Abu2 wrote:mau nanya nih, biasanya kalo lebih ceper, bukannya jarak travel suspensi jd lebih sedikit, sehingga bikin bantingan jg lebih keras?
nah, jarak main suspensi ini jg berpengaruh atas kenyamanan khan? coba deh bayangkan, lagi kencang rute luar kota, lalu ketemu jalan keriting , gimana caranya gak perlu injek rem, tp tetap nyaman.
gw malah pingin gimana caranya bisa apply seperti suspensinya mobil2 di paris dakar , gw liat seprtinya hajar lubang ato gundukan , suspensinya main banget, tp gak limung walau kencang kencang...
ato seperti mobil2 sedan WRC, keliatan lebih ceper, tp kualitas redaman dan ayunan suspensi nya mantep...
pastinya bukan hanya shock dan per aja khan yg berperan disini?
memang bukan shock dan per saja yg berperan, masih ada konstruksi suspensi, rigiditas chasis, strutbar, 4WD ... tapiiiiiiiiiiiii ... tetap per dan shock menjadi yg plg utama... harga shock dan per u/ rally ada yg sampai 60jt/set
Kalo ceper asal ceper ya jadinya malah tidak bener, kalo per dan shock bagus meskipun jarak main lebih dikit dibanding shock&per std... kenyamanan tetap bisa didapatkan disamping peningkatan stabilitas u/ bermanuver, tp tidak dipungkiri pasti ada pengurangan comfort, begitu pula dg semakin tipis profil ban maka comfort semakin berkurang... tp stablitas meningkat terutama u/ zig zag dan bermanuver pd kecepatan tinggi.