Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by Mike »

xboy wrote:Hi all, salam kenal .....

Sudah 2 minggu ini si GL ada di garasi, rasa2nya kok ada beberapa hal yg cukup "mengganggu" yah .... mungkin ada RR sekalian yg mengalami juga ?

- Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.

- Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......

- Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !

- Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.

- Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
Fiuhh....
mudah2-an ntar mobil gw dateng ntar baik2 aja....

utk sementara gw no commnet dulu, sampai dapet unitnya.
Image
Koeskoes
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue May 01, 2007 6:07

Post by Koeskoes »

sukasuka_man wrote: Well menurut gw nih...bukan besarnya pendapatan.
Tapi besarnya biaya yang harus ditekan oleh pemerintah.
Kalo temen2 suka jalan ke luar negeri, coba deh bandingkan harga makanan di luar negeri.
Please bandingkan dengan yang setara, misal chinese food di rumah makan ber ac di Indo dan dengan di luar negeri.
Akhir-akhir ini kok saya merasa biaya di Indo lebih mahal dari pada di luar.
Gw sih gak gitu hapal di Thai, tapi di Vietnam dan di China, kalo dipikir dan dibandingkan biaya UMR di Indo gak beda jauh kok.
Tapi kan biaya hidup mereka jauh lebih murah. Well sebagai gambaran, harga mie ayam di Indo (jakarta sekitarnya) Rp 5.000 di pinggir jalan, kalo di Vietnam dan China cuman sekitar Rp 3.000 an dengan porsi yang jauh lebih besar dan dengan protein yang jauh lebih tinggi nilai.
Biaya2 barang buatan/komoditas Indo* mahal karena banyaknya biaya siluman nya kali yah?

Setahu saya, Jakarta memang mahal. Bangkok, Manila dan kota2 di China (bahkan HK) bisa lebih murah utk makanan. Temen2 satu kantor org Malaysia/Spore pada kaget betapa mahalnya Jakarta wkt mereka tugas di Jakarta. Tukang2 mie ayam kaki lima di Indo mgkn jg kena 'biaya siluman' kali yah??? ...sori OOT banget.


(*saya lbh suka singkatan ini ketimbang Indon, krn singkatan kedua ini mengingatkan kenalan saya org malaysia yg suka pake istilah ini utk memandang rendah TKI di Malaysia)
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mobil sepupu saya enak.. tp yg 1.8litre.. matic si.. hening kok.. kaga ada keanehan apa2..

iya di indo kebanyakan debat nya.. kebanyakan pungutan2.. kebanyakan ngurusin yang kaga perlu.. ngurusin nya buat cari simpati ato popularitas lage.. bleh..

padahal indo itu kaya raya.. sayank sekali.. tapi emang ada pihak2 yg tidak pengen indonesia berjalan kearah yang lebih baik.. *katanya biar gampang berkuasa di indo.. pemilu bisa menang dll*

God, pls help Indonesia..
Koeskoes
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue May 01, 2007 6:07

Post by Koeskoes »

ada yg pernah coba GL 1.5L yang matic gak? kalo ada, mohon di-sharing dong pengalaman2nya. Thx sblm nya.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by maxx »

Guyss... guyss... sempet kaget juga dengar complain xboy soal masalah GL, krn sangat kagetnya ttg hal tsb gw akhirnya ikutan kopdar milist nissan-livina di taman menteng - starbuck cafe dan pada saat kopdar tsb bung Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion, PT NMI hadir.
Btw bos Teddy ini orang yg sama dg yg menerangkan soal engine break di mobilku.com yg dipost bung hunter.

BRO SEBELUMNYA GW MAU CLARIFY NEH!! GW BUKAN SALES MAUPUN ORANG YG BERKEPENTINGAN BAGI KEMAJUAN/KEBAIKAN NMI. GW HANYA KONSUMEN YG SEDANG INDENT GL.

Jawaban yg didapat saat kopdar untuk masalah Xboy, dirampungkan sbb:

1. Bukan soal Peredam kabin Buruk. Kalo peredam kabin buruk maka dalam keadaan diam tetap terasa berisik dg keadaan diluar kabin.
Suara ban terdengar agak keras biasanya terjadi pada kondisi jalan yg agak kasar dan tekanan ban yg kurang, dianjurkan 35psi.

2. Soal suara "glodokan" saat melibas poldur disebabkan Karaketer shock yg lembut dg coil spring yg kuat dgn ukuran yg jauh lbh panjang dari ukuran mobil2 lain, jadi saat full stroke (rentang penuh) shock sudah terentang mentok tp coil spring masih kuat nendang.. so bunyi deh tuh glodokan.

3. Ini tidak dikomen krn blum pernah ada complain spt ini dan hal ini juga tidak dirasakan oleh para pemilik GL yg hadir saat kopdar. Jadi disarankan Xboy untuk mengecek ke bengkel resmi Nissan untuk diperiksa lebih cermat.

4. Soal nyendat2 .. benar ini soal karakter Throttle By Wire yg sering terjadi pada pengemudi yg belum menyesuaikan diri pd sensitifitas pedal gas.

5. sudah dijelaskan oleh post bung hunter, jawabannya tetap sama > "kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter"



So kesimpulan yg gw ambil untuk meningkatkan kenyamanan boil gw nanti:
1. Gw tambah peredam khususnya pada bagian kolong2 roda depan dan mesin, kalo belum diperbaiki oleh NMI.
2. Sptnya design coil spring ikuti pasar China yg pakai mesih MR18DE, tentunya lebih berat dari HR15DE (1.5L) jadi untuk varian 1.5L per-nya lebih galak nendang .. he he he... lagi pula shg Gw bukan pembawa boil yg serabutan dan suka melibas poldur, so ga terlalu masalah deh, lg pula nanti gw mo ganti velg yg gede harus ganti per & shock sport kit aftermarket, krn pd shock std - mangkok per bgn bawah jaraknya kurang dari 2jari dengan ban jadi tetap kudu cari shock yg mangkok perbawah agak jauh dari ban std, jadi velg R18-19 dg tebal ban yg nyaman bisa masuk dengan enak dan bisa diceperin getoo.. he he he..
3. blum tau tuh.. krn unit indent masih jauh datangnya, kalo xboy lagi sial dpt unit yg kayak gitu.. mudah2an nanti sudah diperbaiki dg QC yg lebih ketat.
4. Karakter TBW 1.5L sudah gw rasakan sebelumnya.. loe liat sendiri posting awal gw yg complaint soal mesin HR15DE bolot dibawah 3000rrpm, makanya gw ambil mesin MR18DE yg 1.8L
5. No problem buat gw.. tinggal sesuaikan aja sama karakter mesin dan gw udah biasa turun gigi untuk dapatin engine brake yg lebih besar.. makanya gw ambil yg manual ketimbang A/T, maklum deh.. cita2 jadi pembalap yg suka turun naik gigi sesuai RPM mesin, tp ga kesampean tuh .. jadinya sekarang cuma balapan jari (alias ngetik) ... he he he he..

ifmarch wrote:
xboy wrote:Hi all, salam kenal .....

1. Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.

2. Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......

3. Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !

4. Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.

5. Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.

Bung xboy, saya pemakai GL 1.5 MT Silver dan udah jalan 3 mingguan, km kurang lebih 900 km.

1. Peredam bawah buruk; saya tidak mengalaminya seperti itu. Kalau dibandingkan dengan Avanza, mobil GL dalam posisi jalan lebih hening. Jika ketemu jalan rusak suara gemuruh tidak masuk ke mobil. Malahan jika Avanza kondisi idle, setiap berapa menit akan ada suara mesin yang cukup kencang, tapi di GL dalam kondisi mesin idle memang ada suara mesin yang mirip tapi suaranya jauh lebih senyap daripada Avanza.

2. Shock Absorber jika melibas polisi tidur yang tinggi dan tidak landai dengan kencang semua mobil pasti akan mengalami hal yang sama tidak terkecuali GL. Tapi untuk poldur yang tinggi tapi posisinya landai, GL cukup lembut.

3. Pintu depan kiri, saya tidak mengalaminya.

4. Kalau di RPM rendah terasa ndut-ndut saya tidak mengalaminya. Tapi kalau pada antara RPM 3k - 4k, terasa seperti ada tenaga sedikit kosong emang mungkin saja faktor TBW, karena saya mengalami hal yang sama juga.

5. Engine break; apa ini maksudnya jika kondisi mobil lagi melaju cukup kencang kemudian gas dilepas, kecepatannya dengan drastis akan berkurang, jadi ada fungsi engine breaking yang berfungsi sebagai rem. Tapi itu hanya masalah kebiasaan saja, tidak menjadi masalah yang berarti bagi saya tapi entah ya bagi bung xboy... jika pada kondisi jalan menurun saya belum pernah mengalaminya.

Ada tambahan dari saya : saya merasa klakson GL 1.5 MT tidak kencang (garang) karena saya suka sebal jika ada angkutan umum yang suka serobot sana serobot sini, tetapi karena klakson tidak garang maka kadang tidak bisa membuat mereka minggir atau membuat mereka waspada jika kita mau menyusul.
Last edited by maxx on Fri May 18, 2007 0:14, edited 1 time in total.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

wah salut buat NMI. serayamotor ngirim utusan gak? :-)

btw, bro max, di forum itu sempet disinggung ttg launching livina 5 seater gak? kalo gaksalah Indonesia International Motor Show 2007 akan diadakan bulan Juli, kalo bener juli mau launching, gue siap2 mau indent nih.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Sempat disinggung.. tp gw lagi ngobrol seru.. jadi ga begitu dengerin deh.. he he he... sptnya ga thn ini bro.
dion wrote:wah salut buat NMI. serayamotor ngirim utusan gak? :-)

btw, bro max, di forum itu sempet disinggung ttg launching livina 5 seater gak? kalo gaksalah Indonesia International Motor Show 2007 akan diadakan bulan Juli, kalo bener juli mau launching, gue siap2 mau indent nih.
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by gubraks »

maxx wrote: So kesimpulan yg gw ambil untuk meningkatkan kenyamanan boil gw nanti:
1. Gw tambah peredam khususnya pada bagian kolong2 roda depan dan mesin, kalo belum diperbaiki oleh NMI.
2. Sptnya design coil spring ikuti pasar China yg pakai mesih MR18DE, tentunya lebih berat dari HR15DE (1.5L) jadi untuk varian 1.5L per-nya lebih galak nendang .. he he he... lagi pula shg Gw bukan pembawa boil yg serabutan dan suka melibas poldur, so ga terlalu masalah deh, lg pula nanti gw mo ganti velg yg gede harus ganti per & shock sport kit aftermarket, krn pd shock std - mangkok per bgn bawah jaraknya kurang dari 2jari dengan ban jadi tetap kudu cari shock yg mangkok perbawah agak jauh dari ban std, jadi velg R18-19 dg tebal ban yg nyaman bisa masuk dengan enak dan bisa diceperin getoo.. he he he..
Bung maxx ambil 1.8 ya, kapan deliverynya?
Ok ntar gw ikutin solusi bung Maxx untuk soundproof kalo memang noise kolongnya emang ngeganggu. Kalo untuk ngurangin tendangan balik spring depan apa nggak perlu ganti strut yang lebih nahan?
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14

Post by foomy »

hunter wrote:
foomy wrote:Pelajaran untuk semua orang untuk ngecek lagi postingannya (di preview dulu). Azumi salah karena mengedit postingan sebelumnya ikut menghapus "quote" di awal postingan. Conan salah karena langsung maen teken reply dan langsung teken submit tanpa cek dulu hasilnya bakal gimana. TUFF stough juga salah karena mengikuti salahnya conan. :)
bung foomy 'salah' krn tdk mengerti maksudnya TUFF stough... hehehe *joking* itu kan TUFFstough sengaja mengquote post conan yg 'salah quote', hanya untuk kasih tau bung conan soal salah quote itu. :lol:

dan krn bung foomy menulis [\quote] pd postnya, akibatnya saya salah quote pula. dan untuk mencegah saya salah quote, maka saya mengganti [\quote] dengan "quote", akibatnya saya tidak salah quote lagi.

jadi sebetulnya pokok permasalahan dr thread "Masalah di Grand Livina 1500 M/T" sebetulnya ada pada kesalahan "QUOTE" wkakakaakakakaa

sori, habis butek disini.. biar refreshing dikit...
Iya bro hunter, sama2 butek soalnya jadi kmrn iseng post. Tapi memang fungsi preview disediakan buat dipake supaya ga ada yg salah2 kaya gitu. Coba kalo bro hunter ga preview dulu, pasti "kejebak" juga. :) padahal gua kaga sengaja.
Ada guna laen dari preview yg tidak langsung. Kalo lagi ngecek preview, kadang kita jadi sadar kalo kata2 kita tidak pantas atau terlalu "mengundang". Mungkin waktu nulis agak panas atau terlalu semangat. Jadi waktu ngecek preview, udah lebih tenang dan yg "mengundang" bisa dikoreksi seperlunya. Tapi kalo memang maksudnya posting tuh untuk itu, ya monggo.

Trus gimana nih, ditunggu orang surabaya dan sekitarnya yg bisa bantu bro xboy untuk dapet second opinion. Jadi kalo mau klaim juga lebih kuat kalo memang GL yg dia dapet tuh cacat. Moga2 masalah bro xboy bisa beres.
xboy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Mar 23, 2007 4:00

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by xboy »

maxx wrote: Jawaban yg didapat saat kopdar untuk masalah Xboy, dirampungkan sbb:

1. Bukan soal Peredam kabin Buruk. Kalo peredam kabin buruk maka dalam keadaan diam tetap terasa berisik dg keadaan diluar kabin.
Suara ban terdengar agak keras biasanya terjadi pada kondisi jalan yg agak kasar dan tekanan ban yg kurang, dianjurkan 35psi.

2. Soal suara "glodokan" saat melibas poldur disebabkan Karaketer shock yg lembut dg coil spring yg kuat dgn ukuran yg jauh lbh panjang dari ukuran mobil2 lain, jadi saat full stroke (rentang penuh) shock sudah terentang mentok tp coil spring masih kuat nendang.. so bunyi deh tuh glodokan.

3. Ini tidak dikomen krn blum pernah ada complain spt ini dan hal ini juga tidak dirasakan oleh para pemilik GL yg hadir saat kopdar. Jadi disarankan Xboy untuk mengecek ke bengkel resmi Nissan untuk diperiksa lebih cermat.

4. Soal nyendat2 .. benar ini soal karakter Throttle By Wire yg sering terjadi pada pengemudi yg belum menyesuaikan diri pd sensitifitas pedal gas.

5. sudah dijelaskan oleh post bung hunter, jawabannya tetap sama > "kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter"
Thx bung Maxx sudah menyampaikan keluhan sy saat kopdar NMI.

1. Justru di tekanan ban 35/35, suara masih keras menyusup, setelah saya kurangi ke 30/30 jadi agak mendingan (sesuai jg dgn saran dari kepala bengkel Nissan Sby). Tapi tetap menurut saya, gemuruh ban terdengar lebih kentara daripada mobi lain yg sy pakai - Inno, Xenia, Atoz.

2. Jadi memang benar GL punya ciri glodakan saat melibas polisi tidur. Tapi sy masih penasaran, ingin coba unit lain apakah bunyi glodakannya sekeras punya sy.

3. Soal pintu depan kiri, sudah dicek sendiri oleh kepala bengkel Sby. Dan diakui agak kurang rapat. Sy dengar, ada pula pemilik GL lain di Sby yg komplain soal pintu ini. Mungkin hanya beberapa unit saja yang bermasalah seperti ini (semoga). Sy masih menunggu kabar, dijanjikan entah ganti karet atau apa gitu.

4. & 5. Ya, sepertinya kita yg harus menyesuaikan driving style kita dgn GL. Lucunya, kepala bengkel yg mencoba mobil saya drivingnya jadi gak nyaman, nyendul2, nyendat2, sering gas gak pas - meraung-raung dan sempat 3 kali mesin mati di tengah jalan karena gas yg kekecilan. Sambil senyum, beliau bilang belum biasa dgn Livina, kan model baru. :P
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

1. suara ban yg kenceng tuh wajar kl melintas aspal yg kasar ato lebih2 di paving stone.. kalo lebi berisik dari pada avanza ato atoz kyknya gara2 livina itu hening.. suara mesin kaga kedengeran.. so pas lewat jalan yang kasar ya uda suara ban nya kedengeran.. *sama kayak CRV kan.. malah CRV suara ban nya kenceng banget*

2. punya sepupu saya kok ngga ada glodakan ya.. malah CRV saya yg keras nya minta ampun..

3. soal pintu depan, saya kemarin sudah liat2 di pameran2.. saya coba satu2.. semua nya bisa nutup dengan rapat kok.. *seriously dude*

4. mmh.. yah feeling tiap orang laen2 lah.. seperti talenta.. ada yg dapet talenta maen music nya jago.. ada jg yg cuma bisa sebatas maen music gitu2 aja..
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by andihp »

xboy wrote: 4. & 5. Ya, sepertinya kita yg harus menyesuaikan driving style kita dgn GL. Lucunya, kepala bengkel yg mencoba mobil saya drivingnya jadi gak nyaman, nyendul2, nyendat2, sering gas gak pas - meraung-raung dan sempat 3 kali mesin mati di tengah jalan karena gas yg kekecilan. Sambil senyum, beliau bilang belum biasa dgn Livina, kan model baru. :P
Berarti mobil xboy ini emang "cacat", soalnya gw waktu TD 1.5M/T ga ada masalah nyendat2/nyentul2 tuh.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by maxx »

gubraks wrote: Bung maxx ambil 1.8 ya, kapan deliverynya?
Ok ntar gw ikutin solusi bung Maxx untuk soundproof kalo memang noise kolongnya emang ngeganggu. Kalo untuk ngurangin tendangan balik spring depan apa nggak perlu ganti strut yang lebih nahan?
Yup, gw ambil 1.8XV M/T, deliver katanya agustus-september, tertulis di SPK-nya .. jadi kalo telat tar gw claim minta tambahan accesories... he he he :D .. .bisa ga yah :roll:

Soal sound proof kolong kayaknya lebih tepat nanya2 sama yg sudah terima indent-nya, gw juga lagi cari2 info neh siapa yg sudah upgrade sound proof GL.
Kalo Sound Proof TKD ato Ziebart bs jadi solusi ga yah? .. ada yg sudah cek blm?

Soal Shock and per, harusnya seh nanti ada solusi .. apalagi untuk yg upgrade velg gede.. kudu ganti tuh Shock and per-nya.
Sabar aja deh kalo mo nungguin gw. .krn unitnya masih jauh bgt delivery-nya
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

johnlegend wrote:1. suara ban yg kenceng tuh wajar kl melintas aspal yg kasar ato lebih2 di paving stone.. kalo lebi berisik dari pada avanza ato atoz kyknya gara2 livina itu hening.. suara mesin kaga kedengeran.. so pas lewat jalan yang kasar ya uda suara ban nya kedengeran.. *sama kayak CRV kan.. malah CRV suara ban nya kenceng banget*
That's right brother... umumnya suara mesin lebih keras sehingga menutupi suara ban. nah saat peredam suara sudah bagus, giliran suara ban yang kedengeran... hehehe...

nah kalo ban sudah ganti yang hening, giliran suara dari luar (mobil lain/angin/klakson) yang terdengar.
Jadi kalo mau hening, gue jadi inget ucapan salah satu sesepuh otomotif, "Pasang tutup telinga!" :lol:
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Bener suara ban sih yg kurang tepat bannya, pasti yg tipe keras - memang lebih awet tapi lebih berisik. Kalo anda orang yg sensitif terhadap berisik pilih ban yg lunak dengan konsekwensi lebih sering ganti ban. Dulu di C-class mata kacang yg pernah gue bawa (cuma pakai bukan pemilik) juga begitu karena peredam suaranya bagus hanya suara ban kalau jalan di jalan kasar terdengar sampai di dalam.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

kalo mau ban yg ga berisik ya pilih aja ban BRIDGESTONE Potenza G-III atau kalau mau murah bisa
pilih tipe Turanza ER-60...

biasanya ban Dunlop itu lebih keras tapi ga semua kok...
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

kalo mau ban yg ga berisik ya pilih aja ban BRIDGESTONE Potenza G-III atau kalau mau murah bisa
pilih tipe Turanza ER-60...

biasanya ban Dunlop itu cenderung lebih keras tapi ga semua kok...
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by maxx »

Hush.. bukan kopdar NMI bro, tp milist nissan-livina tepatnya. Hanya saja saat kopdar milist nissan-livina menggundang Bos Teddy (NMI)

1. hmm gimana yah.. gw pake honda civic yg harganya 200jtan juga gitu suara gemuruh ban bila kecepatan >70kph terdengar di dalam kabin, well. .sebatas normal ga masalah deh.. toh nanti gw pake sound system.. sambil jalan bas berdentum jedak jeduk jedak jeduk .. :D

2. bukan ciri GL, tapi hanya karakteristik Shock dan per yg digunakan saja, dimana saat full stroke (direntangkan penuh) shock absorber sudah mentok tp per masih kuat nendang. Mungkin di mesin 1.8L yg lebih berat bobotnya ... karakter per yg nendang agak jarang terjadi krn bobot mesin yg lebih berat dapat menahan kekuatan nendang per-nya. Mungkin harusnya design per untuk 1.5L dibedakan dengan yg 1.8L. Masih prediksi gw sendiri ... ada kemungkinan design per GL sebenarnya dicomot bulet2 dari Geniss di China yg jg pakai mesin 1.8L

3. Bener tuh.. bawa aja ke bengkel resmi nissan, biar mereka yg pusing untuk urus agar sesuai dengan yg shrsnya.. .memang itu tugas mereka kan?. .kita tinggal pake doang :P

4. Ya gitu, kita mungkin belum terbiasa dg throttle by wire GL. kalo sudah terbiasa untuk mengurut gas mungkin gejala endut2an akan semakin minim sejalan dengan lama waktu menggunakan si GL. Gw juga gitu tuh.. biasanya langsung BEJEK abis, ape lagi kalo mau dapat kesan nye-print. he he he... :e-dance:
xboy wrote: Thx bung Maxx sudah menyampaikan keluhan sy saat kopdar NMI.

1. Justru di tekanan ban 35/35, suara masih keras menyusup, setelah saya kurangi ke 30/30 jadi agak mendingan (sesuai jg dgn saran dari kepala bengkel Nissan Sby). Tapi tetap menurut saya, gemuruh ban terdengar lebih kentara daripada mobi lain yg sy pakai - Inno, Xenia, Atoz.

2. Jadi memang benar GL punya ciri glodakan saat melibas polisi tidur. Tapi sy masih penasaran, ingin coba unit lain apakah bunyi glodakannya sekeras punya sy.

3. Soal pintu depan kiri, sudah dicek sendiri oleh kepala bengkel Sby. Dan diakui agak kurang rapat. Sy dengar, ada pula pemilik GL lain di Sby yg komplain soal pintu ini. Mungkin hanya beberapa unit saja yang bermasalah seperti ini (semoga). Sy masih menunggu kabar, dijanjikan entah ganti karet atau apa gitu.

4. & 5. Ya, sepertinya kita yg harus menyesuaikan driving style kita dgn GL. Lucunya, kepala bengkel yg mencoba mobil saya drivingnya jadi gak nyaman, nyendul2, nyendat2, sering gas gak pas - meraung-raung dan sempat 3 kali mesin mati di tengah jalan karena gas yg kekecilan. Sambil senyum, beliau bilang belum biasa dgn Livina, kan model baru. :P
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Kalo bawa mobil kalo anda tidak merasakannya pasti tidak apa2. Kalo anda tambah merasakan mobil itu berisik maka sangat terasa mobil itu berisik. Itu sugesti loh.
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

Hansen wrote:kalo mau ban yg ga berisik ya pilih aja ban BRIDGESTONE Potenza G-III atau kalau mau murah bisa
pilih tipe Turanza ER-60...

biasanya ban Dunlop itu cenderung lebih keras tapi ga semua kok...
Padahal (untuk yang di Yogya) GL saya lihat bannya Dunlop :(
Potenza emang asyik tuh ... harganya juga asyik :(
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

crv gw pake bridgestone yg firestone.. mahal.. tetep aja berisik.. *livina gw kapan datenggggg..*

katanya gw urutan warna silver ke3.. n kl ga liat warna saya urutan nomer 48.. mestinya akhir may terima mobil nya.. tp tadi ditelp dibilang akhir july baru datengg.. aargghh.. menipuuuu..

marah apa ngga ya?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Memang semua GL pakai Ban Dunlop bro.

Kalo menurut gw soal berisik & kerasnya ban tidak dipengaruhi merk, tp lebih condong ke karakter material yg digunakan: hard compound, medium compound dan soft compound.
Untuk level db suara berisik ban yg lebih rendah pake yg soft compound, tp resikonya ban cepat habis. Tapi tetap aja ada suara gemuruh ban dg tingkat level db tertentu.

Sesuai teori fisika => dua buah benda padat bergesekan pasti akan menghasilkan suara. Jadi jangan mimpi bisa nemuin ban yg ga ada suara gemuruh sama sekali saat cruising.

Solusi untuk meminimalkan suara bising ban saat cruising baik GL maupun mobil lainnya y/ keluar duit lagi buat sound proofing. Cuma saja untuk GL sound proofing cukup difokuskan pada bgn kolong roda dan mesin, krn peredam di kabin sudah bagus.
yol127 wrote:
Hansen wrote:kalo mau ban yg ga berisik ya pilih aja ban BRIDGESTONE Potenza G-III atau kalau mau murah bisa
pilih tipe Turanza ER-60...

biasanya ban Dunlop itu cenderung lebih keras tapi ga semua kok...
Padahal (untuk yang di Yogya) GL saya lihat bannya Dunlop :(
Potenza emang asyik tuh ... harganya juga asyik :(
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Sptnya "menipu" bukan kata yg tepat, kecuali NMI bawa lari uang DP loe :)
Strategy NMI dg DP harga jadi mengikat sudah jauh lebih baik tuh dari pada TAM. Dulu temen gw pernah ada yg indent AVANZA, walah.. selain harga tidak mengikat, unit datangnya 9bln sejak DP bro... kayak nungguin baby dari istri yg baru hamil seminggu. Tp herannya dulu Avanza ga diributin gini yah... :P

Gw seh sabar aja dehhh, selama estimasi delivery yg tertulis di SPK belum lewat.
Tentunya bro sudah di-info sama salesnya ttg perkiraan delivernya sebelum loe DP dan jg tertulis di SPK sblm loe TTD tuh SPK. Jadi kalo sdh ambil keputusan untuk DP berarti loe sudah siap nunggu bro! Kalo keberatan dengan estimasi delivery.. ya g usah DP dehhhhhh.
johnlegend wrote:crv gw pake bridgestone yg firestone.. mahal..
tetep aja berisik.. *livina gw kapan datenggggg..*

katanya gw urutan warna silver ke3.. n kl ga liat warna saya urutan nomer 48.. mestinya akhir may terima mobil nya.. tp tadi ditelp dibilang akhir july baru datengg.. aargghh.. menipuuuu..

marah apa ngga ya?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

bro johnlegend, u'r GL just u'r legend :-). mosok mei dateng juli. apa sih maunya NMI? kok makin kacau gini sih
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Sabar aja deh. Daripada ultimate gw adem ayem ga ada kabar. Dan juga kalo buru ntar mobil kaya yang bung xboy punya cacat. Mendinga lama tapi QCnya bagus. Ada yang sudah liat ulitimate di jalan belum ya? Gw sih belum dan coba telp2 semua sales di semua dealer kata mereka belum ada yang terima yang unit ultimate punya.