rft + tol purbaleunyi = dodol
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
rft + tol purbaleunyi = dodol
FYI,
gw kemaren lewat jalan tol purbaleunyi kalo nggak salah(yg mau ke bandung itu lho) dan kayaknya jalan tol ini di buat pake beton yg surfacenya nggak mulus. Kalo mobil pake rft(run flat tire) lewat tol ini pd kecepatan comfort zone 120-150 km/h pasti rasanya sucks banget soalnya 1.)berasa banget mobilnya kayak jalan pake ban jello(agar2x) 2.)steering feed backnya ngaco semua dan 3.)road noisenya bener bener berisik. Satu satunya cara buat ngilagin efek tersebut adalah back off speednya ke sekitar 100 atau tambahin ke 160-180 km/h pada range tersebut yg masih ada adalah road noisenya repotnya di jalan tol tersebut susah untuk maintain 180km/h karena sedikit sedikit ada mobil pelan yg jalan di jalur kanan dengan santainya.
In general dari dulu gw sebel sama yg namanya rft in terms of performance dan comfort karena di jalan yg mulus ban rft juga berasa kayak pakai ban jello cuma gw nggak nyangka di purbaluenyi lebih parah banget.
BTW sekarang enak juga ya bandung jakarta cuma 1 1/2 jam mungkin bisa less than that kalo nggak kehalang ama mobil pelan jalan di kanan.
gw kemaren lewat jalan tol purbaleunyi kalo nggak salah(yg mau ke bandung itu lho) dan kayaknya jalan tol ini di buat pake beton yg surfacenya nggak mulus. Kalo mobil pake rft(run flat tire) lewat tol ini pd kecepatan comfort zone 120-150 km/h pasti rasanya sucks banget soalnya 1.)berasa banget mobilnya kayak jalan pake ban jello(agar2x) 2.)steering feed backnya ngaco semua dan 3.)road noisenya bener bener berisik. Satu satunya cara buat ngilagin efek tersebut adalah back off speednya ke sekitar 100 atau tambahin ke 160-180 km/h pada range tersebut yg masih ada adalah road noisenya repotnya di jalan tol tersebut susah untuk maintain 180km/h karena sedikit sedikit ada mobil pelan yg jalan di jalur kanan dengan santainya.
In general dari dulu gw sebel sama yg namanya rft in terms of performance dan comfort karena di jalan yg mulus ban rft juga berasa kayak pakai ban jello cuma gw nggak nyangka di purbaluenyi lebih parah banget.
BTW sekarang enak juga ya bandung jakarta cuma 1 1/2 jam mungkin bisa less than that kalo nggak kehalang ama mobil pelan jalan di kanan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
purbaleunyi?
bukannya udah ada cipularang? sebelah mana ya?
bukannya udah ada cipularang? sebelah mana ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
cipularang kali ya? itu tuh yg nyambung di/ke tol cikampek, maklum deh gw belom bener2x tau nama nama jalan baru soalnya gw nggak full time di jakarta.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
dari dulu pengen nyobain nih jalan tol,puanjang banget kan,bisa lurus trus tuh kaki di pedal gas...tapi pake kereta api teyuss sih mondar-mandirnya.
kapan ya jalan tol ini disambung ampe kanci-cirebon?(ngarep mode=on)
kapan ya jalan tol ini disambung ampe kanci-cirebon?(ngarep mode=on)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
bukannya jalan tol di indonesia dirancang maks speed 100km/h? jorr juga maks 80 km/h. jadi kalo mau ngebut ya ngga usah di tol..... di sentul aja.. ngga bakalan nyusahin orang lain dan diri sendiribushkntl wrote:FYI,
gw kemaren lewat jalan tol purbaleunyi kalo nggak salah(yg mau ke bandung itu lho) dan kayaknya jalan tol ini di buat pake beton yg surfacenya nggak mulus. Kalo mobil pake rft(run flat tire) lewat tol ini pd kecepatan comfort zone 120-150 km/h pasti rasanya sucks banget soalnya 1.)berasa banget mobilnya kayak jalan pake ban jello(agar2x) 2.)steering feed backnya ngaco semua dan 3.)road noisenya bener bener berisik. Satu satunya cara buat ngilagin efek tersebut adalah back off speednya ke sekitar 100 atau tambahin ke 160-180 km/h pada range tersebut yg masih ada adalah road noisenya repotnya di jalan tol tersebut susah untuk maintain 180km/h karena sedikit sedikit ada mobil pelan yg jalan di jalur kanan dengan santainya.
In general dari dulu gw sebel sama yg namanya rft in terms of performance dan comfort karena di jalan yg mulus ban rft juga berasa kayak pakai ban jello cuma gw nggak nyangka di purbaluenyi lebih parah banget.
BTW sekarang enak juga ya bandung jakarta cuma 1 1/2 jam mungkin bisa less than that kalo nggak kehalang ama mobil pelan jalan di kanan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
hehe.. cipularang sama purbaleunyi itu sama aja bos..
cipularang: cikampek-purwakarta-padalarang
purbaleunyi: purwakarta-bandung-cileunyi
run flat tyre (rft) emang gitu kayanya bro, soalnya dinding bannya lebih kuat, so redamannya nggak sebagus ban biasa. mungkin akibatnya ya gitu di tol yang pake beton, jadi nggak enak redamannya.. pake bmw ya bro? kalo nggak salah baru bmw doang yang standarnya pake rft.
anyway, setuju sama budi1bogor, jangan nyalahin yang jalan pelan di kanan bro, mereka bukannya cemen atau nggak berani, cuma respect the rules, memang aturannya maks 100 kpj, cipularang kalo nggak salah malah cuma 80 kpj. tapi saya sendiri kadang ngebut juga sih hehe.. mobil pake ban biasa rasio 60, jadi empuk2 aja tuh .
cipularang: cikampek-purwakarta-padalarang
purbaleunyi: purwakarta-bandung-cileunyi
run flat tyre (rft) emang gitu kayanya bro, soalnya dinding bannya lebih kuat, so redamannya nggak sebagus ban biasa. mungkin akibatnya ya gitu di tol yang pake beton, jadi nggak enak redamannya.. pake bmw ya bro? kalo nggak salah baru bmw doang yang standarnya pake rft.
anyway, setuju sama budi1bogor, jangan nyalahin yang jalan pelan di kanan bro, mereka bukannya cemen atau nggak berani, cuma respect the rules, memang aturannya maks 100 kpj, cipularang kalo nggak salah malah cuma 80 kpj. tapi saya sendiri kadang ngebut juga sih hehe.. mobil pake ban biasa rasio 60, jadi empuk2 aja tuh .
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
hehe jadi oot dikit nih, soal mobil pelan jalan di kanan ini memang rada2 susah nih soalnya jalur kanan kan mustinya buat nyusul kalo ada yg pindah jalur buat nyusul sih gw nggak apa apa. Problemnya yg gw perhatiin kemarin ada yg makai jalur kanan walaupun jalur kirinya kosong dan jalannya santai banget malah gw perhatiin jadi bikin masalah sama mobil lain yg lebih cepet karena mereka jadi harus nyusul di sebelah kiri kan ini malah bikin lebih bahaya dan bukannya rulenya juga jalur kanan hanya utk mendahului?. But anyway problem ini nggak unik di indo doang di US apalagi daerah gw yg penuh dengan red neck juga begitu jalan santai ada di kanan di kasih dim malah di dadahin di kira tetangganya kali?!flexiblebil wrote:hehe.. cipularang sama purbaleunyi itu sama aja bos..
cipularang: cikampek-purwakarta-padalarang
purbaleunyi: purwakarta-bandung-cileunyi
run flat tyre (rft) emang gitu kayanya bro, soalnya dinding bannya lebih kuat, so redamannya nggak sebagus ban biasa. mungkin akibatnya ya gitu di tol yang pake beton, jadi nggak enak redamannya.. pake bmw ya bro? kalo nggak salah baru bmw doang yang standarnya pake rft.
anyway, setuju sama budi1bogor, jangan nyalahin yang jalan pelan di kanan bro, mereka bukannya cemen atau nggak berani, cuma respect the rules, memang aturannya maks 100 kpj, cipularang kalo nggak salah malah cuma 80 kpj. tapi saya sendiri kadang ngebut juga sih hehe.. mobil pake ban biasa rasio 60, jadi empuk2 aja tuh .
Back on topic mungkin lain kali gw coba kurangin dikit tire pressurenya mungkin aja bisa nolong tapi kayaknya sih nggak bakal nolong banyak karena secara konstruksi memang rft kayak begitu. Gw waktu itu udah coba minta ganti ama non rft tapi dealernya bilang nggak bisa.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
mungkin yang nge-desain rft nggak mikirin jalanan indonesia yang betonnya bikinnya asal, grudukan nggak jelas, apalagi tol serpong dari arah bsd yang jalur paling kiri.. herannya jalur kanan betonnya mulus.. kali aja pabrikan mobil patokannya jalan2 di eropa atau jepang yang mulus..
rft-nya mereknya apa? yang merek apa kaya gitu juga nggak ya?
rft-nya mereknya apa? yang merek apa kaya gitu juga nggak ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
wah mobilnya ada di rumah jadi nggak tau mereknya apa tapi dari dulu gw nggak suka rft karena di jalan biasa juga tetep nggak enak mungkin teknologi rft baru beberapa taon kedepan baru bisa bener itu juga kalo belom di ganti sama teknologi yg lain.
The only positive side pake rft di jakarta adalah security kalo sampe ban di ranjau.
The only positive side pake rft di jakarta adalah security kalo sampe ban di ranjau.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
RFT, yang bikin nyesek sih sebijinya 4 juta .. itu aja kalo ban nya abis 4-4nya lumayan kan...
gw setuju ma TS.., suka sebel sama mobil lelet di kanan.., setidaknya kan seharusnya jalur paling kanan hanya untuk mendahului..
yg bikin sebel kalo jalur kiri nya kosong mobil di depan tetep di kanan pelan..,
gw diri kalo jalan selalu di tengah kalo mo duluin baru kekanan.., trus balik lagi ketengah
kalo misal elo lg kenceng trus ada mobil lelet di kanan ga mo minggir2 juga di kasih dim rasanya jengkel juga kan...
gw setuju ma TS.., suka sebel sama mobil lelet di kanan.., setidaknya kan seharusnya jalur paling kanan hanya untuk mendahului..
yg bikin sebel kalo jalur kiri nya kosong mobil di depan tetep di kanan pelan..,
gw diri kalo jalan selalu di tengah kalo mo duluin baru kekanan.., trus balik lagi ketengah
kalo misal elo lg kenceng trus ada mobil lelet di kanan ga mo minggir2 juga di kasih dim rasanya jengkel juga kan...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
sama om..selama aturan kecepatan terpenuhi. kalo ngga, alias di kanan kec sudah maksimum yg dibolehkan ( mis 100km/j), susul aja dari kiri, dgn resiko 100% ditanggung yg nyusul..Takumi wrote:RFT, yang bikin nyesek sih sebijinya 4 juta .. itu aja kalo ban nya abis 4-4nya lumayan kan...
gw setuju ma TS.., suka sebel sama mobil lelet di kanan.., setidaknya kan seharusnya jalur paling kanan hanya untuk mendahului..
yg bikin sebel kalo jalur kiri nya kosong mobil di depan tetep di kanan pelan..,
gw diri kalo jalan selalu di tengah kalo mo duluin baru kekanan.., trus balik lagi ketengah
kalo misal elo lg kenceng trus ada mobil lelet di kanan ga mo minggir2 juga di kasih dim rasanya jengkel juga kan...
just respect the rules.. indonesia rusak kan krn aturan sering diterabas. start dari diri kita aja sendiri, dgn hal2 yang "sederhana"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
tambahin lagi nih gw waktu itu udah complain ke bmw ina soal rft tanpa spare tire! walaupun rft bisa jalan tanpa angin sejauh 50km sesudah itu mau diapain? apa bisa ditambal dimana aja? gw udah kapok sama mobil yg nggak ada spare tire e46 m3 gw juga nggak ada spare tire cuma dikasih yg namanya m mobility kit yg isinya foam dan air compressor. Sekali waktu gw pernah ban kempes in the middle of nowhere dan m mobility kit nggak nolong so terpaksa dingin2x nungguin mobil servicenya bmw that sucked!Takumi wrote:RFT, yang bikin nyesek sih sebijinya 4 juta .. itu aja kalo ban nya abis 4-4nya lumayan kan...
IMO rft technology is not mature enough yet
ps:
ngomong2x ada yg tau nggak beli dimana spare tire yg kayak donat itu?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
RFT nya bridgestone bukan? kaga bisa ditambel n muahal, dicover asuransi kaga tuh kalo kempes? hihihihi.
kalo soal mo ngebut, hati2 deh di kanan. Coba perhatiin deh kalo ada tabrakan beruntun hampir pasti adanya di kanan.
kalo soal mo ngebut, hati2 deh di kanan. Coba perhatiin deh kalo ada tabrakan beruntun hampir pasti adanya di kanan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
"ding ding ding" bener bridgestone!, asuransi? heheh kayaknya nggak deh ntar musti check lagi tapi gw rasa sih nggak di cover biar pun all risk.ongko wrote:RFT nya bridgestone bukan? kaga bisa ditambel n muahal, dicover asuransi kaga tuh kalo kempes? hihihihi.
btw gw bukan ignore replies yg soal jalur kanan/kiri di tol ye cuma nggak mau oot and punya potensi kompor mleduk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
There is a reason why RFTs are affectionately called "RunCraps"
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
bushkntl wrote: ps:
ngomong2x ada yg tau nggak beli dimana spare tire yg kayak donat itu?
>1 biji RFT antara 3-4jt...,
> gak bisa di tambal.....harus ganti baru....,kalo cuma ganti 1 biji akan pincangbila kembang disebelahnya udah tipis... otomatis mesti ganti 2 biji...
>gak semua tempat menjual RFT, dan tidak semua tempat punya alat khusus membuka RFT....salah pasang malah bikin bannya rusak.....
> toko yang menjual RFT harus punya sertifikasi khusus....
iklannya kalo gak salah bisa tahan sampe 80km sejak ban kempes....
tapi gak pernah disebutin bisa tahan berapa lama sejak ban tersebut ke tusuk kena benda tajam. Dari dulu gak pernah disebutin bisa durasi berapa lama, yang di gembar-gemborin selalu jarak tempuh setelah kena tusuk......jangan2 itu bagian dari kelemahannya....cmiiw.
misalnya ban nya ke tusuk tanggal 01 jan 2008 , pada tanggal 03 jan 2008 baru ke pakai 4km, apakah akan kempes ? walaupun belum berjalan 80km.
kalo di pikir2 , mendingan gua sebelum keluar dari showroom udah minta tuker sama ban biasa aja...daripada ribet...minta potong harga aja... dengan catatan garansi mobil gak hangus ya.....
daripada pusing dikemudian hari , saat tengah malam kempes di luar kota.....bisa gigit jari...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
Takumi wrote:RFT, yang bikin nyesek sih sebijinya 4 juta .. itu aja kalo ban nya abis 4-4nya lumayan kan...
gw setuju ma TS.., suka sebel sama mobil lelet di kanan.., setidaknya kan seharusnya jalur paling kanan hanya untuk mendahului..
yg bikin sebel kalo jalur kiri nya kosong mobil di depan tetep di kanan pelan..,
gw diri kalo jalan selalu di tengah kalo mo duluin baru kekanan.., trus balik lagi ketengah
kalo misal elo lg kenceng trus ada mobil lelet di kanan ga mo minggir2 juga di kasih dim rasanya jengkel juga kan...
sebelm tahun baru kemarin sempat ke bandung pulang hari lewat tol...
yang saya alami adalah lajur kanan adalah lajur paling lambat, makin ke kiri makin cepat....
lajur paling kiri (jalur darurat) adalah lajur tercepat....
terpaksa 15-20% perjalanan sampe cikampek saya tempuh dengan memakai lajur darurat...
gua males kasih klakson dan dim di tol, kalo udah kita klaksonin 1x trus langsung kasih lampu dim , masih gak ada reaksi....mendingan saya mendahului dari kiri....
karena gak semua orang senang di klaksonin.....padahal udah tahu jalan pelan , tetap aja gak mau minggir.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
wah kalo rft ternyata mengecewakan gitu, jadi bukan nilai tambah dong.. nggak jadi deh saya beli bmw hehehe.. *padahal emang nggak punya duit..
oot, setuju, emang nyebelin yang jalan pelan di kanan & nggak mau minggir, padahal jalur kirinya kosong.. di tol dalam kota juga sering nih kaya gini.. rasanya pengen bikin tulisan gede2, salip, trus tunjukin tulisan itu ke so mobil yang nggak mau minggir 'woi, kalo pelan jangan jalan di kanan..' .
oot, setuju, emang nyebelin yang jalan pelan di kanan & nggak mau minggir, padahal jalur kirinya kosong.. di tol dalam kota juga sering nih kaya gini.. rasanya pengen bikin tulisan gede2, salip, trus tunjukin tulisan itu ke so mobil yang nggak mau minggir 'woi, kalo pelan jangan jalan di kanan..' .
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
just say no to RFT!!! bener bukan nilai tambah malah bikin pusing kalo kempes di luar kota.flexiblebil wrote:wah kalo rft ternyata mengecewakan gitu, jadi bukan nilai tambah dong.. nggak jadi deh saya beli bmw hehehe.. *padahal emang nggak punya duit..
oot, setuju, emang nyebelin yang jalan pelan di kanan & nggak mau minggir, padahal jalur kirinya kosong.. di tol dalam kota juga sering nih kaya gini.. rasanya pengen bikin tulisan gede2, salip, trus tunjukin tulisan itu ke so mobil yang nggak mau minggir 'woi, kalo pelan jangan jalan di kanan..' .
Wah gw musti cari gambar ato videonya nih dulu gw ama temen gw pernah iseng bikin tempelan "Slow ass keep right!" yg ditempel di rear roller blind m3 gw jadi begitu bisa nyalip tinggal teken button roller blind up and voila mobil belakang bisa baca message nya hehe cuma iseng gitu 2 bln takut di ketangkep undercover police ato ditembak orang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
udah di coba waktu itu bos no luckhandling wrote:.....
kalo di pikir2 , mendingan gua sebelum keluar dari showroom udah minta tuker sama ban biasa aja...daripada ribet...minta potong harga aja... dengan catatan garansi mobil gak hangus ya.....
daripada pusing dikemudian hari , saat tengah malam kempes di luar kota.....bisa gigit jari...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
Pengalaman pakai RFT di dalam kota dan tol kurang lebih seperti apa yg telah di-deskripsikan sama rekan2. Udah keras, serasa kaya pakai ban mati pula. Sudah ada beberapa pemakai BMW E90 yg mengganti ban RFT-nya dengan ban standar ukuran dan tekanan yg sama, justru handling menjadi lebih enak dan nyaman baik buat kecepatan rendah maupun tinggi. Konsekuensi-nya ya harus beli velg kaleng 1 biji buat dijadikan serep...
Tapi kalau mengenai ban RFT yg tidak bisa ditambal...nah ini dia yg agak meragukan. Pernah suatu ketika sensor tekanan ban di BMW menyala, dugaan sementara karena rusak. Setelah dicek ternyata ketusuk paku! Sial...Menurut pihak BMW memang tidak direkomendasikan buat ditambal. Saya kemudian ke Nawilis buat minta 2nd opinion, kurang lebih sama tetapi ada mekanik mereka yg pernah beberapa kali nambal RFT tidak pernah gagal. Lantaran harga 1 ban-nya nggak nahanin ya saya nekat minta ditambal saja. Sampai hari ini fine2 aja tuh...tapi tetap yah, resiko ditanggung sendiri. Jangan karena pengalaman saya nekat nambal nggak kenapa2 otomatis yg lain langsung ikutan; pertimbangkan faktor resiko dan dompet.
Tapi kalau mengenai ban RFT yg tidak bisa ditambal...nah ini dia yg agak meragukan. Pernah suatu ketika sensor tekanan ban di BMW menyala, dugaan sementara karena rusak. Setelah dicek ternyata ketusuk paku! Sial...Menurut pihak BMW memang tidak direkomendasikan buat ditambal. Saya kemudian ke Nawilis buat minta 2nd opinion, kurang lebih sama tetapi ada mekanik mereka yg pernah beberapa kali nambal RFT tidak pernah gagal. Lantaran harga 1 ban-nya nggak nahanin ya saya nekat minta ditambal saja. Sampai hari ini fine2 aja tuh...tapi tetap yah, resiko ditanggung sendiri. Jangan karena pengalaman saya nekat nambal nggak kenapa2 otomatis yg lain langsung ikutan; pertimbangkan faktor resiko dan dompet.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jan 09, 2008 15:19
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
Fren, dari sisi positifnya RFT dirancang utk safety karena dengan ban yang kempes masih tetap bisa jalan max 80Km/jam dan juga jalanan yang halus . Untuk kondisi Indonesia memang belum cocok karenan karakter bannya yang keras dan sensor terkadang sensitif.. Pernah saat tuning day BMW ada yang bawa Z4.. di Cipularang tiba2x mobil tidak bisa lari lebih dari80Km/jam, dicek ban tidak ada yang kempes.. setelah berhenti dan mesin dimatikan utk reset electric kemudian normal lagi.. Solusinya adalah dengan mengganti dengan ban biasa yang umum dipakai. Kalo ga salah utk penggantian ban selama tidak melewati ukuran ban yang direkomendasikan oleh ETK BMW..maka garansi tidak akan gugur CMIIW.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
oot nih, bro kasih tau gw ya kalo ada next tuning/track daysyaifu wrote:...... Pernah saat tuning day ....
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jan 09, 2008 15:19
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol--> Turing day
Rencananya next turing day+fam gathering ke Anyer tentative tgl 23 Februari or 1 Maret 08..
Ntar I inform deh
Syaifu
Ntar I inform deh
Syaifu
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Apr 10, 2008 3:37
Re: rft + tol purbaleunyi = dodol
bushkntl wrote:FYI,
gw kemaren lewat jalan tol purbaleunyi kalo nggak salah(yg mau ke bandung itu lho) dan kayaknya jalan tol ini di buat pake beton yg surfacenya nggak mulus. Kalo mobil pake rft(run flat tire) lewat tol ini pd kecepatan comfort zone 120-150 km/h pasti rasanya sucks banget soalnya 1.)berasa banget mobilnya kayak jalan pake ban jello(agar2x) 2.)steering feed backnya ngaco semua dan 3.)road noisenya bener bener berisik. Satu satunya cara buat ngilagin efek tersebut adalah back off speednya ke sekitar 100 atau tambahin ke 160-180 km/h pada range tersebut yg masih ada adalah road noisenya repotnya di jalan tol tersebut susah untuk maintain 180km/h karena sedikit sedikit ada mobil pelan yg jalan di jalur kanan dengan santainya.
In general dari dulu gw sebel sama yg namanya rft in terms of performance dan comfort karena di jalan yg mulus ban rft juga berasa kayak pakai ban jello cuma gw nggak nyangka di purbaluenyi lebih parah banget.
BTW sekarang enak juga ya bandung jakarta cuma 1 1/2 jam mungkin bisa less than that kalo nggak kehalang ama mobil pelan jalan di kanan.
bro, udah pernah denger TYRON blom?
bisa di aplikasi pake ban tubeless biasa, jadi ngga gangguu kenyamanan euy....
coba cek aja situsnya
www.tyron-nusantara.co.id
hehehe......