Suzuki SX4 - masuk Indonesia awal 2007

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Yah boro2 salah teks, itu jelas2 gambarnya SX4 di display awal salah (yang warna biru). Itu SX4 spek JDM yang urban line... Perhatiin deh lampunya projector, gak ada side sill, dan gak ada roof rack. Terus di microsite SX4, foto lampu depan yang ditampilkan gak ada reflektor warna oranye. Terus foto interior, foto yang ditampilkan kayaknya bukan versi indo karena kenop AC beda banget, kita punya keliatannya murah banget.

Kalau gw orangnya rese (padahal gw memang rese, tapi gw baik sih...), gw tuntut Suzuki dengan pasal menampilkan informasi yang tidak benar, karena model SX4 yang ditampilin di website Suzuki Indo gak dijual di Indo.

Soal pantat SX4, gw lebih suka pantat Angelina Jolie waktu di Tomb Raider, wuih! panaaaaassssss :lol: Iya panas, soalnya pipi gw ditampar ama cewe gw gara2 ngeliatin pantat cewe lain.

Anyway, gw lebih suka tampilan 3/4 depan mobil ini. Entah kenapa pilar A yang dikritik banyak orang malah buat gw kesemsem ama mobil ini.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

hehe bung midi_amp ini emang orangnya lucu. boleh gantiin tukul nih, kalo pamor tukul dah jatoh.... hehehehe

soal SX4 saya gak terlalu perhatiin si.
apakah mungkin krn efek foto? maksudku, biasanya kan di foto2 itu karena cahaya dll, maka keliatannya bagus dan berkilau, sedangkan waktu kita liat aslinya. koq gitu....
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

[quote="Midi_Amp"]
Soal pantat SX4, gw lebih suka pantat Angelina Jolie waktu di Tomb Raider, wuih! panaaaaassssss :lol:

yup, agree bgt :D
naldo

Post by naldo »

Skidplate?? yang warna silver di belakang bawah bemper?? Lagi diusahakan masuk mas Ciepe... Ya, salah masukkin data si itu salah si yang bikin web nya... Kalau mau buka langsung aja yang globalsuzuki.com atau suzuki.co.jp. Lebih lengkap.
Setau saya juga, audionya tidak memakai EQ, yang bisa di setel2 range Hz-nya gitu2... Untuk ban itu, sudah terbukti tidak kenapa2 untuk jaka panjang. Tidak mungkin mobil untuk pasar internasional di seluruh dunia, ban serep tidak di perhitungkan. Biasanya ban itu kecil karena untuk space saver, jadi menaruh barang2 bisa lebih banyak. Di naikki penuh juga ndak masalah.
Gw juga jadi mau beli SX4 satu... Hehehe... Ya buat iseng2, ngeramein penjualan...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

ban serep kecil? maksudnya gimana?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
FortunerMan

Post by FortunerMan »

ban serep space saver... itu lho yg kaya ban sepeda :p, jadi bagasi gak habis buat ban.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Midi_Amp wrote:Bos eljepe (spellnya bener gak nih?) nitip oleh2 test drive dong, coba di tes tape SX4 punya equalizer gak? Gw gak sempet cek waktu gw test drive kemaren.

Terus luntung tanyain juga ama salesnya, ban serep yang kecil itu aman gak sih dipakai dalam jangka waktu dan dengan isi mobil penuh?
Maaf tadi pagi gak jadi TD karena majikan udah nunggu ditempat parkir. Jadi setelah menyerahkan mobil, ngintip SX4 sebentar terus jalan lagi. Kalau equalizer yang analog (unit terpisah) pasti tidak. Tapi kalau software seperti di HU-HU yang baru mungkin saja. Kalau melihat susunan loudspeaker, bagus juga, karena depan belakang pakai split speaker (tweeter terpisah).
Ban serep yang kecil boleh dipakai lama (yang penting sampai ketemu tukang tambal ban) tetapi kecepatan terbatas. Penumpang gak mungkin disuruh turun ditengah jalan jadi diajak aja terus. Seandainya peleknya bengkok baru berhenti. Daripada mobilnya ngegelinding seperti mobilnya mr. BEAN. yang pakai ban lonjong (atau segi 4).
Dari Solo ke Oslo
Image
naldo

Post by naldo »

Maaf... Itu bukan ban kecil... Tapi ban serep di bagasi yang kecil(space saver)... Maksud saya disitu...
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

hunter wrote: heheh sori baru baca ini thread lagi.

sori bung mike, bukannya nuduh anda bohong. saya kan cuman penasaran.
hehehe. maksudku, kalo saya pribadi, drpd beli mobil banyak2, mendingan beli rumah yg lebih gede dulu. tp kan tiap orang beda2 kebutuhannya/interestnya. dan lagi asumsi saya, kalo parkir di luar rumah, lebih gak aman. rawan dicuri/diisengin. kecuali perumahannya sistem cluster yg secure. jd, saya cuman iseng aja.... :)
It's Ok Bro....
tapi memang kalo urusan Rumah VS Mobil, saya rasa kebanyakan keluarga muda di Jakarta (dan Jabodetabek tentunya).
Lebih memilih kendaraan yg pantas (kalo perlu beberapa biji) dibanding beli rumah yg gede misalnya. :lol:

Oh ya, back to SX-4.
Salah satu tetangga saya yg kebetulan kerja di Suzuki bilang, katanya pas hari jumat kemaren (4/05) di tempat dia kerja ada peringatan Maulid Nabi kalo gak salah, dan ada Dirut ikut ceramah sebentar, sang Dirut bilang, jgn beli SX-4 skrg, karena masih buatan Japan, tunggu beberapa saat lagi, karena SX-4 akan jadi Made in Indonesia dan harganya tentu bisa lebih murah.

So, kayaknya kalo mau beli SX-4 JDM (Made In Japan) harus beli skrg, karena selanjutnya akan di CKD disini.
Tapi kalo dah CKD sini harga akan lebih murah (harusnya).
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

kemungkinan, SX-4 CKD di facelift, n ditambahin fitur2, dan harganya malah tambah murah... gimana bro naldo?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
naldo

Post by naldo »

Masalah SX4 di CKD masih lama, sekitar mei/juni 2008. Fitur sudah pasti sama, gak ditambah. Facelift mungkin sedikit.
Oh iya, belom ada SX4 club gitu y?? Gw sekarang mau beli tuh, tapi yang cepet aja, gak pke inden. hehehe... Gw juga gi usahain dapet bempernya Fiat Sedici... Jadi ntar SX4 gw bisa keliatan beda... hehehe
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

naldo wrote: Oh iya, belom ada SX4 club gitu y??
Sudah ada 5 yang buka mailing lists... (Groups). Mungkin anda bisa menggabungkan semua yang di Indonesia supaya mendapat dukungan dari Suzuki Indo.

1 Suzuki_SX4
19 Members, Archives: Public
This is a group for Suzuki SX4 owners or potential owners to share pictures, technical info, maintenance tips, etc.

2 sx4-indonesia
6 Members, Archives: Public
Mailing List ini diperuntukan bagi komunitas pengguna, calon pengguna serta peminat mobil Suzuki SX4 di Indonesia. Wahana untuk berbagi pengalaman serta informasi berkendara serta info teknik, accecories, bengkel, spare parts/suku cadang, service dan perawatan dan lain lain yang berkaitan Suzuki Crossover SX4 dan info umum otomotif. Moderator.

3 suzuki-sx4
< 5 Members, Archives: Public
Milis untuk para pemilik dan peminat Suzuki SX4 di Indonesia. Mailing List ini merupakan forum berkomunikasi dan berbagi pengalaman berkendara, info atau tips yang berhubungan dengan Suzuki SX 4. Pembahasan di mailist ini bersifat bebas tapi sopan,dan tidak diperkenankan mengirim segala bentuk Spam yang tidak berkaitan dgn tujuan diatas.

4 SX4-Community
< 5 Members, Archives: Public
SX4 Community adalah forum bagi pemilik dan peminat Suzuki SX4 di Indonesia, wahana untuk berbagi tips, modifikasi, service, suku cadang serta suka duka berkendara dengan SX4. Let's Share

5 indonesian-sx4
< 5 Members, Archives: Membership required
Selamat datang di Indonesian SX4 Club, mailing list khusus pengguna Suzuki SX4 baik model hatcback Crossover maupun Sedan di Indonesia.
Dari Solo ke Oslo
Image
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

€lj€p€ wrote:
naldo wrote: Oh iya, belom ada SX4 club gitu y??
Sudah ada 5 yang buka mailing lists... (Groups). Mungkin anda bisa menggabungkan semua yang di Indonesia supaya mendapat dukungan dari Suzuki Indo.

1 Suzuki_SX4
19 Members, Archives: Public
This is a group for Suzuki SX4 owners or potential owners to share pictures, technical info, maintenance tips, etc.

2 sx4-indonesia
6 Members, Archives: Public
Mailing List ini diperuntukan bagi komunitas pengguna, calon pengguna serta peminat mobil Suzuki SX4 di Indonesia. Wahana untuk berbagi pengalaman serta informasi berkendara serta info teknik, accecories, bengkel, spare parts/suku cadang, service dan perawatan dan lain lain yang berkaitan Suzuki Crossover SX4 dan info umum otomotif. Moderator.

3 suzuki-sx4
< 5 Members, Archives: Public
Milis untuk para pemilik dan peminat Suzuki SX4 di Indonesia. Mailing List ini merupakan forum berkomunikasi dan berbagi pengalaman berkendara, info atau tips yang berhubungan dengan Suzuki SX 4. Pembahasan di mailist ini bersifat bebas tapi sopan,dan tidak diperkenankan mengirim segala bentuk Spam yang tidak berkaitan dgn tujuan diatas.

4 SX4-Community
< 5 Members, Archives: Public
SX4 Community adalah forum bagi pemilik dan peminat Suzuki SX4 di Indonesia, wahana untuk berbagi tips, modifikasi, service, suku cadang serta suka duka berkendara dengan SX4. Let's Share

5 indonesian-sx4
< 5 Members, Archives: Membership required
Selamat datang di Indonesian SX4 Club, mailing list khusus pengguna Suzuki SX4 baik model hatcback Crossover maupun Sedan di Indonesia.
Gue buka mailing list [email protected] kok belum ada yang daftar yaaaa......... :-) ..

Yang punya GV mbok pada daftar dwoooong....

ID-GV
(asyiiik,.... besok GV-gue dianter dealer)
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

id-grand-vitara wrote: Gue buka mailing list [email protected] kok belum ada yang daftar yaaaa......... :-) ..
Bos, udah ada Indonesian suzuki-jip community di Yahoogroup, Jimny, sidekick, vitara ampe grand vitara udah ditampung disitu semuanya. Coba dicek deh, gw waktu mau beli GV tanya-tanya disitu.

Thanks bos Eljepe, gw cuma ilfil ama ban serep SX4 aja. Takut ngeliat bannya imut gitu udah pasti miring sebelah mobilnya kalau jalan pake serep. Bokap dan nyokap gw yang anti Suzuki pasti bakal gak kasih dukungan dana kalau tau bannya imut gitu. Tapi gw sih gak ngomong2 lah, cuma alasan safety (ABS, airbag), dan posisi duduk superior dibanding mobil2 yang pernah gw pake :lol: Maklum ini mobil bakal gw pake untuk waktu lama jadi pertimbangan 1 kuintal.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

id-grand-vitara wrote: Gue buka mailing list [email protected] kok belum ada yang daftar yaaaa......... :-) ..

Yang punya GV mbok pada daftar dwoooong....

ID-GV
(asyiiik,.... besok GV-gue dianter dealer)
Coba saja jalan-2 ke : http://www.suzuki-jip.com/ Kalau sudah kumpul disitu bisa diversifikasi membentuk sub-group GV.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Midi_Amp wrote: Thanks bos Eljepe, gw cuma ilfil ama ban serep SX4 aja. Takut ngeliat bannya imut gitu udah pasti miring sebelah mobilnya kalau jalan pake serep. Bokap dan nyokap gw yang anti Suzuki pasti bakal gak kasih dukungan dana kalau tau bannya imut gitu. Tapi gw sih gak ngomong2 lah, cuma alasan safety (ABS, airbag), dan posisi duduk superior dibanding mobil2 yang pernah gw pake :lol: Maklum ini mobil bakal gw pake untuk waktu lama jadi pertimbangan 1 kuintal.
Ban cadangan "space saver" itu hanya sesuai dengan ban standar yang ada. Kalau yang lain sudah dimodifikasi (beda lingkaran) pasti akan miring sebelah juga. Tapi selama yang lain standar,,, pasti aman.
Dari Solo ke Oslo
Image
naldo

Post by naldo »

Betul... Ban itu hanya untuk space saver.. Jadi tidak makan tempat untuk bagasi... Ban itu juga aman karena sudah terhomogolasi n sudah di test untuk keamanannya... Ya makanya pasang velg juga jangan gede2... tapi ban itu juga digunakan bila dalam kondisi yang "terpaksa"
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Ehm Anu, yg 2000cc 4WD khan 340jt tuh....
no offence, tapi mending ambil New CRV 2.4
Image
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

Mike wrote:Ehm Anu, yg 2000cc 4WD khan 340jt tuh....
no offence, tapi mending ambil New CRV 2.4
Eits, tapi gak 4WD kan. Kalo CRV 4WD juga pasti harganya deket2 400 juta... Gerah, itu duit semua ya, kalau gw pasti gw selipin daun beberapa biji.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Build Up Jepang (Pajak 45%)


1.5E 1500 2WD 4AT JPY 1,491,000 IDR 108,948,562.80
DOHC VVT 4WD 4AT JPY 1,701,000 IDR 124,293,430.80
1.5G 2WD 4AT JPY 1,648,500 IDR 120,457,213.80
4WD 4AT JPY 1,858,500 IDR 135,802,081.80
1.5XG 2WD 4AT JPY 1,648,500 IDR 120,457,213.80
4WD 4AT JPY 1,858,500 IDR 135,802,081.80
-
2.0S 2000 2WD 4AT JPY 1,827,000 IDR 133,500,351.60
DOHC 4WD 4AT JPY 2,037,000 IDR 148,845,219.60
2.0XS 2WD 4AT JPY 1,827,000 IDR 133,500,351.60
4WD 4AT JPY 2,037,000 IDR 148,845,219.60

Ini harga SX-4 dipasar Jepang. Kalau tidak salah sebagian besar saham Suzuki Indonesia sudah milik Jepang (PMA) jadi dalam perhitungan harga pastinya mulai dari ongkos produksi bukan dari harga diatas. Nah kalau dihitung Harga (CIF) sampai disini + Pajak 45% ... yang masuk Indonesia itu SX-4 type yang mana ya....E,G,XG 2WD.

Disini harganya M/T IDR 155.000.000 dan A/T IDR 165.000.000
Yang 4WD IDR 340 jt ????


Build Up Thailand (Pajak 5%)
Sebagai perbandingan Harga Honda City di Thailand yang iDSI
M/T THB 512.000 atau IDR 135.302.556.11
A/T THB 549.000 atau IDR 146.422.610.83

Honda di Indonesia hanya importir (ATPM biasa)
Dengan pajak 5% (ASEAN) harga disini
M/T IDR. 176.800.000,-
A/T IDR. 186.800.000,-

Siapa yang bisa kasih tahu bagaimana caranya menghitung....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

€lj€p€ wrote: ..................
Ini harga SX-4 dipasar Jepang. Kalau tidak salah sebagian besar saham Suzuki Indonesia sudah milik Jepang (PMA) jadi dalam perhitungan harga pastinya mulai dari ongkos produksi bukan dari harga diatas. Nah kalau dihitung Harga (CIF) sampai disini + Pajak 45% ... yang masuk Indonesia itu SX-4 type yang mana ya....E,G,XG 2WD.

Disini harganya M/T IDR 155.000.000 dan A/T IDR 165.000.000
Yang 4WD IDR 340 jt ????


Build Up Thailand (Pajak 5%)
Sebagai perbandingan Harga Honda City di Thailand yang iDSI
M/T THB 512.000 atau IDR 135.302.556.11
A/T THB 549.000 atau IDR 146.422.610.83

Honda di Indonesia hanya importir (ATPM biasa)
Dengan pajak 5% (ASEAN) harga disini
M/T IDR. 176.800.000,-
A/T IDR. 186.800.000,-

Siapa yang bisa kasih tahu bagaimana caranya menghitung....
Dari yg saya tau, kalo 2000cc (non Asean) dgn 4 WD akan kena biaya2:

Import Duty 45%
PpnBM 40%
PPN 10%
Pph 2.5%
Freight utk Asia : kisaran 10%
Insurance : 0.5%

dari total diatas sini akan bisa dapet nilai CIF

Selanjutnya sampai di pelabuhan tentu ada:
Biaya THC
Clearance
Inland Transport
Sewa Gudang
Overbrengen
Gerakan Extra
Stiker
dll
(ini asumsi kalo didatangkan dgn RoRo, bukan Container)

Selanjutnya tentu ada :
FOH
Advertising Cost
Profit Margin

Utk biaya pelabuhan + clearance termasuk biaya iklan dll, persisnya
saya gak tau (tergantung masing2 perush), tapi diatas itu kira2 komponen biayanya-nya bila melakukan importasi mobil.
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Wah terima kasih banyak atas informasinya...
Kalau barang-2 kecil (aksesoris) bisa mampir Sin dan masuk lewat "hand-carry" (hanya istilah)... dengan cara ini bisa by-pass beberapa biaya. Tapi harus menunggu kondisi lampu (ada istilah "lampu merah" dan "lampu hijau").
Waktu ngobrol di OZ ada juga yang beli dari Showroom, kirim kesini masih bisa untung. Tapi ada juga yang punya showroom license (dari pabrik dapat harga wholesale)
Pada dasarnya.. yang namanya parallel import cuma di Amerika yang keras aturannya karena setiap negara bagian punya aturan sendiri-2. Pindah negara bagian aja harus di kir dulu.... Ada perusahaan mobil UE yang menawarkan parallel import dengan jalan masuk sebagai mobil second... (sudah dipakai 1 minggu, lalu dibawa "pulang" ke states).

Iya deh... iseng coba hitung harga di Indo Terima kasih....
Dari Solo ke Oslo
Image
loud2000id
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue May 15, 2007 9:16

Post by loud2000id »

hi all,

Dimana cr dpt accessories untuk SX4 ? Gue lihat pas launching ada banyak .. udah coba contact dealer jawabannya belum ada stock ... Susah amat ya ??

Thx
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Surat pembaca Kompas Sabtu kemarin:
15/5 di sekitar BEJ, jakarta, test drive SX4 berubah menjadi test crash SX4 hehehe...
bukannya kalo test crash itu di level desain/manufacture... lha kok ini di level konsumen hehehe...
Katanya karena drivernya nggak terbiasa pake otomatik... lho bukannya pake otomatik akan lebih mudah adaptasinya dibandingkan yang terbiasa pakai otomatik kemudian pake manual? well kayaknya memang untuk test drive harus diseleksi lebih lagi ya... jangan sampe kejadian lagi, untung testnya nggak nurunin akses parkir di gedung ITC ya.... bisa kejadian lagi tuh....
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

gubraks wrote:Surat pembaca Kompas Sabtu kemarin:
15/5 di sekitar BEJ, jakarta, test drive SX4 berubah menjadi test crash SX4 hehehe...
bukannya kalo test crash itu di level desain/manufacture... lha kok ini di level konsumen hehehe...
Katanya karena drivernya nggak terbiasa pake otomatik... lho bukannya pake otomatik akan lebih mudah adaptasinya dibandingkan yang terbiasa pakai otomatik kemudian pake manual? well kayaknya memang untuk test drive harus diseleksi lebih lagi ya... jangan sampe kejadian lagi, untung testnya nggak nurunin akses parkir di gedung ITC ya.... bisa kejadian lagi tuh....
jazz yg terjun di ITC Permata Hijau juga matic bro..