SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 31 Oct 2014, 21:05

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 21 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 09 Dec 2008, 23:51 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 Dec 2008, 23:45
Posts: 4
Halo teman teman ....

Saya ada problem dengan STream 2004 M/T saya nih.
Kadang stir waktu belok kiri , terutama saat kecepatan rendah , ada sedikit bunyi "Tek".
hal ini terjadi kadang2 aja. tapi setelah lama2 saya cermati, bunyi ini pasti muncul kalo mobil mo parkir.

Jadi gini, misal saya mo parkir di sebelah kiri , otomatis saya kan maju dulu ama belok kanan (gak mentok loh beloknya). Lha ..... pas mo mundur kan saya putar stir ke kiri, disiniliah bunyi itu muncul "Tek". Krasa banget di stir ama kopling.
Saya sudah periksakan ke bengkel, katanya hal ini karena masalah shockbreaker depan, dan udah dicopot ama diganjel ganjel segala pake selang (biar ga ada bunyi .... katanya), tapi tetep aja ga menyelesaikan masalah.

Ke bengkel lain, katanya ini masalah biasa buat stream, ga papa....pakai aja. Tapi saya tetap ga bisa enjoy klo blom ketemu ini masalah.

Adakah teman2 yang mengalami hal ini dan dapat memberi masukan buat saya ???

terima kasih


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Dec 2008, 23:57 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 17 Aug 2008, 08:01
Posts: 3721
mrgsm wrote:
..... Ke bengkel lain, katanya ini masalah biasa buat stream, ga papa....pakai aja. Tapi saya tetap ga bisa enjoy klo blom ketemu ini masalah. ....
Bengkel itu ngawur mas bro, punyaku tidak apa2 kok :mrgreen: (New Stream, 2004, matic).
Salam. Tks. :) :frm_salut: :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Dec 2008, 11:46 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2008, 14:51
Posts: 16
Bener bengkel nya ngawur. dulu pernah pake Stream 2002 A/T, juga oke2 aja.

Coba cek CV-joint pada kedua roda depan. Bisa jadi ada masalah kurang grease atau kl memang sudah parah harus ganti.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Dec 2008, 11:51 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
kl sokbreker sih rasanya ga mungkin. kalo dudukan sokbreker baru mungkin.
selain itu cek2 aja karet2 kaki, bushing2 arm cek sekalian. cv joint jg bisa tapi lebih mahal dan bongkarnya mayan ruwet. bisa digemukin/ganti boot kalo bootnya dah sobek.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Dec 2008, 18:43 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 Dec 2008, 23:45
Posts: 4
thx you ESF dan iwang buat masukannya.

Kemarin pernah di gemukin juga, karet diatas Shock, bulet item diameter sekitar 10cm, dua2 nya kanan kiri. namanya apa itu saya nga tahu. apakah ini termasuk dudukan sokbreker ?? Tapi setelah dicoba sama aja.

Bushing arm dan cvjoint saya blom cek in ke bengkel lagi. Makanya ini cari info dulu biar nga keluar biaya banyak.

mohon dukungan teman2....


:ungg:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Dec 2008, 22:33 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2008, 14:51
Posts: 16
@mrgsm : u r welcome.

opini iwang juga benar. coba saja dicek kapan bunyi terjadi. dari pengalaman yg sudah2 pada stream saya, kl bunyi pada saat melewati jalan rusak, tidak rata, atau bergelombang, umumnya masalah pada tie rod, ball joint, karet2 link stabilizer dan bushing arm. Kalo sudah berumur, bisa juga karet2 pada lower arm sudah retak.
Kl bunyi tek tek timbul periodically, seperti pada waktu berbelok bunyi tek tek tiap kangka waktu tertentu, misal 1/2 detik, bisa jadi masalahnya pada komponen penggerak seperti CV joint.
Silahkan cek karet boot, pecah atau tidak. Umumnya kerusakan cv joint diakibatkan kurangnya pelumasan/grease. Karet boot pecah menyebabkan grease terbuang, bisa juga melewati genangan air yg agak tinggi, air menyusup ke dalam karet boot dan mencairkan grease.
Pernah kejadian di City saya, grease campur air banjir, waktu karet boot dibuka, wuih... kayak kopi susu.
Kalo kerusakan CV joint sudah parah, harus ganti.. Yg genuine sih harganya lumayan... rasanya utk stream sudah ada part Kw1 nya.
Saran saya, jangan pelit2 dengan grease, grease yg bagus akan memperpanjang usia pakai CV joint.
Sharing pengalaman saya dgn laher sepeda motor, grease shell alvania dan grease Hangu buatan cina (1 kategori/kelas) diaplikasikan pada laher buatan pabrik yg sama dgn teknis n quality level sama persis, usia pakai bisa beda 40%.

Semoga membantu


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 15:37 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
biasanya kalo bunyi tek-tek-tek saat belok patah pada kecepatan rendah di mobil2 FWD, umumnya di CV jointnya tuh...
penyebabanya banyak tuh, selain yg ditulis pak ESF diatas (karet boot sobek, jarang grease ulang, kemasukan air, dll), bisa juga karena sering belok patah habis/mentok atau sering dibelokkan saat posisi diam (roda ga berputar).

as pembelok pada mobil FWD biasanya sekaligus as penggeraknya, jadi beban yg ditanggung sangat besar. Semakin belok patah/radius kecil, semakin berat pula beban yg ditanggung, apalagi kalo sudah pake ban yg tapaknya/ukurannya dibesarkan ekstrim, kalo sering2 gini, alamat cepet rontok.

biasanya penyakit CV di mobil FWD ini banyak kena di mobil2 yg dipakai dikota besar yg sering parkir mepet2 berjajar... kalo lagi mau parkir/keluar pasti harus sering belok patah pada kecepatan rendah ato malah kondisi mobil masih diam...wheww...kebayang beban yg musti ditanggung CV-nya sangat besar

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 15:43 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
emang paling bener pake RWD haha (coba dah taft hiline wagon beloknya lebih parah dari colt diesel :D :D)
kata orang stream itu radius putarnya besar yaks? apa karena wheelbase atau emang beloknya dikit doang?
itu lagi repotnya FWD, radius putar gede karena semua numpuk di depan, blon lagi berat semua numpu di depan, sekalian membelok, blon lagi geometri suspensi, jadi emang gede banget beban as rodanya. tambah lagi pelek gaul yang besar dan berat..lengkap sudah penderitaan.
gimana ya itu polpo S80 yang 6 silinder melintang :D :D pasti ruwet banget bagian depannya


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 16:15 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
radius putar ga korelasi langsung dgn fwd rwd deh.
faktor yg bikin beda itu kontruksi suspensi depan, semua mobil dgn suspensi depan leaf-spring pasti sedikit sudut belok rodanya => radius putar besar : suzuki taft, feroza, katana.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 17:38 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
fwd kan sempit ruang gerak suspensi, karena engine bay melebar kan untuk mesin + gearbox. kalo rwd kan mesin longitudinal jadi ruang suspensi dan tetek bengeknya bisa lebih digedein.
kalo daihatsu tap sama peroja kan sama2 basenya 4x4 depan pake live axle, makanya itu terbatas clearancenya di bonggol/sumbu roda live axlenya.
kalo katana jg gitu kan depan pake live axle jg buat 4x4, lagi2 tight. awd yang independent depan lebih lega deh, bisa belok patah.
saya pernah coba dulu di sumatra, u-turn pake tap hiline 2001 wagon, kalah lho radius putarnya sama colt diesel 6 ban...tadinya ga percaya, setelah dicoba baru percaya..hehe


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 17:43 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
jadi kesimpulannya....? kalo ada bunyi tek-tek-tek pada roda depan mobil FWD kalo belok patah dan pelan, besar kemungkinannya ada masalah di as penggerak/pembelok (CV) nya dong.... :e-think:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 17:44 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Mar 2007, 14:20
Posts: 11418
smoga TS cepet dpt penyebabnya..jgn as roda deh..bisa matek itu..mahal X......moga2 ganti karet saja...

_________________
Ak4ng & uchychan untuk Moderator 2015!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 17:46 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
iya makanya untuk menghindari salah diagnosis (mahalnya as roda) saya anjurkan kaki2 yang lain dicek dulu, karet2 bushing2 kan ga terlalu mahal. kalo semua dah bener, ya mungkin ke drivetrain/as roda.
yang lebih bahaya kalo bunyi tek..tek..trus dung tek dung tek dung :D haha


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 17:57 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Mar 2007, 14:20
Posts: 11418
itu mah enak bro..mana bahaya..jahahaha...j/k...
yep...yg bro iwang sarankan betul nih:)

_________________
Ak4ng & uchychan untuk Moderator 2015!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 18:18 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
ZombiEE wrote:
smoga TS cepet dpt penyebabnya..jgn as roda deh..bisa matek itu..mahal X......moga2 ganti karet saja...

yup...semoga lekas sembuh dan tidak menguras dompet...

btw, buat pre-caution aja, kaki2 dan drivetrain mobil2 FWD memang dari sono-nya minta perhatian dan perlakuan lebih...

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Dec 2008, 18:55 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 28 Jun 2007, 09:26
Posts: 157
Stream AT 2005 gue jg ga problem, terakhir ganti kompressor ac aja..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Dec 2008, 08:47 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
ruang sudut belok pd suspensi depan yg model independen baik Rwd dan Fwd hampir sama, malah di most mobil Fwd IFS bisa membentuk sudut belok yg sangat tajam karena Fwd IFS ini pasti bukan leaf-spring.
yg bener2 mambatasi sudut belok adalah unit leafspringnya melintang dari depan ke belakang mepet roda depan, nah kalo bisa belok "patah" malah bannya mentok/kena leaf-spring nya.

iwang wrote:
fwd kan sempit ruang gerak suspensi, karena engine bay melebar kan untuk mesin + gearbox. kalo rwd kan mesin longitudinal jadi ruang suspensi dan tetek bengeknya bisa lebih digedein.
kalo daihatsu tap sama peroja kan sama2 basenya 4x4 depan pake live axle, makanya itu terbatas clearancenya di bonggol/sumbu roda live axlenya.
kalo katana jg gitu kan depan pake live axle jg buat 4x4, lagi2 tight. awd yang independent depan lebih lega deh, bisa belok patah.
saya pernah coba dulu di sumatra, u-turn pake tap hiline 2001 wagon, kalah lho radius putarnya sama colt diesel 6 ban...tadinya ga percaya, setelah dicoba baru percaya..hehe


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Dec 2008, 19:24 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 Dec 2008, 23:45
Posts: 4
thank you for replying guys...

sorry lama offline, maklum koneksi pake internet ecek2.. :e-doh:

@bos Iwang :
Saya berencana bulan january masuk bengkel kaki2. Maklum, akhir tahun mau buat dolan2 ama keluarga. Ntar hail saya update di sini.

@bos imsus2c :
bunyinya tek ga sampe belok pataah sih bos, kira2 setengah putaran dari posisi ban lurus, dah bunyi .

@bos ZombiEE :
Doain jangan kena as roda ..... :frm_bang_head:


terima kasih


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Dec 2008, 23:46 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
sebelum jalan2 sama keluarga, coba aja cek dulu sekali lagi, boot as roda, sama yang lain2, takutnya kan ada yang kendor. kan repot kalo mogok atau bunyi2 dijalan, malah jadi pikiran, kasian kan lagi bawa pasukan.. :off_ladies: :off_ladies:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Jul 2009, 23:50 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 Dec 2008, 23:45
Posts: 4
Update !!!! Setelah lama bunyi "TEK" sengaja saya cuekin ...
Bos 2 yang terhormat :
Setelah cek sana sini (2 bengkel) bagian kaki kaki dan shock, cvjoint, ga ada masalah semua bro.
Nah, terakhir posisi setir agak miring (Logo honda agak miring kanan klo jalan lurus). Stream saya masukin bengkel buat spooring, setelah selesai saya coba lagi posisi stir dah okay dan jalan lurus dah stabil lagi, tapi sekarang bunyi "tek" nya ngga klo belok ke kiri doang !!! :frm_bang_head:
Kadang ke kanan juga bunyi !!! ALAMAKKKK ....
Bengkel bilang blom ketemu !!!
Apa kira2 stirnya ya bos ?? Ada geriginya yang rompal kali ???

mohon masukan lagi.... :ungg:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Jul 2009, 06:59 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 06 May 2009, 09:56
Posts: 158
mrgsm wrote:
Update !!!! Setelah lama bunyi "TEK" sengaja saya cuekin ...
Bos 2 yang terhormat :
Setelah cek sana sini (2 bengkel) bagian kaki kaki dan shock, cvjoint, ga ada masalah semua bro.
Nah, terakhir posisi setir agak miring (Logo honda agak miring kanan klo jalan lurus). Stream saya masukin bengkel buat spooring, setelah selesai saya coba lagi posisi stir dah okay dan jalan lurus dah stabil lagi, tapi sekarang bunyi "tek" nya ngga klo belok ke kiri doang !!! :frm_bang_head:
Kadang ke kanan juga bunyi !!! ALAMAKKKK ....
Bengkel bilang blom ketemu !!!
Apa kira2 stirnya ya bos ?? Ada geriginya yang rompal kali ???

mohon masukan lagi.... :ungg:



Itu mah udah jadi penyakit bawaan untuk mobil penggerak roda depan, yang kurang perawatan di bagian CV (constant Velocity)JOINT atau istilah umumnya KOKEL. Biasanya juga dialami oleh Honda accord, civic, atau mobil toyota /suzuki ,yg lain.

Kokel secara simpelnya adalah ENGSEL as(penggerak) Roda yang bisa bergerak bebas(flexible) menggerakkan roda depan untuk berputar dan berbelok.
Kokel menghubungkan GearBox dengan Roda.Kokel ini tertutup oleh karet penutup dimana didalamnya berisi GREASE sebagai pelumas.Kerusakan terparah kokel membuatnya bisa lepas dari dudukan, sehingga tidak ada mekanisme/ LINK yang menggerakkan RODA.

nah awal kerusakan adalah berasal dari karet penutup yang getas atau robek sehingga greasenya keluar, akibatnya kokel tdk terlumasi sempurna. Kalau terjadi keausan , maka kokelnya bunyi saat berbelok patah.
Kalau bunyinya saat belok kanan berarti kokel kanan yang bermasalah. Dan sebaliknya.

Coba ganti karet penutup kokelnya, dan isi dengan Grease. Kalau masih tetap bunyi , terpaksa hrs ganti kokelnya.Mungkin harganya sekitar 600 sd 700 ribuan.

Kokel ada 2 macam yaitu kokel luar dan kokel dalam.
Ciri kerusakan kokel luar , seperti telah dijelasin sebelumnya.
Ciri kerusakan kokel dalam, biasa saat pindah gigi, terdengar suara hentakan.

Ini gambar kokel luar dan dalam , beserta karet/boot- nya.


Attachments:
CV%20joint.jpg
CV%20joint.jpg [ 28.08 KiB | Viewed 4476 times ]
kokel copy.jpg
kokel copy.jpg [ 42.16 KiB | Viewed 4476 times ]
Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 21 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com