Tentang Ground Clearence mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by Risol1 »

T-Ronx wrote:
Risol1 wrote:Nah yg ini yg gw juga ragu bro.....soalnya takutnya pabrikan (dlm hal ini ATPM) disini biasanya gak peduli dengan metode baku pengukuran GC (ini gw cuma gosip ya, gak ada bukti soalnya). Kadang2 supaya terbentuk persepsi bahwa mobilnya tinggi, pabrikan nulis pake metode pengukuran yg berbeda2......bukan ngebohongin konsumen sih tapi beda aja cara ngukur GC nya.....
Misalnya kalo secara kasat mata, gw ngeliatnya Apanja lebih tinggi dari GL (GL kan modelnya spt sporty MPV kaya wish, stream gitu.....), tapi kalo menurut spec GL lebih tinggi. Entah mata gw yg salah, atau kedua pabrikan yg ngukurnya gak sama metodenya? :e-think:
GL: 185mm
Apanja S AT: 180mm
karena Apanja RWD rigid axle, GC nya tereduksi oleh diferensial belakang dan GL FWD tidak ada rigid axle
make sense.
Jadi sebenernya kalo mao ngolong-in batu yg tingginya 181mm, teorinya apanja bakal mentok, tapi GL gak.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

GC dari rumah differensial belakang RWD rigid-axle kecuali fortuner (karena diameter roda besar), itu bikin jd agak rendah2 lho maybe jadi sekitar 150mm aja.
Juga biasanya yg bikin rendah adalah parts yg berada di bawah drive-axle; contoh : "control-arm"nya yg mayan besar (lengan pemegang axle yg model coil spring, atau pemegang per daun)..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by imsus2c »

^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...

pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin...... :e-doh:

wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by avansa »

imsus2c wrote:^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...

pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin...... :e-doh:

wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya :e-whistle:
Dont worry bro..gak mungkin Kan lewat sungai yang kering..,lah kalau di Jakarta susah nemui gundukan batu malah kebalikanya,kubangan air yang malah bikin Tinggi GC saat di hitung d atas kubangan yang begitu banyak di kawasan Ramayana( Bekasi sampai Jatisamprna) wekekek :angel:
Image
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by abenk80 »

Jadi kesimpulannya untuk mobil yg punya bonggol (penggerak belakang), GC-nya kl pake ban sama, pasti mirip2 ya. Jd ban sangat menentukan tinggi-rendahnya GC.

Kl untuk mobil penggerak depan, struktur kaki2 dan suspensi jg mirip, plg yg suka mempengaruhi GC yaitu: struktur pipa knalpot, lengan arm suspensi. Disini pabrikan perlu pintar2 mengatur pipa knalpot dan lengan arm sesederhana n setinggi mgkn supaya GC bisa naik. Bukan hanya gedein ban aja. :big_peace:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by nescafe »

avansa wrote:
imsus2c wrote:^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...

pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin...... :e-doh:

wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya :e-whistle:
Dont worry bro..gak mungkin Kan lewat sungai yang kering..,lah kalau di Jakarta susah nemui gundukan batu malah kebalikanya,kubangan air yang malah bikin Tinggi GC saat di hitung d atas kubangan yang begitu banyak di kawasan Ramayana( Bekasi sampai Jatisamprna) wekekek :angel:
tp masalahnya, pak imsus ini menggunakan SUVnya itu sesuai dgn peruntukannya..

wong motonya aja, that's what SUV built for" :e-whistle:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by Abu2 »

berhubung topiknya tentang GC, numpang masukin GC Grandvitara yg katanya GCnya 200mm, berikut approach , ramp over dan departure angle

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by imsus2c »

nescafe wrote:
avansa wrote:
imsus2c wrote:^^^
yg parah tu ternyata di santa fe kaya punya saya...

pernah ngolong bentar, iseng2 ngukur... ketinggian GC berada di kira2 (dari posisi lantai sampai ke control arm) 21cm-an....dan titik terendah kedua setelah control arm tsb (selisih hanya kira2 2-3 cm) adalah......tanki bensin...... :e-doh:

wah, kalo ngegaruk batu pas ditengah kolong mobil, bisa sobek tuh tanki bensin santi saya :e-whistle:
Dont worry bro..gak mungkin Kan lewat sungai yang kering..,lah kalau di Jakarta susah nemui gundukan batu malah kebalikanya,kubangan air yang malah bikin Tinggi GC saat di hitung d atas kubangan yang begitu banyak di kawasan Ramayana( Bekasi sampai Jatisamprna) wekekek :angel:
tp masalahnya, pak imsus ini menggunakan SUVnya itu sesuai dgn peruntukannya..

wong motonya aja, that's what SUV built for" :e-whistle:
hehehehe....

tapi kan ga termasuk acara sobek-menyobek tanki bensin :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
supereddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Nov 11, 2008 7:46

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by supereddy »

denger2 honda new jazz GC 14cm, bener nggak, berarti lebih tinggi dari yang lama hanya 12,5 cm.....dan beda 1 cm dari yaris yang 15 cm.....bener nggak ya?
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by abenk80 »

Sbnrnya msh bingung soal GC ini, karena kmrn kebetulan ngeliat Grand Vitara dr blkg, ternyata ada lengan arm roda belakang yg kl sy lht rendah sekali, hanya sebatas tinggi dinding ban sblm velg kynya (plg lebih tinggi dikitlah).
Yg jadi pertanyaan kok GC mobil2 itu bisa sampe 20cm ya? Kl dilihat, jelas2 ngak sampe 20cm ke lengan arm itu. :e-think:

Yaris memang kl dilihat kolongnya, agak tinggi tuh. Tinggal dikasi ban gedean (ky SX4), bisa2 lbh tinggi GCnya drpd SX4.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

GC mobil, better ukur sendiri deh... jadi bisa lebih sesuai ke perkiraan driver.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by Abu2 »

abenk80 wrote:Sbnrnya msh bingung soal GC ini, karena kmrn kebetulan ngeliat Grand Vitara dr blkg, ternyata ada lengan arm roda belakang yg kl sy lht rendah sekali, hanya sebatas tinggi dinding ban sblm velg kynya (plg lebih tinggi dikitlah).
Yg jadi pertanyaan kok GC mobil2 itu bisa sampe 20cm ya? Kl dilihat, jelas2 ngak sampe 20cm ke lengan arm itu. :e-think:

Yaris memang kl dilihat kolongnya, agak tinggi tuh. Tinggal dikasi ban gedean (ky SX4), bisa2 lbh tinggi GCnya drpd SX4.
bener bos, lengan ayun yg mengarah ke Ban, rendah..kalo ada jendolan ato batu yg kita lewatin dan mengarah ke lengan ayun, kayaknya bisa2 kena tuh..

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

hmm kalo itu, rasanya rata2 mobil begitu, pun masih lebih better di "wishbone" tadi daripada control-arm nya rigid-axle yg nongol mayan di sisi depan roda belakang.
Yg lebih rentan kena, bagian diferensial belakang mobil nongol di tengah2 pd kontruksi rigid-axle rwd.
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by abenk80 »

Nah, gmn kl udah pernah ada yg ngukur SENDIRI berapa jarak TERENDAH mobilnya dr tanah, baiki itu dari: Bonggol Diferensial, Lower Arm, Knalpot, dsb; tolong posting disini. Tp kasih tau jenis mobil, ukur ke bagian mana mobil yg terendah, berapa jaraknya. catatan, harus dalam keadaan standar ya mobilnya.

Contoh:
Avanza, Bonggol Difrerensial, XX cm.