajah -__-
Positioning mazda ini menurut ane kurang tepat sih. Brand premium tapi experiencenya mirip dgn brand jepang lainnya sih ya gimana :big_dunno: dan memang image mazda di indonesia ane rasa cuma seperti lawan dari honda aja (brand jepang yang agak mahal sedikit) meski nampaknya akhir2 ini honda nampaknya melemahkan imagenya sendiri dengan meluncurkan produk2 yg kurang sedap dipandang dan diraba macem brio, mobilio, dan brv

Biaya jasanya emang sinting, bisa nyaris nyentuh sejuta untuk servis yg agak besar seperti 50rb km. Servis terakhir bapak ane yg bawa tuh mobil, ngomel2 minta diskon eh dikasih jg wkwkwk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Turboman »

Susah mmg buat pabrikan yg fundingnya pas2-an gini, supply chain mereka gak sehebat para giants

Good newsnya, next BT 50 rumornya akan share platform with Revo......dan no longer with Ranger again katanya

Mudah2 an ke depannya akan byk model mrk share platform dan komponen with Toyota semisal :
CX5 -RAV4
M2 - Yaris
M6 - Camry

Platform sama tapi model dibedakan, komponen vital byk sharing

Kalo byk komponen sama ama Toyota sih aman damai dah.....
* Bukan ajakan Beli *
ipasha96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Oct 16, 2008 3:34

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by ipasha96 »

daftar wrote:
Schweppes wrote:
daftar wrote:M6 kan banyak juga dipake buaat PJR polisi ya, harusnya sparepart bisa gampang
Bukan berarti jadi mobil PJR terus banyak spareparts-nya om. Temen saya yang dines di PJR itu kalau boleh milih prefer pakai Toyota aja seperti Vios karena sparepartnya melimpah dan banyak bengkel yang bisa benerin. Mazda ama Ford ampun deh katanya, udah spareparts susah dan harganya mahal, apalagi kalau atasannya pelit, udah pasti pakai metode kanibal deh.
nah iya om, saya juga heran kenapa mobil2 polisi ini kok banyak yang ambil mobil gak umum, beda sama instansi pemerintah. Mulai dari mazda6, ford focus, Kia. Apa maunya memang beda ya? beda sama instansi pemerintahan yg biasanya ambil mobil toyota, daihatsu kalo nggak mitsubishi. apalagi kalo duit maintenence pelit, apa nggak cepet jadi bangkai tuh :big_dunno:
Ya kalo pakai pola pikir bisnis sih..sebenarnya Polisi di Indonesia cukup dikasih mobil patroli sekelas Vios..harga lebih murah, sparepart + bengkel dimana-mana. Lagian jarang lihat mobil patroli polisi di Indonesia kebut-kebutan ngejar penjahat..dan penjahat di Indonesia juga masih sekelas pakai Avanza, masa sih nggak bisa kekejar sama Vios :wkkk:

Kalau lihat M6 PJR di tol kadang bawaannya senang sama sedih, senang karena bisa banggain polisi Indonesia pakai mobil patroli bagus, miris kalo bayangin mobil sebagus itu nggak dirawat dengan baik sama polisi :big_blushing: Di salah satu bengkel dekat rumah gw, ada kali tuh 12 buah mobil patroli polisi..campur-campur antara Ford Focus sama double cab Ford Ranger pada teronggok kondisi rusak parah nggak bisa jalan, padahal usia pakainya baru sekitar 6 tahunan :big_smoking:
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Shonen »

Kesannya mobilnya rada cengeng ya merk m ini... Temen g jg ada punya m2 dan ngeluh jg rattling lah interiornya problemnya mirip2 sama om egibaio... Kakinya gak begitu kuat klo kata mekaniknya si m ini kata temen g paa lagi servis..mana piaranya jg mahal dibanding temen2 sekelasnya yang lebih tahan banting... Biar kata mobil enak klo rusak ini itu. Piara mahal pasti bakalan runtuh lah yang tadinya suka malah sebel krn rempong... G kmaren jg liat di forum sebelah mod chz dibully di forum tsb...heran aja ga dibayar bukan duta tp dibela abis2an model salah satu mbl tsb...lucu bgt...ya intinya sih jgn sampe kita sebagai pemilik malah di rempongin sama barang yang jelas2 kita beli untuk menyenangkan kita...trus ada jg yg bilang klo merk m jgn mikirin rv terus..well klo mnrt g sapa sih yg mau mblnya misal beli 300jt ditawar org cuman 110jeti apa ga nyesek..kecuali duit ente kaya aer mengalir yang which is ga mungkin klo duit mengalir masih pake boil harga 300jetian...*no offence buat pemakai dan pemilik merk m cuman sering mendengarkan keluhan bbrp pemilik merk m*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Turboman »

Meminjam istilah om NR

Rationalism dan Realisme ajah.......ga ada gunanya rasa "Nasionalisme" merek tertentu.....

Mungkin buat orang yg income nya per bulan USD 20.000 beli mobil 400 jt yg RV nya ancur andai mobil tsb benar2 ga ada nilainya toh ketutup dgn kerja 2 bulan aja......tinggal hibahin aja tu bangke mobilnya.......hehe

Tapi ada temen ane yg dapet dari bunga bank aja sebulan bisa SGD 25.000 .......doi juga ga pernah beli merek M ini.........gonta ganti aja antara MB / Mini cooper / JEEP / Cayenne / navara / LC 200 / PJS / Ranger 3.2....pake 3 - 6 bulan....selalu mobil2 tsb dapat dijual lagi dgn sgt mudah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by alvin23 »

Turboman wrote:Susah mmg buat pabrikan yg fundingnya pas2-an gini, supply chain mereka gak sehebat para giants

Good newsnya, next BT 50 rumornya akan share platform with Revo......dan no longer with Ranger again katanya

Mudah2 an ke depannya akan byk model mrk share platform dan komponen with Toyota semisal :
CX5 -RAV4
M2 - Yaris
M6 - Camry

Platform sama tapi model dibedakan, komponen vital byk sharing

Kalo byk komponen sama ama Toyota sih aman damai dah.....
kalo harga beda tipis fitur sama mah ane beli yang Toyotanya sekalian dah wkwk
rata2 tetep aja biasanya produk induknya yang menang (ford fiesta, escape, ertiga dll.)

kecuali xenia avanza tetep avanza seh :big_biglaugh: , tapi yang sekarang kan denger2 banyak ambil dari toyota teknologinya
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by alvin23 »

Shonen wrote:Kesannya mobilnya rada cengeng ya merk m ini... Temen g jg ada punya m2 dan ngeluh jg rattling lah interiornya problemnya mirip2 sama om egibaio... Kakinya gak begitu kuat klo kata mekaniknya si m ini kata temen g paa lagi servis..mana piaranya jg mahal dibanding temen2 sekelasnya yang lebih tahan banting... Biar kata mobil enak klo rusak ini itu. Piara mahal pasti bakalan runtuh lah yang tadinya suka malah sebel krn rempong... G kmaren jg liat di forum sebelah mod chz dibully di forum tsb...heran aja ga dibayar bukan duta tp dibela abis2an model salah satu mbl tsb...lucu bgt...ya intinya sih jgn sampe kita sebagai pemilik malah di rempongin sama barang yang jelas2 kita beli untuk menyenangkan kita...trus ada jg yg bilang klo merk m jgn mikirin rv terus..well klo mnrt g sapa sih yg mau mblnya misal beli 300jt ditawar org cuman 110jeti apa ga nyesek..kecuali duit ente kaya aer mengalir yang which is ga mungkin klo duit mengalir masih pake boil harga 300jetian...*no offence buat pemakai dan pemilik merk m cuman sering mendengarkan keluhan bbrp pemilik merk m*
orang beda2 seh prioritasnya... Kadang ada juga ga mikirin RV karena mobil dipake lama (5 tahunan),
Lah tapi kalo dipiara mahal servisnya :mky_04:

Sudah jatuh tertimpa tangga :big_slap:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Mamang555 »

Sori OT

Kalo M2 lawas aja yang minim teknologi aneh2 perawatan dan juga suku cadang ribet nan susah apalagi yang skai aktip yak ??

Tapi imho masalah ketersediaan parts dll di sentra penjualan part otomotif tergantung populasi mobilnya
CX5 kan baru 2-3 taun ini melejit.. siapa tau 10-25 taun dari sekarang parts nya semudah CRV... siapa tau...
Siapa tau M2 juga laris manis dan banyak parts alternatifnya.... 20-30 atau 40 taun lagi
Siapa tau...
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by adty »

Setiap TD atau liat atau numpang CX-5, bawaannya selalu mupeng...pengen...pengen banget. Cuma ya itu takut fitur2nya malah ganggu di kejamnya traffic ibukota, dll dll yg selalu menghantui pikiran.

Worth sih pastinya worth ya ganti dari T31 ke CX-5, cuma untuk kedepannya kira2 merek M ini gimana ya? merek N aja udah cukup terkenal dengan berbagai masalahnya, lalu bagaimana dengan si M? Apakah CX-5 akan lebih ringkih dari T31 untuk long term?
Penikmat roti tawar beroda
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Shonen »

Yang perlu dicatet disini supaya kalo dibaca org ga terkesan spt black campaign atau mendewa dewakan suatu merk...kita dsini hanya mengutarakan pandangan sbg customer mau apapun merknya mo merk mahal murah pasti ada kelebihan kekurangannya...g sendiri punya boil ge8 ya ada kekurangan sama kelebihannya...demikian jg merk si m ini pasti banyak kelebihan dan kekurangannya palagi ni boil 40000usd ya pasti lebih unggul jauh dr mbl ane..memang pas ane numpang dan nyetir ya enak banyak fitur tp balik lagi ke exp si customer masing2 klo boil sehat walafiat ga banyak ngerongrong ya ini boil pastinya enak dan si pemilik pasti enjoy ya... Namun rata2 di forum ini mencari long term satisfaction & heavy duty...bahasa kerennya serbaguna lah. ane jg ga membela merk mainstream spt t dan h yang juga banyak kurangnya... Tp didukung jaringan bengkel, kemudahn sparepart dan harga yg ramah di kantong...ada istilah ngapain kuar duit lebih banyak kalo yg kita dapet segmented targetnya sama, kelas yg sama, dimensi yang kurleb sama, fungsi yg kurleb sama...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Turboman »

Setuju

Kita beli barang utk dinikmati, utk memudahkan hidup kita, bukan menyulitkan hidup kita

Kalo mobil2 yg gampang parts-nya spt T / D / H / I terlihat biasa2 aja

Monggo utk menengok si Bintang 3 dan baling2 biru - putih.....mobil2 yg sgt enak dikendarainya....juga parts2-nya mudah dan banyak yg jual.....bahkan bbrp jenis parts-nya bisa lebih murah dr parts Toyota / Honda yg serupa.....nah lohhhhh

Tul gak om Kompresor
:big_weee:
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by newrubble »

brand maz tiap x mau masuk new lineup hrs ada tacit approval dr master brands dulu (GM ...behind sumitomo n mitsui and ford) ...apalagi kalo buka CKD facility

mrk prefer parts yg sdh rayong inventory (by manufacture maupun japan shipment to) ...knp langka krn parts distribution by quota system ...yg jualan paling dikit yg ada di urut ahir priority list
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by marzoochi »

Ternyata konsep Koeru akan diperkenalkan menjadi Mazda CX-4, hasil kolaborasi Mazda dan FAW, China
mesin masih menggunakan basis dari CX-5
Launching date di Guangzhou Motor Show November 2015 ini

Image
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by Turboman »

newrubble wrote:brand maz tiap x mau masuk new lineup hrs ada tacit approval dr master brands dulu (GM ...behind sumitomo n mitsui and ford) ...apalagi kalo buka CKD facility

mrk prefer parts yg sdh rayong inventory (by manufacture maupun japan shipment to) ...knp langka krn parts distribution by quota system ...yg jualan paling dikit yg ada di urut ahir priority list
Apa mungkin ditambah juga kebijakan principalnya yg order pembuatan parts extra utk parts inventory dalam jumlah kecil saja / secukupnya aja ?

Biasanya ga jauh2 ujung2-nya terkait either kemampuan finansial si persh atau terkait pengambilan keputusan para shareholder

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by ricz »

Permisi..nubie cuma mau share aja... Bukan dr pengalaman pribadi sih tp dr pengalaman kolega (krn gw pribadi pakenya suv merk sebelah hehehe)

Ada kolega gw pke cx5 12, ktnya sih aftersalesnya lumayan kacrut... Dia pernah pesan 1 set kunci keyless entry (kunci keyless mobil ilang dicuri) udah nunggu sebulanan, beresnya gak trll profesional... Ada bbrp failure ktnya gara2 ganti kunci spt : sensor yg jd error...

Trus ad lagi kolega bokap pake cx5 kaca penumpangnya dipecahin orang, nunggu 2 minggu dan kacanya kena sekitar 2.7 juta per kacanya...

Kalo soal part slow moving mnrt gw mazda cukup lambat... Pengalaman ganti headlamp, bumper depan dan kap mesin di suv merk sebelah, headlamp ama kap mesin ready, cuma bumper aja yg pesan dr jkt 1 mingguan... :mky_01:
2021 Fortuner VRZ
mahesoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: Dikusi Spare parts Mazda CX-5 di sentra onderdil

Post by mahesoo »

Jujur ane seneng banget liat mobil2 mazda ini dari mazda 2 sampai 6, exterior interior built quality top notch jauhh ngalahin brand T dan H satu sisi pengen bgt minang tapi satu sisi takut juga, selama ini ane pake ge8 mobil satu2nya dipake dari jalan mulus sampe jalan jelek, overall menurut ane ge8 ngebosenin handling yg biasa2 aja, built quality yg crap, fitur yg sedikit. Tapi setelah pake selama ini gimana ya ane bersyukur mobil ini gak rewel gak pernah rusak yg aneh2 kaki kaki suprisingly gak ada masalah padahal diajak ke kaki gunung jalan jelek juga pernah, dan kalaupun ada masalah spare part cenderung gampang cari di atrium atau di asia jaya bandung.

Satu sisi naksir mobil yg well build dari segala sisi tapi karena baru mampu untuk hanya beli satu mobil jadi butuh mobil yg reliable,kapan ya toyota atau honda ngeluarin mobil mereka yg well build dan terjangkau.