BMW 318i 90/91 bisa meledak?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

rockafeller
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Oct 2002, 16:34

BMW 318i 90/91 bisa meledak?

Postby rockafeller » 28 Oct 2002, 17:00

allo...saya newbie nih...kebetulan ada forum ini... :D...saya pengen beli BMW 318i thn 90/91...tapi setelah tanya ke temen2 katanya boil ini gampang meledak...mungkin ada yg tau kenapa bisa terjadi?...jadi mobil ini kurang safety donk yak...

boleh tau juga apa perbedaan nya berdasarkan taun nya?...tenkyu

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 28 Oct 2002, 20:33

wah gak pernah denger tuh ada BMW meledak.....

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 29 Oct 2002, 03:48

Wah mas Yonk, masa gak tau sih? Sebenernya bukan meledak, tapi terbakar habis...heheheh :lol:
Sering banget kok kasus BMW tipe ini terbakar, khususnya untuk tipe dari tahun 88 - 91 (M40). Yang heboh terjadi di bandung mengakibatkan korban tewas satu orang
Penyebabnya menurut tabloid Otomotif adalah karena selang bensinya yang sudah getas karena umur sehingga mengakibatkan kebocoran bensin. Kalo gak salah selang bensin ini berada di atas komponen listrik.
Penyebab pastinya belum diketahui, ada kemungkinan AC-nya or lainnya.
Saya juga naksir mobil ini, cuma karena resiko terbakarnya cukup besar, yaa jadi naksir E36 aja deh.

rockafeller
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Oct 2002, 16:34

Postby rockafeller » 29 Oct 2002, 06:43

eh mbak yongis yg di forumponsel yak...:P...eh maap...mbak apa mas sih... :D

eniwei...back to the topic...jadi emang bener toh ini mobil riskan buanget kebakar...wah gimana yak...padahal dari semua mobil sedan dgn budget pas2an cuman model ini doang yg gua demen :(...maestro gak suka karena model mobilnya panjang.

tapi kalo misalnya kita cek mulu kali gak papa yeee...(masih maksaaa)... :?

terus ada ide mobil lain yg tongkrongannya oke dgn budget 50-55jt? :roll:

tenkyuuuu

rockafeller
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Oct 2002, 16:34

Postby rockafeller » 29 Oct 2002, 06:51

oh iya...maap...E36 tuh mobil yg mana yak... 8)...thhhxxxx

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 29 Oct 2002, 09:04

rockafeller wrote:eh mbak yongis yg di forumponsel yak...:P...eh maap...mbak apa mas sih...


terus terang saya memang kadang jadi mbak kadang jadi mas makanya gunggu panggil saya mbakmas atawa masmbak....*serius*

User avatar
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: 19 Aug 2002, 13:44

Postby Equalizer » 29 Oct 2002, 09:16

Kalau BMW katanya mudah terbakar atau meledak, sebetulnya tidak demikian. BMW dibuat oleh orang yang ahli atau profesional. Jadi tidak mungkin mobil ini mudah terbakar atau meledak.

Kasus mobil BMW terbakar atau meledak dapat disebabkan oleh mekanik yang kurang teliti atau ceroboh. Misalnya: slang bensin kendor, pengapian ada yang bocor dan kabel-kabel ada yang terkelupas.

Jadi .. ati2 milih teknisi ! :)

oh iya...maap...E36 tuh mobil yg mana yak...


E36 itu adalah seri BMW 316i, 318i, 320i and 325i

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 29 Oct 2002, 09:23

trus untuk bmw tsb berarti mirip2 kasus VW donk? tapi kalo selang bensin tsb kita ganti baru lalu dikasi lapisan pengaman lagi ( spt vw ) ,lalu sering2 kita perhatikan harusnya sih tidak akan pernah terjadi kebakaran lagi

rockafeller
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Oct 2002, 16:34

Postby rockafeller » 29 Oct 2002, 14:33

wah tapi tetep aja berarti ringkih kalo soal kebakar...mungkin memang kesalahan dalam mendesain...buktinya BMW berikutnya gak papa kan? atau malah sama aja or worst? 8)

saya pikir krn seri yg taon ini gampang kebakar gara2 memang karakter mobil ini cepet panas kan?...mana skrg cuacanya puanas habis lageee... :roll:

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 29 Oct 2002, 18:42

E36 tuh BMW 318i tahun 92 yang modelnya sudah berbeda dengan tahun 91 (M40).
Kalau masih pengen banget beli M40, mungkin seperti saran MM Yonk sekalian saja ganti selang bensin berikut klemnya dengan yang baru dan orisinil biar safe. Cuma seperti biasa, harganya bo'.
Kelemahan lain M40 menurut sepupu saya adalah AC-nya yang suka gak dingin.

Kalo budget 50-55jt mending twincam GTI tahun 91 deh, or dangan 1.8 GTI tahun 92. Harga onderdilnya gak nyusahin dibanding BMW. Tenaga special punya.

User avatar
t0mc4t
Administrator
Administrator
Posts: 1868
Joined: 08 Aug 2002, 16:07

Postby t0mc4t » 29 Oct 2002, 21:42

Em, kalo misalnya BMW gampang rusak'an gitu, mana bisa terkenal tuh mobil..
Setuju ama bung equ... kadang teknisi2nya itu yang ceroboh.
Ato mobilnya kurang perawatan tuh, kan mobil juga butuh perawatan juga, heheheh... :-)

AGUS SETIAWAN
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 28 Oct 2002, 10:49

Postby AGUS SETIAWAN » 30 Oct 2002, 09:55

mm..mas, menurut saya ok..aja, pengalaman saya selama 6 tahun (saya pake 318 M10-87 dan 318 M40) nggak begitu ribet kok. Asal kita konsisten ngerawatnya. Mengenai kejadian meledak di daerah saya (BDG) ada dua kejadian 1. Kebocoran selang bensin dari filter ke intake manifold and dibawahnya memang ada kabel pos dari accu ke dinamo stater terus kebakar. 2. Ada yang mengisi freon pake yang murah, katanya sih campuran tsb. ada ureanya tinggi. Trus.. mengenai harga s'part relatif sih mas dibanding jepang dengan tahun yang sama, soalnya bimmer nggak ada kualitas nomor duanya. The last di internet banyak sekali site yang menyediakan s'part dan forumnya juga.

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 30 Oct 2002, 16:54

Yups, intinya kan perawatan.......
Cuma untuk M4o harus lebih care yah? kok banyak mobil jepun yg dirawat asal2an tetap jarang yg kebakar?
Advice mas Agus, E36 penyakitnya paling sering apa sih?

rockafeller
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Oct 2002, 16:34

Postby rockafeller » 30 Oct 2002, 19:24

wah asik nih...ada yg pro en kontra...hehehe...bikin saya jadi bingung aja nih...

kalo dibandingin sama yg thn 92 tetep saya lebih suka tuh model yg kotak itu...:P...makanya ampe skrg masih nyari2 info ttg tuh boil...

oh ya mas agus...pengen tau...konsisten perawatannya tuh sperti apa? 1 bulan sekali? hrs di bengkel BMW (kojor kalo iya :() ? berapa biaya habis utk sekali perawatan? trus yg terakhir...kelemahannya apa aja? apa bener gampang panas? acnya gak dingin en de es be...

maap banyak tanya...maklumlah...jangan beli kucing dalam karung...tul gak?...8).

makasih buat semua infonyaaa

AGUS SETIAWAN
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 28 Oct 2002, 10:49

Postby AGUS SETIAWAN » 31 Oct 2002, 12:35

Emang saik punya. Punya 'bimmers' terus terang banyak 'YL-Young Ladies' yang ngelirik. And intinya : konsisten'tuh (my vision), pengecekan "under-hood" - bawah kap mesin rutin, kaya' air (radiator & accu), olie ;exp. kalo ada tanda kerak putih di ventilasi-slot accu (boiling) berarti over-charge, air radiator-tank turun/keruh ada pengendapan-nggak pake air mineral kali. Kalo kerusakan besar baru ke bengkel resmi (bisa juga ke 'third-party') kalo di BDO sih ke-JMS cihampelas or BJM - nggak ke PURI-BMW terus. Mereka juga punya 'TRACK_RECOD'. Lainnya banyak dikerjain sendiri, kaya ganti olie mesin, kan harus di-RESET, saya pake TIPS dari "WWW.e30forum.net" bikin jumper sendiri. another, emergency ( saya pake 3 BLN) lagi bokek, ignition-wire set (Kabel busi set) saya ganti pake MITS-T120 SS yang tiruan (90 Ribu) efeknya saya musti pake bensin SUPER TT terus.
Kelemahannya, bimmer nggak bisa di-geber terus-terusan kaya jepang (saya juga masih pake EVO-III) kadang 'thermo-stat' radiator mandek, efeknya cepat panas, kalo saya satu lubang thermo-stat di tutup, kalo mau tarik-tarikan (0-100 saya capai 7 Detik ma'lum eropa pelan).
Enaknya, di kecepatan 160 (TS-185) saya masih enak buat zigzag di "TOL-KOTA" DBG, soalnya rata-2 pada 70 KM. wah kebanyakan ceritanya.
Tips, buat yang mau beli, lihat panel seluruh di-dashboad (besar & kecil), Ok, biar mulus-full audio-murah, itunya ada yang rusak pokoknya jangan DIBELI.

AGUS SETIAWAN
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 28 Oct 2002, 10:49

Postby AGUS SETIAWAN » 31 Oct 2002, 12:43

Oh ada yang lupa, buat MAS yang nanyain E-36 th 92 ke atas, saya belum pernah pake and punya (saya model M10 dan M40-91), cuman denger dari temen, kalo be-ems itu, di-cathalic converter (bensin) - saya lupa th berapa punya temen, soalnya kualitas bensin kita payah (mau Premix atau Super TT) apa lagi di SPBU non-ibu kota.

rockafeller
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Oct 2002, 16:34

Postby rockafeller » 31 Oct 2002, 17:09

wah ribet juga yah untuk perawatannya yah...masalahnya pertama saya orgnya gak terlalu telaten....dan yang kedua saya "bergerak" mulu...jadi waktu utk ngurusin pun dikit...jd maunya gampang aja...kasih ke bengkel utk ngecek...:D...tapi kalo ngecek ngebengkelnya harus sebulan sekali, sekali ngecek sejeti...yah kewalahan juga...:(

User avatar
t0mc4t
Administrator
Administrator
Posts: 1868
Joined: 08 Aug 2002, 16:07

Postby t0mc4t » 01 Nov 2002, 15:13

Wah.... 1 bulan sekali, 1 kali cek sejuta...
waduh2... mahal amat to
Btw, apa memang harus sebulan sekali ya cek'nya?

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 01 Nov 2002, 20:02

1 juta itu buat ngecek apanya saja?

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 02 Nov 2002, 12:40

Wah keren juga pengetahuan BMW-nya, ikut club bimmers gak? lumayan nih bisa korek ilmu kalo bisa ikutan.
Lancer aja ada website khusus members yg disponsorin kramayudha.

User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 09 Oct 2002, 11:22

Postby whitewolf » 02 Nov 2002, 17:14

Bung deanz punya mobil Lancer ya...

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 03 Nov 2002, 16:54

Enggak kok, cuma Mo ganti kalo gak lancer evo 3, twincam gti, or BMW E36.
Untuk lancer saya udah search ada website khusus fans lancer di indonesia yg disponsori KTB. Top baznget tips2nya.

ME_45
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 14 Sep 2002, 20:58

Postby ME_45 » 03 Nov 2002, 20:51

http://www.idmoc.com yah bung deanz?

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 10 Nov 2002, 04:49

YUP........... tul banget

farhanndut
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 25 Jan 2008, 09:30

Re: BMW 318i 90/91 bisa meledak?

Postby farhanndut » 25 Jan 2008, 09:39

oy bisa bantu gw nggak ? gw punya BMW 3181 thn. 91, keluhannya, ditemperatur panasnya nggak lebih dr seperempat (1/4) tapi waktu gw cek, air radiaotor mendidih ( panas ) bo. gw dah ganti radiator, kipas kipas tapi tapi masih tetep aja, kira kira apanya ya. thx


Return to “Sedan Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest