Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21997
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Hasil penelitian di bawah ini menarik utk disimak :
www.iea.org/Textbase/work/2005/EnerEffTyre/calwell2.pdf
Terlepas dari benar / tidaknya riset tsb., memang dengan menggunakan oli "encer" yg berkualitas terasa tarikan mesin lebih enteng / kerja mesin lebih ringan dibanding menggunakan oli kental.
Dengan catatan : penggunaan oli encer memberikan hasil optimal pada kondisi mesin yg prima.
CMIIW
www.iea.org/Textbase/work/2005/EnerEffTyre/calwell2.pdf
Terlepas dari benar / tidaknya riset tsb., memang dengan menggunakan oli "encer" yg berkualitas terasa tarikan mesin lebih enteng / kerja mesin lebih ringan dibanding menggunakan oli kental.
Dengan catatan : penggunaan oli encer memberikan hasil optimal pada kondisi mesin yg prima.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Kalau benar endaknya menurut aku banyak benarnya dari pada enggaknya,soalnya di situ ada penjual olie besar dan kenamaan yang tentunya jadi sponsor,kalau banyak nggak benernya reputasi tuh Merk Olie bakal di ragukan.
Keculai yang riset independen dan nggak ada yang nyeponsori dari salah satu prodak olie.
Keculai yang riset independen dan nggak ada yang nyeponsori dari salah satu prodak olie.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
wah, share yang bagus pak turboman..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
- Location: pekanbaru
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Bro...saya udah pernah eksperimen neh...
Toyota kijang 1800 cc SGX efi 2001...mesin standar habis...
dengan olie TGMO SAE 15-50 full sintetik
diperoleh AC idup : 1: 8
AC mati : 1:9.5 (injek pedal gas kalem2 bro)
ganti Castrol magnatec SAE 10-40 Full sintetik (SM) ......( sebenaarnya niatan pengen dapat hadiah kaos euro..promosi castrol ....tapi itung2 nguji kebenaran issue mesin bisa hemat dgn olie encer)
diperoleh AC idup : 1:8 (ngga berobah bro)
AC mati : 1:9.8 ........................lumayan hemat 0.3 ltr (tapi ngga kerasa atuh)
ctt: test di jalanan kota pekanbaru yg relatif ngga macet
Toyota kijang 1800 cc SGX efi 2001...mesin standar habis...
dengan olie TGMO SAE 15-50 full sintetik
diperoleh AC idup : 1: 8
AC mati : 1:9.5 (injek pedal gas kalem2 bro)
ganti Castrol magnatec SAE 10-40 Full sintetik (SM) ......( sebenaarnya niatan pengen dapat hadiah kaos euro..promosi castrol ....tapi itung2 nguji kebenaran issue mesin bisa hemat dgn olie encer)
diperoleh AC idup : 1:8 (ngga berobah bro)
AC mati : 1:9.8 ........................lumayan hemat 0.3 ltr (tapi ngga kerasa atuh)
ctt: test di jalanan kota pekanbaru yg relatif ngga macet
just sijinem user
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 717
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Bro, kalo opini gw sih tergantung mesinnya? Generasi baru or lawas, secara mesin gen baru tingkat kerapatan metalnya sudah presisi bgt, jadi emang wajib pake oli encer biar bisa maksimal masuk ke celah2 metal.. Tapi kalo mesin lawas, apalagi yg udah longgar, oli terlalu encer malahbisa rembes ke ruang bakar, ikut terbakar dan mengurangi efisiensi... The best sih sebenernya ikuti buku pedoman kendaraan... Spek gak boleh dibawah itu, kalo ada duit sih bisa beli yg lebih baik....
Apri-AIC212
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Jadi sifatnya relatif dung...bagus untuk si Bimer belon tentu bagus untuk Xeli..jadi yang bagus ngikut aja rekomended buku panduanya.lah kalau boil bekas alias usur,,yah ikut pemakai lainya.Shaqilla wrote:Bro, kalo opini gw sih tergantung mesinnya? Generasi baru or lawas, secara mesin gen baru tingkat kerapatan metalnya sudah presisi bgt, jadi emang wajib pake oli encer biar bisa maksimal masuk ke celah2 metal.. Tapi kalo mesin lawas, apalagi yg udah longgar, oli terlalu encer malahbisa rembes ke ruang bakar, ikut terbakar dan mengurangi efisiensi... The best sih sebenernya ikuti buku pedoman kendaraan... Spek gak boleh dibawah itu, kalo ada duit sih bisa beli yg lebih baik....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Kalau secara logika semakin rendah viskositasnya akan semakin meringankan kerja mesin. Tapi betul om Shaqilla tuh, tergantung mesinnya. Kalau mesin baru bila kantong tidak protes, idealnya pake yang 0W
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
kayaknya threat ini pernah di bahas abis-abisan di forum....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 717
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
kan refreshing bro.. banyak orang2 baru macam gw lho...
Apri-AIC212
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Asal jangan pilih yg terlalu encer (cek manual book juga) iritnya nggak seberapa tapi bisa2 malah gesekan mesin makin hebat.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
kalo pake oil conditioner gimana ??
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin
Kalo oli makin lama makin encer atau ga yea?
maksudnya dr pertama ganti sama uda perlu ganti lg.. viscositynya berubah ga??
yg pasti lg baru ganti irit dibanding -+ 1500KM terakhir
maksudnya dr pertama ganti sama uda perlu ganti lg.. viscositynya berubah ga??
yg pasti lg baru ganti irit dibanding -+ 1500KM terakhir