Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by Turboman »

Hasil penelitian di bawah ini menarik utk disimak :

www.iea.org/Textbase/work/2005/EnerEffTyre/calwell2.pdf


Terlepas dari benar / tidaknya riset tsb., memang dengan menggunakan oli "encer" yg berkualitas terasa tarikan mesin lebih enteng / kerja mesin lebih ringan dibanding menggunakan oli kental.


Dengan catatan : penggunaan oli encer memberikan hasil optimal pada kondisi mesin yg prima.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by avansa »

Kalau benar endaknya menurut aku banyak benarnya dari pada enggaknya,soalnya di situ ada penjual olie besar dan kenamaan yang tentunya jadi sponsor,kalau banyak nggak benernya reputasi tuh Merk Olie bakal di ragukan.
Keculai yang riset independen dan nggak ada yang nyeponsori dari salah satu prodak olie.
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by r1210g »

wah, share yang bagus pak turboman..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
indrayandi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
Location: pekanbaru

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by indrayandi »

Bro...saya udah pernah eksperimen neh...

Toyota kijang 1800 cc SGX efi 2001...mesin standar habis...
dengan olie TGMO SAE 15-50 full sintetik
diperoleh AC idup : 1: 8
AC mati : 1:9.5 (injek pedal gas kalem2 bro)

ganti Castrol magnatec SAE 10-40 Full sintetik (SM) ......( sebenaarnya niatan pengen dapat hadiah kaos euro..promosi castrol :weekk: ....tapi itung2 nguji kebenaran issue mesin bisa hemat dgn olie encer)
diperoleh AC idup : 1:8 (ngga berobah bro)
AC mati : 1:9.8 ........................lumayan hemat 0.3 ltr (tapi ngga kerasa atuh)

ctt: test di jalanan kota pekanbaru yg relatif ngga macet :beer:
just sijinem user
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by Shaqilla »

Bro, kalo opini gw sih tergantung mesinnya? Generasi baru or lawas, secara mesin gen baru tingkat kerapatan metalnya sudah presisi bgt, jadi emang wajib pake oli encer biar bisa maksimal masuk ke celah2 metal.. Tapi kalo mesin lawas, apalagi yg udah longgar, oli terlalu encer malahbisa rembes ke ruang bakar, ikut terbakar dan mengurangi efisiensi... The best sih sebenernya ikuti buku pedoman kendaraan... Spek gak boleh dibawah itu, kalo ada duit sih bisa beli yg lebih baik....
Apri-AIC212
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by avansa »

Shaqilla wrote:Bro, kalo opini gw sih tergantung mesinnya? Generasi baru or lawas, secara mesin gen baru tingkat kerapatan metalnya sudah presisi bgt, jadi emang wajib pake oli encer biar bisa maksimal masuk ke celah2 metal.. Tapi kalo mesin lawas, apalagi yg udah longgar, oli terlalu encer malahbisa rembes ke ruang bakar, ikut terbakar dan mengurangi efisiensi... The best sih sebenernya ikuti buku pedoman kendaraan... Spek gak boleh dibawah itu, kalo ada duit sih bisa beli yg lebih baik....
Jadi sifatnya relatif dung...bagus untuk si Bimer belon tentu bagus untuk Xeli..jadi yang bagus ngikut aja rekomended buku panduanya.lah kalau boil bekas alias usur,,yah ikut pemakai lainya.
Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by esh »

Kalau secara logika semakin rendah viskositasnya akan semakin meringankan kerja mesin. Tapi betul om Shaqilla tuh, tergantung mesinnya. Kalau mesin baru bila kantong tidak protes, idealnya pake yang 0W :mrgreen:
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by mansetha »

kayaknya threat ini pernah di bahas abis-abisan di forum....
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by Shaqilla »

kan refreshing bro.. banyak orang2 baru macam gw lho... :e-dance:
Apri-AIC212
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by Prive »

Asal jangan pilih yg terlalu encer (cek manual book juga) iritnya nggak seberapa tapi bisa2 malah gesekan mesin makin hebat.
Steknika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by Steknika »

kalo pake oil conditioner gimana ??
wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24

Re: Efisiensi BBM & kaitannya dengan viskositas oli mesin

Post by wrx »

Kalo oli makin lama makin encer atau ga yea?
maksudnya dr pertama ganti sama uda perlu ganti lg.. viscositynya berubah ga??

yg pasti lg baru ganti irit dibanding -+ 1500KM terakhir