CRV 2.4L and X-Trail 2.0L

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

CRV 2.4L and X-Trail 2.0L

Post by conan »

Honda is to launch CRV with the 2.4L engine from the Accord.

Meanwhile, Nissan is to launch X-Trail with the 2.0L QR20DE engine from the Serena.

Tsk tsk tsk :mrgreen:
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Wah, kayak main catur nih ye! Mr. Conan sudah tau berapa harga jualnya?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ng...kabarnya CRV 2.4L Rp 280 jutaan and X-Trail 2.0L Rp 250 jutaan..? Kawan-kawan lain ada yang dengar berbeda?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hmmm ... harga X-Trail 2.0L nya koq ngga beda jauh sama versi 2.5L nya ?

Harusnya sih diset pada kisaran 200 juta.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Conan,

Has this been confirmed ? Makes a lot of sense memang. Jika saya Nissan, I will do the same. Mesin QR20DE sudah ada untuk Serena. Badan X-Trail sudah ada. Tinggal pasang duanya. Gampang.

Cuman pasti harganya X-Trail 2.0 ngak mungkin 250 juta. Kan sama ama 2.5. Orang bisa binggung nanti. Kalau saya bilang mungkin 2.0nya sekitar 200 juta.

If yes, its a smart move. Artinya meskipun Fortuner keluar, tapi jika selisih X-Trail 2.0 ama Fortuner 2.7 ada 50-70 juta, masih ada orang yang lebih suka X-Trail banding Fortuner soalnya harga beda lumayan.

Dan jika X-Trail 2.0 180 juta, mungkin saya ngak usah cari X-Trail bekas. Beli baru sudah dapat lebih murah ! Toh di Jakarta yang macet, saya tidak perlu tenaga 2500 cc. 2000 cc sudah paas banget.

Cuman mungkin bisa affect Terrano yang sudah kuno, ngak enak, dan mahal lagi !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ah, menurutku ini hanya akal2an Nissan Indo demi meningkatkan angka penjualan saja.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Still deh X-TRAIL 2.5 St idaman gw. Walopun ntar ada CR-V 2.4 ato X-TRAIL 2.0 . hehehe ...
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Menurutku ngak mungkin serendah 200juta. Contohnya sudah ada sebelumnya, pada Ford Escape. Yang 3.000cc harganya 260jutaan, sedangkan yang 2.000cc (matic) harganya 240jutaan, jadi selisihnya hanya sekitar 10%.
Dengan hitungan serupa, berarti X-Trail 2.000cc sekitar 220jutaan.
Hmmm, kelihatannya CRV bakal babak belur deh :roll:
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Conan, anda dengar dari mana mau keluar X-Trail 2.0 ?

Saya lihat website ini :

http://www2.nissan.co.jp/X-TRAIL/T30/03 ... main1.html

Ternyata interior X-Trail di Jepang sudah berobah, dan lumayan banyak changenya. Kalau saya bilang yang baru lebih bagus. Mirip sedikit di kokpit pesawat tempur. Lebih macho.

Dan lobang AC juga sudah di naikan. Jadi penumpang lebih gampang dapat arus AC.

Mudah mudahan tahun depan new X-Trail 2.0 pakai interior baru ini, dan harganya 200 juta.

CRV baru interiornya juga makin bagus. Pakai warna cream. Cuman ya itu. Sudah terlanjur harganya segitu. Honda ngak mungkin berani turunin harga CRV 2.0 ke 220-230 juta.

Bung Conan. Why don't U help us get more pictures of the new CRV and X-Trail ? Saya cuman dapat dari nissan.co.jp dan honda.co.jp. U are the best detective in this forum. And bung Obs can help check ada perubahaan spec or not.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Lihat website ini :

http://www.canadiandriver.com/testdrives/05x-trail.htm

Ternyata X-Trail yang lahir di Jepang di tahun 2000 baru masuk Canada pertengahan tahun 2004 !

Jadi bung Conan, bukan saja c24 telat masuk Indo 5 tahun. Si X-Trail masuk Canada telat juga 4 tahun !

What do U make of this ?

Kalau saya bilang, mungkin ada 2 possibility :

1. Nissan mulai kelihatan bodoh. Jika c25 dan new X-Trail keluar dalam 1-2 tahun, bukan hanya pasar Indo marah, tapi pasar Canada yang lebih besar dan penting juga Nissan bikin kesal.

2. Serena c24 dan X-Trail mungkin lewat periodic cosmetic surgery, umurnya akan di perpanjang. Tapi supaya orang tidak pikir Nissan changenya pelan dan membosankan, Ghosn akan keluar all new models untuk dampingin existing models.

Benar, anda pernah bilang Nissan mungkin tidak gitu peduli feeling Nissan buyers di Indo yang kecil. Tapi kalau saya bilang, sulit di percaya Nissan berani "kerjain" pasar Canada yang lebih besar dan penting. Unless saya salah dan pasar Canada itu kecil juga.

Or, could this mean cara Nissan atur life cycle produk / cosmetic surgery mix mulai berbeda ama merek mobil lain ? If yes, maybe Serena c24 dan X-Trail akan hidup lebih panjang. Tidak mutlak 6 tahun. Mungkin Nissan akan lihat situasi dan ambil keputusan keluar new total model change as the situation demands. Be it 3 tahun atau 8 tahun ?

Tapi X-Trail Canada sudah pakai dashboard cokpit baru yang cantik itu. Sangat mungkin tahun depan X-Trail di Indonesia juga akan pakai new cokpit.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ya, bung Szli, sepertinya karena ketika Serena (C24) dan X-Trail lahir, Nissan sedang dalam keadaan 'perang' melawan cost (menutup banyak sekali pabrik yg tidak efisien, merumahkan banyak karyawan dan mengurangi jumlah supplier yang terlalu banyak - seperti Anda bisa lihat pada Ghosn's first 3-year plan di bawah ini)

- The first plan, the 3-year Nissan Revival Plan, announced in 1999, was completed AHEAD of schedule, in April 2001. It rescued the company and wiped out $ 22 BILLION of debt, and returned Nissan to profit.
- The second 3-year plan is called Nissan '180'. The digit '1' in 180 refers to one million extra sales, the '8' is an 8 percent profit margin and the '0/zero' is the total removal of debt. The plan has now gone ahead of plan and Nissan now enjoys not an eight percent margin but 11.1 percent!

Pasar yang pertama dibenahi adalah pasar Jepang, dan baru pada tahap 3-year plan yang kedua (hingga kini) Nissan meningkatkan target penjualan dengan memperkenalkan model2nya ke pasar2 yang sebelumnya belum diberi model tersebut (case with C24 in Indo and X-Trail in Canada).

Tapi Nissan memang berencana mengganti seluruh line-upnya dengan segera, seperti telah dimulai dengan diperkenalkannya 6 model baru sekaligus (Tiida, Latio, Fuga, Murano, Note, Lafesta) and they have only begun. Dalam 1-2 tahun ke depan akan lebih banyak lagi model baru diperkenalkan sehingga seluruh line-upnya menjadi fresh offering.
Btw, yang aku tahu X-Trail memang sudah di-facelift sudah cukup lama di Jepang dan Eropa, kalau tidak salah awal tahun ini, tepat 3 tahun setelah peluncurannya di tahun 2001. Tahun 2006 kita akan melihat X-Trail baru.. :)
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah kok hampir sama dengan yang 2.5 yah waduh sayang dong ngak bisa mukul crv hehehehehe.

btw yang 2.0 kan udah pernah dimasukin sebagai x traill pertama yang waktu itu diberi harga 300++
dengan mesin yang sama QR20DE.malah majalah2 indo bilang mesin nya serena ngambil mesin nya x traill