Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

supereddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Nov 11, 2008 7:46

Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by supereddy »

Berdasarkan pengalaman saya saja....dulu saya pernah punya eterna dohc 1990 pake super tt (setara pertamax plus), tiap 1/2-1 setengah taun sekali pasti harus tambal knalpot, kadang2 malah ganti.....tapi ketika downgrade ke premium biasa, bisa awet sekitar 2 taunan lebih....kenapa ya? apa knalpotnya jelek (padahal original)atau memang bensin oktan tinggi seperti pertamax plus itu panasnya berlebih sehingga bikin knalpot cepat bocor.......mohon pencerahannya kepada pakar2...thanks :)
Soalnya saya juga punya pengalaman di mobil daihatsu taruna kurang lebih kasusnya mirip2 seperti di eterna.......apa kebetulan knalpotnya kualitas kurang bagus atau ada penjelasan lainnya.....trims atas perhatiannya....
naldo

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by naldo »

Ga bos, itu bukan salah bensinnya, mungkin kenalpot bos yang udah tua, jadi ketahanan kenalpotnya turun, mestinya ga kenapa2 lho... Saya selama ini mobil yang seharusnya premium dikasih pertamax or pertamax plus, fine2 aja, knalpot tidak bolong. Mesti di cek bos tuh knalpotnya... Mungkin sudah tua... Or, dari pabrikannya seperti daihatsu, ngasi kualitas yang ece2, alias murah, makanya jadi jebol. Kalo eterna, mungkin faktor umur...
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by cvsmb »

Mau tanya berapa kira2 umur knalpot kita? apakah dari faktor kwalitas terutama dari pabrikan mobil mana sehingga membedakan mana yg umurnya panjang mana yg engak? kalo xtrail gw last for about 3 years...pake pertamax plus terus..tapi kadang campur..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by maxx »

umur knalpot tergantung material knalpot, domisili pemakaian (dekat laut? area banjir?) dan juga cara pakai kendaraan.

Knalpot yg bagus terbuat dari bahan yg tahan terhadap karat.
Kalo plat yg digunakan bagus umumnya justru yg hancur bagian dalam knalpot duluan, dr luar sih ga ada bolong/karat dikitpun juga.

Gw salut sama knalpot ferio th 2000, smp skarang blum minta diganti... :frm_tumbright: .. ga spt knalpot GL.. blum apa2 sambungan las knalpot dah karatan.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
supereddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Nov 11, 2008 7:46

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by supereddy »

thanks bro2 atas informasinya...
User avatar
DennyJazzie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
Location: Bekasi

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by DennyJazzie »

Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??! :e-think:
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW
supereddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Nov 11, 2008 7:46

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by supereddy »

DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??! :e-think:
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW

mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by maxx »

supereddy wrote:
DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??! :e-think:
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW

mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
Untuk mengetahui kondisi dapur pacu, cukup dengan mencermati ujung knalpot.

Kerak Hitam
Di ujung knalpot banyak kerak menandakan terlalu banyak bensin yang terbuang lewat asap knalpot. Penyebabnya, biasanya konsumsi bensin sangat boros dan tenaga kurang, terutama pada akselerasi awal. Bisa disetel sistem karburasinya.

Kerak Abu-Abu
Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.Dalam kondisi lalulintas padat (macet) sulit dirapat kerak abu-abu. Karena bensin mentah banyak terbuang melalui knalpot. Meski setelan mesin sudah ideal, kadang ujung knalpot berkerak hitam.
Untuk mengetahuinya, geber mobil pada rpm tinggi di jalan bebas hambatan. Tahan selama beberapa menit, selain untuk membuang sisa kerak di ruang bakar, juga efekttif mengetahui kondisi ujung pipa knalpot.

Percikan Air
Kejadian ini normal saat kondisi mesin masih dingin. Sumber air bukan dari mesin, namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam pipa dan muffler, percikan air akan hilang. Kondisi ini sekaligus mengindikasikan saluran pipa yang bersih dari lelehan oli atau kerak yang menumpuk.

Serpihan Kotoran
Serpihan ini keluar saat mesin bekerja di rpm tinggi. Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yang terbakar. Ini sekaligus menunjukkan kondisi saringan knalpot (muffler) yang keropos akibat karat. Serpihan karat dan peredasm glasswool di dalam muffler lepas, sehingga keluar bersamaan dengnan asap knalpot. Biasanya kondisi seperti ini disertai bunyi gemuruh dari knalpot yang bocor dan diikuti konsumsi bahan bakar boros.

Lelehan Oli
Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengnan sisa gas buang, oli akan terbuang melalui saluran pipa knalpot. Saat mesin dinyalakan, juga disertai munculnya asap putih yang tebal.
Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yang aus atau longgar. Atau berasal dari rembesan oli akibat sil katup pecah. Perbaiki atau periksa kedua komponen ini sebelum kerusakan bertambah parah.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
DennyJazzie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
Location: Bekasi

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by DennyJazzie »

Kalo dulu pas pake motor (honda '94).. di knalpot bagian bawah belakang ada lubang..
Nah disitu teratur tiap bulan saya masukin oli bekas.
Emang sih hbs itu jd ngebul kyk pabrik gula berjalan.. tp sejam jg ilang.
Katanya biar bagian dlm knalpot gak gampang karatan.
Tp kalo knalpot2 motor skrg kok blm pnah saya liat ada lubang kyk gtu ya..
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by doq »

@DennyJazzie: knalpot blitz sy ada lobang pembuangan aer nya jg tu oom

@all: knalpot yg rusak gara2 pemakaian bensin oktan tinggi pernah sy alami jg tu.....tp kejadiannya pd motor

dr pertama beli, motor selalu sy isi dg pertamax or shell super.........n dalem jangka waktu 2 thn leher knalpot deket blok mesin bolong.......imho mungkin ini karena bahan knalpot yg kurang baik, tp sy pernah denger klo hal ini terjadi karena kandungan timbal pd bensin sdh d hilangkan (green environment problem)...............karena kandungan timbal tsb berfungsi pula sbg lapisan yg dpt melindungi permukaan metal.
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by doq »

blom lama ini pernah kejadian jg d mobil sy, kira2 2 minggu kmaren waktu pertamax turun.......baleno sy d isi pertamax full, trus d pk italian tuning d jagorawi........

2 hari kemudian suara mobil terasa lebih nge-bass n tarikan lebih enteng.............tadinya sy pikir hal ini terjadi gara2 pk pertamax+italian tuning hari sebelomnya, jadi kerak2nya mungkin ud pd bersih.....hehehehe ternyata setelah d cek muffler tip mobil uda g ada!!

perkiraan seh lepas waktu italian tuning.........tp ko malah berasa lebh enteng ya tarikannya hehehehehehe :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by artoodetoo »

supereddy wrote:
DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??! :e-think:
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW

mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
Seharusnya memang ada airnya. Bensin khan hidrokarbon, kalo dibakar khan reaksinya seperti ini:

CxHy + O2 --> CO2 + H2O
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
naldo

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by naldo »

Wow, ada ahli kimia sekarang... hehehe...

Waduh om doq, kalo muffler tip copot, ya ga kenapa lah... Kalo knalpot semua, baru masalah bos... wahahahah... Tandanya masang tipnya ga bener tuh...
User avatar
DennyJazzie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
Location: Bekasi

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by DennyJazzie »

artoodetoo wrote:
supereddy wrote:
DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??! :e-think:
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW

mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
Seharusnya memang ada airnya. Bensin khan hidrokarbon, kalo dibakar khan reaksinya seperti ini:

CxHy + O2 --> CO2 + H2O
Ga salah milih nama R2D2.. Emang bnr2 jenius.. Hehe..

@doq : Wah.. ada lubang nya jg ya bos.. Dikasi oli jg ga tuh ?
Saya jg pake oktan 95 buat nouvo-z.. udah 3,5th ga ada mslh.
Atau mgkn karena ga pernah sama skali saya pake buat jarak jauh.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by y_anjasrana »

Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....

:big_weee:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by doq »

@naldo: hehehehe ky nya las2-an nya uda mulai jelek makanya muffler tip nya lepas entah kmana......

@DennyJazzie: g pernah d lumasin oli tu oom dalemannya, mungkin gara2 itu pula kali ya, jadinya gampang bolong?

@y_anjasrana: lobang depan?.......... :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by nescafe »

nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by avansa »

y_anjasrana wrote:Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....

:big_weee:
Saking banyak lubang eh genangan air yang di lewati Um Anjas...wakakak................................................... :ngacir:
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by maxx »

y_anjasrana wrote:Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....

:big_weee:
Ini lagi omongin lubang apaan neh?? :mrgreen:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by doq »

nescafe wrote:nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah? :e-think:
ky nya lebih tepat d lakukan waktu kendaraan msh dlm kondisi gress kali ya? klo udah lama mungkin g ada guna nya jg :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by nescafe »

doq wrote:
nescafe wrote:nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah? :e-think:
ky nya lebih tepat d lakukan waktu kendaraan msh dlm kondisi gress kali ya? klo udah lama mungkin g ada guna nya jg :e-think:
hmm.. iya juga.. tp yg gw liat, waktu itu di 1996 accord cielo, mungkin hanya untuk memperkuat aja yah? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by avansa »

maxx wrote:
y_anjasrana wrote:Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....

:big_weee:
Ini lagi omongin lubang apaan neh?? :mrgreen:
Lubang kenikmatan ke..ke..ke :ngacir:
Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by esh »

supereddy wrote:Berdasarkan pengalaman saya saja....dulu saya pernah punya eterna dohc 1990 pake super tt (setara pertamax plus), tiap 1/2-1 setengah taun sekali pasti harus tambal knalpot, kadang2 malah ganti.....tapi ketika downgrade ke premium biasa, bisa awet sekitar 2 taunan lebih....kenapa ya? apa knalpotnya jelek (padahal original)atau memang bensin oktan tinggi seperti pertamax plus itu panasnya berlebih sehingga bikin knalpot cepat bocor.......mohon pencerahannya kepada pakar2...thanks :)
Soalnya saya juga punya pengalaman di mobil daihatsu taruna kurang lebih kasusnya mirip2 seperti di eterna.......apa kebetulan knalpotnya kualitas kurang bagus atau ada penjelasan lainnya.....trims atas perhatiannya....
Hmm, saya juga pernah dengar bahwa pake pertamax bikin knalpot lebih pendek umurnya :e-think:
User avatar
DennyJazzie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
Location: Bekasi

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by DennyJazzie »

nescafe wrote:
doq wrote:
nescafe wrote:nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah? :e-think:
ky nya lebih tepat d lakukan waktu kendaraan msh dlm kondisi gress kali ya? klo udah lama mungkin g ada guna nya jg :e-think:
hmm.. iya juga.. tp yg gw liat, waktu itu di 1996 accord cielo, mungkin hanya untuk memperkuat aja yah? :e-think:
Kalo coating gini cuman coating luarnya aja atau dlm nya jg bos ?
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Apakah oktan tinggi membuat knalpot lekas bolong?

Post by esh »

@ DennyJazzie: setahu saya coatingnya pake bahan aluminium (aluminized) dan IMO coating seharusnya luar dan dalam. CMIIW