Motor bebek sekarang...The killing machine??

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Motor bebek sekarang...The killing machine??

Post by indy »

Semakin canggihnya teknologi diterapkan di sepeda motor dan juga dibatasinya kapasitas mesin di Indonesia. Membuat para produsen motor berlomba untuk menjadikan bebek menjadi lahan basah.

Untuk itu mereka (atpm) menjual motor-motor bebek dengan kapasitas-kapasitas yang semakin lama semakin meningkat. otomatis berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan motor bebek saat ini. Yang menjadi pertanyaan seberapa jauhkah pertimbangan para atpm dengan rasio tenaga dan bobot sebuah bebek?? Layakkah? Atau hanya sebuah fenomena besar-besaran kapasitas??

Beberapa kasus Satria F150 mengalami tabrakan, langsung deh ban depan nempel ama knalpot. Padahal bukan sebuah tabrakan berat. Sasis pada Supra 125 tidak mengalami perkembangan sasis berarti dari pendahulunya. Apalagi akibat trend, pabrikan mengeluarkan bebek dengan lebar velg yang "relatif" kecil (dimulai dari RK-Cool) agar dengan ban kecil bisa "lebih" terasa ringan. Keluar Yamaha MX dengan water cooled kapasitas "besar" juga untuk sebuah bebek, mengapa masih memakai shock teleskopik pendek?? Yang akan berpengaruh pada handling dan pengereman juga. Bukankah lebih nyaman dan aman jika memakai shock macam Satria F150??

Rata-rata anak sekarang mulai SMP sudah mulai bawa motor, tentunya mereka juga menginginkan motor keluaran-keluaran terbaru juga. Dan rata-rata sebagian besar belajar memakai bebek. Bisa kebayang anak belajar naik motor pakai F150 atau ZX130 wuss..wuss... pengen tahu kencengnya seberapa.....? Bahaya Jack!!

Hendaknya ini menjadi sebuah pertimbangan pabrikan tidak asal berlomba menaikkan kapasitas untuk sebuah sepeda motor yang bercikal bakal untuk dirancang pergi ke pasar.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Motor bebek sekarang...The killing machine??

Post by anak_singkong »

indy wrote:Rata-rata anak sekarang mulai SMP sudah mulai bawa motor, tentunya mereka juga menginginkan motor keluaran-keluaran terbaru juga. Dan rata-rata sebagian besar belajar memakai bebek. Bisa kebayang anak belajar naik motor pakai F150 atau ZX130 wuss..wuss... pengen tahu kencengnya seberapa.....? Bahaya Jack!!
Saya member baru disini..salam kenal yah :)

ngomongin soal anak SMP..
Anak tetangga sy baru kls 3 SMP udah dibeliin F-1ZR. Giliran adiknya baru masuk SMP udah dibeliin Jupi Z. Ada lg yg lain br naik kls 3 SMP udah merengek minta Satria F. Tiga hari lalu sy baru nemenin dia cari2 Jupi MX yg inden dimana2 selain itu jg banyak showroom yg tutup. Mereka rata2 minta motor keluaran terbaru. Padahal umur mrk msh muda dan gak mungkin utk dpt SIM C.

Soal bahaya..
Emang kayanya produsen motor skrg ini lbh berlomba2 ke bebek. Dgn rangka yg ringan diisi mesin dgn tenaga dan torsi besar jd gak sebanding yg akibatnya motor jd bahaya. Apalagi anak2 umur segitu gak tahan esmosi. Kalo lepas kontrol bs bahaya dijalan. Sy sgt setuju sekali dgn Anda.

Kalo sy pribadi sbg ortu drpd anak main2 dgn yg lain mendingan main motor. Cuma..sy gak akan membelikan anak sy motor bertenaga besar sesuai keinginannya. Kalau mau..taruhlah..Supra Fit dulu..nanti kalo mau Satria F mendingan beli sendiri atau gimana deh nantinya.

peace,
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bener tuh, bebek kan ringan, dibikin kenceng2 bahaya banget. Contoh coba aja ngebut (gak usah terlalu cepet), 120 kpj pake satria r, gile, ngeri banget, ketiup angin dikit motor dah ngegibek gitu, untung gak jatoh!. coba bandingin ngebut pake ninja, 160 masih stabil. krn sasis, aerodinamika, dllnya khusus buat lari. Kalo bebek kan buat santai, terang aja bahaya kalo dibikin kenceng2.
Just Call Me Nichol !!!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

[quote="!. coba bandingin ngebut pake ninja, 160 masih stabil. krn sasis, aerodinamika, dllnya khusus buat lari. Kalo bebek kan buat santai, terang aja bahaya kalo dibikin kenceng2.[/quote]

lucunya..

kelas paling bergengsi di road-race skrg ini adlh kelas bebek/underbone. hahaha :lol:

ironisnya..
kelas sport standar hanya sbg supporting-race dan lbh parah lg kelas sport tune-up 150 ditiadakan/dihapus.. :(

Gimana kita mau mencetak pembalap internasional kalo Doni Tata aja biasa bawa bebek yg beratnya gak sampe 100kg tenaga gak lbh dr
20dk. Ujug-ujug disuruh bawa motor Yamaha TZ versi GP-125 yg tenaganya empat kali lipat dr Jupi Z.

sampe skrg yg dimainin cuma bebeeeek aja jgn sampe deh jd generasi bebek yg cuma bs mengekor aja.

..kwek-kwek-kweeek.. :P
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

mungkin lantaran biaya juga kali ya...kan negara kita termasuk negara miskin yg sok bilang berkembang, malah sekarang mo disejajarkan negara maju. gobloknya...!

gak heran kalo yg dimaenin kelas bebek, krn harga motornya n spare part aja dah murah. Tinggal nyontek aja inovasinya.
Just Call Me Nichol !!!
setio_dewo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03

Post by setio_dewo »

Jangan begitu dong, entar kalo diadakan balap superbike bisa-bisa yg ikutan race cuma 1-2 pembalap. Tdk usah balap deh, suit aja untuk menentuKan juara 1-2.

Justru fokus maen underbone karena populasi bebeK di Indon mendominasi. Banyak koK pembalap jago Indon mulainya dari Underbone. Tanya aja sama Doni.

Pembalap F1 aja banyak yg mulai dari gokart. Iya tho? Kalo nggak percaya, tanya aja sama Schumi.
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

mo nambahin

Post by konsat »

Mo nambahin aja nih sekalian ngelepas uneg2....

emang bener motor bebek sekarang dah beda banget. ibarat kata itu dah kaya sepeda dikasih mesin, dijual kaya kacang goreng.
akibatnya, semua orang bisa pakai. Walaupun belum layak dari segi kesiapan fisik, mental dan emosi.

Coba deh perhatikan, yg ugal2-an dijalan tuh yg jenis apa? yg suka naik trotoar? yg suka ngelawan arah? yg suka geber2 padahal cuma lari 60km :).

karena gampang didapat, mudah dikendarai, akhirnya semua bisa pakai, yg malah bikin citra biker jadi rusak.........

safe rifding yaaah bro semua
setio_dewo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03

Re: mo nambahin

Post by setio_dewo »

konsat wrote:Mo nambahin aja nih sekalian ngelepas uneg2....

emang bener motor bebek sekarang dah beda banget. ibarat kata itu dah kaya sepeda dikasih mesin, dijual kaya kacang goreng.
akibatnya, semua orang bisa pakai. Walaupun belum layak dari segi kesiapan fisik, mental dan emosi.

Coba deh perhatikan, yg ugal2-an dijalan tuh yg jenis apa? yg suka naik trotoar? yg suka ngelawan arah? yg suka geber2 padahal cuma lari 60km :).

karena gampang didapat, mudah dikendarai, akhirnya semua bisa pakai, yg malah bikin citra biker jadi rusak.........

safe rifding yaaah bro semua
Iya, anak-anak SD pake sepeda mini/BMX juga sudah ugal-ugalan, padahal kan kecepatannya paling seberapa? Udah gitu nggak hanya naik trotoar, tapi juga jumping/ngetril, lepas kedua tangan, dll semua sudah dilakuin. Hayo! Biker malah kalah sama mereka!

PEACE...
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Mungkin kita yang sedikit lebih tahu memberikan saran kepada adik-adik kita atau orang tuanya untuk lebih mempertimbangkan hal ini. Jangan hanya memandang anaknya merengek-rengek....yang pada nantinya membikin orang tuanya juga yang menangis.....
Dan pabrikan dapat melihat bukan hanya dari persaingan pasar. Mungkin jika bisa mencontoh seperti racing-kit pada Mio atau paket bore-upnya. Memang untuk standar motor keluar sesuailah untuk kepasar. Namun pabrikan juga menyediakan komponen pendongkraknya. Sehingga terjadi penyaringan pasar. Bagaimana?? :lol:

:e-clap: Sepertinya sudah waktunya kelas-kelas sport di galakan kembali di olah raga road race, tentunya dengan fasilitas trek yang memadai. Mengingat jenjang prestasi yang semakin terbuka......Salut buat pabrikan Yamaha yang mau mensupport pembalap Indonesia, bagaimana pabrikan lainnya notabene Honda sebagai pemegang pasar?? :e-clap:
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

susah2 gampang sih bro kalo mo bikin indo gelar ajang balap superbike resmi, maklum daya beli masyarakat masih rendah..kalo di US bisa beli zx 9r seharga 9000 US$, palingan butuh 3 bulan kerja (rata2 perbulannya 3000US$ gaji mrk)..coba kalo di sini yg rata2 pendapatannya 2 juta rupiah doang perbulan (200 US$), mesti nabung sedikitnya 4 taon (belom lagi kena pajak, biaya surat2), walah, bisa kerja rodi 6 taon baru kebeli satu moge sport...

<<emang bener motor bebek sekarang dah beda banget. ibarat kata itu dah kaya sepeda dikasih mesin, dijual kaya kacang goreng.
akibatnya, semua orang bisa pakai. Walaupun belum layak dari segi kesiapan fisik, mental dan emosi.

Coba deh perhatikan, yg ugal2-an dijalan tuh yg jenis apa? yg suka naik trotoar? yg suka ngelawan arah? yg suka geber2 padahal cuma lari 60km .

karena gampang didapat, mudah dikendarai, akhirnya semua bisa pakai, yg malah bikin citra biker jadi rusak......... >>

kalo masalah anak2 yg naek bebek ugal2an, gue rasa itu krn lantaran 'mental terbelakang nan norak lagi sombong' mereka.....bagaimana tidak? motor bebek honda yg larinya cuma 90 max (itu jg diboongin speedometernya) pake knalpot pipa 'gembel' ugal2an bikin orang resah, didominasi sama kaum biker kelas 3 yg memang dr latar belakang kurang terdidik...makanya kalo ketemu yg beginian, biasanya gw pribadi suka kasih pelajaran dgn cara betot gas motong jalan mereka tiba2, biar ciut nyalinya n gak sombong lagi (diharapkan)...
Just Call Me Nichol !!!
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Dasar anak-anak.....dikepet bung nichol nyonyor semua lu......!! :lol: :lol: :lol:
Dan ternyata...kalo anak itu Doni Tata malah bikin bibir kita yang memble....!! :lol: :lol: Hati-hati kalo aja JupieZ biru metalik velg kuning Daytona sok juga Daytona......

Bener rata-rata yang kurang terdidik nih ngerasa kalo "breaking the law" tuh orang hebat & top.....padahal malu-maluin.
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

wah-wah aku setuju aja nich masalah motor bebek..

kalo nih anak smp pake emang bener suka ngebut.. apa situ dulu pernah ngimpi pengen punya juga.. jaman aku masih smp taon 93 pengen bener punya Suzi RGR.. tapi itu hanya mimpi.. cuman diniatin aja "suatu saat gwa juga bisa punya"..akhirnya kesampean juga hasil jerih payah kerja meli ninja R walaupun bukan RR hanya keadaan yg memaksa buat jadi pelit..

tuh anak2 smp kalo belom jato dari motor belom kapok.. ada sih yg kapok.. malah ada juga yg belum kapok.. sampe kaki di pasang pen.. ato duduk dikursi roda.. maklum darah muda yg menjalar ditubuh anak SMP begitu tinggi.. apa situ semua ga pernah jadi SMP apa..hehehehehe...

memang semenjak zaman RZR, RGR, Ninja, masih ada kelas sport tune up yg dilombakan, enta kenapa koq ilang.. padahal emang asik maen tuh motorsports,..

sekian tanggapana dari saya selanjutnya terserah anda..
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

hehe..berarti masa muda gw suram dong ya, krn dulu waktu smp, gue gak pernah kepikiran mo beli motor sport, yg ada kepikiran beli video games, hehe...

makanya gw heran juga kalo ada ortu yg beliin anaknya motor kenceng segampangnya, terus akhirnya anaknya kecelakaan, cacat ato mati, baru deh nyesel nangis2...berarti bodoh ortunya juga ya..lain halnya kalo tuh anak ngebut pake motor orang, berarti tuh anaknya sendiri yg [cencored]....makanya gw juga kurang setuju kalo motor2 yg notabene bukan khusus desain sport dibikin sport, macam bebek2 sekarang, dah enteng, gak aerodinamis, dibikin mesin besar n tangguh. Kan sama aja kayak kasih mesin bmw ke body bajaj...jaman dulu motor2 cepat macam RZR, RGR, RXZ punya body yg ok, frame yg kokoh, stabil n aerodinamis. Krn desainnya mumpuni buat lari kenceng. diterpa angin kenceng pun masih stabil n gak gampang 'ngebuang'
Just Call Me Nichol !!!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

kalo buat balap..
berangkat dr bebek emang oke..cuma jgn main itu2 lg..itu namanya kemunduran..

contohnya..
Hendriansyah yg udah pernah masuk 3 besar dikelas Supersport FARRC trus pas balik ke sini main bebek2 lg..

seharusnya..
dia konsisten di Supersport..jgn ngomong soal dana deh skrg aja dia didukung oleh sponsor yg kuat disini dia pasti bs deh ikutan ajang Supersport internasional.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

biar di indonesia banyak melahirkan pembalap2 kelas dunia seperti valentino rossi dan sete gibernau kali hahahahahaha
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

nichol wrote:macam bebek2 sekarang, dah enteng, gak aerodinamis, dibikin mesin besar n tangguh. Kan sama aja kayak kasih mesin bmw ke body bajaj...jaman dulu motor2 cepat macam RZR, RGR, RXZ punya body yg ok, frame yg kokoh, stabil n aerodinamis. Krn desainnya mumpuni buat lari kenceng. diterpa angin kenceng pun masih stabil n gak gampang 'ngebuang'
Betul sekali itu maksudnya!!
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Keliatannya peran orang tua yang paling penting, serem juga kalau inget waktu jaman gue smp, teman yg mati gara-gara naik motor dua orang, yang satu naik rx king dan yang satunya naik gl pro

Jadi dulu dan sekarang gak jauh beda, karena isi silinder motor masih di kisaran itu-itu saja
Pendek katanya, anak baru gede gak boleh dibeli-in motor dan mobil
Jika misal dibeliin mobil, yang ikutan mati bisa orang lain karena ditabrak mereka, akibat emosinya masih labil
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

kalo bole tau apa sebenarnya tujuan ATPM mbuat motor bebek dengen cc gede (jupi MX, FU150,..)yg parah lagi thunder 125 itu bodi gede kouq cc kecil..? apa mo nggeser yg 2 tak ya oleh karena asepnya yg mbuat polusi udara.. malah muncul CBU kayak CBR 150 RR.. bahkan taon depan ada kelas SUPERUNDERBONE 150 cc 4 tak weleh2...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

anak_singkong wrote:kalo buat balap..
berangkat dr bebek emang oke..cuma jgn main itu2 lg..itu namanya kemunduran..

contohnya..
Hendriansyah yg udah pernah masuk 3 besar dikelas Supersport FARRC trus pas balik ke sini main bebek2 lg..

seharusnya..
dia konsisten di Supersport..jgn ngomong soal dana deh skrg aja dia didukung oleh sponsor yg kuat disini dia pasti bs deh ikutan ajang Supersport internasional.
betul juga sih, kalo pembalap boleh saja lahir dr kelas bebek, terus bisa naek ke sport, supersport, superbike . Tapi di indo justru sulit naek tingkat, kembali lagi ke masalah dana.

kalo dari bebek naek ke sport masih terbilang gampang, hanya saja masalahnya ada gak cukup ada motor sport 4 tak yg dibalap resmikan? belum ada kali ya? ada juga kelas sport 2 tak khusus drag. Lagian katanya 2 tak dah ga diperlombakan lagi untuk kejurnas? cmiiw.

kalo mo maksa naek tingkat ke 4 tak dgn cc lebih besar, dananya pasti berlipat-lipat. Bukankah teknologi 4 tak sebenernya lebih banyak nyedot cost ketimbang 2 tak? coba bayangkan, dengan kemampuan seimbang, berapa perbedaan harga motor 4 tak 500 cc dengan 2 tak 225 cc? ini mungkin kendala buat naek kelas.

doni tata yg konon pembalap bebek aja sulit kalo naek ke kelas sport, itu pun masuk lewat sponsor yamaha indo yg kabarnya keluarin dana besar untuk mendorong doni naek kelas, walau naek cuma ke 125 cc 2 tak. apalagi disuruh ke kelas superbike?
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Archapada wrote:kalo bole tau apa sebenarnya tujuan ATPM mbuat motor bebek dengen cc gede (jupi MX, FU150,..)yg parah lagi thunder 125 itu bodi gede kouq cc kecil..? apa mo nggeser yg 2 tak ya oleh karena asepnya yg mbuat polusi udara.. malah muncul CBU kayak CBR 150 RR.. bahkan taon depan ada kelas SUPERUNDERBONE 150 cc 4 tak weleh2...
mungkin mereka ingin mendukung program pemerintah, mengurangi jumlah penduduk indonesia. Lewat KB gak cukup berhasil, penduduk indo dah hampir 300 juta. So, pemerintah lewat agen2nya menyelusup ke ATPM2 di indo menciptakan motor "unsafe dirty" bebek mesin gede dgn harapan biar lebih banyak rakyat yg mati di jalan, kan jumlah penduduk bisa ditekan? betul? :twisted: :evil: :evil:

belum lagi harga BBM dsb yg katanya untuk "membunuh" rakyak miskin..
Just Call Me Nichol !!!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

doni tata yg konon pembalap bebek aja sulit kalo naek ke kelas sport, itu pun masuk lewat sponsor yamaha indo yg kabarnya keluarin dana besar untuk mendorong doni naek kelas, walau naek cuma ke 125 cc 2 tak. apalagi disuruh ke kelas superbike?
yah udah..
berarti dunia balap motor kita jalan ditempat atau lbh parah jd lingkaran setan; balik lg ke situ2 aja. gak maju2 deh.. :?

Tp denger2 sih..
Doni Tata mulai th dpn akan masuk All Japan Championship dgn dukungan sponsor dr YMKI kta tunggu aja hasilnya. Moga2 dia bs jd pembalap motoGP yg handal. :e-clap:
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

Gw gak setuju banget kalo anak SD atau SMP dibeli motor bebek CC di atas 100, masih terlalu kecil.

Atau gak usah dulu dikasih motor sebelum cukup umur untuk dapet SIM.

Aku aja baru dikasih naek motor setelah cukup umur, waktu SMU kelas 2, naek RGR bokap tapi :)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

yah..
itu sih tergantung ortunya. kaya ponakan sy msh kelas 3 SMP udah dibeliin Shogun SP ama ortunya, terutama ibunya (kakak sy) yg terlalu manjain.

kalo dulu sy msh SMP cuma minta dibeliin gitar kopong aja disuruh nabung dulu ama ortu kalo udah separoh dr harganya baru ortu nambahin. :(

jaman emang udah berubah :)
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

walah anak kecil bawa motor
anak sekarang hampir di seluruh SMU parkiran motor penuh sesak sampe2 harus dateng pagi bwat dapet tempat kosong & strategis

kalo dulu temen pas SMP klas 1 dibeliin ninja KRR, ktnya sih emang bonyok'snya gampang dikibulin ato emang kebanyakan duit. alhasil baru 2 bulan dipake uda kecelakaan akhirnya 2bulan di RS deh...

jangakan SMP anak SD yang bawa uda banyak, apalagi kalo badanya kecil kaa tuyul gtu bawa sok2 ngebut kayaknya emang ni anak udah belajar jadi racer jalanan.

bukan masalah sim lah, anak SMU klas 2 ky sy lom ada sim aja tetep bawa motor karena motor kebutuhan transportasi bukan bwat ngebut, walaupun kadang2 pake ngebut juga ujung2nya.

karena orang tua mikir ke ekonomi coba mikir aja kalo harian naik angkot+ojek ditotal sehari bisa 15rb sedangkan motor(hemat family) kalo skrg bensin 1liter 4,5rb tuh bisa sehari buat bolak balik malah kalo ada sisa bisa buat main kesana kemari

it's not about life style...but about FULUS...
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
setio_dewo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03

Post by setio_dewo »

Di Jepang, anak-anak yg berusia di bawah 18 tahun hanya boleh mengendari motor dgn cc di bawah 80cc.