Guyss... guyss... sempet kaget juga dengar complain xboy soal masalah GL, krn sangat kagetnya ttg hal tsb gw akhirnya ikutan kopdar milist nissan-livina di taman menteng - starbuck cafe dan pada saat kopdar tsb bung Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion, PT NMI hadir.
Btw bos Teddy ini orang yg sama dg yg menerangkan soal engine break di mobilku.com yg dipost bung hunter.
BRO SEBELUMNYA GW MAU CLARIFY NEH!! GW BUKAN SALES MAUPUN ORANG YG BERKEPENTINGAN BAGI KEMAJUAN/KEBAIKAN NMI. GW HANYA KONSUMEN YG SEDANG INDENT GL.
Jawaban yg didapat saat kopdar untuk masalah Xboy, dirampungkan sbb:
1. Bukan soal Peredam kabin Buruk. Kalo peredam kabin buruk maka dalam keadaan diam tetap terasa berisik dg keadaan diluar kabin.
Suara ban terdengar agak keras biasanya terjadi pada kondisi jalan yg agak kasar dan tekanan ban yg kurang, dianjurkan 35psi.
2. Soal suara "glodokan" saat melibas poldur disebabkan Karaketer shock yg lembut dg coil spring yg kuat dgn ukuran yg jauh lbh panjang dari ukuran mobil2 lain, jadi saat full stroke (rentang penuh) shock sudah terentang mentok tp coil spring masih kuat nendang.. so bunyi deh tuh glodokan.
3. Ini tidak dikomen krn blum pernah ada complain spt ini dan hal ini juga tidak dirasakan oleh para pemilik GL yg hadir saat kopdar. Jadi disarankan Xboy untuk mengecek ke bengkel resmi Nissan untuk diperiksa lebih cermat.
4. Soal nyendat2 .. benar ini soal karakter Throttle By Wire yg sering terjadi pada pengemudi yg belum menyesuaikan diri pd sensitifitas pedal gas.
5. sudah dijelaskan oleh post bung hunter, jawabannya tetap sama > "kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter"
So kesimpulan yg gw ambil untuk meningkatkan kenyamanan boil gw nanti:
1. Gw tambah peredam khususnya pada bagian kolong2 roda depan dan mesin, kalo belum diperbaiki oleh NMI.
2. Sptnya design coil spring ikuti pasar China yg pakai mesih MR18DE, tentunya lebih berat dari HR15DE (1.5L) jadi untuk varian 1.5L per-nya lebih galak nendang .. he he he... lagi pula shg Gw bukan pembawa boil yg serabutan dan suka melibas poldur, so ga terlalu masalah deh, lg pula nanti gw mo ganti velg yg gede harus ganti per & shock sport kit aftermarket, krn pd shock std - mangkok per bgn bawah jaraknya kurang dari 2jari dengan ban jadi tetap kudu cari shock yg mangkok perbawah agak jauh dari ban std, jadi velg R18-19 dg tebal ban yg nyaman bisa masuk dengan enak dan bisa diceperin getoo.. he he he..
3. blum tau tuh.. krn unit indent masih jauh datangnya, kalo xboy lagi sial dpt unit yg kayak gitu.. mudah2an nanti sudah diperbaiki dg QC yg lebih ketat.
4. Karakter TBW 1.5L sudah gw rasakan sebelumnya.. loe liat sendiri posting awal gw yg complaint soal mesin HR15DE bolot dibawah 3000rrpm, makanya gw ambil mesin MR18DE yg 1.8L
5. No problem buat gw.. tinggal sesuaikan aja sama karakter mesin dan gw udah biasa turun gigi untuk dapatin engine brake yg lebih besar.. makanya gw ambil yg manual ketimbang A/T, maklum deh.. cita2 jadi pembalap yg suka turun naik gigi sesuai RPM mesin, tp ga kesampean tuh .. jadinya sekarang cuma balapan jari (alias ngetik) ... he he he he..
ifmarch wrote:xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
1. Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
2. Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
3. Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
4. Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
5. Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
Bung xboy, saya pemakai GL 1.5 MT Silver dan udah jalan 3 mingguan, km kurang lebih 900 km.
1. Peredam bawah buruk;
saya tidak mengalaminya seperti itu. Kalau dibandingkan dengan Avanza, mobil GL dalam posisi jalan lebih hening. Jika ketemu jalan rusak suara gemuruh tidak masuk ke mobil. Malahan jika Avanza kondisi idle, setiap berapa menit akan ada suara mesin yang cukup kencang, tapi di GL dalam kondisi mesin idle memang ada suara mesin yang mirip tapi suaranya jauh lebih senyap daripada Avanza.
2. Shock Absorber jika melibas polisi tidur yang tinggi dan tidak landai dengan kencang semua mobil pasti akan mengalami hal yang sama tidak terkecuali GL. Tapi untuk poldur yang tinggi tapi posisinya landai, GL cukup lembut.
3. Pintu depan kiri, saya tidak mengalaminya.
4. Kalau di RPM rendah terasa ndut-ndut saya tidak mengalaminya. Tapi kalau pada antara RPM 3k - 4k, terasa seperti ada tenaga sedikit kosong emang mungkin saja faktor TBW, karena saya mengalami hal yang sama juga.
5. Engine break; apa ini maksudnya jika kondisi mobil lagi melaju cukup kencang kemudian gas dilepas, kecepatannya dengan drastis akan berkurang, jadi ada fungsi engine breaking yang berfungsi sebagai rem. Tapi itu hanya masalah kebiasaan saja, tidak menjadi masalah yang berarti bagi saya tapi entah ya bagi bung xboy... jika pada kondisi jalan menurun saya belum pernah mengalaminya.
Ada tambahan dari saya : saya merasa klakson GL 1.5 MT tidak kencang (garang) karena saya suka sebal jika ada angkutan umum yang suka serobot sana serobot sini, tetapi karena klakson tidak garang maka kadang tidak bisa membuat mereka minggir atau membuat mereka waspada jika kita mau menyusul.