Saya mencari di forum ini jika ada thread khusus pengguna Honda Odyssey terutama RB3 tetapi tidak ketemu.
Ada yang ingin saya tanyakan perihal transmisi, karena pada saat pidah tuas persnelling dari P ke R dan sebaliknya dari R ke P agak menyentak, tetapi hal tersebut tidak terjadi pada saat perpindangan dari R ke N dan sebaliknya dari N ke R.
Apakah ada permasalahan di transmisi mobil saya atau hal tersebut wajar2 saja?
Terima kasih.
[ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue May 31, 2016 1:15
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5717
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3
Hmm. Persis masalah kayak di RB1 nubie.
Ini terjadi kalo parkir di jalanan menanjak ya om?
Bisa diminimalisir sih. Dengan cara:
Pas mobil mau parkir, kan pindahin gigi dari D ke P, injak rem agak dalam.
Terus jangan lepas rem dulu, tapi injek rem kaki dulu.
Abis rem kaki sudah ON baru boleh lepas rem.
Monggo dicoba dulu om.
Ini terjadi kalo parkir di jalanan menanjak ya om?
Bisa diminimalisir sih. Dengan cara:
Pas mobil mau parkir, kan pindahin gigi dari D ke P, injak rem agak dalam.
Terus jangan lepas rem dulu, tapi injek rem kaki dulu.
Abis rem kaki sudah ON baru boleh lepas rem.
Monggo dicoba dulu om.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Dec 30, 2014 13:19
Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3
Yap betul sperti yg Om Sintoni bilang,sintoni wrote:Hmm. Persis masalah kayak di RB1 nubie.
Ini terjadi kalo parkir di jalanan menanjak ya om?
Bisa diminimalisir sih. Dengan cara:
Pas mobil mau parkir, kan pindahin gigi dari D ke P, injak rem agak dalam.
Terus jangan lepas rem dulu, tapi injek rem kaki dulu.
Abis rem kaki sudah ON baru boleh lepas rem.
Monggo dicoba dulu om.
itu kejadian jg sama di Jazz ane, jd klo ane parkir di jalan yg nanjak, ane pindahin gigi dl ke N, sambil injak rem, lalu angkat rem tangan,
baru setelah itu pindah ke P n lepas rem kakinya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3
Kalau di jalan datar pas n ke r nyentak bs jadi body valve ada yg macet pistonnya, atau dah meleot gara2 overheat, atau oli dah kadaluarsa atau kurang
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Jul 03, 2006 11:31
- Location: Bandar Lampung
Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3
Aga sedikit beda dengan om rob168 diatas,
Kalau saya parkir posisi miring menanjak, injak rem, posisikan tuas ke N, lalu injak footbrake atau tarik handbrake, lepas rem perlahan dan pastikan mobil tidak bergerak lagi. Setelah yakin mobil diam, baru pindah posisi tuas ke P.
Saat mobil berhenti tp mesin masih hidup sebenernya jangan pernah mindahin posisi tuas ke P. Cukup handbrake/footbrake dan posisi tuas di N. Kalau di posisi miring udah aktif handbrake/footbrakenya tp mobil masih meluncur, berarti harus dibenerin dulu handbrake/footbrake nya sampe bisa nahan mobil di posisi miring.
Kalau saya parkir posisi miring menanjak, injak rem, posisikan tuas ke N, lalu injak footbrake atau tarik handbrake, lepas rem perlahan dan pastikan mobil tidak bergerak lagi. Setelah yakin mobil diam, baru pindah posisi tuas ke P.
Saat mobil berhenti tp mesin masih hidup sebenernya jangan pernah mindahin posisi tuas ke P. Cukup handbrake/footbrake dan posisi tuas di N. Kalau di posisi miring udah aktif handbrake/footbrakenya tp mobil masih meluncur, berarti harus dibenerin dulu handbrake/footbrake nya sampe bisa nahan mobil di posisi miring.