New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by akulemu »

Turboman wrote:
Kalo mau improve RPM tengah atas mending sekalian TailPipe-nya ganti yg pipa 2,5" dan muffler ganti Flowmaster replika di Budi K., bikin aja di Budi K.

D4 D saya dari Pipa tengah sampai belakang full 2,5" + muffler flowmaster replika, hanya yah mmg pake FM replika suara lebih nge-bass yah

Waktu sy ganti Tailpipe ke 2,5" mmg yg terasa juga tarikan di atas 2000 RPM nya.

DP dan pipa tengah sy pakai buatan Kansai juga.

Btw kalao power dah di atas 150 Hp tapi tanpa Interkuler better pasang EGT meter spy kita bisa monitor EGT, saat bejek gas begitu EGT masuk 650 deg C lgs buruan lepas gas........
Tapi ganti free flow sampe blakang untuk fortuner/ inova katanya bakal loss di rpm bawah om?
Cars have soul.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

akulemu wrote:
Turboman wrote:
Tapi ganti free flow sampe blakang untuk fortuner/ inova katanya bakal loss di rpm bawah om?
Nggak tuh, asal pipa jangan kegedean, utk D4 D sih pakai pipa 2,5" dari tengah sampai belakang itu ukuran yg pas, kecuali kalau main di atas 300 Hp baru pakai 3".

Kalo muffler flowmaster replika sebetulnya itu semi free flow juga, dalamnya ada sekat2.
* Bukan ajakan Beli *
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by akulemu »

Turboman wrote:
akulemu wrote:
Turboman wrote:
Tapi ganti free flow sampe blakang untuk fortuner/ inova katanya bakal loss di rpm bawah om?
Nggak tuh, asal pipa jangan kegedean, utk D4 D sih pakai pipa 2,5" dari tengah sampai belakang itu ukuran yg pas, kecuali kalau main di atas 300 Hp baru pakai 3".

Kalo muffler flowmaster replika sebetulnya itu semi free flow juga, dalamnya ada sekat2.
Oom, nanya lagi.. fortie saya nih sejak pake pigibek dkk, kalo 50%-75% throttle dari posisi diam dia pindah gigi maticnya dari 1 ke 2, dan 2 ke 3 agak telat2 gimana gitu. Kata sang bengkel sih maticnya d4d kuat abis, no prob. Memang sekarang sih power sama torsi baru 200 hp ama 440 Nm, cuman suatu saat kalo menyentuh 250 - 300 hp gimana ya om? Yang banyak disaranin ya atf cooler, tapi tetep aja shiftingnya bakal telat2 cuman menjaga supaya oli tetep prima di kondisi ekstrim. Ada juga yang kasi saran di ganti torque converter nya. Maksudnya supaya shiftingnya bisa muluis kayak standard ada solusinya om?
Cars have soul.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

akulemu wrote:
Oom, nanya lagi.. fortie saya nih sejak pake pigibek dkk, kalo 50%-75% throttle dari posisi diam dia pindah gigi maticnya dari 1 ke 2, dan 2 ke 3 agak telat2 gimana gitu. Kata sang bengkel sih maticnya d4d kuat abis, no prob. Memang sekarang sih power sama torsi baru 200 hp ama 440 Nm, cuman suatu saat kalo menyentuh 250 - 300 hp gimana ya om? Yang banyak disaranin ya atf cooler, tapi tetep aja shiftingnya bakal telat2 cuman menjaga supaya oli tetep prima di kondisi ekstrim. Ada juga yang kasi saran di ganti torque converter nya. Maksudnya supaya shiftingnya bisa muluis kayak standard ada solusinya om?
ATF pakai apa ? rekomen sih pakai yg Full Synth macam Redline D4 ATF / Amsoil Universal ATF / Royal Purple

Matic-nya udah pake ground cable ?

Ya kalo power dah segitu sih ATF cooler perlu

Kalo Matic mau lebih responsif pakai A/T Tuning kit dari TransGo (google aja), ada shift kit tuk A 304, ada juga reprogramming kit.
* Bukan ajakan Beli *
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by akulemu »

Turboman wrote:
ATF pakai apa ? rekomen sih pakai yg Full Synth macam Redline D4 ATF / Amsoil Universal ATF / Royal Purple

Matic-nya udah pake ground cable ?

Ya kalo power dah segitu sih ATF cooler perlu

Kalo Matic mau lebih responsif pakai A/T Tuning kit dari TransGo (google aja), ada shift kit tuk A 304, ada juga reprogramming kit.
ATF belom ganti, masi dari pabrikan om. Oli Gardan juga blom ganti. Mesin doang uda ganti semi synth di 5000 KM (lupa merknya skitar 80 rb/liter). Mobil masih 7000 KM. Kata si bengkel 20.000KM aja baru ganti atf ama gardan. Menurut om?

ATF dan oli gardan kalo pake full synth apa ga bakal nguap kayak oli mesin om?

Benernya saya pingin juga oli mesin full synth cuman umurnya katanya sama kayak semi full synth, 5000 KM kudu ganti soalnya nguap (kalo mau 10.000 km kudu cek per seribu kilo setelah lewat 5000 KM). Trus harganya nyaris 3x lipat.

Sebenernya oli semi vs full synth selisih banyak ga si om efeknya bagi mesin d4d yang di modify kayak saya? Saya si mau aja keluarin duit lebi banyak kalo memang efeknya memang 2x lebi bagus juga (mesin 2x lebi halus, part2 endure 2x lebih lama, hp dan torsi terjaga sampe lama, dll)

Maap oom turboo tanyaknya banyak abiss.. Kalo si bengkel gw tanyain banyak2 rada males jawabnya :off_good: :big_slap:
Cars have soul.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

akulemu wrote: 1. ATF belom ganti, masi dari pabrikan om. Oli Gardan juga blom ganti. Mesin doang uda ganti semi synth di 5000 KM (lupa merknya skitar 80 rb/liter). Mobil masih 7000 KM. Kata si bengkel 20.000KM aja baru ganti atf ama gardan. Menurut om?

2. ATF dan oli gardan kalo pake full synth apa ga bakal nguap kayak oli mesin om?

3. Benernya saya pingin juga oli mesin full synth cuman umurnya katanya sama kayak semi full synth, 5000 KM kudu ganti soalnya nguap (kalo mau 10.000 km kudu cek per seribu kilo setelah lewat 5000 KM). Trus harganya nyaris 3x lipat.

4. Sebenernya oli semi vs full synth selisih banyak ga si om efeknya bagi mesin d4d yang di modify kayak saya? Saya si mau aja keluarin duit lebi banyak kalo memang efeknya memang 2x lebi bagus juga (mesin 2x lebi halus, part2 endure 2x lebih lama, hp dan torsi terjaga sampe lama, dll)

Maap oom turboo tanyaknya banyak abiss.. Kalo si bengkel gw tanyain banyak2 rada males jawabnya :off_good: :big_slap:
1. Oli Gardan segera ganti, nanti liat aja oli gardannya kayak apa yg keluar :mrgreen:
Kalo ATF nanti ganti di 20 rb Km sih oke, tapi kalo dah 200 Hp en sering bejek better ganti di 15 rb Km

2. Sama sekali tidak

3. Oli Full Synth nguap hanya berlaku utk mobil dan mesin uzur........emang 42ner nya keluaran tahun 1995 yach ?.....heheheheh.....j/k

4. Kalo oli Full Synth gak ada manfaatnya ya ga akan direkomendasikan oleh produsen SuperCar donnkkkk........kayak GT-R 35 oli bawaan pabrik : M1 0W40 :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by akulemu »

Turboman wrote:
1. Oli Gardan segera ganti, nanti liat aja oli gardannya kayak apa yg keluar :mrgreen:
Kalo ATF nanti ganti di 20 rb Km sih oke, tapi kalo dah 200 Hp en sering bejek better ganti di 15 rb Km

2. Sama sekali tidak

3. Oli Full Synth nguap hanya berlaku utk mobil dan mesin uzur........emang 42ner nya keluaran tahun 1995 yach ?.....heheheheh.....j/k

4. Kalo oli Full Synth gak ada manfaatnya ya ga akan direkomendasikan oleh produsen SuperCar donnkkkk........kayak GT-R 35 oli bawaan pabrik : M1 0W40 :mrgreen:
Thanx2 penjelasannya om. Yang tadi merk transgo buat tuning 4 speed maticnya toyota tuh pernah makek om nya sendiri? Dari featurenya sih memang bener semua untuk ngatasin shifting fortie saya. Corrects: Rough shifts when cold, soft shifts, lazy kick down. Reduces TCC Slip/Overheating.

Menarik sekali si kalo emang bisa menghilangkan total bad shifting fortie saya. Pernah denger ada yang pake om??
Cars have soul.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

akulemu wrote:
Menarik sekali si kalo emang bisa menghilangkan total bad shifting fortie saya. Pernah denger ada yang pake om??
http://www.youtube.com/watch?v=D5rfOItpErw&feature=plcp

Ini yg reprogramming Kit tapinya.
* Bukan ajakan Beli *
senoajipringgon
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jul 27, 2012 6:48

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by senoajipringgon »

Gold Pocket wrote:
senoajipringgon wrote:yg bener sih ya tergantung yg bawa aja sih,
saya kemarin pas pulang dari jogja mau kejakarta aja ada ps mau ngejar tapi gak bisa bisa, eh terus saya ngopi orang yg punya psnya juga ikutan ngopi terus orangnya juga bilang gini "wah saya mau ngejar fortuner mas susah banget ya dari tadi gak ke kejar" nah kan udah jelas tuh semua tergantung yang bawa mobilnya :mky_08:
ada 2 kemungkinanan...
1. supir fortuner nya memang jago dan pembalap atau supir pajero nya yang hihihihih....
2. itu fortuner sudah latihan kungfu (baca = dimodif) sehinggga punya tenaga dalam tersembunyi :D

kalau pada poin sama2 standart dan super sama2 jago, mustahil fortuner bisa menang dari pajero sport.

gak usah sama yang dakar deh, sama yang biasa aja itu lewat kok fortunernya.
105HP buat narik body fortuner yang sekitar 1.8 ton itu alamaaakk...
nah iya tuh, supirnya saja yang kurang lihai dalam membawa mobil :wkkk:
fortie yg vnt jadi ke indonesia gak sih?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

senoajipringgon wrote: fortie yg vnt jadi ke indonesia gak sih?
Datang aja jam 1 siang ini ke Epicentrum, ada launching
* Bukan ajakan Beli *
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by mr_mytplx »

wah setelah lihat harga fortuner vnt ini koq harga pasport dakar jd terkesan mahal y...

selisih dari harga dakkar 4x2 yg 441 ama fortuner G/AT yg cuma 397 itu 44jt...dengan duit segitu bisa dibelanjain piggyback,shok dan per untuk kaki2,velg,upgrade rem,ganti saringan udara,ganti downpipe plus knalpot yg bisa membuat tampilan fortie jadi lebih gagah n tenaganya jg nda kalah ma dakkar...

yg susah di samain cuma transmisinya yg 4at vs 5 at... :ungg:

IMHO kl saya mau ambil salah satu dari kedua mobil ini saya akan ambil fortie karena mobil ini lebih bagus value nya...sebelum ada vnt ini sih saya lebih berat ke pasport dakar...he2x.. :big_peace:
User avatar
F-man10
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by F-man10 »

pilihan makin sulit :mky_01: kalo udah gini faktor lain jadi pertimbangan resale value, after sales service, suku cadang, brand image...

saya sih lebih condong ke NGF
FortunerMan

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by FortunerMan »

Tampang jauh lebih ningrat GNF...

Image

Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Nightster Guy »

Kerenan Fortie ke mana2 lah. Ntah knapa kok visual saya ngerasa keganjal tiap ngeliat Pasport, nggak proporsional, kayak perahu dikasih roda.

:wkkk:

Subyektif: Kesan Fortie lebih elitis, jadi mobdin para bupati di daerah hehe.. Plus tipe baknya si Hilux juga sama sekali nggak pasaran nggak jadi fleet kayak Triton, basisnya si Pasport.
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by DOHC »

passport mungkin yg bkin agak janggal ruang spakbor nya... jarak antara fender dan ban itu terlalu besar gap nya... jadi agak gmana gt... musti nya fender agak diturunin dikit... trus tampilan depan nya jgn mirip ama triton... di percantik dikit kaya si fortuner.. ganti grill yg lebi lebar... lampu kasi yg gedean .. cakepp dahh..

btw kalo ane disuru milih antara pasport ama GNF... galau ane... sama2 ane demen bentuk nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by mr_mytplx »

kl menurut saya sih tampilan eksterior pajero sport lumayan gagah...cm yg agak kurang sreg itu bemper belakangnya jadi kl di lihat dari belakang atau samping belakang keliatan jelek untuk warna selain hitam...kl yg warna hitam mendingan...soalnya sewarna dengan bempernya... :mky_03:

Image

kl soal interior saya lebih suka pasport...soalnya selama ini udah pake innova...jd kl masuk ke fortuner rasanya agak bosen gt... :mky_03:

btw nubie penasaran kl ada air intake di atas kap mesin kl kemasukan air hujan gmn y itu... ::maklum nubie nda terlalu paham mesin:: :big_slap:
FortunerMan wrote:-----CUT-----

Image
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by vote42ner »

Nanya dong om turbo: bedanya vnt dan vgt apa seeh om..knapa kok output dari pasport dan fortie beda nya jauhh..makasih
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by marzoochi »

[quote="mr_mytplx"]kl menurut saya sih tampilan eksterior pajero sport lumayan gagah...cm yg agak kurang sreg itu bemper belakangnya jadi kl di lihat dari belakang atau samping belakang keliatan jelek untuk warna selain hitam...kl yg warna hitam mendingan...soalnya sewarna dengan bempernya... :mky_03:

Image

kl soal interior saya lebih suka pasport...soalnya selama ini udah pake innova...jd kl masuk ke fortuner rasanya agak bosen gt... :mky_03:

btw nubie penasaran kl ada air intake di atas kap mesin kl kemasukan air hujan gmn y itu... ::maklum nubie nda terlalu paham mesin:: :big_slap:

lubang di kap mesin untuk aliran udara pendingin turbo intercooler nya boss. jadi kayak pendigin radiator. prinsipnya sama, jadi tidak masalah kalo kemasukan air atau kena hujan, karena toh sirip alumunium pendingin saja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

FortunerMan wrote:Tampang jauh lebih ningrat GNF...

Image
ane tambahin dah

Image
* Bukan ajakan Beli *
FortunerMan

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by FortunerMan »

Pada rame2 bikin hood scoop deh yg punya Fortuner lama wkwkwkwk
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Gold Pocket »

kalau dari penampilan, saya 100% pilih grand new fortuner.
entah kenapa dari awal keluar ini PS, saya gak gitu masuk sama tampangnya.

apa lagi sejak keluar fortuner VNT 142HP. hmm.. kira2 kalau dipasang piggyback (tanpa tambahan lain) bisa naik jadi berapa HP ya itu fortuner?
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
FortunerMan wrote:Tampang jauh lebih ningrat GNF...

Image
ane tambahin dah

Image
kalau gambar yang dikasih om turbo, uda dah, jelas fortuner tampangnya NENGrat :D :D

kalau yang hitam itu 142 HP, sampingnya yang putih berapa ya nomor HP nya? :D :D
FortunerMan

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by FortunerMan »

Gold Pocket wrote:kalau yang hitam itu 142 HP, sampingnya yang putih berapa ya nomor HP nya? :D :D
Beli dulu 142 HP nya... :wkkk: dapatkan SATU nomer HP :wkkk: :wkkk:
kaisez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri May 30, 2008 6:11

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by kaisez »

Bakalan makin laku lg nih fortuner :big_peace:
Jd mau tuker mi ke fortie vnt.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by claude_wallace »

ada foto bagian belakangny tdk ?
lalu selain mesin, ada perbedaan apa lagi nih.