Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

duh, iya yah cape deh sama AB, serasa belum cocok menyelenggarakan award car of the year, ini yg paling aneh, VW Tiguan bisa masuk "BIG SUV"..haduh jangan sampe kebaca asing nih malu2in.

Car of the year, tapi "non-car" juga...

soal pembagian jatah;
jadi inget, recently award ke mereka "kebetulan" bisa berulang begini...
AB kalo abis kasi award ke civic, next year nya ke corolla; begitu pula setelah kasih ke camry, nextnya ke accord. maybe next nya bisa ketebak kali ya..

apalagi content rubrik long term test, ngelantur jauh banget kalo dgn content long term test nya media luar. jangan2 ini juga buat "jatah" tabungan poin2 award gantian dgn ATPM yg gemar isi AB pd rubrik lain.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by imsus2c »

Car Of The Year ini kan buat mobil baru, gimana kalo usulin juga ke AutoBild Indonesia bikin award:

Used Car Of The Year, alias penghargaan buat boil-boil bekas...munkin kasih rentang 3-5 tahun ke belakang,
Jadi kalo awardnya tahun 2008, yg dinilai adalah mobil keluaran 2003-2005...
atau juga rentang "flashback"nya ditambah misalnya sampe 5-10 tahun getoh
asyik juga tuh....secara konsumen di tanah air juga butuh referensi mobil bekas juga...
aspek yg dinilai kan bisa dari depresiasi, value for money, cost of ownership, reliability/durability, etc...etc...
belum ada yg bikin award ginian toh?

Justru dengan used car of the year ini lebih "aktual" mencerminkan kualitas sebuah mobil...kalo mobil baru kan sudah pasti (biasanya) bagus, engga rewel, enak, etc...etc...
Sperti pepatah, "time will tell"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Stalin1901
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Mon Sep 15, 2008 4:34

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Stalin1901 »

Yang pasti sih merk2 yang gak ngasi pinjeman TD ataupun yang pelit informasi bakalan di"blacklist" ama AB. Biasa lah, mana ada iklan gratis di dunia ini.

:big_smoking:
bernard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by bernard »

mungkin memang betul ya rasanya
emangnya kekurangan sx4 banyak ya??
handling,kenyamanan,keamanan,kekuatan(banjir terobos),suspensi,kualitas interior,kekedapan kabin,audio juga udah bagus koq
harga juga ga mahal2 amat
saya rasa sich ok2 aja kalo dapet car of the year
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by abenk80 »

He3...Tiguan masuk kategori BIG SUV...
Avanza tdnya ga ada, tiba2 juara...aneh nih AB...

no offense, tp SX4 teknologi mesin kalah, selain masih menerapkan intake manifold dan keluaran knalpot konvensional (intake dari blkg mesin, knalpot dari depan), masih bnyk inovasi2 produsen lain yg lebih pantas dihargai. konsumsi BBM jg ga istimewa.
Ground Clearence tinggi jg gara2 pake ban 205/60/16. Kl semua mobil hatchback dikasi ban segitu, juga jadi 175mm kl GC-nya.
Berikut review situs edmunds.com:
http://www.edmunds.com/suzuki/sx4/2008/review.html
SX4 laku keras di luar negeri karena merupakan mobil paling murah yg udah AWD (All Wheel Drive), karena memang fitur ini sgt diperluin disana. Jadi kaya Toyota jualan Avanza yg 7-seater di Indo... :big_peace:
naldo

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by naldo »

Bos GTR, saya coba jawab yang bos bilang kenapa camry bisa menang kali ini. Sekarang honda, tuh materialnya di kurangi semua, bahan makin lama di tipisin. Terus fitur di pelitin, harga di mahalin. Handling accord sekarang udah ga semantap dulu. Banyak orang yang bilang gitu. Jadi karakteristik honda menjadi hilang n dengan harga segitu, orang pada ambil camry n camry jauh lebih laku. Bisa tanya ke orang2 or mungkin forum sebelah, banyak yang bilang honda makin lama harga makin mahal tapi quality makin butut.

SX4 bisa menang karena overall, rata2. Kalo boleh kasih info tambahan dikit, SX4 itu mengalahkan Lexus LS460, yang menjadi kandidat Car Of The Year juga. Cuma lexus harganya mahal n ga ada feeling untuk menyetir, cocoknya supir yang nyetir n mesin ga irit, boros. Kalo emang SX4 itu jelek, ga laku hari ini, buktinya banyak yang pke n puas. Bahkan global pada pake semua, sampe2 stock abis terus di luar negeri. Bukan karena 4wd doank disana, tapi emang improvement suzuki di SX4 termasuk banyak.
Urusan teknologi knalpot di depan, toh tetep bisa di bikin kenceng kalo mau. Emang kebanyakan mesinnya udah di puter, tapi toh ada improvitation... N buktinya nyata... Makin irit bensinnya, makin kenceng juga mobilnya...
naldo

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by naldo »

Btw, urusan mesin, tanya sama designer suzuki aja yah, jangan tanya saya... Sekali lagi saya camkan, bukan saya yang kerja di suzuki. Thanks. Peace... :big_peace:
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by abenk80 »

Memang kita disini cm mau bahas secara fair, seobyektif mgkn dan kenyataan kok... :upss:

Improve bukan berarti yg terbaik kan? Apalagi kenyataannya pabrikan2 lain yg merupakan para Inovator2 di dunia otomotif dan menerapkannya lebih dulu di mobil2 yg dijual, sbg contoh: Variable valve timing (vtec) by honda; Hybrid by toyota & honda, dsb. Dan keliatannya bakal terus begitu nih.
Dan bukannya udah pernah dibahas di thread sebelah ya tentang power-to-weight ratio SX4, new jazz, yaris n swift, dimana SX4 plg berat dgn ban plg besar dan lebar, tp tenaga plg kecil, bisa irit darimana?

Dan soal camry n accord, rasanya tidak mgkn Honda mau mempertaruhkan nama besar yg udah dibangun sedemikian, dgn menurunkan kualitasnya...wah bisa2 bangkrut...Dan kalau memang memperhatikan dunia otomotif, seharusnya tahu karakteristik dan pendekatan produk Honda dan Toyota. Honda dari dulu lebih memperhatikan sisi Engineering dibanding fitur. Kl Toyota lebih ke fitur.
Untuk memenuhi permintaan pasar dunia, maka accord ada 2 versi: accord yg dijual disini untuk pasar asia n amrik yg lebih menonjol kenyamanannya, dan accord euro yg lebih sporty.
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by eresiie »

Hmm, barangkali ada sumber info berapa penjualan SX4 setelah 2 thn ini ? Seberapa efektif title 'best of the year ini' menaikkan penjualan nantinya ?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by andy1800 »

kalau nggak salah inget, list itu, bersumber dari "pilihan pemirsa" AB deh... sms atau apa gitu.., lupa gw.
jd, kemngkinan, nggak ada campur tangan juri dlm hal itu.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Midi_Amp »

GTR wrote:duh, iya yah cape deh sama AB, serasa belum cocok menyelenggarakan award car of the year, ini yg paling aneh, VW Tiguan bisa masuk "BIG SUV"..haduh jangan sampe kebaca asing nih malu2in.

Car of the year, tapi "non-car" juga...

soal pembagian jatah;
jadi inget, recently award ke mereka "kebetulan" bisa berulang begini...
AB kalo abis kasi award ke civic, next year nya ke corolla; begitu pula setelah kasih ke camry, nextnya ke accord. maybe next nya bisa ketebak kali ya..

apalagi content rubrik long term test, ngelantur jauh banget kalo dgn content long term test nya media luar. jangan2 ini juga buat "jatah" tabungan poin2 award gantian dgn ATPM yg gemar isi AB pd rubrik lain.
Kekekeke... Kritis juga lw bro, biasanya orang cuma baca aja terus seneng mobilnya terpilih masuk dalam kategori best in class.

Kalau soal SX4 car of the year... Duh... Akhirnya gw harus angkat bicara juga... Sebagai pemilik, gw juga kaget SX4 bisa dapet gelar "mobil tahun ini". Kalau gw sih udah pasti memilih Grand livina. Mau ngomong ground clearance? Lebih tinggi dari SX4... Tanpa perlu ban 16", kalau kasih ban 16" pasti lebih tinggi lagi GC-nya. Teknologi mesin lebih canggih, irit, dan muat banyak. ABS dan airbag juga bukan faktor penting kalau mobil gak ngebut.

Soal kesenyapan SX4 memang bagus, tapi mungkin orang lupa... Di luar negeri, mobil diuji dari tiga faktor, yaitu Noise, Vibration dan Harshness (NVH). Noise bagus, senyap, tapi vibration dan harshness... Setir bergetar dan mesin kasar. Kalau seandainya gak ada auto volume control yang membuat suara tape makin besar seiring dengan mobil makin cepat... Gw udah ngedumel2 di SM kali (selain gak sempet juga sih). Mau list bunyi2 di SX4 gw? Di pedal rem, di dashboard (dan di odometer, gw mau bongkar sendiri, di BeRes rese...). di pintu pengemudi, di bawah bangku pengemudi (gw kegendutan kali), dan di seatbelt belakang kanan (buckle seatbelt suka merosot dari kaitnya, jadi bergetar). CR-V kakak gw memang kesenyapan bisa diadu ama SX4 gw, tapi soal getaran, maknyos.... Halussss... Gak tau 4 tahun lagi, tapi yang jelas SX4 gak butuh 4 tahun supaya setirnya bergetar kalau lagi jalan.

Ban serep space saver? Gara2 ini ban serep gw harus menghindari area ranjau paku... Soalnya kalau gw kena, ini ban serep cuprut gak dirancang untuk melewati jalanan berlubang khas ibukota. Soalnya kalau gw pake, orang yang punya niat jahat pasti tau kalau ban gw udah "pincang", seandainya gw ditarget lagi... Habis sudah, gak ada ban serep. Minimal kalau ban serep full size, gak keliatan kalau yang serepnya udah "kena". Kaleng pula... Bisa karatan kalau gw gak ati2 perawatannya...

@Naldo, Suzuki tidak perlu menyogok AB secara langsung. Cukup dengan memperlakukan AB dengan istimewa udah cukup kok. Misalnya dibiayain lintas sumatra... Atau seperti Toyota yang memberikan kendaraan untuk long term test... Memangya itu Kijang buat long term test dibiarin aja di kantor AB tanpa dipakai secara kolektif/individual oleh pihak editorial? Ini yang namanya taktik pemasaran sederhana kok, semua perusahaan yang memiliki kepentingan dengan media pasti akan memperlakukan media dengan istimewa... Gak percaya? Gw mantan jurnalis dan editorial salah satu majalah IT Indonesia. Dari sisi editorial, gak jarang loh gw dikirim ke luar negeri oleh sponsor pemasang iklan, ataupun dikirimkan "parsel". Sekarang gw udah keluar dan berada di posisi client... Apa yang gw lakukan? Gw melakukan hal yang sama. Media butuh perhatian karena mereka sadar mereka pegang posisi "netral" di mata pembacanya. Apapun yang media katakan dapat merusak atau mengharumkan nama produk. Jadi hubungan media menjadi prioritas utama.
abenk80 wrote:Memang kita disini cm mau bahas secara fair, seobyektif mgkn dan kenyataan kok... :upss:
Setuju.

Intinya, sebagai pemilik SX4, gw beri ini mobil 7,6 dari 10... Good car, yes :frm_salut: ... Great car? :off_no: Car of the year... Ya sudah lah, suka2 medianya. Yang penting gw pake dan gak sakit pinggang lagi :roll:
naldo

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by naldo »

Sayang bos midi_amp waktu kemaren ga ada waktu.
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by abenk80 »

SMS cm untuk kategori "Readers Choice" aja...
andy1800 wrote:kalau nggak salah inget, list itu, bersumber dari "pilihan pemirsa" AB deh... sms atau apa gitu.., lupa gw.
jd, kemngkinan, nggak ada campur tangan juri dlm hal itu.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Risol1 »

abenk80 wrote:He3...Tiguan masuk kategori BIG SUV...
Avanza tdnya ga ada, tiba2 juara...aneh nih AB...

no offense, tp SX4 teknologi mesin kalah, selain masih menerapkan intake manifold dan keluaran knalpot konvensional (intake dari blkg mesin, knalpot dari depan), masih bnyk inovasi2 produsen lain yg lebih pantas dihargai. konsumsi BBM jg ga istimewa.
Ground Clearence tinggi jg gara2 pake ban 205/60/16. Kl semua mobil hatchback dikasi ban segitu, juga jadi 175mm kl GC-nya.
Berikut review situs edmunds.com:
http://www.edmunds.com/suzuki/sx4/2008/review.html
SX4 laku keras di luar negeri karena merupakan mobil paling murah yg udah AWD (All Wheel Drive), karena memang fitur ini sgt diperluin disana. Jadi kaya Toyota jualan Avanza yg 7-seater di Indo... :big_peace:
SX4 FCnya menurut EPA sih 21 city dan 28 highway. Sebenernya sih bagus sekali jika dibandingkan dengan rata2 mobil yg beredar di US (Artikel Edmunds me-review SX4 versi US). Tapi kalo dibandingkan dengan mobil2 selevelnya (jazz, yaris, aveo, dll) memang agak boros.....tapi wajar banget kalo diliat dari spek mesinnya yg lebih gede dari rata2 mobil yg selevel diatasnya.
Spek Mesin SX4 USDM: I4 2000cc 143 hp, apalagi kalo ditambah AWD :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

loh bro,
justru itu maksud gw; koq yg lalu (baru saja versi AB juga) bisa2nya accord 8gen menang atas camry yah dengan segala "kecap"nya; sama2 produk gen akhir yg sama nih.
pas berikutnya ini tau2 dirubah (bisa) gantian camry yg menang atas accord, juga dgn segala "kecap"nya kali.
the point is : salah satu contoh penilaian versi AB ga konsisten; selain carut-marutnya hal2 lain lagi di atas; tanya kenapa..
soal mobilnya apa sih itu suatu hal lain...(merk2 barusan cuma meng-ilustrasikan standar AB ini).
naldo wrote:Bos GTR, saya coba jawab yang bos bilang kenapa camry bisa menang kali ini. Sekarang honda, tuh materialnya di kurangi semua, bahan makin lama di tipisin. Terus fitur di pelitin, harga di mahalin. Handling accord sekarang udah ga semantap dulu. Banyak orang yang bilang gitu. Jadi karakteristik honda menjadi hilang n dengan harga segitu, orang pada ambil camry n camry jauh lebih laku. Bisa tanya ke orang2 or mungkin forum sebelah, banyak yang bilang honda makin lama harga makin mahal tapi quality makin butut.

SX4 bisa menang karena overall, rata2. Kalo boleh kasih info tambahan dikit, SX4 itu mengalahkan Lexus LS460, yang menjadi kandidat Car Of The Year juga. Cuma lexus harganya mahal n ga ada feeling untuk menyetir, cocoknya supir yang nyetir n mesin ga irit, boros. Kalo emang SX4 itu jelek, ga laku hari ini, buktinya banyak yang pke n puas. Bahkan global pada pake semua, sampe2 stock abis terus di luar negeri. Bukan karena 4wd doank disana, tapi emang improvement suzuki di SX4 termasuk banyak.
Urusan teknologi knalpot di depan, toh tetep bisa di bikin kenceng kalo mau. Emang kebanyakan mesinnya udah di puter, tapi toh ada improvitation... N buktinya nyata... Makin irit bensinnya, makin kenceng juga mobilnya...
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by penyubali »

Stalin1901 wrote:Yang pasti sih merk2 yang gak ngasi pinjeman TD ataupun yang pelit informasi bakalan di"blacklist" ama AB. Biasa lah, mana ada iklan gratis di dunia ini.

:big_smoking:
Saya rasa seh bukan di blacklist bro, cuman istilahnya ga kenal maka ga sayang...gimana mo kasi good review bro kalo ga dikasi TD..just my 2 cents... :big_peace:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

just the matter of "treat".
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Midi_Amp »

naldo wrote:Sayang bos midi_amp waktu kemaren ga ada waktu.
Thanks banget bro atas perhatiannya, pasti masalah bunyi2 SX4 gw beres kalau udah lw tangani. Tapi masalahnya kudu ketemu lw dulu... :ungg: Gw masukin mobil ke Bengkel Rese (BeRes) Suzuki Pulo Gadung, dibilang kalau bunyi2 itu cuma perasaan gw... Waduh, tersinggung deh. Istri gw jelas2 denger, begitu juga temen2 yang nebeng kalau ke kantor.

Memang kalau soal bunyi2 itu susah ditemukan, tapi kalau udah divonis oleh mekanik cuma perasaan gw... Ya sudah lah, gw kudu cari bengkel lain yang lebih pengalaman, ke BeRes Suzuki cuma buat servis rutin aja.

Tadi malem bunyi getaran di pedal rem udah gw beresin sendiri, pegas yang menahan posisi pedal agak "kering"... Gw gak tau istilah teknisnya apa, yang pasti gw kasih grease dan bunyinya hilang.
GTR wrote:ustru itu maksud gw; koq yg lalu (baru saja versi AB juga) bisa2nya accord 8gen menang atas camry yah dengan segala "kecap"nya; sama2 produk gen akhir yg sama nih.
pas berikutnya ini tau2 dirubah (bisa) gantian camry yg menang atas accord, juga dgn segala "kecap"nya kali.
Kapan bro AB juga bikin perbandingan?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

yg lalu, nanti dicariin yah rubrik AB nya, pas accord gen akhir muncul.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Risol1 »

Sebenernya kalo buat gw pribadi sih SX4 masih pantes kalo harus menjadi COTY tahun ini, terlepas dari objektif atau engganya majalah AB. Bukan Kaya proton savvy atau ferrari 599 yg bakal langsung membuat kita gak percaya :mrgreen:

Kalo COTY itu sebenernya kan cuma statistik aja.....Majalah AB punya bbrp kriteria yg didalam masing2 kriteria itu bakal dikasi point/nilai sesuai dengan feeling/persepsi si juri. Nah seringnya persepsi kita thd suatu kriteria2 tertentu yg membuat sebuah mobil kita anggap layak menjadi COTY berbeda dengan orang lain termasuk juri2 tsb.
Ambil contoh misalnya bro MidiAmp menilai sebuah mobil bisa dibilang lebih baik kalo sektor engineering ada peningkatan dibanding dengan peningkatan di sektor fitur (mis ABS, Airbag, dll).
Jadi kalo bos Midi jadi Juri, maka secara otomatis dia akan memberi poin tambahan lebih banyak pada mobil yg menerapkan teknologi terbaru dan memberi poin tambahan lebih sedikit pada mobil yg hanya menonjolkan fitur semata. Begitu juga sebaliknya dengan juri yg bertolak belakang dengan bos Midi.
Jadi setelah dirata2, mungkin SX4 yg punya nilai tertinggi walaupun di semua sektor dia hanya "OK" saja. Dan juga mungkin perlu dilihat bobot nilai setiap kriteria. Mustinya kriteria "Price" dikasi bobot paling tinggi soalnya kalo engga cuma mobil2 mahal aja yg bisa menang.
Jadi kalo pake logika gw yg cukup dangkal, kalo gw ditanya apakah SX4 pantes jadi COTY? mungkin gw bakal bilang mungkin aja secara fitur banyak, model ok, mobil cukup tinggi (sesuai dengan kondisi jalan indo), cukup irit, reputasi suzuki yg cukup bagus pemain lama (walaupun image kalah), dan yg paling penting harga yg cukup terjangkau. Soalnya pesaing2nya yg lain juga gak ada yg menang telak, semuanya ada plus minusnya. Kalopun ada yg menang telak pasti harganya 2-3x lipat. Malah ada yg bandingin sama Lexus LS (hehehe.....mobil 2 milyar?)

Tapi gw setuju dengan bro Midi bahwa pasti ada yg namanya "bales budi" dari majalah kalo diperlakukan dengan cukup istimewa dari pabrikan. Majalah asing pun pasti ada, gak 100% independen....tapi mungkin gak terlalu nyolok, jadi independensi majalah bisa dijaga. Kalo liat car&driver edisi baru, itu abis2an SUV Benz GL320 CDI dibuka "borok"nya di rubrik long term test (sekarang udah lebih dari 40rb miles)......dari mulai pintu elektrik yg gak bisa dibuka, jok baris ke 3 yg sempit, voice control yg ngaco, keyless go yg rusak, biaya service yg mahal, dll..... :mrgreen:

sekali lagi, ini hanya pendapat saya aja
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Risol1 »

Kalo masalah camry dan accord, kalo menurut gw sih sama aja. Lha memang musuh bebuyutan koq......tergantung selera/mata si pembeli aja bagusan yg mana. Dua2nya punya ciri khas masing2 dan dua2nya punya fans sendiri2......

Kalo soal kualitas menurun pada accord, di camry juga bukannya sama aja. Dashboard camry baru juga dari plastik keras kan?

Nah kalo bener apa yg bro GTR bilang bahwa bbrp waktu yg lalu di model yg sama, majalah AB bilang Accord menang dari camry, tapi sekarang bilang sebaliknya.....ya itu baru agak2 gak masuk akal. Apakah testernya beda? atau model accord dan camry yg dites beda? (misal dulu accord v6 yg dites, sekarang accord I4?), atau ada improvement2 apa dari camry yg bisa bikin dia rebut posisi accord menurut majalah AB? :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

IMHO, bukan soal award jatuh kpd sx4 itu (or apapun mobil lain klo bukan sx4).
tp melihat dari segi kejanggalan cara2nya seleksi AB dlm suatu COTY, spt contoh yg disebut2 di atas : avanza, ruster, civic, accord, camry, tiguan, big2 suv lain (jg touareg dll).. tadi.
mungkin jadi agak terkesan terburu2 & gegabah COTY kali ini.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by Risol1 »

GTR wrote:IMHO, bukan soal award jatuh kpd sx4 itu (or apapun mobil lain klo bukan sx4).
tp melihat dari segi kejanggalan cara2nya seleksi AB dlm suatu COTY, spt contoh yg disebut2 di atas : avanza, ruster, civic, tiguan, big2 suv lain (jg touareg dll).. tadi.
betul...saya ngerti koq bro GTR gak mempermasalahkan siapa yg menang :mrgreen:

Tapi memang benar kalo cara2 seleksi agak2 "meragukan", maka hasil akhir (COTY) bisa dianggap meragukan juga walaupun mungkin SX4 pantes mendapat gelar itu.
Saya diatas cuma kasi pendapat pribadi bahwa sebenernya SX4 pantes juga dapet gelar COTY terlepas dari objektif/tidaknya majalah AB
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by GTR »

COTY tahun lalu sepertinya GL yah (CMIIW), nah terlepas dari subyektif/obyektif, GL itu dominasi konten AB, menyusul SX4 ini.
recently grup ga mau kalah muncul di artikel berjudul "long term test" dgn dominasi produknya, tapi AB tidak menyelenggarakan/compare long term test merk lain.
yg lainnnya yg lebih adem ayem (maybe tidak agresif mau diajak ikutan ajang perlombaan dominasi konten di AB), khawatirnya bisa juga jadi "kurang diperhatikan" AB, beda dgn media luar.
nah inilah yg annoying klo (bisa) dihubung2in ke seleksi COTY.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Car Of The Year 2008, versi AutoBild

Post by AD74YA »

abenk80 wrote:
Dan soal camry n accord, rasanya tidak mgkn Honda mau mempertaruhkan nama besar yg udah dibangun sedemikian, dgn menurunkan kualitasnya...wah bisa2 bangkrut...
Nggak kok bro.. IMHO, sorry gw setuju dengan pendapat Honda semakin jelek kualitas nya..

coba bro browsing dan teliti di forum2 banyak yang mempertanyakan kenapa Honda bisa menang award apa sih namanya? customer apaa.. gt... kalo ga salah; Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2008.. CMIIW

dan coba bro bandingkan secara real emang kualitas honda gila2an menurunnya.. contohnya jazz.. (apa perlu saya jelaskan lagi? sepertinya banyak yang udah tau..)

saya sendiri sudah mulai berpaling dari produk2 honda yang baru karena kecewa.. I'm sorry.. no offence
Anda sudah TEST DRIVE belum?...