[ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

efmirza
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue May 31, 2016 1:15

[ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3

Post by efmirza »

Saya mencari di forum ini jika ada thread khusus pengguna Honda Odyssey terutama RB3 tetapi tidak ketemu.

Ada yang ingin saya tanyakan perihal transmisi, karena pada saat pidah tuas persnelling dari P ke R dan sebaliknya dari R ke P agak menyentak, tetapi hal tersebut tidak terjadi pada saat perpindangan dari R ke N dan sebaliknya dari N ke R.

Apakah ada permasalahan di transmisi mobil saya atau hal tersebut wajar2 saja?

Terima kasih.

:big_okay:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3

Post by sintoni »

Hmm. Persis masalah kayak di RB1 nubie.

Ini terjadi kalo parkir di jalanan menanjak ya om?

Bisa diminimalisir sih. Dengan cara:

Pas mobil mau parkir, kan pindahin gigi dari D ke P, injak rem agak dalam.

Terus jangan lepas rem dulu, tapi injek rem kaki dulu.

Abis rem kaki sudah ON baru boleh lepas rem.

Monggo dicoba dulu om.
rob168
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Dec 30, 2014 13:19

Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3

Post by rob168 »

sintoni wrote:Hmm. Persis masalah kayak di RB1 nubie.

Ini terjadi kalo parkir di jalanan menanjak ya om?

Bisa diminimalisir sih. Dengan cara:

Pas mobil mau parkir, kan pindahin gigi dari D ke P, injak rem agak dalam.

Terus jangan lepas rem dulu, tapi injek rem kaki dulu.

Abis rem kaki sudah ON baru boleh lepas rem.

Monggo dicoba dulu om.
Yap betul sperti yg Om Sintoni bilang,
itu kejadian jg sama di Jazz ane, jd klo ane parkir di jalan yg nanjak, ane pindahin gigi dl ke N, sambil injak rem, lalu angkat rem tangan,
baru setelah itu pindah ke P n lepas rem kakinya...
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3

Post by htannis »

Kalau di jalan datar pas n ke r nyentak bs jadi body valve ada yg macet pistonnya, atau dah meleot gara2 overheat, atau oli dah kadaluarsa atau kurang
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
sandie_m
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Jul 03, 2006 11:31
Location: Bandar Lampung

Re: [ASK] Pindah Tuas Persnelling dari P ke R Menyentak di Odyssey RB3

Post by sandie_m »

Aga sedikit beda dengan om rob168 diatas,
Kalau saya parkir posisi miring menanjak, injak rem, posisikan tuas ke N, lalu injak footbrake atau tarik handbrake, lepas rem perlahan dan pastikan mobil tidak bergerak lagi. Setelah yakin mobil diam, baru pindah posisi tuas ke P.

Saat mobil berhenti tp mesin masih hidup sebenernya jangan pernah mindahin posisi tuas ke P. Cukup handbrake/footbrake dan posisi tuas di N. Kalau di posisi miring udah aktif handbrake/footbrakenya tp mobil masih meluncur, berarti harus dibenerin dulu handbrake/footbrake nya sampe bisa nahan mobil di posisi miring.