Suzuki SX4 - masuk Indonesia awal 2007

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Perbandingan gw sih US, tp... astaga, pajaknya itu, bikin gw merinding sendiri >.<
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalopun memang SX4 yg 2000cc 4WD itu didatangkan dgn kondisi CBU dari US tetep akan kena pajak2 yg gw sebutin diatas, karena US bukan ASEAN.
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Lagian bukannya yg di US juga dari Jepang?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Guys, SX4 udah direview belum di majalah? Mau tau akselerasinya dan konsumsi bensin nih. Gw soalnya gak percaya tenaga diturunin untuk ningkatin torsi... Orang jelas2 torsinya cuma 133nm@4000rpm (di brosur), kalah jauh ama Jazz/City VTEC dan Vios/Yaris VVT-i, masing2 sekitar 141@4500rpm (brosur juga). Gw dah naksir berat ama SX4, tapi gak mau ngeduluin perasaan dibanding logika.

Oh ya, lupa satu hal yang gw gak suka dari SX4, ban serepnya gak full size. Baru pertama kali gw liat ban serep ada tulisannya "max 80 KPH".
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Dgn rentang hrg 150 s/d 170 jt konsumen semakin bnyk punya pilihan jadinya ya.
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Post by alvika99 »

@midi_amp
bro CMIIW yah tp setau gw ga selalu soal tenaga dan torsi yg membuat sebuah mobil bisa kencang, lincah, or whatever..
gw sih ga terlalu perhatiin spek2 ni mobil tp coba u compare:
power to weight rationya
optimum torque and hpnya di rpm berapa
chasisnya (rigidity)
suspension systemnya
front and rear weight balancenya
drivetrainnya
karena semua ini ngaruh bgt ke performa mobil and kalo cuma ngandelin hp dan torsi rasanya kurang valid CMIIW :D :D :D
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
MILL
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
Location: Kelapa Gading

Post by MILL »

StRaDe_Jazz wrote:oh iya, itu juga, sederhana banget n warnanya agak2 gimana gitu....
Setuju, kemaren liat unit contohnya di Bogor. Kok keknya mirip ama material Avaza ya?
Padahal expectasiku yah...yang empuk gitu.
Semalem di Oto TV emang menggiurkan sih SX4. Lega, agak tinggi, lincah, dan Italian design.
Guys, kalo ama Rush worth it mana?
Rush G M/T dan SX4 M/t kan sama harganya?
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

alvika99 wrote:@midi_amp
bro CMIIW yah tp setau gw ga selalu soal tenaga dan torsi yg membuat sebuah mobil bisa kencang, lincah, or whatever..
gw sih ga terlalu perhatiin spek2 ni mobil tp coba u compare:
Oke, gw juga udah bikin beberapa analisa mengenai mobil ini.

Power to weight ratio: 100ps:1260Kg (auto), yang hasilnya 0.079. Cukup buruk dibandingkan Yaris 110ps:1075Kg (auto)yang mendapatkan nilai 0.10 (makin besar makin baik). Sebagai perbandingan, Jazz i-DSi 88ps:1040 Kg (auto), dapat 0.08, lebih baik sedikiiiiiiiiitt dibandingkan power to weight ratio SX4.

Untuk tenaga dan torsi maksimum diraih pada titik 6000 dan 4000 rpm. Kecuali rasio gigi dibikin pendek, ini mobil gak bisa lari, mengingat beratnya. Tapi rasio gigi matic SX4 gak gw temuin di brosur maupun media kit dari Suzuki waktu acara kemaren. Tapi kemaren pas test drive bagus2 aja lah. Jadi gak terlalu pusing untuk tarikan bawah, tapi pas di jalan tol kan gak tau.

Rigidity dan weight balance gak tau... Ini makanya gw butuh media review baru membuat keputusan membeli.

Suspension system Mcpherson strut depan dan torsion beam belakang. Sama kayak Jazz/City, dan Yaris/Vios... Swift sama gak ya? Gak minat sih, jadi gak pernah udak aduk spek Swift kecuali interiornya.
Keuntungan torsion beam jelas di harga, tapi karena bentuknya menyerupai huruf U, tempat duduk belakang jadi lebih lega karena ruang bagian bawah gak kemakan tempat untuk posisi kaki2. Keuntungan lain terletak pada tersambungnya kedua sisi sistem suspensi, jadi roll bar tidak perlu lagi ada untuk meningkatkan kestabilan... Kali...

Untuk EuroNcap, mobil ini dapet 4 bintang, karena bagian pengemudi kurang terlindungi pada tabrakan, terutama dada dan kepala.

Image

Apalagi ya... Tauk ah, gw nunggu media review aja deh, bingung kalau cuma baca data doang.
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Midi_Amp wrote:Guys, SX4 udah direview belum di majalah? Mau tau akselerasinya dan konsumsi bensin nih. Gw soalnya gak percaya tenaga diturunin untuk ningkatin torsi... Orang jelas2 torsinya cuma 133nm@4000rpm (di brosur), kalah jauh ama Jazz/City VTEC dan Vios/Yaris VVT-i, masing2 sekitar 141@4500rpm (brosur juga). Gw dah naksir berat ama SX4, tapi gak mau ngeduluin perasaan dibanding logika.

Oh ya, lupa satu hal yang gw gak suka dari SX4, ban serepnya gak full size. Baru pertama kali gw liat ban serep ada tulisannya "max 80 KPH".
Iya nih, aneh aja, ngapain sih nurunin tenaga dan torsi klo ndak ada trade off lain? Agar bensinnya irit?

Bung Naldo mungkin bisa kasih penjelasan...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

kalo gw bilang sih, tenaga n torsi menurun buat nyesuain karakter mesin ama bensin INdonesya yg tau sendiri lah kualitasnya... nih boil import CBU langsung dari jepun kan?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

StRaDe_Jazz wrote:kalo gw bilang sih, tenaga n torsi menurun buat nyesuain karakter mesin ama bensin INdonesya yg tau sendiri lah kualitasnya... nih boil import CBU langsung dari jepun kan?
Justru bensin yang disarankan ama salesnya waktu gw test drive tetep pertamax... Minimal kan pertamax udah regular disana, jadi kalau ECU diset untuk bensin yang lebih jelek jadi premium cocok dong. Soalnya kalau tenaga turun tapi harus isi Pertamax gw agak ogah. Kalau masih 110ps tapi harus Pertamax gw agak rela.
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Post by alvika99 »

@midi_amp
mau 110 ps mike? lo beli aerio gw aja wkaakakakakakak
nilai dah keluar tuh kt s budi
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

alvika99 wrote:@midi_amp
mau 110 ps mike? lo beli aerio gw aja wkaakakakakakak
nilai dah keluar tuh kt s budi
Emoh... Sebelum Swift desain Suzuki gak ada yang kena buat gw... Tapi kedatangan Swift, GV, dan SX4 agak sedikit merubah persepsi.

Finance gw pass, tapi statistik fail :cry: yah gak apa lah, subject terakhir gw subject paling berat tahun depan.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Midi_Amp wrote:
alvika99 wrote:@midi_amp
mau 110 ps mike? lo beli aerio gw aja wkaakakakakakak
nilai dah keluar tuh kt s budi
Emoh... Sebelum Swift desain Suzuki gak ada yang kena buat gw... Tapi kedatangan Swift, GV, dan SX4 agak sedikit merubah persepsi.

Finance gw pass, tapi statistik fail :cry: yah gak apa lah, subject terakhir gw subject paling berat tahun depan.
loh, pada mahasiswa kampus mana ne? taon berapa?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Lho? anak kuliahan toh Mr Midi_Amp?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Gue mesti liat dulu nih in person... kalo dr foto2 aja kok kaya compact car biasa aja... dan a-pillarnya jelek kalo buat gue...di foto.

Ayo pada beli...saya pengen liat :)
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

sekarang suzuki lagi gemar2nya show SX4 di mall2 loh, tes duduk aja lah...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

StRaDe_Jazz wrote:sekarang suzuki lagi gemar2nya show SX4 di mall2 loh, tes duduk aja lah...
Tapi shownya jangan kayak ini ya mas Strade ....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

:shock: Wuah, temen sy juga ada yg liat nih kejadian ini di SCBD pas minggu kmrn ... Ada yang tau ceritanya knp mobilnya bisa sampe terbalik kaya gitu ??? :?
splitfire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
Location: zoorabaya....city of heroes....

Post by splitfire »

lohhh tuh SX4 accident bneran???
gw kira emang dibuat gt hahaha.....
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

FortunerMan wrote:Gue mesti liat dulu nih in person... kalo dr foto2 aja kok kaya compact car biasa aja... dan a-pillarnya jelek kalo buat gue...di foto.
Bos, percaya deh, kesan pertama gw ngeliat ini mobil jueleknya amit2 apalagi kalo diliat dari samping, kayak moncong bebek bagian depannya. Soal tinggi gak terlalu tinggi dibandingkan Yaris atau Jazz, bahkan gw melihat Yaris pake ban 16" juga setinggi SX4... Kalo Jazz somehow kok pake ban 16" tetep bantet.

Tapi didalam... Nyamm... Posisi duduk MANTAB (buat gw). Pillar A yang tinggi itu lebih fungsional daripada Honda Jazz punya. Blind spot bukan masalah yang berarti karena kaca pada pillar A mengijinkan kita untuk melihat keluar dengan mudah. Gw cuma sedikit gak suka ama head unit yang terintegrasi, karena gw gak bisa ganti2. Tapi 4 speaker dan 4 tweeter cukup membayar kekurangan sistem audionya... Minimal kalau mau gw ganti, dudukan tweeternya udah ada.

@bos WP dan Strade_Jazz, gw ambil S2... Tapi tetep panggil gw anak kuliahan ya, kan terkesan muda :D

WALAH! Itu kok ampe keguling gitu! Kok gak masuk berita sih? Jago juga ya public relation indomobil ampe bisa cegat kejadian ini masuk berita. Serem juga, A pillarnya ampe remuk, kalau ini mobil buatan jelek udah mati itu yang duduk didepan. Dilihat dari letak kecelakaannya, ini terjadi waktu mobil ditransit di truk, soalnya gak di gravel tempat test drive... Jadi sistem pengunci lepas terus melorot, jatuh idung duluan terus keguling... Kali...
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Midi_Amp wrote:
WALAH! Itu kok ampe keguling gitu! Kok gak masuk berita sih? Jago juga ya public relation indomobil ampe bisa cegat kejadian ini masuk berita. Serem juga, A pillarnya ampe remuk, kalau ini mobil buatan jelek udah mati itu yang duduk didepan. Dilihat dari letak kecelakaannya, ini terjadi waktu mobil ditransit di truk, soalnya gak di gravel tempat test drive... Jadi sistem pengunci lepas terus melorot, jatuh idung duluan terus keguling... Kali...
Kalau info dari milis tetangga, kejadiannya emang saat test drive, mungkin karena yang tes drive gak biasa make AT sedangkan semua mobil yg dites AT semua, jadi saat mau pelan bukannya injek rem tapi keinjek gas ... he..


Mobilnya menabrak pembatas jalan, oleng dan langsung ke balik tapi katanya yang tes drive gak luka parah, hanya lecet-lecet aja dan yang pasti STRESS.
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

Wah kalo cuma lecet2 doank berarti safety feature nya ok dong.......... :D
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Gw minggu kmrn udah liat mobilnya di pameran, model luar en dalamnya ga bagus bagus amat, biasa aja.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Sugie wrote:Wah kalo cuma lecet2 doank berarti safety feature nya ok dong.......... :D
Yoi... Kayak perusahaan gw aja, waktu dulu ada pameran, salah satu barang display kita kecolongan. Bos gw pusing dan marah2, tapi karena gw departemen promosi dan pemasaran, gw bilang ke orang2 kalau produk kita sangat diminati masyarakat :D