suzuki spin atau kymco free LX

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

suzuki spin atau kymco free LX

Post by AndryA »

hi guys
setelah lama mengamati akhirnya saya bertekat untuk membeli motor skutik untuk keperluan sehari hari. Dari semua skutik yang ada saat ini saya mencoret Yamaha Mio/Nuovo dan Honda Vario, karena masalah selera. Saat ini yang ada di pikiran saya tinggal Suzuki Spin dan Kymco Free LX. Saya sendiri sudah test drive keduanya di dealer deket rumah, dan hasilnay tidak jauh berbeda. kesimpulannya makin susah bagi saya untuk menentukan yang mana yang akan saya pilih.

Saya nanti bakal ambil warna Pink, untuk Kymco harganya 10.2
sedangkan Suzuki 10.6. Berikut pertimbangan untung rugi nya buat saya

Kymco
+ bagasi besar (nilai plus plus banget deh)
+ kunci yang multifungsi dan tempat masukin bensin di depan (canggih bener)
+ tangki 5 liter
+ harga lebih murah dikit

- ragu akan part dan bengkelnya, walaupun ada belum tentu berpengalaman seperti suzuki

Suzuki
+ 125 cc
+ nama besar Suzuki
+ tampilan simple

- motor agak kurang tinggi, kelihatannya beda sedikit dari Mio
- bagasi super imut (dibandingkan kymco)
- tangki 3.7 liter
- harga lebih mahal dikit

nah mungkin ada pertimbangan lain yang harus saya perhatikan,m atau kemungkinan saya lupa ?
kalau anda jadi saya, mana yang anda pilih diantara dua ini ....

thanks ...
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

kalo gw sih lebih milih Kymco, soalnya sesuai dengan kebutuhan. lagi pula jenis skutik dipilih karena ke-praktisan-nya, dan fitur bagasi dan penigisian bensin didepan. serta berbagai kemudahan lainnya. soal spare part mudah dicari coba hitung dari pada beli spin yang lebih mahal 400Rb lebih baik kymco dengan catatan beli spare part fast movingnya sekalian dengan motornya.
400Rb pasti dapatnya lumayan lengkap deh.. dari busi, saringan udara, kampas rem depan belakang. beserta oli mesin segala. itu cukup untuk 1.5 tahun pertama.
no one's perfect
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

spin is good for u boss.... heheh, selain irit, tarikan handal, dan yng pasti gesit di jalan macet, percaya deh ama ogud :lol: klo gw sih cari yang gesti irit, bukan soal bagasi dan tangki bensin
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Emang seberapa irit Spin dibanding Kymco..?
User avatar
mr_dhani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
Location: Pasar Rebo, Jak-Tim

Post by mr_dhani »

Menurut data di motorplus untuk pemakaian normal (narik gasnya ngurut) suzuki spin lebih irit dibandingkan kymco free LX tp kalo pemakaiannya cepat (narik gasnya nafsu) kymco lebih irit dari suzuki spin dan honda vario yg lebih irit dari spin!
Yaa.... kembali lg sesuaikan dengan kebutuhan! yaa ngga Bro su_minson....
Kalo mau kenceng yaa spin tul ngga bro ahardo....
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

utk matic, kymco udah jauh lebih pengalaman dari kompetitor lain. pengalaman pake matik, dia konsumsi aga boros tuh, makanya sering ke pom. alasannya krn kapasitas bensin yg sedikit. free udah kasih solusi dgn tangki lebih banyak. kalo masalah tarikan, ga jauh beda toh? utk design dia kan barusan menang kategori disain terbaik kategori matik, so free pilihan bagus...
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

selera-nya aneh dong he....he...he.... :lol:

klo menurut gw spin adalah bebek matic terboros dengan bentuk body ter-aneh, kymco nice lah tapi spare partnya broooo susah+mahal, mending ambil keluaran honda atawa yamaha ngga nyesel deh.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Mana yg lebih halus pertukaran gigi nya..?

Terus 1 lagi nih, dari segi suara mesin mana yg enak/halus suaranya. Kalo denger beberapa skutik lewat, suaranya kagak enak banget, kayak melengking "nggiiikkk" .

pengenbeliskutikjuga
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
2. Ban udah tubeless cuman ring 12 (masih mending drpd yg ring 10 seeh) kl nemu poldur yg semena-mena tidak sesuai peraturan yah mentok deh.
3. Jadi seleb mendadak gara2 banyak yg liatin soale jarang tuh.
4. aki-nya downgrade euy jadi aki basah
Warte nur Balde
AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

Post by AndryA »

su_minson wrote:kalo gw sih lebih milih Kymco, soalnya sesuai dengan kebutuhan. lagi pula jenis skutik dipilih karena ke-praktisan-nya, dan fitur bagasi dan penigisian bensin didepan. serta berbagai kemudahan lainnya. soal spare part mudah dicari coba hitung dari pada beli spin yang lebih mahal 400Rb lebih baik kymco dengan catatan beli spare part fast movingnya sekalian dengan motornya.
400Rb pasti dapatnya lumayan lengkap deh.. dari busi, saringan udara, kampas rem depan belakang. beserta oli mesin segala. itu cukup untuk 1.5 tahun pertama.
bener pertimbangan yang sangat tepat, dan memang beli skutik bukan buat ngebut, tapi yah jangan yang lelet juga kalo nyelip nyelip
thank you banget atas opinininya, so wise ..
AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

Post by AndryA »

ahardo wrote:spin is good for u boss.... heheh, selain irit, tarikan handal, dan yng pasti gesit di jalan macet, percaya deh ama ogud :lol: klo gw sih cari yang gesti irit, bukan soal bagasi dan tangki bensin
spin dari bodynya dan hentakan gasnya memang kelihatan lebih spontan dari kymco, ini faktor plusnya spin ...
thanks atas opininya ...
AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

Post by AndryA »

dado wrote:selera-nya aneh dong he....he...he.... :lol:

klo menurut gw spin adalah bebek matic terboros dengan bentuk body ter-aneh, kymco nice lah tapi spare partnya broooo susah+mahal, mending ambil keluaran honda atawa yamaha ngga nyesel deh.
emang selera gue aneh, orang pada ngantri ngantri mio dan vario, gue malah emoh. mio sih utamanya karena dimensinya yang sangat kecil (atau kelihatan sangat kecil) sedangkan vario terlalu sporty/kompleks, gue suka yang sederhana aja. untuk spin gue juga sukanya cuman satu warna, yaitu warna gutzy orange, yang selain itu warnanya kurang cocok dengan tampilan motornya yang kalem.
AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

Post by AndryA »

uch wrote:Mana yg lebih halus pertukaran gigi nya..?

Terus 1 lagi nih, dari segi suara mesin mana yg enak/halus suaranya. Kalo denger beberapa skutik lewat, suaranya kagak enak banget, kayak melengking "nggiiikkk" .

pengenbeliskutikjuga
cobga dua duanya samaq halusnya sih, cuman kymco halus banget mesinnya ... gak ad agetaran sama sekali pas mengendarainya, kalau suara ngiik, gak pernah denger sih gue, lagian ini pengalaman pertama gue naik skutik ..
AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

Post by AndryA »

azizdth wrote:utk matic, kymco udah jauh lebih pengalaman dari kompetitor lain. pengalaman pake matik, dia konsumsi aga boros tuh, makanya sering ke pom. alasannya krn kapasitas bensin yg sedikit. free udah kasih solusi dgn tangki lebih banyak. kalo masalah tarikan, ga jauh beda toh? utk design dia kan barusan menang kategori disain terbaik kategori matik, so free pilihan bagus...
wah thanks infonya, ini menangnya di lomba disain terbaik matik itu ada dimana yah ? ..
AndryA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22

Post by AndryA »

atjep wrote:gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
2. Ban udah tubeless cuman ring 12 (masih mending drpd yg ring 10 seeh) kl nemu poldur yg semena-mena tidak sesuai peraturan yah mentok deh.
3. Jadi seleb mendadak gara2 banyak yg liatin soale jarang tuh.
4. aki-nya downgrade euy jadi aki basah
wah tinggi juga yah, jalan di rpm 4000
kira kira bisa distel jalan untuk rpm lebih rendah lagi gak bro ...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

atjep wrote:gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
Ini info akurat nggak ya..? Maksudnya ini defaultnya atau jgn2 yg ditest itu kymco rusak. Kalo baru jalan di RPM 4000, ntar kalo lari 50kmh rpm berapa tuh.. emang rpm nya maks/red nya sampe berapa..? Kalo sampe Rpm 20.000 asyik jg tuh... he..he..
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

mr_dhani wrote:Menurut data di motorplus untuk pemakaian normal (narik gasnya ngurut) suzuki spin lebih irit dibandingkan kymco free LX tp kalo pemakaiannya cepat (narik gasnya nafsu) kymco lebih irit dari suzuki spin dan honda vario yg lebih irit dari spin!
Yaa.... kembali lg sesuaikan dengan kebutuhan! yaa ngga Bro su_minson....
Kalo mau kenceng yaa spin tul ngga bro ahardo....
yap gw setuju banget sama lu bro.. heheheheheha
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

uch wrote:
atjep wrote:gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
Ini info akurat nggak ya..? Maksudnya ini defaultnya atau jgn2 yg ditest itu kymco rusak. Kalo baru jalan di RPM 4000, ntar kalo lari 50kmh rpm berapa tuh.. emang rpm nya maks/red nya sampe berapa..? Kalo sampe Rpm 20.000 asyik jg tuh... he..he..
hmm data gw dapet dari milisnya Kymco cek langsung ke Om moderatornya ajah atau langsung ke mekanik kymco :P
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

AndryA wrote:
wah tinggi juga yah, jalan di rpm 4000
kira kira bisa distel jalan untuk rpm lebih rendah lagi gak bro ...
kebetulan kemarin Bro Andri di milis Kymco ngebahas hal tsb nih gw copy paste ajah yah (thanks to Bro Andri a.k.a ai_zeus):
Saya akan coba jawab (khusus untuk LX)

Pertanyaan 1:
-------------
Scooter Kymco dirancang untuk mulai bergerak pada 4000 RPM. Apabila anda ingin menurunkan ke angka lebih rendah, maka anda wajib memodifikasi kopling scooter anda. Untuk itu berarti anda harus masuk ke dunia lain, yaitu "Tuning"

Saran saya gunakan Clutch Spring (pegas kopling) lebih lemas dari aslinya, agar mempercepat Clutch menekan Clutch Bell (rumah kopling). Bisa menggunakan clutch spring Easy. Green EX saya pasang clutch spring 1000 RPM, sehingga kira2 2000 RPM motor sudah bergerak.

Pertanyaan 2:
-------------
Bisa dijelaskan gejala-nya seperti apa pada waktu menyalakan mesin?
Apakah dinamo starter berbunyi atau tidak? Atau nyala tapi setelah itu mati kembali? Atau hal lainnya?

Pertanyaan 3:
-------------
Roller ringan = mempercepat akselerasi, top speed kurang
Roller berat = akselerasi agak, top speed bagus
Gunakan petunjuk ini sebagai pedoman. Masing-masing rider berbeda
karakter pembawaannya.
- Ada yang lebih prefer menggunakan 8g seluruhnya karena akselerasi lebih cepat.
- Ada yang lebih prefer menggunakan 10g seluruhnya karena top speed bagus
- Ada yang menggunakan kombinasi 8g + 10g, karena ingin mendapatkan
akselerasi bagus dan top speed
- Ada yang menggunakan kombinasi 6g + 10g, seperti opa Albert
- etc

Khusus untuk hal ini, anda mesti uji coba sendiri. Roller juga
dipengaruhi kondisi jalan dan riding style.
- Jika jalur yang anda lalui sering macet, maka roller ringan adalah solusinya.
- Jika jalur yang anda lalui selalu kosong dan jalanan lebar, maka anda
pasti akan lebih prefer menggunakan roller lebih berat.

Green EX saya menggunakan kombinasi 8g + 11g, sebelumnya pakai kombinasi aneh-aneh. Tapi menurut saya kombinasi ini adalah yang
paling cocok dengan riding style saya.
-- ai_zeus --
Beat on Dream
http://andri-f.blogspot.com
Green Free Ex B-6299-BIC

novi_sudarijanto wrote:
> Pak moderator atau rekan2 sekalian saya mau minta
pendapat untuk free
> lX-ku;
>
> 1. Gimana caranya supaya saat gas diplintir roda
langsung berputar/
> bergerak? (seiring kenaikan rpm mesin motor langsung
bergerak tanpa
> ada jeda menaikan rpm dulu.)
> 2. Kalau pagi kenapa susah di hidupkan? (3-4 kali
tekan start baru
> hidup)
> 3. Berapa gram kombinasi roller untuk Free LX yang
cocok biar respon
> lebih cepat? Apa ada perlu ada yang diganti selain
roller?
>
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

AndryA wrote:
azizdth wrote:utk matic, kymco udah jauh lebih pengalaman dari kompetitor lain. pengalaman pake matik, dia konsumsi aga boros tuh, makanya sering ke pom. alasannya krn kapasitas bensin yg sedikit. free udah kasih solusi dgn tangki lebih banyak. kalo masalah tarikan, ga jauh beda toh? utk design dia kan barusan menang kategori disain terbaik kategori matik, so free pilihan bagus...
wah thanks infonya, ini menangnya di lomba disain terbaik matik itu ada dimana yah ? ..

Kl ga salah di JMS 2006 kemarin oleh FORWOT (forum (?) wartawan otomotif) CMIIW.

ternyata salah hehehe yg bener menurut M+

http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=9376

PEMENANG MOTOR PLUS AWARD 2006

Desain Terbaik
Bebek 100-110 cc Suzuki New Smash
Bebek 125 cc Honda Supra X 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Kymco Free LX

Teknologi Terbaik
Bebek 100-110 cc Suzuki New Smash
Bebek 125 cc Honda Supra X 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Honda Vario

Ramah Lingkungan
Bebek 100-110 cc Yamaha New Vega R
Bebek 125 cc Kawasaki Kaze 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Honda Vario

The Best Value
Bebek 100-110 cc Yamaha New Vega R
Bebek 125 cc Honda Supra X 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Yamaha Mio

Bike Of The Year
Yamaha Jupiter MX 135LC
Last edited by atjep on Fri Nov 24, 2006 9:50, edited 1 time in total.
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

ehhhmmm kymco yah, beberapa bulan sih ngga kerasa nyusahinnya ntar klo udah pake sekitar 1 taonan, baru kerasa betapa menyusahkannya, soalnya yg udah2 temen2 gw pada punya pengalaman yg sama, trus klo keluar kymco model baru lg, onderdil yg lama langsung langka di pasaran+mahal, dijual harganya ancur2an.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

sepertinya sih memang begitu, bro.. tp klo gw liat dari skrng nih kymco kayaknya soal onderdil dan services dah memadai deh
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
Mixer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
Location: Surabaya

Post by Mixer »

gw sama jg seleranya aneh antara Spin & Kymco hehehehe... emang Mio lbh byk parts modifnya krn lbh dulu nongol tp Spin jg udah mulai ada tuh ..spt kipas pendingin yg warna-warni, tudung batok (mirip bebek Kymco)
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

yup kemarin gw ke suzuki, gw liat barang2 modif buat spin keren2 bro..
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

ada isu baru tuh Bro Free LX mau pake ring 14 ga tahu bener engganya ...
Warte nur Balde