Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

that's why ada toyota, mazda, nissan dan suzuki bro..free to choose.
dan tidak smua org berpendapat kualitas nya seperti itu loh..
tingkat kekedapan kabin juga ada ukuran db nya
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by AD74YA »

ooh.. ok2..
thx
:frm_tumbleft:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by andy1800 »

gw kok tetep nggak bisa paham pembicaraan disini ya ?


:malu mode:ON:
:oops:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by abrof »

klo harusnya yg di :big_slap: ya pihak HPM lha di negara lain honda fiturnya berlimpah....disini ditilepin semua....klo comfort.....honda risetnya kebanyakan di negara yg infrastukturnya sdh bagus....so rumus comfort dan handling jelas tarik menarik....di eropa honda sdh bisa dibilang comfort tanpa mengorbankan handling....di indonesia beda....butuhnya comfort.... soal handling di kecepatan tinggi...lha jalanan disini parah... mo kencang apalagi....
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by AD74YA »

sip bro abrof!

singkatnya; silahkan coba new CRV CBU (baik dari jepang maupun amerika) dan bandingkan dengan new CRV indonesia..

dan silahkan comment sendiri setelah merasakan.

Honda Indonesia kacau!!!~itu yang keluar di benak saya

dan alasan2 prinsip honda yang lebih mempertimbangkan pengalaman berkendara driver... ah nggak juga menurut saya.. toh fitur2nya juga.. yah... biasa aja lah... nggak terlalu inovatif juga.. IMHO :

paddle~ sebenernya nggak terlalu meningkatkan pengalaman pengemudi kan? soalnya sama aja impresinya seperti shifter jempol di versi sebelumnya.. bandingkan aja dengan golf GTi yang punya padlle-shift, impresinya jauuh... point saya disini; nanggung sekali bikin paddle-shift kalau efeknya nggak besar, lebih baik bikin paddle-shift sebagai optional, dan kalau harga nggak turun bisa dialokasikan ke penambahan fitur pengamanan seperti airbag atau atap diperkuat (pada tau kan kalau atap produksi honda Indonesia buseeetttt lemah banget.. tipis.. kalau mobil kebalik dalam keadaan kenceng wassalam deh., pilar2 jg lemah dan landai, dan lacking 'roll bar' tebel di sisi2 atap.. makanya kalau liat mobil honda kecelakaan berat sampai terguling bisa dipastikan atapnya terkoyak dasyat!..)

active-seat~ beda nama aja, tapi produsen mobil lain juga memiliki desain yang mirip, tapi untuk bidang ini emang Honda masih paling top.

active noise-control~.......... really? I mean, is it really really 'really'? (mau nanya pake bahasa inggris malah bingung.. hehe)

MID~ mm mohon maaf ya setau saya honda bukan yang pertama di Indonesia (bahkan di dunia) yang memasukkan fitur ini,.. CMIIW


that is why harga yang ada di label sebenernya nggak sesuai dengan yang didapet, karena kualitas fitur yang asli jepang dengan yang dirakit ATPM=beda jauh banget,,

saya malah merasa lebih senyap (meskipun dari samping mobil tetep ribut, tapi suara roda nggak terlalu kedengeran, suara mesin kedengeran enak ditelinga) dan lebih 'meningkatkan pengalaman' mengendarai Lancer EX dibanding Civic.. nggak percaya?
silahkan coba..

Lancer:
Visibilitas oke dan pas (pada hal ini, visibilitas civic lebih luas, tetapi tidak signifikan karena pandangan kesamping ketika berbelok tehalang pilar A), semi-bucket seat (tapi yang bagus, mirip2 seperti jazz lama), lebih irit, lebih nyaman suspensinya (ini paling penting), 6-speed CVT (okelah ini bagi beberapa orang kurang signfikan), ada MID, dapet velg gede standarnya (beda 2 inch lho sama civic).. atau yg saya test drive emang velgnya udah diganti??

CMIIW ya sodara2..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:gw kok tetep nggak bisa paham pembicaraan disini ya ?


:malu mode:ON:
:oops:
kenapa oom?.. jangan merendah gitu dong.. jadi saya yang malu..
:mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by imsus2c »

andy1800 wrote:gw kok tetep nggak bisa paham pembicaraan disini ya ?


:malu mode:ON:
:oops:
ga perlu paham2 sekali mod,
simak aja terusss....tar lama2 kan nyantol juga :drinking: :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by mansetha »

beda versi ama IIMS, car of 2008 Honda Jazz, .... secara real di lapangan lebih masuk akal kalau best car 2008 emang jazz, dari kendaraan dijalan atau balapan disentul.... tapi ya mungkin penilaian AutoBlitz berbeda dengan IIMS...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

iya, tapi "cukup berani" yg sukses meramaikan(tembus) pasar consumer itu mayan:
jangan kelas golf Gti, itu volume nya jauh dgn jazz/city yg skala massal, juga kelas harga berapa, tentu tidak sesuai bandingkan dgn kelas sportscar/ luxury / premium.
atau jazz hrs pakai "Dual-Clucth transmission" nya golf GTi itu.., pun nanti dibilang masih kurang deh...

mobil2 kecil honda justru inovatif enginneringnya.
Fit luar dan jazz indo hampir sama aja fitur nya;
kalo di luar : Fit dan Fit Sport, ada lagi varian Nav package.
di Indo : Jazz(=Fit) Dan Jazz RS (Fit Sport), modelnya body/bempernya pun sama dgn fit/fit sport.
memang ada tambahan side airbag utk Fit Sport luar (=jazz RS), nah ini cocok di kelas mana di indo.

kalo ga ada yg sukses meramaikan(tembus) pasar indo dgn engineering sbb belum tentu kondisi mobil2 terutama kelas mobil compact spt ini kali yah:
FWD = civic 1gen (& accord 1gen) '70an, jauh belakangan baru kompetitor & semua pakai ini.
automatic = civic 1gen (& accord 1gen), nah ini juga dipakai belakangan di merk lain.
3valve per cyl (kelas compact) = Civic 1gen (& accord 1 gen), ini juga beda jauh periode aplikasinya dgn merk lain.
manual 5speed di kelas compact = civic exellent.
4wheel doublewishbone = prestige & grand
Variable valve = ferio
Low&flat floor = civic vti
Cvt+paddle= city/jazz (lancer lalu kurang sukses, di indo juga dipakai oleh kelas audi, setelah market mayan "kenal" di jazz, akhirnya kembali lancer ex_gt & Xtrail)
Midposition fuel-tank = city/jazz (inovasi ini di-respect oleh banyak pihak)
Ultra/magic seat = idem..
automatic 5speed + paddle (CVT lalu ternyata tidak diterima di indo market kelas 150jt, apalagi "i-shift" jazz versi eropa).
= jazz 2gen (5speed is very unssual di kelasnya).

nah sebagian produsen "kurang berani" challenge market dgn ini, padahal mereka ada koq versi engeineering lebih baik , contoh]
1NZ-FE (vios yaris, masih lumayan pakai ECT-S 4speed) dan HR15DE or MR18DE (latio / GL) itu match dgn versi CVTnya, tapi tentu mereka cenderung pilih yg lebih sederhana kan.
juga mobil2 jepang lain yg ada versi CVT nya tapi mereka pasti cenderung pakai matic 4speed ratio yg itu2 dijual di indo.
malah di bbrp model di tahun 90an ada yg masih aplikasi 3speed matic.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Midi_Amp »

mansetha wrote:beda versi ama IIMS, car of 2008 Honda Jazz, .... secara real di lapangan lebih masuk akal kalau best car 2008 emang jazz, dari kendaraan dijalan atau balapan disentul.... tapi ya mungkin penilaian AutoBlitz berbeda dengan IIMS...
Kan terserah medianya bro, kriteria penilaian kan gak sama untuk semua media otomotif di Indonesia. Sebagai contoh, Mobil Motor menganugerahi Jazz 2008 sebagai car of the year.

Nih pemenang kategori mobil terbaik versi mobil motor:

1. City Car : Proton Savvy
2. Mini MPV : Honda All New Jazz RS
3. Small MPV Frame : Suzuki New APV Arena
4. Small MPV Monocoque : Nissan Grand Livina 1.5
5. Premium MPV : Mazda5
6. Compact Sedan : Suzuki Neo Baleno
7. Medium Sedan : Toyota Corolla All New Altis
8. Hatchback : Ford Focus
9. Sedan : Mazda6
10. Premium Sedan : BMW 320i Life Style
11. Exclusive Sedan : Mercedes Benz E280 Elegance
12. SUV 4x2 : Nissan All New X-Trail
13. SUV Diesel : Ford Everest
14. Double Cabin : Mitsubishi Strada Triton Exceed

Sumber: http://www.tempo.co.id/hg/prototype/200 ... 05,id.html

Untuk Neo Baleno konsisten tuh, dapet terbaik untuk kelas compact sedan. Sisanya, amburadul, gak ada yang cocok satupun antara Autobilid dan Mobil Motor.
AD74YA wrote:...makanya kalau liat mobil honda kecelakaan berat sampai terguling bisa dipastikan atapnya terkoyak dasyat!..)

...

active noise-control~.......... really? I mean, is it really really 'really'? (mau nanya pake bahasa inggris malah bingung.. hehe)
Gw sih belum pernah liat mobil honda kecelakaan berat banget sampai terguling dan atapnya terkoyak dahsyat. Tapi gw pernah liat satu Honda City terguling ditabrak Panther di tol pluit, cuma bagian bagasi aja ancur dan meskipun terbalik, orangnya keluar dengan selamat meskipun agak linglung. Tapi kalau kecelakaan berat sampai terguling guling... Waduh, mobil apa yang gak rusak? Mercedes Lady Diana aja sampai mencabut nyawa sang empunya, padahal gak terguling guling guling guling.

Active noise control itu cuma ada di mobil Honda yang dilengkapi dengan mesin V6 Variable Cylinder Management. Karena silinder dimatikan, kinerja mesin jadi timpang dan bergetar, suara dari mesin itu diambil oleh mic di ruang mesin kemudian suaranya diputar balik ke sistem audio dan gelombangnya diputar 180 derajat. ANC itu satu bagian dari sistem VCM dan active engine mount.
User avatar
arisbudiarto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri May 16, 2008 2:46
Location: Depok

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by arisbudiarto »

Setiap media/instutusi memiliki dasar penilaian untuk mobil-mobil tersebut. Kita open minded aja dulu, dan lagipula dari setiap ulasan / uraian mobil yang menang dikategorinya dapat menjadi bahan referensi dan pengetahuan kita dalam mempertimbangkan sebuah mobil. Selebihnya tergantung kita menilainya dalam memilih mobil. :big_peace:
Regards,
a.budiarto
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Risol1 »

arisbudiarto wrote:Setiap media/instutusi memiliki dasar penilaian untuk mobil-mobil tersebut. Kita open minded aja dulu
betul, karena apapun hasilnya, pasti gak akan bisa memuaskan semua pihak. Yg penting masuk akal aja...hehehe...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by ZombiEE »

nyang ane tau doortrim jazz baru emg lbh parah dari yg dulu...
dari sisi engineering..kadang nampak kadang ngak..jadi harus dirasain sih...
and one more, nyang menang mnrt saya blm tentu bagus(tahan banting)..soale ga long term test...CMIIW
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by abenk80 »

Tambahin bro GTR:
Sistem kerja mesin CVCC di Civic gen1.
Hybrid di Honda Insight.
Fuel Cell di FCX Clarity.

At least Honda selalu berusaha mengembangkan teknologi2 baru dan yg patut di-respect adalah Honda menerapkannya di mobil2 yang lmyn entry level yang masih terjangkau harganya. Dimana teknologi ini di merk lain cm ada di mobil dgn harga yg jauh lebih mahal.

Dan dr yg sy perhatiin, kl Honda keluarin suatu model, kebnykan pasti ada suatu teknologi atau fitur baru. Listnya bisa dilihat di postingan bro GTR berikut:

[quote="GTR"]
FWD = civic 1gen (& accord 1gen) '70an, jauh belakangan baru kompetitor & semua pakai ini.
automatic = civic 1gen (& accord 1gen), nah ini juga dipakai belakangan di merk lain.
3valve per cyl (kelas compact) = Civic 1gen (& accord 1 gen), ini juga beda jauh periode aplikasinya dgn merk lain.
manual 5speed di kelas compact = civic exellent.
4wheel doublewishbone = prestige & grand
Variable valve = ferio
Low&flat floor = civic vti
Cvt+paddle= city/jazz (lancer lalu kurang sukses, di indo juga dipakai oleh kelas audi, setelah market mayan "kenal" di jazz, akhirnya kembali lancer ex_gt & Xtrail)
Midposition fuel-tank = city/jazz (inovasi ini di-respect oleh banyak pihak)
Ultra/magic seat = idem..
automatic 5speed + paddle (CVT lalu ternyata tidak diterima di indo market kelas 150jt, apalagi "i-shift" jazz versi eropa).
= jazz 2gen (5speed is very unssual di kelasnya).
[quote]
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

bro abenk80, maksud gw itu engineering yg pernah dirintis & tembus market indo ada di produk2nya, bukan engineering globally he2.
naldo

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by naldo »

Versi mobil motor, ga ada SX4 karena tidak ada saingan(X-gear, terios, Rush), tidak ada pinjeman ke pihak Mobil motor. Kalo pihak suzuki sudah siap kasih pinjem.
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Jose »

tahun ini Sujuki paling royal minjemin unit testnya ke Autobild, mo di test seperti apapun silahkan.

makanya secara tidak langsung dari segi subyektifitas, tester2 Autobild memilih SX-4, karena SX4 lah yg di test benar2 sampe limit pada tahun ini. Klo ga salah malah pernah di test melalui jalur trans-Sulawesi.
Increase speed = increase Risk
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by abenk80 »

Selain unsur subyektifitas dr sisi spt bro Jose bilang di bawah, diperparah juga dengan unsur subyektifitas dari segi penilaian yang kadang hanya berdasarkan kepada "feeling", bukan berdasarkan suatu skema penilaian terstruktur yang benar2 dites oleh orang2 yg berkompeten (dan independent) di bidangnya.
Jose wrote:tahun ini Sujuki paling royal minjemin unit testnya ke Autobild, mo di test seperti apapun silahkan.

makanya secara tidak langsung dari segi subyektifitas, tester2 Autobild memilih SX-4, karena SX4 lah yg di test benar2 sampe limit pada tahun ini. Klo ga salah malah pernah di test melalui jalur trans-Sulawesi.
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by budi1bogor »

makanya, jadi pelajaran buat atpm lainnya, agar produk jagoannya boleh di "siksa" habis2an oleh media... ga usah autobild saja, kalo bisa seluruh media di indonesia juga....
kan ada pepatah, tak kenal maka tak sayang :big_peace:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

sampe jadi ajang saingan kuat2an "treat/sayang2an" deh...daripada sekedar "minjemin buat tes", makanya maybe sebagian atpm kapok.
budi1bogor wrote:makanya, jadi pelajaran buat atpm lainnya, agar produk jagoannya boleh di "siksa" habis2an oleh media... ga usah autobild saja, kalo bisa seluruh media di indonesia juga....
kan ada pepatah, tak kenal maka tak sayang :big_peace:
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by budi1bogor »

he..he... itulah dunia.. subyektifitas tetep pegang peranan..
bukannya ngebelain media nih ( saya sendiri sering ga puas sama kesimpulan mereka ), tapi yakin saya, tester media ( ngga hanya autobild, yg lain jg ), punya pengalaman tes mobil lebih banyak dari kita2 disini kok... :big_peace:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

tul, nah faham itulah yg cukup mejual (jadi advantages) di bidang media mereka ini kan..cuma aja plus subyektifitas yg mayan tinggi.
yg di media TVC indo juga mirip...
seems yg mayan independent itu media asing US / eropa / Jepang, tester2 mereka hrsnya disegani di dunia media otomotif.
hansen90
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sat Jun 07, 2008 4:09

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by hansen90 »

jadi pengen sx4 neh..
brapa ya...????
hwe... :big_slap:
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by mansetha »

yup subjektifitas penilaian memang sangat berperan...apalagi ada unsur komersilnya hehehe...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by esh »

hansen90 wrote:jadi pengen sx4 neh..
brapa ya...????
hwe... :big_slap:
SX 4 X-Over 1.5i
M/T Rp. 161.200.000,-
A/T Rp. 172.200.000,-
Harga on the road Jakarta.

Sebagai catatan, harga belum berubah sejak September 2008, lainnya pada buru2 naik harga. Sebagai contoh per hari ini Nissan GL 1.5 AT naik 6 juta menjadi 178 juta.

IMO SX 4 menawarkan fitur yang hanya bisa didapat pada mobil kelas atas. Jadi secara value of money cukup tinggi. CMIIW

Secara overall IMO SX 4 menang di nilai rata2nya walaupun tidak ada yang nilainya extrem banget. Terus terang, saya pribadi sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil ini untuk harian. :mrgreen: