ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by andy1800 »

Blow Jeep ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: ASK: Jeep,TJ, YJ, JK artinya apa sih?

Post by Cloud »

turtle wrote:apakah mesin jenis naturally aspirated (n/a) tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan mesin forced induction? dan apakah mesin n/a ini bisa diubah sehingga akselerasinya bisa sebaik mesin forced induction?
Kelebihan NA untuk mesin bensin/gasoline adalah konsumsi bahan bakar lebih hemat, dan daya tahan mesin lebih bagus. dan yang penting lagi, cost/harga lebih murah, perawatan lebih mudah n murah.
sedangkan kelebihan Forced induction adalah tenaga lebih, sehingga rasio tenaga dibanding bobot lebih besar. misal mesin 1500 cc NA, power 120 hp. dengan kapasitas sama, mesin Super/turbocharged bisa menghasilkan 150 hp. jadi, kalau cuma ingin 120 hp, mesin berturbo bisa dikecilkan jadi 1200 cc misalnya, (lebih kecil, ringan).

kelebihan NA untuk diesel, lebih murah dan daya tahan lebih tinggi, perawatan lebih murah, mudah.
kelebihan Turbo untuk diesel adalah tenaga lebih, sehingga efisiensi panas ato bbm justru lebih tinggi. mesin juga lebih kecil untuk power yang sama.
pembandingnya pada tingkat teknologi yang sama, jadi jangan membandingkan mesin NA tahun 60 an dibandingkan turbo tahun 2012, tapi setingkat/setara.

mengenai mesin NA diubah jadi Forced Induction, jelas bisa, sudah banyak yang pasang turbo pada mesin NA, tapi tentu saja harus diikuti perubahan yang lain, terutama untuk daya tahan, misal piston forging, ring piston, gasket head, katup, metal/bearing, dsb. kalau cuma aplikasi turbo tapi tanpa penyesuaian, daya tahan mesin jauh lebih rendah, bahkan bisa jebol. kalaupun disiasati dengan peningkatan tenaga yang sedikit saja (misal dari 120 hp dinaikkan jadi 130 hp sehingga mesin masih mampu meski komponen standar), toh hasilnya kurang bagus, justru lebih bagus dengan cara lain namun tetap NA. misalkan, porting, upgrade sistem pemasukan dan pembuangan, sistem injeksi dan pengapian.
beda jika ingin upgrade dari 120 hp ke 200 hp, tetap dengan NA bisa, namun lebih menguntungkan pake turbo, dengan syarat, perlu penyesuaian di mesin.