SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 30 Sep 2014, 20:50

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 45 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 16 Feb 2005, 11:18 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 04 Mar 2004, 13:47
Posts: 1136
Toyota Kijang dan Isuzu Panther sudah dari dulu jadi seteru di pasar. Tak disangsikan, minat terhadap minibus bermesin diesel cukup tinggi di musim hujan (dan banjir) seperti saat ini. Alasan andal menerobos banjir dan perawatan yang lebih praktis jadi daya tarik bagi konsumen. Meski masih ada Mitsubishi Kuda, namun karena pihak Kramayudha Tiga Berlian Motors (ATPM Mitsubishi) tak mampu menyediakan unit tes, komparasi hanya antara Kijang Innova vs Panther. Tim OTOMOTIF foto:Reza


METODE TES
Unit yang dicoba merupakan varian teratas yang bertransmisi manual dari tiap merek. Toyota Kijang Innova Diesel V dan Isuzu Panther LS Turbo. Semuanya akan diuji berbagai sub-uji, performanya, akomodasi terhadap pengemudi dan penumpang serta teknologi yang diusungnya.


Tiap pengujian akan diberi nilai dengan skala 1 hingga 5 dan kemudian dikalikan dengan bobot berdasarkan skala espektasi konsumen terhadap sebuah mobil. Misal Performa berbobot 10, akomodasi 8, teknologi 6.


PERFORMA
Pada pengujian akselerasi (0-100 km/jam) Isuzu Panther mengungguli Innova, dengan waktu 17,44 detik, sedangkan Innova dari berhenti perlu berlari 18,63 detik hingga jarum berada di angka 100 km/jam. Tetapi, ketika berakselerasi dalam jarak cukup panjang (402 m) maupun akselerasi pertengahan 40-80 km/jam, Innova berada di depan Panther.


Dipilih transmisi manual, agar performa perpindahan persnelingnya bisa dirasakan OTOMOTIF. Keduanya menunjukkan kemampuan yang setara, pengoperasian lancar, perpindahan pun mudah.


Soal kestabilan tak seimbang seperti performa transmisi. Meski keduanya memiliki gejala body roll khas mobil berbodi tinggi dan besar, Panther sedikit goyang ketika dikebut di tiap tikungan sirkuit Sentul, dibanding Innova.


Perbedaan mencolok juga tampak ketika dilakukan pengereman. Jarak pengereman 100-0 km/jam, membuktikan Innova yang dilengkapi ABS lebih unggul, berhenti dalam jarak 43,0 meter. Sedangkan Panther membutuhkan jarak 50,1 m.


Buat konsumsi solar tak terpaut angka terlalu jauh. Meski Innova berteknologi commonrail, seliter solar diminum untuk jarak 15,5 km, sedikit lebih irit dibanding Panther, dengan perbandingan 1 liter untuk jarak 14,7 km.


AKOMODASI
Cukup terlihat sangat jelas, fitur dalam kabin Innova lebih lengkap dan berkesan modern ketimbang Panhter. Pengatur suhu dengan tampilan digital yang mirip sedan, serta beberapa fitur lain layaknya sebuah mobil mewah, membuat Innova menonjol dalam perolehan angka kualitas kabin.
Head unit double DIN Innova masih memberikan kesempatan penikmat suara dari pita kaset untuk mendengar lagu kesukaannya, selain CD dan radio. Sementara Panther memberi pilihan CD dan radio saja.


Begitu pula kualitas suara yang dihasilkan. Innova memberikan kejernihan suara lewat tweeter di ujung pilar A yang lebih dekat dengan telinga. Sedangkan tweeter Panther ada di panel door trim.


Bila dibandingkan secara fitur, head unit keduanya sama baik. Sekadar catatan, head unit Panther yang dicoba OTOMOTIF memakai Clarion, sementara versi 'jualan' pakai Kenwood.


Ketika duduk di bangku pengemudi, baik Innova dan Panther memberikan kenyamanan setara. Hal ini mengindikasikan nilai ergonomis keduanya sama baik.


Sedangkan bagi penumpang, jok Innova terasa lebih nyaman. Kondisi di barisan paling belakang dengan daya tampung tiga orang, penumpang Panther lebih leluasa dibanding Innova yang nyaman ketika hanya diisi dua orang.


Saat dipergunakan sebagai pengangkut barang, daya tampung Panther lebih luas, karena kursi belakang benar-benar bisa dilepas, sedangkan Innova masih menyisakan kursi yang dilipat pada sisi belakangnya.


TEKNOLOGI
Meski keduanya memiliki turbo, Innova unggul dengan distribusi solar model commonrail. Pengukuran dengan dB meter, mesin Kijang terdengar lebih halus. Berkat teknologi commonrail, Innova hanya menunjukkan angka 47 dB saat idle, sedangkan Panther 54 dB. Sayang, teknologi throttle by wire Innova kurang menguntungkan saat berakselerasi sesuai keinginan kaki pengemudi. Ada jeda antara injakan pedal dengan spontanitas tarikan mobil.


Sementara mesin Panther lebih terasa responsif dari putaran bawah hingga pertengahan. Walau ketika diajak berakselerasi jarak jauh atau melintas cepat di jalan lurus, dipaksa puas berada di belakang Innova.


Soal transmisi, keduanya memiliki kemampuan dan teknologi sama. Pengoperasiannya mudah dan berlangsung cepat tanpa hambatan. Tak sama ketika berbicara teknologi rem. Pengurang laju Innova selangkah di depan Panther dengan mengadopsi perangkat ABS (Antilock Brake System) di keempat rodanya.


Begitu pula suspensi Innova yang mengandalkan per keong yang memiliki bantingan lembut tetapi stabil layaknya sedan. Lebih unggul dibanding sang Macan Kumbang yang tetap memakai per daun di belakang dan torsion bar di depan. Setir? Sama-sama bundar, sama-sama memiliki power steering, hingga keduanya memiliki nilai sama.


KESIMPULAN
Secara keseluruhan, Kijang Innova Diesel V lebih unggul dibanding Isuzu Panther LS Turbo. Tetapi Kijang Innova diesel manual tipe V yang berbanderol Rp 210 juta (on the road Jakarta), tak melulu meraih angka lebih besar dibanding Isuzu Panther LS turbo yang dilego Rp 174,2 juta (on the road Jakarta). Memang, meski sepintas spesifikasi keduanya identik, akhirnya harga yang 'berbicara'.


Attachments:
7546-C140.jpg
7546-C140.jpg [ 6.62 KiB | Viewed 23047 times ]
Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 16 Feb 2005, 11:22 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 04 Mar 2004, 13:47
Posts: 1136
G dapat dari majalah otomotif!!!!


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 16 Feb 2005, 22:40 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 15 May 2003, 23:12
Posts: 9458
Location: Indonesia
Sama gw juga udah baca dari mjlh otomotif.

Btw, thanks pinoh boy !


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 17 Feb 2005, 00:24 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 22 Jul 2004, 21:10
Posts: 2980
Location: Kingdom of Heaven
tapi lucu juga ya innova yang lebih canggih mesin nya kalah ama panther yang masih konvensional


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Dec 2010, 14:10 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther :e-think: :e-think:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Dec 2010, 15:53 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Posts: 8839
Location: smi, bdg, jawa barat
BADAK wrote:
Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther :e-think: :e-think:
kalo ga salah lbih irit phanter deh?!?!?!?!

_________________
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Dec 2010, 17:28 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
ak4ng wrote:
BADAK wrote:
Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther :e-think: :e-think:
kalo ga salah lbih irit phanter deh?!?!?!?!

Coba dilihat lg om, artikel diatas mengatakan innova diesel 1lt bisa 15,5km, sedangkan panther "hanya" 14,7km. Hmm...ini metode pengetesannya kyk gmn ya. aku yg ada kedua mobil ini aja gak prl smp ngukur scr detail udah merasakan kl innova diesel lebih boros..

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Dec 2010, 22:05 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 24 May 2008, 18:07
Posts: 796
wah...innova diesel lebih irit dari panther??? gak salah tuh ???


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 10:15 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Posts: 8839
Location: smi, bdg, jawa barat
hmmmm :e-snooty: :e-snooty: :e-snooty: :e-snooty:

_________________
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 17:01 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 10 Jul 2005, 23:36
Posts: 456
Location: Cideng
Saya juga pake Innova D4D, kemaren dari villa melati mas pulang ke cideng, perjalanan pulang pas di serpongnya kadang santai kadang geber, pas masuk tol banyak truk jadi banyak gebernya buat overtaking, sampe dirumah cek MID 1:12
Mesin semua standard hanya pasang GC dan ganti Air filter, Diesel saya pake Shell, tapi enaknya mobil ini kalo mau overtaking gak perlu injek gas dalam-dalam.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 18:35 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16082
mantappp....... :e-clap: :e-clap: :e-clap:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 19:01 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
6 th yg lalu saat tret ini dibuat msh banyak yg membandingkan innova diesel & new panther. skrg udah jarang yg membandingkan, soalnya panther udah terlihat kalah telak. selain itu udah mulai muncul banyak pesaing di segmen ini.
tapi bagi saya mesin panther termasuk mesin legendaris, setara dgn mesin L300 diesel yg smp skrg ttp banyak digunakan.
Bravo si kucing garong :frm_tumbleft:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 19:54 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16082
bahkan ane pun masih menggunakan mesin L300 diesel..... :big_smoking:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 20:42 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Hansen wrote:
bahkan ane pun masih menggunakan mesin L300 diesel..... :big_smoking:

Gw jg sen. Bener2 salut ama mesin L300 ini. tiap hari dipake angkut beban berat tp gak pernah bikin kantong jebol. bener2 mbl yg kuat. Gak heran bisa bertahan puluhan tahun. Cuman gw penasaran neh, knapa koq ligh truck Daihatsu Delta yg pake mesin taft bisa keok? :e-think:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 21:32 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 09 Jun 2008, 17:51
Posts: 10900
Location: Kelapa Gading
Please pada sadar ya sekarang trend mesin bukan sekedar irit dan kuat, tapi pada jumlah karbon yang dihasilkan--semakin sedikit semakin environment friendly.

:big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 21:43 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16082
esh wrote:
Please pada sadar ya sekarang trend mesin bukan sekedar irit dan kuat, tapi pada jumlah karbon yang dihasilkan--semakin sedikit semakin environment friendly.

:big_peace:


hayooo siapa nih yg pake panther......... :big_peace:





kabooooerrrrr sejauh jauhnya........................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 21:47 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Lho bukannya kandungan timbal pada mesin bensin lebih berbahaya drpd asap mesin diesel? :e-think:
Asap L300 & panther mmg hitam, tp karbon yg dihasilkan gak se-DANGER timbal dr mesin bensin.
Coba lihat di berita, sering kejadian orang tewas krn terperangkap di dalam mobil dlm keadaan mesin menyala, Dan bisa dipastikan, itu semua mobil bensin BUKAN mobil diesel :e-whistle:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 22:04 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16082
BADAK wrote:
Lho bukannya kandungan timbal pada mesin bensin lebih berbahaya drpd asap mesin diesel? :e-think:
Asap L300 & panther mmg hitam, tp karbon yg dihasilkan gak se-DANGER timbal dr mesin bensin.
Coba lihat di berita, sering kejadian orang tewas krn terperangkap di dalam mobil dlm keadaan mesin menyala, Dan bisa dipastikan, itu semua mobil bensin BUKAN mobil diesel :e-whistle:


dak, mungkin yg dimaksud om esh itu bukan emisi gas buang mobil diesel vs bensin... tetapi diesel konvensional vs diesel modern, dimana emisi gas buang diesel modern (common rail) jauh lebih bersih daripada diesel jadul..


CMIIW ah... :ngacir:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 22:11 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Oh gitu ya Sen think:
Cuman masalah nya ada di ATPM donk knapa koq memasang harga tinggi untuk mobil diesel modern.
Pengen jg sih beli Captiva Diesel kyk om esh. Tapi msh ngumpulin duit dulu :off_good:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 22:26 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16082
kan ente udah punya ipah D4D dak...... :big_smoking:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 22:45 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Gak banyak yg lebih memilih kucing garong drpd ipah D4D. Aku salah satunya, lebih suka kucing garong drpd Ipah :mrgreen:
Ipah bagiku body nya trll gendut, kyk mobil bapak2. :big_peace:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Mar 2011, 23:29 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 05 Sep 2010, 12:08
Posts: 111
Buat dalkot pake panther..
Lukot pake D4D..

@Bro badak : emang daihatsu delta msh ada unit baru?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Mar 2011, 01:01 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 09 Jun 2008, 17:51
Posts: 10900
Location: Kelapa Gading
@BADAK: maksud saya marilah kita menyesuaikan cara pandang kita sesuai dengan perkembangan mesin saat ini. Walaupun pemerintah kita serta mayoritas konsumen di negara kita belum peduli mengenai hal ini, tetapi sebagai komunitas pemerhati otomotif idealnya kita memiliki pola pemikiran yang lebih maju. No offense.

:big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Mar 2011, 08:14 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
@5758: udah gak ada bro. makanya heran, kl mmg mesinnya kuat knapa kalah bersaing dgn merk lain.
@esh: siap komandan :off_good:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Mar 2011, 10:47 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic

Joined: 04 Feb 2011, 15:36
Posts: 171
ak4ng wrote:
BADAK wrote:
Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther :e-think: :e-think:
kalo ga salah lbih irit phanter deh?!?!?!?!


kayaknya lebih iritan apanja donk kang..... pokoknya apanja is da bess lahhh kang


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 45 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: newrubble, ola_comoesta and 36 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com