Bugatti Veyron 16.4
Posted: Mon Oct 24, 2005 22:02
Jalan berliku Bugatti Veyron 16.4
(11/10/2005) - Tertunda berkali-kali, akhirnya Bugatti Veyron 16.4 siap diproduksi dan membukukan sejarah baru dunia otomotif sebagai mobil jalanan tercepat dan termahal. Ditawarkan seharga satu juta Euro ($1.24 juta) -dan kabarnya sudah ada yang taruh DP-, exotic car akan dibuat di Molsheim, Prancis mulai bulan ini.
Veyron menggunakan mesin 8.0 liter, W16 yang dibuat Volkswagen Group, pemilik Bugatti sejak 1998. Dengan bantuan empat turbocharger, president Bugatti, Thomas Bscher mengatakan Veyron melesat dari 0 - 100km/jam dalam 2.5 detik, 0-200km/jam dalam 7.3 detik dan 0-300km/jam dalam 16.7 detik. Angka-angka itu membuat Ferrari Enzo, Porsche Carrera GT, Mercedes-McLaren SLR dan juga jago-jago tua seperti Jaguar XJ220 dan McLaren F1 harus angkat topi dan mengakui keunggulan Veyron. Top speed-nya juga 'menggoncang', yaitu 407 km/jam, dibuat di lintasan balap VW, Ehra Lessien.
Sistem transmisi menggunakan dual-clutch DSG yang dikembangkan khusus oleh gearbox-specialist Ricardo, asal Inggris.
Meskipun final disain sudah ditampilkan pada 2002 Geneva Motor Show, namun butuh waktu panjang dan berliku bagi Volkswagen untuk meletakan Veyron di jalanan dengan aman. Mobil ini menghadapi masalah kualitas, stabilitas dan engine cooling.
Penerus Ferdinand Piech (boss VW saat itu), Bern Pischetrieder memilih menurunkan power dari mesin 16 silinder sebagai solusi, namun ditentang Bugatti yang ingin Veyron bisa tembus 400km/jam. Akhirnya Bscher merawat Veyron dengan tekad dan keuletan sehingga bisa mencapai target yang diinginkan
Menurut sumber-sumber yang mengetahui persis produksi Veyron, sejumlah koreksi teknis dilakukan, seperti mengganti turbo buatan Garret dengan buatan MPE, asal Jerman. Juga lima radiator, tiga di depan dan dua dibelakang disiapkan untuk mendinginkan mesin yang diposisikan di tengah.
Power yang dialirkan ke empat roda di kendalikan rem cakram depan berdiamter 400mm yang dicengkram delapan piston kaliper dan cakram belakang 380mm yang ditemani 6 piston kaliper. Semua rem cakram dibuat dari keramik yang ringan dan tahan panas.
Ketinggian suspensinya dibagi jadi tiga, 'standar' untuk pengendaran normal, 'handling' untuk melaju dengan kecepatan tinggi seperti di lintas balap misalnya, dimana diffuser flaps terbuka, dan 'top speed' untuk melaju diatas 375km/jam.
Berat Veyron mencapai 1,888kg, dimana sepertiganya adalah powertrain. Bodynya dibuat dari campuran serat karbon dan aluminium. Dimensinya terbilang kompak, wheelbase 2,710mm, panjang 4,462mm, lebar 1,998mm dan tinggi 1,204mm. Konsumsi bahan bakarnya 2.5 km/liter di kota dan antar kota sekitar 6.8km/liter dengan rata-rata 4.9 km/liter.
Bugatti hanya akan memproduksi 300 unit dalam enam tahun ke depan sebelum produk baru diluncurkan. Kabarnya sih, versi empat pintu.
mobilku
(11/10/2005) - Tertunda berkali-kali, akhirnya Bugatti Veyron 16.4 siap diproduksi dan membukukan sejarah baru dunia otomotif sebagai mobil jalanan tercepat dan termahal. Ditawarkan seharga satu juta Euro ($1.24 juta) -dan kabarnya sudah ada yang taruh DP-, exotic car akan dibuat di Molsheim, Prancis mulai bulan ini.
Veyron menggunakan mesin 8.0 liter, W16 yang dibuat Volkswagen Group, pemilik Bugatti sejak 1998. Dengan bantuan empat turbocharger, president Bugatti, Thomas Bscher mengatakan Veyron melesat dari 0 - 100km/jam dalam 2.5 detik, 0-200km/jam dalam 7.3 detik dan 0-300km/jam dalam 16.7 detik. Angka-angka itu membuat Ferrari Enzo, Porsche Carrera GT, Mercedes-McLaren SLR dan juga jago-jago tua seperti Jaguar XJ220 dan McLaren F1 harus angkat topi dan mengakui keunggulan Veyron. Top speed-nya juga 'menggoncang', yaitu 407 km/jam, dibuat di lintasan balap VW, Ehra Lessien.
Sistem transmisi menggunakan dual-clutch DSG yang dikembangkan khusus oleh gearbox-specialist Ricardo, asal Inggris.
Meskipun final disain sudah ditampilkan pada 2002 Geneva Motor Show, namun butuh waktu panjang dan berliku bagi Volkswagen untuk meletakan Veyron di jalanan dengan aman. Mobil ini menghadapi masalah kualitas, stabilitas dan engine cooling.
Penerus Ferdinand Piech (boss VW saat itu), Bern Pischetrieder memilih menurunkan power dari mesin 16 silinder sebagai solusi, namun ditentang Bugatti yang ingin Veyron bisa tembus 400km/jam. Akhirnya Bscher merawat Veyron dengan tekad dan keuletan sehingga bisa mencapai target yang diinginkan
Menurut sumber-sumber yang mengetahui persis produksi Veyron, sejumlah koreksi teknis dilakukan, seperti mengganti turbo buatan Garret dengan buatan MPE, asal Jerman. Juga lima radiator, tiga di depan dan dua dibelakang disiapkan untuk mendinginkan mesin yang diposisikan di tengah.
Power yang dialirkan ke empat roda di kendalikan rem cakram depan berdiamter 400mm yang dicengkram delapan piston kaliper dan cakram belakang 380mm yang ditemani 6 piston kaliper. Semua rem cakram dibuat dari keramik yang ringan dan tahan panas.
Ketinggian suspensinya dibagi jadi tiga, 'standar' untuk pengendaran normal, 'handling' untuk melaju dengan kecepatan tinggi seperti di lintas balap misalnya, dimana diffuser flaps terbuka, dan 'top speed' untuk melaju diatas 375km/jam.
Berat Veyron mencapai 1,888kg, dimana sepertiganya adalah powertrain. Bodynya dibuat dari campuran serat karbon dan aluminium. Dimensinya terbilang kompak, wheelbase 2,710mm, panjang 4,462mm, lebar 1,998mm dan tinggi 1,204mm. Konsumsi bahan bakarnya 2.5 km/liter di kota dan antar kota sekitar 6.8km/liter dengan rata-rata 4.9 km/liter.
Bugatti hanya akan memproduksi 300 unit dalam enam tahun ke depan sebelum produk baru diluncurkan. Kabarnya sih, versi empat pintu.
mobilku