CBR 150 VS RAIDER/SATRIA F150

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Freedayz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
Location: Middle java

CBR 150 VS RAIDER/SATRIA F150

Post by Freedayz »

Temen2 forumer, pengen nanya nih CBR150 VS SATRIA F150/RAIDER 150 dilihat dari:
1.top speed
2.akselerasi
3.pengendalian
4.teknologi mesin
5.resale value
6.keawetan mesin

ok yang mana?
thanx atas reply dari rekan2 forumer sekalian :)
pk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jan 11, 2005 1:58

Post by pk »

weh, kalo ini jatahnya bung gauss heheheh...
monggo bung...
(lumayan neh komentar gini nambahin point heheheheh biar cepet bisa pakai avatar... )
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Bro Freedayz....
sebenarnya CBR150 dan Satria F150 tidak bisa dibandingkan karena keduanya sangat berbeda, yang satu sport, yang satu lagi bebek sport.
Bro Piterr mungkin bisa memberikan review kedua motor ini, karena dia punya dua2nya.

Tapi saya mencoba memberikan pendapat :
1. TOP SPEED
Dilihat dari pendapat para pemiliknya, baik CBR dan Satria mempunya top speed yang setara (+/- 150km/h).
2. AKSELERASI
Dilihat dari bobotnya, MUNGKIN Satria memiliki akselerasi awal yang lebih baik. Tapi saya sempat mendengar dari milis SSFC, bahwa akselerasi awal Satria rada berat.
3. PENGENDALIAN
Tergantung pada kondisi jalannya. Di jalan macet, pengendalian Satria pasti lebih enak/enteng. Sedangkan di jalan panjang atau pada kecepatan tinggi, CBR memiliki tingkat stabilitas diatas Satria (theoritically/cmiiw)
4. TEKNOLOGI MESIN
Keduanya memiliki teknologi mesin yang setingkat. DOHC 150cc 4-stroke. Hanya beda pendingin, Satria pake OIL COOLER, CBR pake RADIATOR.
5. RESALE VALUE
Untuk CBR, harga secondnya turun sekitar 10% dari harga baru. Satria, karena masih baru banget (new release) jadi belom ada perkiraan harga second hand. Tapi biasanya, produk Suzuki memiliki resale value lebih rendah dibanding produk Honda CMIIW:)
6. KEAWETAN MESIN
Mesin CBR150 tergolong tangguh dengan perawatan minim. Saya tidak pernah atau jarang sekali melihat CBR150 dengan problem di mesin, baik di versi awal (2002) sampe versi 2004. Jadi menurut saya, mesin CBR150 memang OK.
Untuk Satria F150, coba kita liat setahun kedepan. OK??

Saya tidak berani memutuskan mana motor yang lebih OK, tapi sesuaikan saja dengan dana dan selera Anda sendiri. Juga sesuaikan dengan postur tubuh Anda.
Honda CBR150R cocok untuk pengendara diatas 160cm.
Suzuki Satria F150 lebih cocok untuk pengendara dibawah 165cm.
Bila Anda memiliki postur tubuh besar +80kg dan tinggi 180 cm, jangan paksakan mengendarai Satria F150. Nanti terlihat seperti gajah yang naik sepeda sirkus!!. Just JOKING!!! It's just an advice from me !!!

Happy riding guys !!!
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

gauss wrote:Bro Freedayz....
sebenarnya CBR150 dan Satria F150 tidak bisa dibandingkan karena keduanya sangat berbeda, yang satu sport, yang satu lagi bebek sport.
Bro Piterr mungkin bisa memberikan review kedua motor ini, karena dia punya dua2nya.

Tapi saya mencoba memberikan pendapat :
1. TOP SPEED
Dilihat dari pendapat para pemiliknya, baik CBR dan Satria mempunya top speed yang setara (+/- 150km/h).
2. AKSELERASI
Dilihat dari bobotnya, MUNGKIN Satria memiliki akselerasi awal yang lebih baik. Tapi saya sempat mendengar dari milis SSFC, bahwa akselerasi awal Satria rada berat.
3. PENGENDALIAN
Tergantung pada kondisi jalannya. Di jalan macet, pengendalian Satria pasti lebih enak/enteng. Sedangkan di jalan panjang atau pada kecepatan tinggi, CBR memiliki tingkat stabilitas diatas Satria (theoritically/cmiiw)
4. TEKNOLOGI MESIN
Keduanya memiliki teknologi mesin yang setingkat. DOHC 150cc 4-stroke. Hanya beda pendingin, Satria pake OIL COOLER, CBR pake RADIATOR.
5. RESALE VALUE
Untuk CBR, harga secondnya turun sekitar 10% dari harga baru. Satria, karena masih baru banget (new release) jadi belom ada perkiraan harga second hand. Tapi biasanya, produk Suzuki memiliki resale value lebih rendah dibanding produk Honda CMIIW:)
6. KEAWETAN MESIN
Mesin CBR150 tergolong tangguh dengan perawatan minim. Saya tidak pernah atau jarang sekali melihat CBR150 dengan problem di mesin, baik di versi awal (2002) sampe versi 2004. Jadi menurut saya, mesin CBR150 memang OK.
Untuk Satria F150, coba kita liat setahun kedepan. OK??

Saya tidak berani memutuskan mana motor yang lebih OK, tapi sesuaikan saja dengan dana dan selera Anda sendiri. Juga sesuaikan dengan postur tubuh Anda.
Honda CBR150R cocok untuk pengendara diatas 160cm.
Suzuki Satria F150 lebih cocok untuk pengendara dibawah 165cm.
Bila Anda memiliki postur tubuh besar +80kg dan tinggi 180 cm, jangan paksakan mengendarai Satria F150. Nanti terlihat seperti gajah yang naik sepeda sirkus!!. Just JOKING!!! It's just an advice from me !!!

Happy riding guys !!!
saya akan coba beri pendapat:
1. &2. Top speed keliatannya sama, meski saya punya CBR belum dicoba top speed nya, tapi tarikan bawah lebih bagus, mkn karena karburatornya 28 mm, sedangkan Satria 26 mm.
3.Pengendalian untuk saya yang bertinggi badan 173cm lebih oke CBR, kalo satria cepet pegal tuh.... cuma manuvernya sedikit lebih lincah, karena Stria F lebih ringan, meski ban kecil namun cukup stabil untuk lari 135km/j
4. teknologi mesin, sedikit lebih canggih CBR karena sudah menggunakan liquid cooled, namun teknologi SCEM Suzuki juga cukup advance rasanya... kalo diluar mesin... sensor speedometer Suzuki lebih oke dibanding CBR yang masih analog.
5. Resale value... belum bisa comment, tapi analisa bro Gauss cukup jitu tuh, honda emang pasaran seken nya lebih kuat dibanding suzuki, tapi karena satu bebek dan satu sport ya.... mungkin lebih cepet laku Satria, karena CBR lebih eksklusif karena diimport dengan jumlah terbatas oleh I.U
6. keawetan mesin.... kita jawab beberapa bulan kedepan aja ya....

thanks for sharing
User avatar
Freedayz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
Location: Middle java

Post by Freedayz »

wah, thanx guys atas penjelasannya, tapi setahu saya satria pake radiator ternyata oil cooled ya?

keep posting :)
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

sama aja kok....yang satu pake air, yang satu lagi pake oli....hehehe...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

ya, pake radiator oli, tapi prinsip kerjanya beda ama radiator air, karena radiator oli berfungsi mendinginkan oli mesin yang digunakan pula untuk melumasi piston/ silinder, supaya tidak terlalu panas, dan dapat bekerja pada suhu optimal, sedangkan radiator air berfungsi mendinginkan komponen mesin seperti silinder dan bagian2 nya lewat water jacket yang ada disekitar silinder, supaya bekerja pada suhu optimal, sedangkan pelumasan tidak didinginkan dengan asumsi komponen gesek sudah dioptimalkan suhunya. kalo dilihat lebih efektif mendinginkan hardware, dari pada mendinginkan cairan pelumas hard ware... kasarnya sih begitu.... mungkin ada yang lebih ngerti... mohon pencerahannya...
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Bro piterr, benernya ada juga radiator yang memakai oli sebagai pendingin, cuma untuk motor sekarang2 ini, jarang dipake aja, soalnya relatif lebih berat dibandingkan radiator air.

Dari sisi pendinginan, katanya sih radiator oli lebih stabil.

Nah, mengenai Satria F150, yang saya belum mengerti sepenuhnya adalah apakah F150 memiliki oil cooler atau sistem pendinginannya oil-cooled? Apabila Oil-cooled, maka penjelasan bung gauss pada tanggal 27 Januari yang benar. Sedangkan penjelasan bro piterr pada post sebelum posting saya juga tidak salah. Hanya saja bro piterr menjelaskan oil cooler, bukan oil-cooled engine.
Image
MCP
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Jan 10, 2005 11:38
Location: JAKARTRA

Post by MCP »

Sekedar tambah omongan aje.....
gue ngeliat di web suzuki nih :.........
Motor ini juga dilengkapi dengan air dan oil jet cooling - lazim digunakan motor-motor besar Suzuki - yang menjaga mesin tetap bekerja pada suhu ideal. Silinder mesinnya menggunakan bahan aluminium yang dilapisi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) sangat tipis namun kuat. SCEM melepaskan panas mesin secara efisien sehingga temperatur mesin tetap pada suhu ideal. SCEM juga menjadikan bobot mesin lebih ringan. Yang akhirnya juga membuat bobot keseluruhan motor menjadi ringan hanya 95kg. Mesin 'gede' ini juga bekerja efektif karena memakai percepatan yang responsif. Daya dan torsi tidak ada yang terbuang.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

Crash wrote:Bro piterr, benernya ada juga radiator yang memakai oli sebagai pendingin, cuma untuk motor sekarang2 ini, jarang dipake aja, soalnya relatif lebih berat dibandingkan radiator air.

Dari sisi pendinginan, katanya sih radiator oli lebih stabil.

Nah, mengenai Satria F150, yang saya belum mengerti sepenuhnya adalah apakah F150 memiliki oil cooler atau sistem pendinginannya oil-cooled? Apabila Oil-cooled, maka penjelasan bung gauss pada tanggal 27 Januari yang benar. Sedangkan penjelasan bro piterr pada post sebelum posting saya juga tidak salah. Hanya saja bro piterr menjelaskan oil cooler, bukan oil-cooled engine.
Contohnya motor apa ya, yang menggunakan oil cooled dengan cara kerja seperti liquid cooled? setahu saya koq semua motor yang oil cooled menggunakan kisi2 pendingin, (makanya disebut air/ oil cooled (a/o c))di badan silinder dan kepala silinder nya. teknologi lama atau baru nih? wah berita bagus nih... mohon pencerahannya untuk hal ini bro Crash...
pk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jan 11, 2005 1:58

Post by pk »

sorry nambah biar bingung...
itu kata "oil" kan jelas berarti oli...
nak kalo kata "air" yang disebut2 di sini itu berarti udara atau air (water) ???
artinya, mesin itu bisa didinginkan oleh air (water) dengan bantuan radiator atau didinginkan oleh air (udara) dengan si mesin kena angin waktu jalan itu...
untuk yang pendingin oli... itu oli-nya yang dialirkan ke radiator tuh oli mesin atau bukan ? atau ada oli khusus ? sorry, aku bener2 bingung... ini aja nulisnya sampel jongkok pegangan kursi...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

pk wrote:sorry nambah biar bingung...
itu kata "oil" kan jelas berarti oli...
nak kalo kata "air" yang disebut2 di sini itu berarti udara atau air (water) ???
artinya, mesin itu bisa didinginkan oleh air (water) dengan bantuan radiator atau didinginkan oleh air (udara) dengan si mesin kena angin waktu jalan itu...
untuk yang pendingin oli... itu oli-nya yang dialirkan ke radiator tuh oli mesin atau bukan ? atau ada oli khusus ? sorry, aku bener2 bingung... ini aja nulisnya sampel jongkok pegangan kursi...
air/ oil cooled ya didinginkan oleh udara, namun pelumas nya didinginkan oleh oil radiator, begitu..... kalo didinginkan oleh water saya pasti nyebutnya liquid cooled, karena biasanya dalam istilah di majalah luar juga pake liquid cooled, jarang yang ngomong water cooled... kecuali majalah ostrali
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

nambahin juga nih :
oli/oil dan air/water dua2nya juga liquid. Tapi biasanya untuk oli disebutkan : "liquid cooled-oil type."
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

piterr wrote:Contohnya motor apa ya, yang menggunakan oil cooled dengan cara kerja seperti liquid cooled? setahu saya koq semua motor yang oil cooled menggunakan kisi2 pendingin, (makanya disebut air/ oil cooled (a/o c))di badan silinder dan kepala silinder nya. teknologi lama atau baru nih? wah berita bagus nih... mohon pencerahannya untuk hal ini bro Crash...
Teknologi lama sih benernya. Motor akhir2 ini jarang yang pakai sistem oil-cooled. Soalnya dalam selain berat, untuk menyerap panas yang sama, diperlukan volume yang lebih besar (jadi ukuran juga jadi besar)Ini pendapat saya saja. Titik didih oli kan lebih tinggi dari air, jadi oli akan bekerja lebih optimal pada suhu mesin yang panas. Namun, sekarang ini kan suhu operasional motor rata2 juga nggak sampai 100 derajat kalau lagi cruising. Motor yang saya pakai untuk balap suhu optimumnya berada di sekitar 90 derajat celcius, padahal saya geber terus sampai 15000rpm. Jadi, karena operating temprature dari mesin motor tidak terlalu tinggi, buat apa pula pakai oli sebagai pendingin?

Contoh oil cooled engine dalam motor: GSX-R750 F tahun 1985
http://www.motorbikes.be/en/Suzuki/1985 ... 20750%20F/

Sorry, kalau motor kecil saya nggak tahu model yang pakai oil-cooled engine.
Image
User avatar
Freedayz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
Location: Middle java

Post by Freedayz »

kalo teknologi mesinnya yang di cbr ada teknologi scem nya gak ya? ato malah ada tech yang lebih canggih? maklum manualnya pake bhs thai jadi agak susah juga ngertinya...
User avatar
Freedayz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
Location: Middle java

Post by Freedayz »

Bung Gauss, probike di Solo/Yogyakarta ada gak, bro? gw mo cari saklar lampu buat Ciber gw.
oya kalo ada rekan-rekan forumer yang tahu dimana nyari saklar ciber thn lawas tolong dong bagi2 infonya.....
thanx guys...........
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Bro Freedays, telpon ke Probike aja minta barangnya dikirim via paket/pos. Gampang kan?
erwin.ian
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Nov 09, 2005 3:39

OIL COOLER

Post by erwin.ian »

beda pendingin OIL COOLER sama RADIATOR. apa sih rekan2?
jadi bingung saya, apakah OIL COOLER harus pake oli khusus seperti pd motor 2 tak, ato cukup pake oli mesin 4 T ?

mohon bantuannya ya....
erwin.ian
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Nov 09, 2005 3:39

cooler

Post by erwin.ian »

bung GAUSS, saya mau nanya nih, beda pendingin OIL COOLER sama RADIATOR. apa sih? sory soalnnya saya masih gaptek nih..
jadi bingung saya, apakah OIL COOLER harus pake oli khusus seperti pd motor 2 tak, ato cukup pake oli mesin 4 T yang ada di mesin?

mohon bantuannya ya....
Januar74
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Fri Nov 11, 2005 1:43

Re: cooler

Post by Januar74 »

erwin.ian wrote:bung GAUSS, saya mau nanya nih, beda pendingin OIL COOLER sama RADIATOR. apa sih? sory soalnnya saya masih gaptek nih..
jadi bingung saya, apakah OIL COOLER harus pake oli khusus seperti pd motor 2 tak, ato cukup pake oli mesin 4 T yang ada di mesin?

mohon bantuannya ya....
Bro Erwin, bedanya hanya cairan yg digunakan. Fungsinya sama, yaitu utk mendinginkan mesin. Oli yg digunakan ya oli mesin itu sendiri, jadi sirkulasi olinya melewati oil cooler dulu baru balik klg ke mesin.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Re: cooler

Post by nichol »

Januar74 wrote:
erwin.ian wrote:bung GAUSS, saya mau nanya nih, beda pendingin OIL COOLER sama RADIATOR. apa sih? sory soalnnya saya masih gaptek nih..
jadi bingung saya, apakah OIL COOLER harus pake oli khusus seperti pd motor 2 tak, ato cukup pake oli mesin 4 T yang ada di mesin?

mohon bantuannya ya....
Bro Erwin, bedanya hanya cairan yg digunakan. Fungsinya sama, yaitu utk mendinginkan mesin. Oli yg digunakan ya oli mesin itu sendiri, jadi sirkulasi olinya melewati oil cooler dulu baru balik klg ke mesin.
tambahin dikit..kalo pendinginan dgn radiator oli seperti di motor f150 itu, yg didinginkan itu adalah bagian mesin transmisi, clutch dan konco2nya. Bagian ruang pembakaran (tempat bensin dibakar oleh busi itu lho) sendiri tidak dilalui/tidak didinginkan oli dari radiator ini.

kalo radiator air seperti pada ninja atau nsr, yg didinginkan itu adalah ruang pembakarannya (tempat bensin dibakar oleh api busi itu lho). Bagian mesin transmisi dan konco2nya dah didinginkan oli yg ditampungnya.

terus ada lagi (gue lupa namanya, kayaknya disebut oil cooler juga deh) yg biasanya dipasang menggantikan tutup oli. Maksudnya kalo lagi jalan, kena angin, oli transmisi jadi cepet dingin. Bentuknya yg kayak antena radio itu lho, ada versi posh nya juga.
Just Call Me Nichol !!!
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Gimana kalo pendingin udara tapi tetep make radiator yaa?? Bisa langsung ikut reli paris dakar nih...he..he..

Gw masih o`on juga nih....
Sebenarnya jalur pendingin oli yang paling baik yang bagaimana? Jalurnya dipasang darimana kemana ya?? Kadang-kadang banyak variasi-variasi macam gitu bikin sangsi olinya bener2 tersirkulasi apa ndak...
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ya macam ninja n nsr bro, pendingin air plus udara..kalo di ninja sih, pendinginan blok lewat udara kurang efektif, krn desain bloknya tidak punya bilah/sirip kayak di motor king untuk lepasin panas...lagipula bahannya dr campuran aluminium gitu, kurang bisa lepas panas, makanya ada radiator.
Just Call Me Nichol !!!
Slayer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
Location: Jakarta

Post by Slayer »

Halo temen2 semua, mau ikutan nimbrung nih soal oil cooler... sorry baru sempet nimbrung.

Setahu saya, sistem pendingin mesin yg umum dipakai adalah radiator (water) dan air cool (udara). Sedangkan oil cooler adalah "tambahan sistem" dari radiator. Oli di dalam mesin ikut didinginkan juga menggunakan air.

Kalau pada sistem radiator biasa, yg didinginkan hanya ruang mesin (air melingkupi blok mesin / water jacket), jadi suhu oli tetap tinggi.

Sedangkan pada radiator yg mutahir, ditambahkan sistem oil cooler (pendingin oli). Jadi di dalam blok mesin ada semacam kisi2 dari bahan aluminium yg didalamnya mengalir oli mesin. Kisi2 ini didinginkan oleh aliran air yg bekerja pada sistem radiator.
Pada sistem ini lebih baik, selain suhu mesin didinginkan, oli mesin juga ikut diredam supaya suhunya tetap ideal.

Demikian tambahan dari saya, semoga tidak menambah bingung....
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

CBR 150 VS RAIDER/SATRIA F150

Kalo tarikan pasti menang CBR 150,
kalo milih motor terbaik untuk ekonomi indonesia.. pasti satria f150.

Dengan biaya =/- rp.17jt, udah dapet motor secanggih cbr150.... my opini bro...