NISSAN LIVINA test drive saya di China

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Gambar tetap lebih seru. Here is more, photo kemampuan bagasi mobil ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

More photos ! More photos !
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

View ini juga jelas dan cakep. Kalau bukan Serena lega, sudah gue jual dan ganti yang ini !
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

interior ternyata persis honda stream baris kedua bukan buat 3 orang tapi 2 + 1
eh tidak ada kisi kisi AC plafon buat penumpang baris 2-3 ya

mengenai tampang dan ukuran mobilnya terus terang saya kurang suka. kesannya koq mobil ini harusnya rendah kayak stream tapi dipaksakan agak tinggi. tidak pendek kayak stream tapi juga tidak tinggi kayak innova. tampang depannya kurang cantik jauh sekali dibanding new stream yang mirip mini odyssey tapi overall ok lah
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Ngak masalah kok. Mana mungkin satu mobil bisa bikin semua orang suka. Pasti ada yang suka, pasti ada yang tidak.


Malah saya kurang suka Stream baru. Saya lebih suka muka Honda City lama sebelum facelift (kalau ngak mau saya banding ama Nissan terus).

Anyway, FYI, New Stream saya sudah tanya Ivans Motor. Mereka bilang ini mobil juga ngak ada lobang AC untuk baris 2 dan 3.


Anyway, anda ada rencana beli New Stream ? Dan jika anda tidak suka Livina, menurut anda Mpvlover (saya juga mpv lover), mpv mana yang anda paling suka ? Kenapa ?
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

new stream sih rasanya enggak bung sithlord karena mahal dan udah bisa dapat odyssey bekas

saya mau lihat dulu tampang new toyota wish atau new toyota alphard yang katanya keluar akhir taun ini

sedangkan kalau mpv untuk kerja alias jadi kuda saya tertarik renault dacia logan mcv kalau ada yg turbodiesel 1500 cc nya masuk

terus terang kalau mesin bensin mau vtec apa kek, vvti apa kek, less friction bla bla bla menurut saya itu [cencored], cuman bahasa marketing doang

kalau mau irit dan bertenaga seperti pernah dibilang satu kawan di atas solusinya modern diesel. saya udah testdrive santa fe diesel wah top banget dan iritnya dua kali lipat crv atau xtrail

kalau mesin bensin kecil musti dipasang turbocharger seperti mesin mesin BMW, AUDI atau sekalian supercharger plus turbo seperti mesin TSI VW golf GT. 1400 cc dapat 170 hp!! dan iritnya seperti mesin 1400 cc lain

payahnya pabrik mobil jepang ketinggalan jauh soal diesel dan turbocharger, mungkin berapa taun lagi baru kita liat alphard diesel atau alphard 2000cc bensin turbo

katanya honda kan anti turbo padahal solusinya kalo mau lebih efisien ya turbo, atau twin turbo putaran tinggi dan rendah, gak ada lagi turbo lag kayak turbo jaman dulu
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Memang bahasa marketing kadang misleading. Tapi percaya saya, Nissan di websitenya menunjukan HR15DE memang jelas lebih baik dari mesin mereka yang sebelumnya. Dari curvanya ketahuan kok. Itu curva mesin data teknis ngak bisa mereka sembarangan gambar. Bisa di tertawakan orang nanti. Ngak semua isi data ATPM di website mereka [cencored] semua lah. Nissan merek sudah tua dan terkenal, ngak berani lah mereka sembarangan bilang mesin baru mereka lebih maju, padahal tidak.


Juga feeling dan suara memang lebih halus. Berasa kok kemajuan mesin baru ini. Dan banding mesin Nissan 1500 cc tipe yang dulu (namanya GQ15DE kalau ngak salah), memang HR ini lebih irit dan lebih ringgan. Kita harus akui lah, dunia mesin memang kadang ada kemajuan kok. Kalau ngak insiyur seluruh dunia di pecat saja.


Jika anda suka Diesel, Renault memang sangat pengalaman dalam hal diesel. Sayang Renault di Indonesia dealernya masih sangat sedikit. Tapi who knows nanti mereka akan nebeng dealer Nissan yang jauh lebih banyak.


Pula saya dengar ada isu nanti Renault akan ada kabar kejutan untuk Indonesia. Mereka juga akan bikin mobil terjangkau nanti, dan sangat mungkin akan diesel juga. Sebab Renault sebagai merek mobil Eropa, tau sendiri diesel mereka jago.


Tapi di Indonesia, kalau saya bilang susah. Lihat nasip Innova diesel D4Dnya. Sudah ngak di jual lagi, sebab mutu solar Indo sucks banget, sampai banyak pemakai Innova diesel berasa. Tapi yang saya penasaran, mungkin juga kebanyakan pemilik Innova diesel itu deman isi solar biasa. Padahal sudah ada solardex.


Apakah solardex masih kurang bagus ? Pula sudah jelas saat ini mood pasar Indonesia masih doyan ama bensin. Takutnya beli mobil diesel, nanti saat mau jual lagi, lebih susah banding jual mobil bensin. Nasip Panther sekarang saja ngak sekuat dulu. Pula bensin gimana juga terkenal suara halus. Diesel VW Touareg saya sudah coba, memang hebat. Tapi itu dia, diesel hebat biasanya ngak murah dan butuh solar amat bagus.


Kalau mesin bensin bisa minum premium / Pertamax dan bisa 1:10 lebih dalam kota sudah lumayan lah.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

Sithlord wrote:Memang bahasa marketing kadang misleading. Tapi percaya saya, Nissan di websitenya menunjukan HR15DE memang jelas lebih baik dari mesin mereka yang sebelumnya. Dari curvanya ketahuan kok. Itu curva mesin data teknis ngak bisa mereka sembarangan gambar. Bisa di tertawakan orang nanti. Ngak semua isi data ATPM di website mereka [cencored] semua lah. Nissan merek sudah tua dan terkenal, ngak berani lah mereka sembarangan bilang mesin baru mereka lebih maju, padahal tidak.



Kalau mesin bensin bisa minum premium / Pertamax dan bisa 1:10 lebih dalam kota sudah lumayan lah.
apa herannya bung, tiap mesin baru ya sudah pasti ada perkembangan dr mesin lama, kalau tidak buat apa mereka bikin mesin baru.

maksud saya peningkatannya cuman bisa sedikit sedikit karena memang teknologi mesin bensin itu udah mentok, buktinya mercedes bmw yang sudah puluhan tahun masternya mesin mobil sekarang rajin mengembangkan turbocharger karena kalau tidak mesin bensin sudah dilibas habis oleh mesin diesel

mobil murah renault itu ya dacia, renault tidak punya merk lain lagi kok
benernya tidak perlu lah mereka main rahasia rahasiaan, tinggal ke google juga langsung bisa tahu hahaha
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

setuju.....memang di eropa sekarang lagi demam mesin diesel commonrail di kendaraan penumpang.....
tapi terus terang aja, infrastruktur indonesia tidak siap dgn hadirnya commonrail ini....dengan kualitas solar yang beredar sangat buruk!!!!!!kotor, penuh oplosan&kadar sulfur sangat tinggi!!!!!

bukan salah ATPM kalau mereka tidak menghadirkan commonrail di indo....beberapa pabrikan sudah mencoba dengan mempertaruhkan image mereka........contohnya peugeot(806,307,307sw), toyota(innova diesel), hyundai(santa fe), vw(touareg,caravelle), mercedes (viano,c270cdi,a170cdi,ml270cdi),bmw(x5 3.0diesel) dan lain2.....
ternyata semuanya bisa dibilang gagal menahan buruknya kualitas solar kita.....
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

saya diberitahu dealer nissan di dps bali mereka akan roadshow nissan livina pertengahan bulan maret, wah bisa duluan test drive nih..
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

ween wrote:setuju.....memang di eropa sekarang lagi demam mesin diesel commonrail di kendaraan penumpang.....
tapi terus terang aja, infrastruktur indonesia tidak siap dgn hadirnya commonrail ini....dengan kualitas solar yang beredar sangat buruk!!!!!!kotor, penuh oplosan&kadar sulfur sangat tinggi!!!!!

bukan salah ATPM kalau mereka tidak menghadirkan commonrail di indo....beberapa pabrikan sudah mencoba dengan mempertaruhkan image mereka........contohnya peugeot(806,307,307sw), toyota(innova diesel), hyundai(santa fe), vw(touareg,caravelle), mercedes (viano,c270cdi,a170cdi,ml270cdi),bmw(x5 3.0diesel) dan lain2.....
ternyata semuanya bisa dibilang gagal menahan buruknya kualitas solar kita.....
iya bung ween tapi sekarang sebenernya kan udah berbeda udah banyak spbu asing and bakal makin banyak

masalahnya mereka mungkin kapok dulu itu tapi sebenarnya indonesia itu jauh lebih cocok pakai diesel drpd bensin. kenapa saya bilang gitu karena indonesia itu produsen minyak sawit terbesar dunia dan biodiesel itu tidak mengandung sulfur kan.

jaguar xj saja dieselnya lebih hening drpd bensinnya soalnya mereka pkai electronic engine mounting yang mercedes bmw juga belom punya
wah hebat banget tuh akibatnya sekarang di eropa kabarnya jaguar kurangi produksi mesin bensinnya karena kurang laku
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

OK guys, terutama bung Mpvlover,

Ini ada penjelasan improvement apa saja di dapatkan di mesin HR dan MR series. :

http://www.auto-asia.com/print.asp?news=9606

"Nissan unveils new-generation engine series 8/31/2004

--------------------------------------------------------------------------------
Nissan has unveiled a couple of inline four-cylinder gasoline engines, jointly developed with Renault, and a new continuously variable transmission (CVT).


The 1.5-litre HR15DE and the 2.0-litre MR20DE will be adopted used in a number of small and compact passenger cars beginning with the Tiida, a high-end compact scheduled for release in Japan this autumn. Renault will also adopt them. While the Tiida is first off the blocks with the 1.5, the first MR20DE is scheduled to first see service in a new people-carrier that will come out later this year.
Nissan says both engines “ incorporate a host of new shared technologies and are designed to provide excellent fuel economy combined with improved acceleration under the conditions most commonly encountered in everyday driving”.


Specifically, the adoption of the following new technologies has substantially improved fuel economy and torque under ordinary driving conditions.


- The combustion period has been shortened and thermal efficiency improved by strengthening the gas flow in the combustion chamber.


- Advanced technologies have been employed to reduce friction, including the use of a new machining method for the cylinder bores and the application of a mirror-like finish to the crankshaft and cam bearing surfaces.


- The load imposed on the engine to drive the air conditioner and other auxiliary units has been reduced by making them more efficient and improving the control program.


Nissa says tests benchmarking the HR15DE against its own QG15DE motor and the MR20DE against the QR20DE (the Q series engines won many awards for their performance) show big improvements across a mix of highway, city and suburban driving conditions.


The 1,498cc HR15DE, driving through the new CVT, offers 5-7 percent more torque and low and medium engine speeds. Weight is reduced by a massive 30 percent and fuel economy by 20 percent.


In the case of the 1,997cc MR20DE, the improvements are 5-10 percent in low and medium end torque, an eight percent weight reduction and an impressive 37 percent improvement in fuel economy.


The new CVT “further enhances the benefits that characterize this type of transmission, including excellent fuel economy, smooth power delivery without any shift shock and outstanding acceleration performance,” Nissan says. In particular, shift response has been improved by tuning the hydraulic and electronic controls.


The shift response improvement combined with a wider gear ratio range contributes significantly to the acceleration and fuel economy under ordinary driving conditions. "


Bobot mesin turun 30% dan lebih irit 20% itu bukan kemajuan basa basi lo. Kalau maju cuman 1%, saya jadi Nissan juga malas bikin mesin baru. Mana balik modal jika keluar uang banyak untuk bikin mesin dan assembly mesin baru tapi kemajuannya cuman sepele.


Kecuali anda tetap yakin Nissan itu bohong. Ya kalau sudah gitu susah. Cuman kalau saya, sudah test drive 2 mesin ini, banding mesin lain termasuk mesin X-Trail dan Serena yang sudah saya miliki, jelas berasa perbedaannya.


Bung Wardana, masa sih ? Se hoki banget Balinese ! Masa ibu kota Jakarta di lewatkan Nissan dulu ? Cuman untuk wartawan kali ? Biasanya pabrik mobil mulai start di ibu kota dulu lo. Paling juga bersamaan ama Bali. Masa Bali dulu ? Tapi jika benar, ya good for U ! Sudah tinggal di surga, plus cicipin mobil baru dulu. Life is good in Bali eh ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Ini saya ada lagi info tentang 2 mesin ini. Kali ini banyak gambar dan data, charts, etc. penjelasan lebih detail lagi.


Filenya lumayan gede, meskipun cuman 7 halaman. Maybe banyak photo sebagai bukti before dan afternya. Saya sendiri lagi download. Sekitar 20+ MB.


Yang serius, silahkan ambil dari sini :


Everything you want to know abt HR/MR engines but don't know where to ask....

http://www.nissan-global.com/EN/DOCUMEN ... 06E_A4.pdf
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

wah itu sih biasa, tiap pabrikan keluar mesin baru juga specnya pasti berhalaman halaman tapi sebenernya gak ada yang bener bener baru

liat aja mesin honda new civic 1800cc ivtec penjelasannya juga gak kalah banyak dr nissan

mesin honda idsi juga dibikin supaya torsinya melimpah di putaran bawah tapi kenyataannya banyak orang tetap pilih yg vtec

mesin mesin toyota nissan honda semuanya berteknologi katup variable tapi masih yg sistem bertahap, ada beberapa stage

bmw dari zaman dulu sudah pakai yang electronic, bukaan katup diatur secara elektronik setiap saat bisa berubah sekian milimeter

teknologi ini bagi pabrikan jerman sudah termasuk kuno, tapi honda baru bakal pakai di generasi vtec berikutnya yaitu A-Vtec

sementara pabrikan jepang masih bermain-main dengan katup dan ganti besi dengan jenis less friction etc, pabrikan jerman sudah lama pakai alumunium untuk cast blok mesinnya. besi diapakan juga tidak akan bisa ringan kayak alumunium

kini pabrikan jerman sudah umum pakai turbocharger, jangan disangka mahal loh turbo sekarang sudah murah apalagi kalau dibuat massal

mesin new camry yang 3500 cc itu udah direct injection tapi yg 2400 cc belum tapi mendingan, accord teana masih pakai mesin kuno 2400cc dan 2500cc v6 tapi tenaga gak sampai 200 HP. Audi cukup dengan 2000cc turbo sudah bisa dapat 220 HP

untuk mobil jepang yang dijual di indo kita selalu kebagian teknologi kuno, sebel deh
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

saya tertarik banget katanya BMW mau keluarin MPV! namanya F3.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Sudah download file itu ? Saya saja belum selesai. Gede banget filenya.


Sebenernya mobil Jepang ada mesin super hebat dan canggih. Tapi masalahnya harga. Jangan bilang mobil Jepang. Apakah ada mobil Eropa di jual di Indonesia dengan mesin modern harga OTR di bawah 200 juta ?


Menurut saya, bisa dapat mesin macam HR dengan harga 140-200 juta lumayan lah. Memang di bandingkan mesin Audi / BMW etc. no fight, tapi lihat harganya dong.


Mau mesin super canggih, mau mobil besar, lega, super murah, lebih irit dari Jazz etc. saya juga mau. Tapi ya di dunia, mau ngak mau designer dan konsumen semua harus kompromi. Dalam hal ini menurut saya Livina adalah kompromi yang lumayan lah.


Ngak selega Alphard / Serena, tapi ngak beda jauh ama Innova, mirip Jazz + extra 2 kursi. Mesin bisa 200 km/jam, 0-100 km/jam 10-13 detik (tergantung versi), bisa pakai premium. Suara halus dan tarikan lumayan. Manual 6 speed. BBM 1:10-18 tergantung tipe dan kondisi pakai. Dengan harga segitu, not bad lah !
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

bung sithlord kalau mesin 1800cc cuma dapat 126 hp itu justru bukan kemajuan, mesin altis 1800cc udah dapat 140 HP.

bung apa gak heran, penjelasan mesin nissan di atas begitu panjang tapi jarang sebut sebut angka hp. menurut saya justru generasi mesin nissan paling baru ini malah belom bisa menyusul mesin mesin toyota dan honda terbaru seperti dual vvti dan 3-stage i-vtec. dual vvti nya toyota udah direct injection dan mesin buat corolla dan wish baru bakal dipasang 1800cc dual vvti.

yang 3-stage vtec honda udah punya 3 stage bukaan katup variable, vvtc nya nissan baru satu stage saja

mungkin member lain yg lebih ngerti ttg mesin bisa cerita lebih banyak
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

Sithlord wrote:
Sebenernya mobil Jepang ada mesin super hebat dan canggih. Tapi masalahnya harga. Jangan bilang mobil Jepang. Apakah ada mobil Eropa di jual di Indonesia dengan mesin modern harga OTR di bawah 200 juta ?
makanya bung saya tertarik dengan renault dacia logan mesin 1500cc commonrail diesel. jangan sangka 1500cc itu loyo itu sih kalau bensin tapi kalau diesel 1500cc ini tarikannya bisa kayak bensin 2000cc
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Once again, jangan cuman lihat max. horsepower. Toh kita hampir tidak akan pernah pakai mesin mencapai max. horsepower kan ?


Justru Nissan sadar hal ini. Jadi mereka fokusnya ke performa di rpm yang kita sering pakai, yaitu low sampai mid range rpm. Supaya lebih irit tetap kencang.


Mesin Nissan apakah kalah ama Toyota dan Honda ? Pernah dengar mesin Skyline ? The 1000 hp beast ? Orang barat aja banyak yang takut ama ni mobil. Pernah dengar mesin VQ series yang sudah berturut 12 tahun dapat best top 10 engine of the year ?


Pula mesin Toyota dan Honda yang anda sebutkan, apakah di pasang di model mereka di Indonesia yang harganya 140-200 juta ? Name me just one.


Again buddy, you get what you pay for. Nissan ada kok mesin super canggih, tapi mereka sudah belajar dari Toyota dan Honda di Indonesia. Mau jadi gede, paling penting harga mobilnya 100-200 juta. Pasang mesin super canggih, nanti harganya hampir 300 juta, sepi lagi. Ngapain ?


Ya sekarang mau ngotot juga nanti ribut. Nanti anda test drive sendiri deh. Toh Civic / Altis harganya berapa ?


Saya ngak remehkan Toyota dan Honda. Cuman sampai saat ini, belum ada orang yang jawab saya, model mereka mana yang bisa lebih menarik banding Livina di class range harga 140-200 juta. Dari segi design, mesin, feature dan harga.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

Sithlord wrote:
Mesin Nissan apakah kalah ama Toyota dan Honda ? Pernah dengar mesin Skyline ? The 1000 hp beast ? Orang barat aja banyak yang takut ama ni mobil.
wah bung you misinformed, skyline GTR itu dr R32 R33 R34 mesinnya itu 280 hp dari pabriknya. yg bikin 500 - 1000 hp itu tuner. kalo udah di tangan tuner sih jangankan mesin honda toyota nissan, mesin suzuki juga bisa jadi monster kok.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Post by mpvlover »

Sithlord wrote:

Saya ngak remehkan Toyota dan Honda. Cuman sampai saat ini, belum ada orang yang jawab saya, model mereka mana yang bisa lebih menarik banding Livina di class range harga 140-200 juta. Dari segi design, mesin, feature dan harga.
honda memang gak ada tapi toyota ya yang namanya innova itu loh :lol:

eh kabarnya honda mau jual honda airwave untuk gantiin stream? menurut saya ini mobil bagus dan tidak pura pura punya baris ketiga buat penumpang karena jujur aja siapa sih yang mau disuruh duduk di baris ketiga kecuali naik alphard dan sejenisnya
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

mpvlover wrote:
Sithlord wrote:
Mesin Nissan apakah kalah ama Toyota dan Honda ? Pernah dengar mesin Skyline ? The 1000 hp beast ? Orang barat aja banyak yang takut ama ni mobil.
wah bung you misinformed, skyline GTR itu dr R32 R33 R34 mesinnya itu 280 hp dari pabriknya. yg bikin 500 - 1000 hp itu tuner. kalo udah di tangan tuner sih jangankan mesin honda toyota nissan, mesin suzuki juga bisa jadi monster kok.
mesin skyline bisa dioprek sampe 1000hp tanpa tambahan apapun (cukup mengganti settingan ECU yang dari sononya bisa di-flash dengan mudah bermodalkan sebuah laptop)
B16B, 1600cc 190 bhp, naturally aspirated, ditangan tuner berkelas dan berduit, tu monster legendaris bisa jadi mesin di bawah 2 liter paling mengerikan (Renesis 1 dan 2 gak masuk hitungan loh ya... hehe, itu mah pesawat atuh)

numpang lewat, tar kapan2 aja lah nantangin mesin baru nissan, masih trauma liat mobil kebalik masuk empang
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Gw udah liat torsi chart HR15DE, hasil download link dari Nissan di atas. Thanks for the link.

Dan emang ada bedanya dgn power chart Jazz-Vtec (gambar dibawah ini).


Image


Di HR15DE, torsi tidak melekuk turun di RPM 2500-3500 (more or less), kayak punya vtec jazz yg di atas.

(Sorry, power chart Nissan nggak bisa saya oplot - file PDF).


Punya siapa yg lebih canggih...? Biar ahli nya yg jawab. HP maks kayaknya mirip2 deh diangka 110PS.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

StRaDe_Jazz wrote:
mpvlover wrote:
Sithlord wrote:
Mesin Nissan apakah kalah ama Toyota dan Honda ? Pernah dengar mesin Skyline ? The 1000 hp beast ? Orang barat aja banyak yang takut ama ni mobil.
wah bung you misinformed, skyline GTR itu dr R32 R33 R34 mesinnya itu 280 hp dari pabriknya. yg bikin 500 - 1000 hp itu tuner. kalo udah di tangan tuner sih jangankan mesin honda toyota nissan, mesin suzuki juga bisa jadi monster kok.
mesin skyline bisa dioprek sampe 1000hp tanpa tambahan apapun (cukup mengganti settingan ECU yang dari sononya bisa di-flash dengan mudah bermodalkan sebuah laptop)
B16B, 1600cc 190 bhp, naturally aspirated, ditangan tuner berkelas dan berduit, tu monster legendaris bisa jadi mesin di bawah 2 liter paling mengerikan (Renesis 1 dan 2 gak masuk hitungan loh ya... hehe, itu mah pesawat atuh)

numpang lewat, tar kapan2 aja lah nantangin mesin baru nissan, masih trauma liat mobil kebalik masuk empang
Apa iya 1000hp tanpa tambahan apapun?

R32 Sonic yg juara ONR waktu itu sampai harus mendatangkan engineer dari Garage Saurus buat mendapatkan 1000hp. Liat list modifnya.... dan terungkap kalo udah banyak yg diubah...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

itu gw dapet di discovery channel tentang 10 extreme machine: cars
di ajang turnamen drift, salah seorang engineer ngomong kalo mesin skyline (R34) yg mereka pake sanggup menahan beban 1000hp tanpa tambahan piranti apapun n ECU nya flashable, dengan bermodalkan laptop
skylinenya emang jadul sih, taon 90an gitu
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D