Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

Selamat siang para silent readers, kamen riders, members, momods dan admin, juga para piyikz... :mky_01:

Kembali nubie mendapatkan kesempatan untuk meripiu sebuah mobil...

Err... not quite literally a car... as she tried to kill me, twice. :ungg:

=========================

Beberapa minggu kemarin, bro sintoni dan ane uda saling kontak via bebeem dan dia mengutarakan rencana utk ke Sby saat masa liburan... Di tengah obrolan petrolheadz ttg ASS Mazda...

M: Pake Mazda apa bro? di Sby juga?
S: Kebetulan naik SE3P
M: ................................
:big_chicken:
*a bit of a faff later...*
M: Beuhhh! Masih ada?
S: Masih ada...
M: Pengen ngerasain Rotary lagi, boleh TD?
S: Boleh, hahahaha... silahkan di masukkan ke SM...
:big_chicken: :big_chicken:
*a long bit of a faff later...*
M: Punya ente manual apa metik? *berharap manual*
S: Hahaha... untungnya 6sp MT.
M: Uhuyyyyyyy! *awesome face*

Image



Dan setelah menderita berminggu2 karena penasaran... akhirnya kemarin pagi, ane melesat ke perumahan di Sby Barat dengan kapal induk... melaju 120kpj di beberapa ruas jalan saking sepinya Sby... :ngacir:

Begitu sampai, ngobrol2, sarapan, dan akhirnya... bro sintoni membuka garasi dan voila!

Mazda RX-8 SE3P MT 2005 :mky_02: :mky_02: :mky_02:

My sweet dreams is looming upon me... and some says, sweet dreams are complimentary with nightmares too... :ungg:

=====================

Family history?

Nah, perkembangan RX-8 dimulai saat tiga generasi RX-7 mulai mengalami penurunan penjualan secara drastis di US tahun 1995 dan hanya MX-5 yang masih mencetak penjualan yang bagus, Mazda memutuskan untuk mengembangkan mobil konsep yang lebih kecil karena RX-7 FD terkena pajak ukuran mobil di Jepang. Meski RX-7 FD terakhir menggunakan enjin buas 13B-REW twin rotor twin turbocharged dengan Hitachi HT-12 sequential turbo.

Produksi sang legenda FD berakhir di 2002, tetapi, di 1995, Mazda membuat konsep RX-01 dengan embrio awal 13B-MSP, sebuah enjin NA dengan side exhaust port. Sayangnya, Mazda kemudian mengalami kesulitan keuangan dan pasar mulai melirik ke SUV, RX-01 tidak dikembangkan lagi.

Akan tetapi, sebuah divisi Skunkworks Mazda tetap mengembangkan enjin 13B-MSP dengan memasangnya ke chassis Miata sebagai tes mule. Dan ternyata hal ini menarik perhatian manajemen. 13B-MSP dibaptis dengan nama RENESIS dan dipasangkan ke RX-EVOLV concept yang sudah menyerupai RX-8 dengan suicide doors nya.

Desain RX-8 mengikuti tradisi Mazda dengan mengadakan kompetisi antara studio desain di Jepang, US, dan Eropa. Pemenang desain nya adalah Ikuo Maeda, anak dari Matasaburo Maeda sang perancang RX-7. Dan enjin 13B-MSP menjadi jantung mobil ini setelah petinggi Mazda memutuskan untuk membuang enjin 20B-REW 2000cc triple rotor dari Mazda Cosmo.

Produksi dimulai bulan Februari 2003 di Ground Zero pecinta Mazda, Hiroshima.

=======================

Eksterior

Iconic!

RX-8 memiliki bentuk yang terlihat begitu kompak dan ringkas. Front end mobil ini begitu rendah, terbantu head lamp lebar dan bahu di fender depan. Plus, senyuman khas Mazda dari air dam depan. :big_grin:

Image


Dari samping, mobil ini terlihat begitu cantik dengan muncung panjang dan fender kekar. Juga dengan kaca belakang yang meng-overlap pillar C nya.

Image


Penampilan RX-8 terbantu dengan ban Achilles ATR berukuran 235/35/R19 dan ban belakang berukuran 235/45/R19. Ban dengan compound keras itu terpasang di velg SSR Type C 19inch original Jepang. *drooling...* :drinking:

Image


Dan semakin agresif dengan low slung body yang menggunakan DGR coilover.

Image


Berlanjut ke bagian bokong mobil ini. Siapapun akan khatam jika melihat buritan RX-8 meski emblemnya di cabut...

Image

Image

Memang ada sedikit pengaruh Miata di sana... tetapi RX-8 memiliki konfigurasi lampu2 yang berbeda dan ukuran yang lebih besar hingga brake lamp menginvasi sebagian sisi 3/4 bokong RX-8.

Owh, tentu saja, tidak lengkap rasanya sebuah Mazda jika membuat mobil tanpa twin tail pipes. Yang sudah diganti ke Greedy aftermarket plus mencabut catalytic converter.

Image


All in all, ane masih menganggap RX-8 sebagai mobil yang cute... and i will get a shocking revelation... soon. :big_slap:

=======================

Interior

A healthy dose of Mazda Red... Warna merahnya ajib ui... :cupss:

Surprisingly, interior RX-8 begitu lapang untuk ukuran kucing kampung seperti ane... :upss:

Dash terbuat dari plastik berkualitas dengan warna hitam dan pillar - plafon yang berwarna putih tulang.

Image

Kombinasi warna merah dan hitam di sekujur interior menciptakan ambient sporty dan agresif... Bahkan hingga ke door trim yang sempat mendapatkan aksen piano finish di pegangan pintu.

Image


Center dash berisi panel digital untuk AC, center airvent, dan sistem audio yang sama sekali tidak ane dengarkan... blas, ga ane perhatikan...

Dan konsol AC digital yang masih terlihat modern...

Image

Sementara center console memberikan penampilan yang benar2 menyenangkan. Sebuah shifter Manual Transmission dan sebuah katana sebagai handbrake... errr... seperti kontrol kendali Mech ane di MechWarrior... *plakkk!* :big_slap:

Image


Nah, yang menarik, shifter atau tuas transmisi RX-8 dibentuk menyerupai penampang rotor mesin nya sendiri. :off_good_job: A passionate affection by its designer indeed.

Image



Instrumen cluster 3-circle khas nya diberi aksen silver pada tepi nya. Dan dengan jarum RPM yang khas Mazda. Saat 0rpm jarum menunjuk ke arah jam 6. Seingat ane, hanya beberapa Mazda yang menggunakan setup ini, beberapa di antaranya adalah MX-5 dan CX-7.

Image

Sisi kiri berisi gauge analog petunjuk tekanan oli dan odometer. Sisi tengah berisi tachometer analog dan speedometer digital. Sementara sisi kanan berisi gauge suhu mesin dan bahan bakar.

No MID? MIDs are for pussiesssss.... :ngacir:



Nah, beralih ke suicide door.

RX-8 di desain sebagai 4-seater murni, bukan 2+2 seperti kebanyakan sport car. Karenanya akses masuk dianggap cukup penting. Pillar B hilang, digantikan dengan pintu yang membuka ke arah berlawanan dengan pintu depan.

Image

Rigiditas mobil diperoleh saat pintu belakang terkunci dan teroverlap oleh pintu depan. Pintu belakang hanya dapat dibuka saat pintu depan sudah terbuka.

Kabin belakang cukup lega...

Image

Image


Dan Mazda, anehnya, teringat dengan baris kedua yang akan di isi manusia alih2 tangki cadangan, sehingga mereka memberikan jendela yang dapat dibuka...

Image

Mungkin di buku manual tertulis "Please use the latch to open rear window in case the passenger will vomit on zero-G cornering so that the miserable passenger will not vomit on to the crazy driver".

:upss:

=======================


Under the Cup!

Behold ye mere miserable mortals... :big_smoking:

An enjin that put tears into ye face... *literally* :ngacir:

Image

Sebuah mesin RENESIS 13B-MSP (Multi-Side Port) bertengger di dalam muncung mobil ini.

Nah, RENESIS adalah sebuah mesin rotary-wankel twin rotor NA dengan total kapasitas 1308cc dengan output 247hp dan torsi 216nm @5500rpm untuk versi hi-power nya. Redline mulai di 9000rpm dan rev alarm mulai menyalak di 9000+.

Image

Image


Nah, Mazda RX-8 MT ini, kebetulan menggunakan versi Hi-Powered 6-port nya di mana enjineer Mazda mendorong kemampuan mesin legendaris ini hingga mendekati limit. Meski demikian, output mesin ini masih di bawah enjin pendahulu nya, 13B-REW twin turbo yang terpasang di RX-7.

Image

Image



Bagaimanapun, pound for pound, RENESIS memberikan power yang lebih besar dengan kompresi yang lebih tinggi dan water jaket di side-housing nya untuk mencegah penumpukan karbon. Mazda juga membuat desain rotor yang di sealed secara berbeda dan menambahkan cut-off ring kedua. Dan untuk tetap membuat mesin ini ringan, Mazda mengubah desain apex seal untuk mengurangi gesekan dan membuat enjin dapat bertahan di rpm dan kompresi yang sangat tinggi sekaligus berhasil mengurangi bobot bersih enjin ke 122kg.

Image

Nah, meski displacement total dua rotor RENESIS hanya 1308cc, tetapi output powernya menyamai enjin 2600cc karena 2-rotor wankelnya memiliki power cycles yang sama dalam satu rotasi/rev enjin dengan mesin piston 4-silinder 2600cc. As easy as 1300x2=2600 but with mind bogglingly hi rpm. :upss:

Untuk menangani output dan rev yang begitu tinggi dari mesin ini, Mazda memasangkan sebuah transmisi 7C-Y6Y0 6sp MT. Untuk versi AT, tersedia 4AT dan 6AT tetapi rev dibatasi hingga 7500rpm untuk mencegah transmisi hancur.




I must forget that there is no piston and cranckshaft in this engine. :upss:
Image

=======================

Driving impression...

Setelah pintu garasi dibuka, bro sintoni segera mencolokkan anak kunci dan menyalakan mobil rotary ini...

Dicabutnya CC dan penggantian muffler aftermarket membuat exhaust note begitu menggelegar... Saat enjin dingin, auto throttle membuat rev bertengger di 1700rpm... dan suara bass exhaust membuat keributan di kompleks yang sebelumnya hening... :upss:

Setelah beberapa menit, bro sintoni meminta ane mengeluarkan RX-8 dari garasi. Off i go then...

Akses masuk ke dalam kabin mudah. Kursi semi bucket menopang badan dengan pas, meski tidak se-erat kursi RECARO di MX-5. Posisi setir uda tidak ane utak atik lagi, sudah sesuai dengan driving position ane. Nah, berhubung MT, kaki kiri ane segera mencari pedal kopling yang tidak ane temukan. Malah ketemu foot rest... Kaki kanan menginjak pedal apapun yang ane temukan, dan yang sedang ane injak adalah pedal kopling... Owh, setup pedal2 RX-8 berkebalikan dengan pedal Kebo Ngamuk. Di Kebo Ngamuk, pedal2 bergeser jauh ke sisi kiri pengemudi, sementara di RX-8, pedal berkumpul erat di sisi kanan pengemudi.

Baiklah, pedal kopling? Check, pedal rem? Check, pedal gas? Check. Nah, sebelum ane engage ke gear R, bro sintoni memberi tahu untuk menekan shifter sebelum engage. Injak pedal kopling yang pendek tetapi untung nya tidak terlalu ringan, tekan shifter yang mirip dengan rotor mesin RENESIS, geser jauh ke kanan dan tarik ke belakang. Lembut dan akurat. :off_good_job:

Lepas pedal kopling perlahan, mundur, injak pedal kopling, engage gear 1 dan mobil menggelinding keluar garasi menuju carport dan akhirnya masuk ke jalan.

Setir HPS terasa lebih ringan untuk manuver pendek dan parkir dibandingkan dengan MX-5. Cenderung memiliki bobot sedikit lebih berat dibandingkan Mazda8. Me like it...

Dalam keadaan langsam, saat suhu mesin optimal, rpm turun ke 1000. Exhaust note berubah lebih dalam dan bulat dengan sesekali "batuk": *brupp!* *vruuuuuummmm...* Wow lady, you got quite a voice! :cupss:

Setelah bro sintoni siap, waktunya TD... Berhubung jalan di kompleks perumahan lebih sepi dari lintasan drag strip tak terpakai, bro sintoni menyarankan ane untuk mencoba akselerasi dan rev RX-8...

Engage gear 1, lepas kopling cepat sembari menginjak pedal gas 80%... Mobil melesat di iringi deruman exhaust... dan secara insting, tanpa melihat tacho, ane melakukan upshift... Di ujung jalan, sekitar 250m, terminal speed RX-8 di 118kpj. Injak rem, downshift, enjin brake... Good response overall... Rem sangat akurat dan tanpa babibu lgs menghentikan akselerasi mobil.

S: "Bro... rasanya ente kurang revved up deh..."
M: "Buset, padahal suara exhaust uda kayak suara bazooka..."
S: "Kurang itu..." *sambil ngikik...* :mky_03:

Nah, tidak terima, ane putar balik. Steering response ini yang ane suka. Mobil terasa agile, lincah mengikuti setir dengan feedback natural tetapi tidak se-ekspresif MX-5.

DSC OFF, ga ada niat spin tyres, engage gear 1, hard acceleration... kali ini ane melirik ke tacho. Rev counter melesat dari 1000rpm ke 8000rpm dengan cepat, hanya kurang dari 2s dengan akselerasi yang membenamkan badan ke kursi. Rev counter dengan semangat bergerak ke 8000rpm lebih cepat dari ababil yang ereksi melihat Victoria Secret Fashion Show. Ane push rpm ke 9000+, kecepatan nyaris 70kpj di ujung gear 1, mesin rotary mengeluarkan desis dan desingan khas nya, rev alarm berteriak, injak kopling, quick shift ke gear 2, dan sebelum ane lepas kopling, terdengar suara exhaust yang membuat ane tertegun saat rev turun... "BRAAAAAPPPP! BRAAAAAAPPPP!" :big_chicken: wowowowowow... this car really rumbles! this car is MAD!!! MAD!!! :big_chicken: Akselerasi ane lanjutkan di gear 2, dan di track sepanjang 250an m, terminal speed di ujung mencapai 130kpj. Nuts!


Waktunya membawa mobil ini ke jalan umum... for real life testing... :big_grin:


Dalam perjalanan keluar dari perumahan, agilitas RX-8 benar2 menjadi fokus ane. Mobil ini benar2 nimble dalam kecepatan rendah. Suspensi stiff juga turut menyumbang kestabilan mobil ini.

Begitu mobil keluar dari perumahan dan ban menyentuh aspal, ane segera hard acceleration menuju National Hospital... RX-8 benar2 menyenangkan untuk medium dan hi speed. Kontur jalan membuat kaku nya suspensi terasa dan memang, setting suspensi di atur untuk track. Yang membuat ane kagum, no rattling untuk mobil berusia 9 tahun ini.

Ane memutuskan ke arah Citraland, dan sekelebat, ane melihat sebuah Freed putih melakukan tailgating... Sheeessshh... dia lupa kodratnya. :off_no: MPV are not made for tailgating. :off_no: Belok kanan ke Unesa, jalanan cukup sepi dan ane melepas seluruh kuda dan torsi dalam mesin RX-8. Kombinasi torsi maksimal dan horsepower maksimal dalam rentang rpm tinggi menghasilkan two-punch-combo. Jalanan yang mulus benar2 membuat RX-8 mampu memeras seluruh kemampuan mesinnya. Gear 1, redline, upshift, *BRAAPPP!* gear 2, redline, upshift, *BRAAAPPP!* gear 3, redline, upshift, dst. Freed putih tersebut sudah hilang dari spion.

:big_smoking:

Menjelang belokan ke kiri, ane downshift ke gear 2, hi speed cornering... dan mobil dengan sigap mengikuti gerakan setir ane sembari meliuk2 di antara mobil2 lain di jalan. Hmmm... rasanya jalan kosong di kampus UC bisa menjadi percobaan untuk tail slide dan sideways... Dan dalam perjalanan ke tes track, GC yang cukup rendah cukup menjadi problem tersendiri. Musuh utama RX-8 adalah polisi tidur. Bah! Sesuatu yang sangat berlimpah di Sby Barat.

Setelah mencapai tes track di UC, ane menghela mobil ini, dan di kecepatan 60kpj, downshift ke gear 2, dan langsung hard cornering ke kanan... naikkan rev, mainkan kopling, counter steer.

Ban berdecit, bokong mobil bergeser ke kiri... dan ane spin off kehilangan kendali. Berakhir jadi parkir paralel di sisi kiri kampus. Bah! :big_slap: I will not go down like this... putar balik, belok kanan dan ane memacu ke tikungan kecil di ujung jalan tempat ane sideways dengan Grandis, Fozzy, dan beberapa mobil lainnya. Di kecepatan 40kpj, downshift ke gear 1, tahan kopling, lepas kopling separuh dan revved up, lalu banting setir ke kiri... bokong bergeser ke kanan, ban berdecit, counter steer ke kanan, dan mobil sideways sebelum lgs memperbaiki posisi dan melesat ke tempat ane spun off di kampus UC.

Jujur, ane sudah mulai merasakan RX-8 adalah mobil yang tailhappy dengan bokong yang ingin bergeser menggantikan muncung mobil. Kombinasi seluruh tenaga di hi rev membuat torque dan hp bekerja sama untuk membuat ane repot.

Di kecepatan 45-50kpj, ane kembali mencoba melakukan tail slide, belok kiri, gear di posisi 2, bokong bergeser ke kanan, counter steer, revved up, dan mobil ini kembali menonjok ane. Spun off tidak terkendali menuju jalur hijau di seberang kampus UC, ane segera menurunkan gear ke 1, lepaskan kopling penuh, tekan rem perlahan. Physics, gravity, and traction loss 101... Apapun yang ane lakukan, mobil tetap bergeser menuju rumput dan beberapa pohon. Okay, i can eat the grass... but please, not the tree! :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Untungnya, mobil berhenti setelah merumput dan dengan jarak yang cukup dekat ke pohon. Final score: Madcat 1 vs RX-8 2... She wins the struggle for dominance. Aaaannnndddd... enjin stalled. :frm_bang_head:

Ane menarik nafas panjang, sudah lama ane tidak merasakan adrenaline rush seperti ini: tenggorokan kering, tubuh berkeringat, dan sedikit gemetar. Wow! What a lovely sensation indeed. Segera ane memeriksa muncung dan ban mobil. Tidak ada yang terjadi... dan ane putuskan untuk kembali ke perumahan...

Dalam kondisi menyetir normal, hingga 4000rpm, mesin terasa flat sekali, tidak terlalu menyentak. Tetapi begitu melewati 5000rpm dan hajar hingga 9000rpm, barulah two-punch-combo twin rotor menunjukkan kelas nya tersendiri.

Memang di tiap tikungan tajam dengan sudut mendekati 80', saat menikung dengan memberikan tenaga di 6000rpm, sangat terasa bokong akan bergeser dengan liar... tetapi saat melesat dan meliuk2 di traffic yang cukup sepi, RX-8 menunjukkan kelincahannya. Ane jarang sekali menggunakan gear 4, hanya gear 2 dan 3 untuk melesat 130kpj+ dan meliuk2... Tailhappy RX-8 akan sangat berguna untuk membuat donat di aspal, sesuatu yang tidak berani ane lakukan setelah saraf ane dirontokkan oleh stunt yang lepas kendali tadi.

Dan menurut bro sintoni, saat shift change di redline, dentuman di exhaust dapat mengeluarkan lidah api. Well, a car that spits fire? And tried to kill me twice on a power struggle?

*raising a white flag* :big_chicken:

Image

======================

Verdict

Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Sebuah 4-seater sport car terakhir Mazda yang dilengkapi mesin rotary legendaris 13B series.

Kelincahan dan mekanikal nya menakjubkan meski mobil ini sudah tergolong cukup uzur. Pun built quality nya cukup baik dengan minim nya rattling, meski jujur, dengan kehebohan dan keributan yang diciptakan twin tail pipes nya: rattling, kekedapan, dan sistem speaker benar2 overrated. :mky_03:

Karakter enjin hi rev benar2 menuntut pengemudi untuk memperlakukannya berbeda dari piston-bangers biasa. Dan karakter ini, dipadukan steering yang akurat membuat mobil ini menyenangkan untuk meliuk2 cepat di jalan. Asal: tidak hard cornering atau melakukan tail slide di jalan sempit tanpa speed trap. Resiko spun off atau melintir tak terkendali sangat besar.

Sayangnya, karena tidak memenuhi emisi dan syarat FC di Uni Eropa, RX-8 dihentikan produksi nya di 2012 dengan varian terakhir Spirit-R. Mazda sendiri menyatakan tidak akan berhenti untuk melakukan pengembangan di enjin rotary.

SkyActiv Rotary, anyone? :mky_01:


Pro: :off_good_job:
- Good looking, padanan warna interior menarik
- Interior lega, driving position nyaman
- Rotary enjin legendaris dengan hi rev dipadukan 6sp MT dan RWD
- Hi rev sangat bertenaga dan bisa di push hingga redline di 9000k
- Steering mantab dan natural, handling lincah, rem akurat, distribusi bobot 50-50
- Gearbox sangat menyenangkan.

Cons: :off_no:
- GC rendah: bagus di jalan mulus, bencana di jalan biasa.
- Low hingga mid rev terasa flat... power tidak tersedia cukup di sana
- Tail happy... mobil gampang kehilangan kendali saat mencoba drift *yang ini karena faktor pengemudi, ane, yang masih belum bisa menaklukkan karakter nya*
- Sifat mesin rotari: peminum bbm, dan boros oli. Plus, butuh perlakuan yang berbeda dengan enjin piston biasa.
- Center console terasa cukup panas setelah melakukan stunt.
- HU terlalu sederhana.

======================

Quickie Comparison

Dibandingkan dengan MX-5, RX-8 memiliki karakter yang jauh berbeda. MX-5 cocok untuk akselerasi dan melahap tikungan2 sempit sembari melakukan stunt. Sementara RX-8 meminta race track, speed trap, dan pengemudi yang kompeten untuk mengeluarkan seluruh potensi dan mengendalikan karakter nya. Meski demikian, untuk daily ride dengan sesekali meliuk di traffic, RX-8 terasa lebih menyenangkan dengan kombinasi kelincahan dan hi-rev rotary nya. *after market exhaust is recommended*. MX-5 di satu sisi, memberikan sensasi yang begitu tajam untuk meliuk2, a bit too much but still very, very impresif.

Akomodasi, nyata RX-8 lebih baik dengan kabin lega dan 4-seater nya. Tetapi sebelum om sukribo protes, MX-5 menawarkan head room setinggi 100ribu kaki dan 12s convertible yang tidak dapat ditandingi RX-8.

Sisi mekanikal tidak dapat di bandingkan karena berbeda mesin, meski untuk urusan steering, RX-8 cenderung lebih lembut dibandingkan MX-5 yang 150% lebih akurat. Satu nya jago drift di tikungan, satu nya jago spun off tak terkendali di tikungan dan membuat pengemudi terlihat seperti amatir. :ungg:

Dua pilihan yang sulit. Meski tidak salah untuk membungkus ke dua mobil sport dari Mazda ini. Dua2 nya berbeda peruntukan dan karakter.

RX-8 cukup baik digunakan untuk harian dan menggila di track... sementara MX-5 cukup baik digunakan untuk harian dan menggila di jalan. :ngacir:

======================

Baiklah, hanya sedikit mobil yang sudah mencoba mencoba membunuh ane, sebuah CLS63 AMG, dan sekarang, sebuah RX-8.

Cukup dua mobil dalam daftar Your Car is Trying to Kill You. :ngacir:

Image

======================

Demikian ripiu dari ane, terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di ripiu berikutnya. :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by axala »

a completely adrenaline car yg hampir membunuh :big_chicken:

Kaget lho ane :big_chicken: kalo ternyata bisa secepet itu rev nya...

perumpamaan ababil yg ireksion :upss: funny

btw good review mod, terpikir to buy one :upss: ?

dan 4 seater? Bukannya 2+2 / konsol di row2 bisa dilipet mod?
Pursuit of Perfection
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sandal »

Mantap om kitty :big_exellent:
Sampe2 ada "your car is trying to kill you" :ungg:
Btw this is a high adrenaline sports car imho
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by Primatech »

Ngiri kelas beraat:( btw g drekam bro madcat suara knalpotny? Jdi penasran ky gmn? Klo denger d youtube suara mesin2 rotary itu ky angel screaming..epic banget!!
sragentina
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jun 24, 2014 2:59
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sragentina »

Bahasa kelas berat om metcet bikin ane bolak balik liat mbah gugel... Hehehe
________________________
if you can get better features why buy brands
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by amfibi »

Kayaknya yg matic lebih aman... :ngacir:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by artoodetoo »

Komen dulu, baca belakangan. Ntah kapan bacanya *angop
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
Luxer
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Jul 26, 2014 10:39

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by Luxer »

Mantap review nya bos om mod, bahasanya sedap dibaca, slah satu reviewer fav ane, tapi sayang mobil2 yg direview ngimpiinnya aj ane ga berani.
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by HouseOfDetailing »

Lol,di kejar Boku dan Freednya :mky_04:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by axala »

Freed ane juga bisa :mky_03:

Tinggal diwejang2 ama b0ku :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sukribo »

Hahaha ... repiu yang CIAMIIIKK mod :mky_02:
Gak nyangka ternyata RX8 segalak ini ya ... apalagi manual tranny :big_exellent:
*musti ati2 nih kalo ketemu :mky_01:








*btw ... penilaian nonik-meternya gimana mod? Penting ini ! :big_slap:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by htannis »

apa karena pake ban merk achiless nya yg bikin sliding nya tidak terkontrol?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by grandis_GT »

Wahh nice review om . Rotary bookkk.. :mky_02: , pernah liat sekali di jalan warna merah . Keren juga . Tapi harganya lumayan tinggi untuk tahun 2005 . :big_slap:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by WongZo »

Nice review mod cat :big_exellent: . Untung jalan kemaren kosong yach, klw kagak mungkin ente bsa nyenggol kendaraan lain tuh pas spun off.
Klw ane punya mobil kyk gini mah ane kandangin aje sehari-hari, dipake pas weekend bwt menarik perhatian nonik", dan dipake gila" an di sirkuit. Nonik" yg pke rok mini pasti bisa masuk mobil ini karena GC nya rendah :mky_02: :mky_02: .
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by amfibi »

Baru ubek2 pricelist majalah lama.... RX8 ini rupanya dulu seharga Camry 3.0V... Sekarang camrynya tinggal 150 ke bawah, RX8 nya masih 300 ke atas :big_slap:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

axala wrote:a completely adrenaline car yg hampir membunuh :big_chicken:

Kaget lho ane :big_chicken: kalo ternyata bisa secepet itu rev nya...

perumpamaan ababil yg ireksion :upss: funny

btw good review mod, terpikir to buy one :upss: ?

dan 4 seater? Bukannya 2+2 / konsol di row2 bisa dilipet mod?
Thank you bro axala... :mky_01:

Nope, RX-8 benar2 4 seater murni. Konsol di row2 ga bisa dilipat.

Untuk beli satu... errrr.... ane masih belum khatam sama ini mobil... :ngacir:


sandal wrote:Mantap om kitty :big_exellent:
Sampe2 ada "your car is trying to kill you" :ungg:
Btw this is a high adrenaline sports car imho
Makasih bro sandal... :mky_01:

Yep, karena sifat dasar nya yang hi-rev, torsi dan power di hi rev. Jadi bener2 adrenaline riser sejati, apalagi dikombinasikan tailhappy nya. Begh... :big_chicken:

Primatech wrote:Ngiri kelas beraat:( btw g drekam bro madcat suara knalpotny? Jdi penasran ky gmn? Klo denger d youtube suara mesin2 rotary itu ky angel screaming..epic banget!!
Wah, ane ga merekam suara knalpotnya, om primatech... Yang pasti suara2 yang menyenangkan di mobil ini:
- Rumbling Greedy exhaustnya
- Desisan dan desingan RENESIS enjin saat mendekati redline
- Letupan exhaust saat upshift

Beneran dah, audio system ga kedengaran. Meski ane masih bingung dengan pilihan HU dari RX-8 ini... :mky_03:


sragentina wrote:Bahasa kelas berat om metcet bikin ane bolak balik liat mbah gugel... Hehehe
Wkwkwkwk... ripiu berikutnya ane usahakan untuk tidak terlalu teknis, om... :mky_01:



amfibi wrote:Kayaknya yg matic lebih aman... :ngacir:
Definitely dok, dan setting enjin dengan torque max di rpm lebih rendah cukup menjanjikan... :mky_03:


artoodetoo wrote:Komen dulu, baca belakangan. Ntah kapan bacanya *angop
:snipersmile:


Luxer wrote:Mantap review nya bos om mod, bahasanya sedap dibaca, slah satu reviewer fav ane, tapi sayang mobil2 yg direview ngimpiinnya aj ane ga berani.
Terima kasih atas apresiasi om luxer... :mky_01:

Ane cuman tukang TD kok om, uda ga mikir mw beli mobilnya... kagak sanggup... :ngacir:



HouseOfDetailing wrote:Lol,di kejar Boku dan Freednya :mky_04:
Alamaakkk... mungkin itu b0ku ya om HoD... what have i done? ane ngasepin dewa cornering... :big_chicken:

*ngibrit sebelum dilindas Freed...* :ngacir:

sukribo wrote:Hahaha ... repiu yang CIAMIIIKK mod :mky_02:
Gak nyangka ternyata RX8 segalak ini ya ... apalagi manual tranny :big_exellent:
*musti ati2 nih kalo ketemu :mky_01:








*btw ... penilaian nonik-meternya gimana mod? Penting ini ! :big_slap:
Halo om sukribo :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane pertama kali saat nyoba akselerasi demi mengulik redline juga beranggapan mobil ini hanya sedikit lebih buas dari MX-5. Ternyata begitu diminta menari di tikungan..., beghhh..., dia menari conga sementara ane ngesot... :off_no:

Nahhhh... urusan nonik meter, sepertinya.... MX-5 masih unggul om... Roadster convertible unyu segede kutu, ahhh, nonik mana yang tidak tertarik... :big_grin:

*sementara ane menahkodai kapal induk... terombang-ambing di lautan...* :ungg: :ungg: :ungg:


htannis wrote:apa karena pake ban merk achiless nya yg bikin sliding nya tidak terkontrol?
Errrr... ada beberapa kemungkinan om htannis:
- Bisa jadi ban Achiless dengan kompon kerasnya, less grippy
- Bisa jadi setting suspensi khusus track
- Ane kurang kompeten untuk menangani karakter mobil ini.

Meski ane yakin, faktor terakhir yang memegang peranan paling besar dari melintirnya mobil ini sebanyak 2x. :ungg:


grandis_GT wrote:Wahh nice review om . Rotary bookkk.. :mky_02: , pernah liat sekali di jalan warna merah . Keren juga . Tapi harganya lumayan tinggi untuk tahun 2005 . :big_slap:
Makasih om grandis_GT... :mky_01:

Bener, enjin rotary ini yang jadi karakter utama mobil ini. Copot dan ganti dengan piston enjin, maka RX-8 benar2 kehilangan jiwa nya.

Nah, pantas bro sintoni tadi siang nanya "Minat?", dan feeling ane langsung ga enak... :ngacir:



WongZo wrote:Nice review mod cat :big_exellent: . Untung jalan kemaren kosong yach, klw kagak mungkin ente bsa nyenggol kendaraan lain tuh pas spun off.
Klw ane punya mobil kyk gini mah ane kandangin aje sehari-hari, dipake pas weekend bwt menarik perhatian nonik", dan dipake gila" an di sirkuit. Nonik" yg pke rok mini pasti bisa masuk mobil ini karena GC nya rendah :mky_02: :mky_02: .
Makasih bro wongzo... :mky_01:

Nah, memang ane mencoba jalanan paling kosong dan yang paling ane ketahui situasinya saat TD mobil apapun. Itupun ane akan melihat kondisi lagi. Kalau memungkinkan, ane baru mencoba manuver2 tajam. Kalau tidak, ya biasa aja.

Betul, cocok buat weekend, tetapi... convertible yang lebih eye catching... :big_grin:


amfibi wrote:Baru ubek2 pricelist majalah lama.... RX8 ini rupanya dulu seharga Camry 3.0V... Sekarang camrynya tinggal 150 ke bawah, RX8 nya masih 300 ke atas :big_slap:
Nah lho dok... berbicara tentang RV..., terutama non toyota... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by walid_007 »

Saya oernah hampir membungkus mobil ini karena suara mesin nya sama dengan sportcar dan sangat "pas di kantong"


Tepu setelah tau fc nya,,, sama denga sport car jga ,, batal deh
engine roaring!
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by madcat015 »

walid_007 wrote:Saya oernah hampir membungkus mobil ini karena suara mesin nya sama dengan sportcar dan sangat "pas di kantong"


Tepu setelah tau fc nya,,, sama denga sport car jga ,, batal deh
Wkwkwkwk... kalau mobil buat weekend, rasanya ga peduli FC, bro walid. :big_biglaugh:

Meski demikian, FC RX-8 berkisar di 1:4 hingga 1:6 tergantung kondisi dan kesehatan mesin, juga tergantung gaya mengemudi dan kondisi jalan... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by hariy »

nais ripiu, om matcad !!! :big_exellent: komen dulu baru baca...jadi, kalo sdh disebutkan, mohon mangap...itu pajaknya berapa rupiah ya? secara sedan mesin under 1500 cc kan di kisaran 2jt (ato malah kurang dr 2 jt? ) :big_think: pengalaman saya pernah diasepin RX8 hitam di Semarang taun '10, full modif...iseng2 caritau keluaran '04 dijual 285jt..sayangnya a/t..tapi ngga jadi belinya bukan karena tranny a/t, cuma masalah finansial saja...hehehehe.. :mky_03: oh ya, kata yg pernah miara RX8, itu mesinnya suka minum oli juga..bener ngga tuh? FC emang mahaboros...pantesnya keluar garasi cuma 1x sebulan, selebihnya buat pajangan...
Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by Prestige »

What a Surprisingly Review om medket

Bener2 kaget begitu liat title dri thread nya

Mobil impian ane, yg ampe skrg bokap ga mau beliin dengan alasan "cowo kok make sedan"

Body na bener2 keren .. berotot :big_exellent:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by billyd1773dz »

Love it!!

Someday i must have this babe :mky_08: .... Wkwkwk i'm a fans of its tech uniqueness, also it [cencored] body and muscular whell arch ,love it!

Torsi hanya 216nm g jauh beda dengan 2.0ltr piston n.a biasa... Tp di kombinasiin di rev yg tinggi bikin angka hp besar , tailhappy and pas bwat andrenaline jungkies wkwkwk

One of the best review n such a lovely car omdhar.. Very love it... Hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
MojoBerry
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
Location: Sby
Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by MojoBerry »

Benar2 review yg bikin H*r*y (censored) :big_exellent:
rx-8 ini mobil favorit ane sejak Sma (Shinka edition) saking kesengemnya ane nagih warisan terus ke ortu ane minta beliin tp apa daya harga barunya 500jt bok :big_slap: bahkan kartu MT ane mobilnya juga rx-8 dan keunggulan utama untuk melahap tikungan2 high speed sesuai yg bro madcat bilang....

sayangnya mobil ini sudah cukup uzur dan facelift yg dilakukan jg setengah hati, next gen nya katanya mulai dr 2012 tp blum nongol2 cuman mazda udah konfirm 2017 bakal dipublikasikan namanya juga berubah dengar2 jadi all new RX-9 dengan rotary engine yg baru :upss:

ditunggu next review Mazda 3 Speed :ngacir:
smlohe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Jul 16, 2014 6:30

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by smlohe »

Ini mobil mmg keren,kencang,cmn mmg fcnya boros,n g tahan panasnya konsol tengah,kadang baunya sangit d kabin
sandwich
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Sat May 26, 2007 8:16
Location: Surabaya

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by sandwich »

as always very detailed review bro :mky_02:
keren bener emang mbl ini.. cuman takut perawatan doang yang mana "katanya" mulai km 40.000 kudu ati2
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda RX-8 SE3P MT 2005

Post by AD74YA »

RX-8 sepanjang pengalaman ane mobilnya tidak terlalu tail happy, balance mobilnya juga tidak terlalu bagus apalagi di bandingkan dengan RX-7, itulah yang menyebabkan RX-8 gak pernah jadi pilihan utama untuk collection. RX-8 mobil yang terlalu sensible untuk dipasang mesin rotary Mazda, wajar kalau dipaksa dia ga mau. Seperti yang pernah kita bahas di kusem di Excelso TP4 tempo hari oom dhar.

Dan sayang sekali ini mobil yang di review velg nya ori, tapi pakai ban Achilles. Kalau di ibaratkan prajurit kayak bawa rifle tapi nggak pakai tameng dan vest anti peluru - akan lebih cepat mati di medan perang ketimbang yang cuma pakai handgun tapi pakai tameng dan vest anti peluru. Karena ban itu komponen paling penting dari mobil. Mau dibilang setinggi apa level atau semahal apa ban Achilles nya, tetep saja merk perusahaannya belum pernah menjadi ban utama F1 seperti Pirelli tho?

Dan ane rasa masalah spin2 geje itu selain karena balance mobilnya yang ga bagus, juga karena bannya.

Tapi memang orang beli RX-8 karena satu hal; rev-up to 8500 rpm. Dengan mesin 1300cc. Saya rasa setiap orang yang senang nyetir minimal harus sekali merasakan mesin ini dan di rev maksimal, buat Ane, ini faktor utama rotary engine sangat menarik
untuk dimiliki.

Tapi tetap, saya masih lebih cinta saingan langsung RX-8 yang juga bisa rev sampai 8500 rpm; Honda S2000. Please have a taste of this car, guys. I promise you it is way more loveable than MX-5 or RX-8.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...