Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Risol1 wrote:Nah yg ini yg gw juga ragu bro.....soalnya takutnya pabrikan (dlm hal ini ATPM) disini biasanya gak peduli dengan metode baku pengukuran GC (ini gw cuma gosip ya, gak ada bukti soalnya). Kadang2 supaya terbentuk persepsi bahwa mobilnya tinggi, pabrikan nulis pake metode pengukuran yg berbeda2......bukan ngebohongin konsumen sih tapi beda aja cara ngukur GC nya.....
Misalnya kalo secara kasat mata, gw ngeliatnya Apanja lebih tinggi dari GL (GL kan modelnya spt sporty MPV kaya wish, stream gitu.....), tapi kalo menurut spec GL lebih tinggi. Entah mata gw yg salah, atau kedua pabrikan yg ngukurnya gak sama metodenya?
GL: 185mm
Apanja S AT: 180mm
karena Apanja RWD rigid axle, GC nya tereduksi oleh diferensial belakang dan GL FWD tidak ada rigid axle
make sense.
Jadi sebenernya kalo mao ngolong-in batu yg tingginya 181mm, teorinya apanja bakal mentok, tapi GL gak.
GC dari rumah differensial belakang RWD rigid-axle kecuali fortuner (karena diameter roda besar), itu bikin jd agak rendah2 lho maybe jadi sekitar 150mm aja.
Juga biasanya yg bikin rendah adalah parts yg berada di bawah drive-axle; contoh : "control-arm"nya yg mayan besar (lengan pemegang axle yg model coil spring, atau pemegang per daun)..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...
pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin......
wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...
pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin......
wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya
Dont worry bro..gak mungkin Kan lewat sungai yang kering..,lah kalau di Jakarta susah nemui gundukan batu malah kebalikanya,kubangan air yang malah bikin Tinggi GC saat di hitung d atas kubangan yang begitu banyak di kawasan Ramayana( Bekasi sampai Jatisamprna) wekekek
Jadi kesimpulannya untuk mobil yg punya bonggol (penggerak belakang), GC-nya kl pake ban sama, pasti mirip2 ya. Jd ban sangat menentukan tinggi-rendahnya GC.
Kl untuk mobil penggerak depan, struktur kaki2 dan suspensi jg mirip, plg yg suka mempengaruhi GC yaitu: struktur pipa knalpot, lengan arm suspensi. Disini pabrikan perlu pintar2 mengatur pipa knalpot dan lengan arm sesederhana n setinggi mgkn supaya GC bisa naik. Bukan hanya gedein ban aja.
imsus2c wrote:^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...
pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin......
wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya
Dont worry bro..gak mungkin Kan lewat sungai yang kering..,lah kalau di Jakarta susah nemui gundukan batu malah kebalikanya,kubangan air yang malah bikin Tinggi GC saat di hitung d atas kubangan yang begitu banyak di kawasan Ramayana( Bekasi sampai Jatisamprna) wekekek
tp masalahnya, pak imsus ini menggunakan SUVnya itu sesuai dgn peruntukannya..
imsus2c wrote:^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...
pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin......
wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya
Dont worry bro..gak mungkin Kan lewat sungai yang kering..,lah kalau di Jakarta susah nemui gundukan batu malah kebalikanya,kubangan air yang malah bikin Tinggi GC saat di hitung d atas kubangan yang begitu banyak di kawasan Ramayana( Bekasi sampai Jatisamprna) wekekek
tp masalahnya, pak imsus ini menggunakan SUVnya itu sesuai dgn peruntukannya..
wong motonya aja, that's what SUV built for"
hehehehe....
tapi kan ga termasuk acara sobek-menyobek tanki bensin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
denger2 honda new jazz GC 14cm, bener nggak, berarti lebih tinggi dari yang lama hanya 12,5 cm.....dan beda 1 cm dari yaris yang 15 cm.....bener nggak ya?
Sbnrnya msh bingung soal GC ini, karena kmrn kebetulan ngeliat Grand Vitara dr blkg, ternyata ada lengan arm roda belakang yg kl sy lht rendah sekali, hanya sebatas tinggi dinding ban sblm velg kynya (plg lebih tinggi dikitlah).
Yg jadi pertanyaan kok GC mobil2 itu bisa sampe 20cm ya? Kl dilihat, jelas2 ngak sampe 20cm ke lengan arm itu.
Yaris memang kl dilihat kolongnya, agak tinggi tuh. Tinggal dikasi ban gedean (ky SX4), bisa2 lbh tinggi GCnya drpd SX4.
abenk80 wrote:Sbnrnya msh bingung soal GC ini, karena kmrn kebetulan ngeliat Grand Vitara dr blkg, ternyata ada lengan arm roda belakang yg kl sy lht rendah sekali, hanya sebatas tinggi dinding ban sblm velg kynya (plg lebih tinggi dikitlah).
Yg jadi pertanyaan kok GC mobil2 itu bisa sampe 20cm ya? Kl dilihat, jelas2 ngak sampe 20cm ke lengan arm itu.
Yaris memang kl dilihat kolongnya, agak tinggi tuh. Tinggal dikasi ban gedean (ky SX4), bisa2 lbh tinggi GCnya drpd SX4.
bener bos, lengan ayun yg mengarah ke Ban, rendah..kalo ada jendolan ato batu yg kita lewatin dan mengarah ke lengan ayun, kayaknya bisa2 kena tuh..
hmm kalo itu, rasanya rata2 mobil begitu, pun masih lebih better di "wishbone" tadi daripada control-arm nya rigid-axle yg nongol mayan di sisi depan roda belakang.
Yg lebih rentan kena, bagian diferensial belakang mobil nongol di tengah2 pd kontruksi rigid-axle rwd.
Nah, gmn kl udah pernah ada yg ngukur SENDIRI berapa jarak TERENDAH mobilnya dr tanah, baiki itu dari: Bonggol Diferensial, Lower Arm, Knalpot, dsb; tolong posting disini. Tp kasih tau jenis mobil, ukur ke bagian mana mobil yg terendah, berapa jaraknya. catatan, harus dalam keadaan standar ya mobilnya.