New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by DOHC »

mengenai setir berat... biasa kalo mobil uda jalan agak jauh atau uda bertaon2 ga diganti minyak power steeringnya, ini jg bisa ngaruh dikit ke berat puteran setirnya... (ilmu dari bro mario tisu basah, kepala mekanik senior astra)... solusi nya kalo mnurut beliau sehh di kuras aja..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by VanzMatic »

Kalo boleh nitip tanya, yang depan belakang aja skalian om...
:mky_01:

Matur tengkaiu sebelumnya...
:mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by iamwewe »

And45 wrote: 220 K per hari? banyak amat :big_slap: punya saya aj uda 6 bulan baru 7000-an KM.
soal suara angin, pas baru jg ga gitu terasa, tapi sekarang ud terasa jelas...
setir berat tpi kan pas ngebut ga tralu ringan :p
solusinya pas jalan dikit baru diputer terasa ringan ko...
iamwewe wrote:apa perlu saya upgrade ke brembo aja ya hahaha.. btw om mod, kalo setir yg terasa berat, bnr gk sih? apa cuma saya aja yg ngerasanya gitu? ada ide gk ya gimana supaya setirnya gk seberat standarnya? kemaren bawa lari 120km/h, mobil stabil, RPM cuma 2.500 aja, suaranya dari luar gk gitu kdengeran juga.. :mky_02:
120 km/h cma 2500 RPM? ko yg manual ud ampir 3000 ya? :big_slap:
salam newbie
kan langsung dijajal ke bandung hahaha.. yeap.. 120km/h cuma 2500rpm, ini dipastikan bnr.. soalnya kmrn larinya dipantengin 120 di tol.. stabil banget dah, asal jgn dibuat zigzagging or pindah2 lajur ala hatchback aja :big_slap: kalo soal RPM yg rendah dibanding manual, kayanya sih ini ada hubungannya dgn perbedaan torsi deh antara manual vs maticnya si diesel..

anu.. soal setir.. saya selalu puter pas posisi mobil smbari jalan kok, tujuannya sih ya selain supaaya pow steering gk bekerja keras ya supaya bannya lebih awet aja.. cuma mgkn pada dasarnya setir ini agak berat aja (menurut saya pribadi aja ini).

kalo smua faktor2 yg menentukan fuel consnya dibuat sama antara inova diesel dan bensin, harusnya diesel lebih irit.. curhat aja, inova 2.0 V a/t temen isi shell, rute kombinasi jakarta hanya 1:7an dapetnya.. kalo diesel om and bisa dapet 1:8an, itu udh selisih 1 km/liter.. tapi balik lagi kan, faktor yg menentukan fuel consnya kan beda2..
And45
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Tue May 31, 2011 8:56

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by And45 »

iamwewe wrote:
And45 wrote: 220 K per hari? banyak amat :big_slap: punya saya aj uda 6 bulan baru 7000-an KM.
soal suara angin, pas baru jg ga gitu terasa, tapi sekarang ud terasa jelas...
setir berat tpi kan pas ngebut ga tralu ringan :p
solusinya pas jalan dikit baru diputer terasa ringan ko...
iamwewe wrote:apa perlu saya upgrade ke brembo aja ya hahaha.. btw om mod, kalo setir yg terasa berat, bnr gk sih? apa cuma saya aja yg ngerasanya gitu? ada ide gk ya gimana supaya setirnya gk seberat standarnya? kemaren bawa lari 120km/h, mobil stabil, RPM cuma 2.500 aja, suaranya dari luar gk gitu kdengeran juga.. :mky_02:
120 km/h cma 2500 RPM? ko yg manual ud ampir 3000 ya? :big_slap:
salam newbie
kan langsung dijajal ke bandung hahaha.. yeap.. 120km/h cuma 2500rpm, ini dipastikan bnr.. soalnya kmrn larinya dipantengin 120 di tol.. stabil banget dah, asal jgn dibuat zigzagging or pindah2 lajur ala hatchback aja :big_slap: kalo soal RPM yg rendah dibanding manual, kayanya sih ini ada hubungannya dgn perbedaan torsi deh antara manual vs maticnya si diesel..

anu.. soal setir.. saya selalu puter pas posisi mobil smbari jalan kok, tujuannya sih ya selain supaaya pow steering gk bekerja keras ya supaya bannya lebih awet aja.. cuma mgkn pada dasarnya setir ini agak berat aja (menurut saya pribadi aja ini).

kalo smua faktor2 yg menentukan fuel consnya dibuat sama antara inova diesel dan bensin, harusnya diesel lebih irit.. curhat aja, inova 2.0 V a/t temen isi shell, rute kombinasi jakarta hanya 1:7an dapetnya.. kalo diesel om and bisa dapet 1:8an, itu udh selisih 1 km/liter.. tapi balik lagi kan, faktor yg menentukan fuel consnya kan beda2..
wih, mobilnya ud ke bandung.... :big_slap:
klo stabil sih asal jalanya mulus ya stabil" aj, kalu jalan rusak, mual dah... :big_slap:
torsi matic klo ga salah lbi besar ya dibanding manual?
klo setau saya, pas berhenti berat... tpi, kalau ud jalan sedikit biasa jauh lebih ringan...
dulu saya jg perna sewa innova bensin baik mt(e) atau at(g), tetapi 2"nya sekitar 1:7 jg...
CMIIW
ditunggu om konsumsi bahan bakarnya.
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

And45 wrote:
donnyng wrote:hi...ane adalah pengguna Grand New Ipah G AT th. 2012 - walaupun konsumsi bbm-nya kurang ekonomis, namun so far ane cukup menyukai mobil ane karena:
1. masih baru :big_peace:
2. Akomodasi-nya cukup baik :mky_02:
3. Mesin cukup bertenaga
4. AC dingin, double blower fitur plus
5. suspensi cukup bikin nyaman karena empuk
6. handling cukup baik
7. stabilitas baik, terutama di kecepatan tinggi
8. service Auto2000 yang cukup baik (baru 1000 km)
9. model cukup menawan
10. Katanya resale value-nya sangat baik (belum berniat upgrade saat ini)

Terima Kasih. :big_peace:
hai om, sesama pengguna innova 2012, tpi saya V MT.
konsumsinya berapa om? saya sekitar 8.3kpl campuran (diesel)
trus om merasakan ga ya suara angin yg tembus dari sela" pintu? perasaan saya ko keras sekali
trus rem-nya terasa enak ga ya? saya merasa aga sedikit kurang :big_slap:
salam newbie
Salam newbie dan penunggang ipah 2012... fuel consumption-nya memang sangat mencengangkan... rata2 1:7 lah di dalkot DKI yg menyeramkan (punya ane bensin 2.0), mengenai suara angin, ngga ada tuh, senyap2 aja...rem-nya terasa ok ok aja, ane ngga pernah ngebut2 gimana sih (emang ngga bisa ngebut di dalkot jakarta), pernah ngerem mendadak, but things are still under control, mungkin type V kan menggunakan ABS, jadi emang harus agak diBEJEK oom...biar ABS-nya bekerja, jangan malu2 kakinya oom (itu yg ane tau ya, cmiiw) :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by DOHC »

ini ipah bensin... mau versi euro ampe non euro... FC nya sama aja yahh... yg manual dalkot cuman 1:7... yg matic cuman 1:6.... buat apa bkin euro euro an sgala kalo gt... :off_bored: :off_bored:

tp aneh nya, knpa di milis ama forum tetangga, bisa ada yg dapet 1:10 utk dalkot yahh.. ngaku nya masi standard lagi...

kalo di ipah non euro sehh masi enak, ntuh stelan AFR bisa di maen2in... tapi kalo yg uda euro.. gigit jari doank..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

DOHC wrote:ini ipah bensin... mau versi euro ampe non euro... FC nya sama aja yahh... yg manual dalkot cuman 1:7... yg matic cuman 1:6.... buat apa bkin euro euro an sgala kalo gt... :off_bored: :off_bored:

tp aneh nya, knpa di milis ama forum tetangga, bisa ada yg dapet 1:10 utk dalkot yahh.. ngaku nya masi standard lagi...

kalo di ipah non euro sehh masi enak, ntuh stelan AFR bisa di maen2in... tapi kalo yg uda euro.. gigit jari doank..
oom DOHC, sampai saat ini ane masih ngisinya bensin premium, belum pernah nyobain full pertamax, katanya ngisi full pertamax bisa improve FC-nya, tapi sampai detik ini belum ada (dari lubuk hati yg paling dalam) untuk ngisi pertamax (MAHAAAAALLLL) di ipah ane... dan euro-euro an ini sbenarnya lebih ke standar emisi-nya, jadi lebih ramah lingkungan gitu lah, imho... tapi providing ngisi-nya ngga bole premium, tapi harus pertamax, jadi sampai detik ini ane masih belum meng-utilisasi-kan ipah ane dengan optimal... salam newbie :frm_salut:
And45
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Tue May 31, 2011 8:56

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by And45 »

donnyng wrote:
And45 wrote:
donnyng wrote:hi...ane adalah pengguna Grand New Ipah G AT th. 2012 - walaupun konsumsi bbm-nya kurang ekonomis, namun so far ane cukup menyukai mobil ane karena:
1. masih baru :big_peace:
2. Akomodasi-nya cukup baik :mky_02:
3. Mesin cukup bertenaga
4. AC dingin, double blower fitur plus
5. suspensi cukup bikin nyaman karena empuk
6. handling cukup baik
7. stabilitas baik, terutama di kecepatan tinggi
8. service Auto2000 yang cukup baik (baru 1000 km)
9. model cukup menawan
10. Katanya resale value-nya sangat baik (belum berniat upgrade saat ini)

Terima Kasih. :big_peace:
hai om, sesama pengguna innova 2012, tpi saya V MT.
konsumsinya berapa om? saya sekitar 8.3kpl campuran (diesel)
trus om merasakan ga ya suara angin yg tembus dari sela" pintu? perasaan saya ko keras sekali
trus rem-nya terasa enak ga ya? saya merasa aga sedikit kurang :big_slap:
salam newbie
Salam newbie dan penunggang ipah 2012... fuel consumption-nya memang sangat mencengangkan... rata2 1:7 lah di dalkot DKI yg menyeramkan (punya ane bensin 2.0), mengenai suara angin, ngga ada tuh, senyap2 aja...rem-nya terasa ok ok aja, ane ngga pernah ngebut2 gimana sih (emang ngga bisa ngebut di dalkot jakarta), pernah ngerem mendadak, but things are still under control, mungkin type V kan menggunakan ABS, jadi emang harus agak diBEJEK oom...biar ABS-nya bekerja, jangan malu2 kakinya oom (itu yg ane tau ya, cmiiw) :big_peace:
hai jg om, sesama newbie dan penunggang ipah 2012.
ud brapa lama om mobilnya?
klo punya saya baru" ini terasa suara kerasnya (usia-6 bulan)
kalau rem memang sepertinga solusinya dibejek ya, tapi saya masi belum terbiasa dan maunya rem pelan" saja :big_slap:
punya om tipe V juga ya... panel kayu di stirnya baret ga ya? punya saya ko baret parah gtu... sepertinya si gara" bergesekan dengan cincin :big_slap: :curcoldikit:
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

hai jg om, sesama newbie dan penunggang ipah 2012.
ud brapa lama om mobilnya?
klo punya saya baru" ini terasa suara kerasnya (usia-6 bulan)
kalau rem memang sepertinga solusinya dibejek ya, tapi saya masi belum terbiasa dan maunya rem pelan" saja :big_slap:
punya om tipe V juga ya... panel kayu di stirnya baret ga ya? punya saya ko baret parah gtu... sepertinya si gara" bergesekan dengan cincin :big_slap: :curcoldikit:[/quote]

ane pengguna baru sebulan oom (Jun 2012 mobilnya dateng)... so far masih ok ok aja nih om, kerasnya suara angin mungkin belum begitu kerasa ya...ane pake type G AT sesuai judul di atas (jd ngga pake setir V yg ada wood panel-nya)... ya kalo soal ABS, katanya ngga usah malu2 nge-BEJEK-nya, karena ABS sudah didesain sedemikian rupa systemnya untuk dibejek dan dia akan menyesuaikan tekanan ke kaliper rem supaya pengereman lebih optimum, tapi jangan terlalu sadis juga ngebejek-nya, liat sikon jalannya lah ya...kalo lagi hujan badai dan banyak genangan, ya hati2 aja gitu oom :frm_salut:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by iamwewe »

kalo innova std 10km/L rute dalkot jakarta sih saya yakin hoax deh..

buat om and45, saya nggak bisa review FC nya nih.. ini mobil daily use bokap, bokap nggak akan kerajinan itung full to full gitu.. saya mah cuma berani minjem mobil ini kalo udh diisi full tank aja.. mobil sehari-hari saya mazda2, disesuaikan dgn jiwanya yg masih muda :mky_01:

om donny, kalo diisi pertamax pasti FCnya improve, walaupun nggak sampe signifikan gimana.. intinya kalo dilihat dari liter/kilometer, pasti pertamax is better than premium.. tapi kalo dilihat dari rupiah/kilometer, ini udah pasti premium jauh meninggalkan lawan2nya hahaha..
And45
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Tue May 31, 2011 8:56

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by And45 »

donnyng wrote:hai jg om, sesama newbie dan penunggang ipah 2012.
ud brapa lama om mobilnya?
klo punya saya baru" ini terasa suara kerasnya (usia-6 bulan)
kalau rem memang sepertinga solusinya dibejek ya, tapi saya masi belum terbiasa dan maunya rem pelan" saja :big_slap:
punya om tipe V juga ya... panel kayu di stirnya baret ga ya? punya saya ko baret parah gtu... sepertinya si gara" bergesekan dengan cincin :big_slap: :curcoldikit:
ane pengguna baru sebulan oom (Jun 2012 mobilnya dateng)... so far masih ok ok aja nih om, kerasnya suara angin mungkin belum begitu kerasa ya...ane pake type G AT sesuai judul di atas (jd ngga pake setir V yg ada wood panel-nya)... ya kalo soal ABS, katanya ngga usah malu2 nge-BEJEK-nya, karena ABS sudah didesain sedemikian rupa systemnya untuk dibejek dan dia akan menyesuaikan tekanan ke kaliper rem supaya pengereman lebih optimum, tapi jangan terlalu sadis juga ngebejek-nya, liat sikon jalannya lah ya...kalo lagi hujan badai dan banyak genangan, ya hati2 aja gitu oom :frm_salut:[/quote]
si om nulis ABS sih, makanya saya pikir punya om tipe V jg :big_slap:
ya si... tapi, perlambatan mobil tidak terasa mantapp.. jadi, kalau dibejek, akan terasa loss dulu baru rem-nya mengigit gtu...
iamwewe wrote:kalo innova std 10km/L rute dalkot jakarta sih saya yakin hoax deh..

buat om and45, saya nggak bisa review FC nya nih.. ini mobil daily use bokap, bokap nggak akan kerajinan itung full to full gitu.. saya mah cuma berani minjem mobil ini kalo udh diisi full tank aja.. mobil sehari-hari saya mazda2, disesuaikan dgn jiwanya yg masih muda :mky_01:

om donny, kalo diisi pertamax pasti FCnya improve, walaupun nggak sampe signifikan gimana.. intinya kalo dilihat dari liter/kilometer, pasti pertamax is better than premium.. tapi kalo dilihat dari rupiah/kilometer, ini udah pasti premium jauh meninggalkan lawan2nya hahaha..
wkwk, sayang skali ya gabsa itung FC....
mazda 2 kan sempit (bagi saya :big_slap: ) ; walaupun saya masi muda jg...
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by iamwewe »

iya.. padahal saya penasaran banget FCnya gimana nih A/T d4d.. nanti kalo ada kesempetan tukeran mobil seminggu sama bokap deh, baru bisa itung FC.. oot sdkt, emang kalo mau cari mobil level HB tapi yg lega, disarankan honda jazz deh.. kalo ngincer zoom-zoom dan fun to drive baru deh mazda2 haha..
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

yup...sebenarnya ane sangat penasaran dengan performance FC-nya AT d4d innova kalau diisi dengan solar busuk kayak biodiesel, kalo bensin sih udah pasti mendingan pake premium kalau merhatiin rupiah to per liter-nya, ane sangat yakin kok, dalam waktu 10 tahun, mesin innova ane akan baik2 aja (dengan catatan perawatannya rutin dan serahkan pada ahlinya atoyot di a2k hehe)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

iamwewe wrote: inova 2.0 V a/t temen isi shell, rute kombinasi jakarta hanya 1:7an dapetnya.. kalo diesel om and bisa dapet 1:8an, itu udh selisih 1 km/liter..
Tapi fun to drive Factornya kalo dah sama2 di tune bisa beda bumi - langit

Kons BBM VVT-i 2.0 Matic std utk dalkot kira-kira sama dgn D4 D Matic yg udah kelas 350 Hp dimana nozzle Injector dah ganti, report dr teman yg punya Ipah D4 D 350 Hp / VVT-i 2.7 dan VVT-i 2.0
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
iamwewe wrote: inova 2.0 V a/t temen isi shell, rute kombinasi jakarta hanya 1:7an dapetnya.. kalo diesel om and bisa dapet 1:8an, itu udh selisih 1 km/liter..
Tapi fun to drive Factornya kalo dah sama2 di tune bisa beda bumi - langit

Kons BBM VVT-i 2.0 Matic std utk dalkot kira-kira sama dgn D4 D Matic yg udah kelas 350 Hp dimana nozzle Injector dah ganti, report dr teman yg punya Ipah D4 D 350 Hp / VVT-i 2.7 dan VVT-i 2.0
Maksudnya oom Turboman.. yang mana nih yg lebih fun to drive sehabis di tune? Apakah d4d? sampai saat ini apakah ada tune-up yang paten untuk meningkatkan performa VVT-i dan improve FC-nya ipah bensin? (lama2 stress jg nih ama FC-nya ipah bensin ane) hehehe
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by v4ldi5 »

Ada yang pernah ngitung gak selisih harga mesin bensin dengan diesel, kalo dibelikan solar tuh bisa dapet berapa liter?
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

v4ldi5 wrote:Ada yang pernah ngitung gak selisih harga mesin bensin dengan diesel, kalo dibelikan solar tuh bisa dapet berapa liter?
seharusnya dihitung ke mesin bensin karena ipah bensin lebih murah drpd diesel, jadi kalau selisih ipah bensin dan ipah diesel adalah 15jt, sedangkan premium di angka 4500 / ltr, maka akan total akan didapat 3,333 liter bensin dengan selisih harga tsb, apabila FC ipah bensin di angka 1;7, maka didapatkan extra 23,331 km atau sekitar setahunan extra mileage dengan bensin - saya masih pikir dengan perawatan yang lebih mudah dan murah, dan biaya tahunan yang lebih ringan (sedikit) dan kebersihan mesin bensin, mesin bensin ipah akan tetap diminati, walau torsi-nya kalah dengan diesel. Again, apabila ada penemuan2 yang sensasional ttg bagaimana lebih meningkatkan performa mesin bensin ipah (dalam segi torsi dan FC) - ipah bensin akan sangat diminati, providing harga ipah bensin akan tetap lebih murah dari ipah diesel ya untuk kedepannya (IMHO)
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by iamwewe »

betul itung2an om donny.. kalo innova diesel pasti lebih irit dari yg bensin, tapi harus diingat jg kompensasi awalnya kan beli diesel lbh mahal dari bensin.. jadi saran saya sih, kalo emang innovanya jarang dipake, mending tetep beli bensin.. kalo innova sering dipake, beli yg diesel.. seiring dgn waktu ntar mencapai 'BEP dlm hal kompensasi BBM vs selisih harga beli awal', dan nanti nya akan jauh lbh menguntungkan daripada bensin dlm hal fuel cons dan perawatan mesin..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote:
1. Maksudnya oom Turboman.. yang mana nih yg lebih fun to drive sehabis di tune? Apakah d4d?

2. sampai saat ini apakah ada tune-up yang paten untuk meningkatkan performa VVT-i dan improve FC-nya ipah bensin? (lama2 stress jg nih ama FC-nya ipah bensin ane) hehehe
1. Jelas yang Torsinya lebih besar @RPM rendah :mrgreen:

2. Utk performa 1TR-FE tunggu aja sebentar lagi ada Turbo Kit dari AXT - HotBits, Plug n Play, Power konon naik sekitar 50% (BBM RON 95), kit lengkap dgn Intercooler / BoV / Exhaust sistem kumplit / High volume Injectors / piping / silicone hose / Intake sistem kumplit & Piggyback. Tapi ini utk performa ya

Nanti bisa test drive mobil demo-nya kalo sudah terpasang.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote:Again, apabila ada penemuan2 yang sensasional ttg bagaimana lebih meningkatkan performa mesin bensin ipah (dalam segi torsi dan FC) - ipah bensin akan sangat diminati, providing harga ipah bensin akan tetap lebih murah dari ipah diesel ya untuk kedepannya (IMHO)
Tunggu Turbo kit AXT - HotBits, Plug n Play & Proven, khusus utk 1TR-FE.

Tapi result karakter tetap beda ama D4 D ya, 1TR-FE turbo kuatnya dominan di RPM tengah - tinggi, walau memang bawahnya juga improve dibanding kondisi Std.

Konon nanti kit akan dijual Turbo kit set-nya aja atau lengkap dengan exhaust sampai belakang.

Utk performa optimal BBM pakai RON 95 (Premium Tidak Boleh lagi)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote:Again, apabila ada penemuan2 yang sensasional ttg bagaimana lebih meningkatkan performa mesin bensin ipah (dalam segi torsi dan FC) - ipah bensin akan sangat diminati, providing harga ipah bensin akan tetap lebih murah dari ipah diesel ya untuk kedepannya (IMHO)
Tunggu Turbo kit AXT - HotBits, Plug n Play & Proven, khusus utk 1TR-FE.

Tapi result karakter tetap beda ama D4 D ya, 1TR-FE turbo kuatnya dominan di RPM tengah - tinggi, walau memang bawahnya juga improve dibanding kondisi Std.

Konon nanti kit akan dijual Turbo kit set-nya aja atau lengkap dengan exhaust sampai belakang.

Utk performa optimal BBM pakai RON 95 (Premium Tidak Boleh lagi)
bro turboman.. apakah ada informasi harga turbo kit ini? lalu bagaimana dengan FC-nya apabila menggunakan BBM RON 95, apakah sudah ada coba? mohon inpoh :angel:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: bro turboman.. apakah ada informasi harga turbo kit ini? lalu bagaimana dengan FC-nya apabila menggunakan BBM RON 95, apakah sudah ada coba? mohon inpoh
Dengar2 estimasi harga sekitar 34 - 35 jt., dari item2 yg ane sebut di atas ini tanpa exhaust full sets, tapi sepertinya Down pipe dah termasuk.

Bisa juga dibeli tanpa Piggyback, jadi harga dipotong lagi en kita bisa pilih Piggyback sendiri asalkan sesuai dengan guideline si pembuat Turbo.

Utk FC sih kalo Gasoline dah pake Turbo ya gak akan lebih irit, karena Injector diganti ukuran lebih besar utk ngejar AFR, tetapi Fun To Drive factor pasti jauh lebih baik dan dengan selisih BBM yg mungkin sedikit lebih boros tapi Output Powernya jauh lebih besar :mrgreen:

Kons BBM nanti akan tergantung gaya nyetir kita juga
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: bro turboman.. apakah ada informasi harga turbo kit ini? lalu bagaimana dengan FC-nya apabila menggunakan BBM RON 95, apakah sudah ada coba? mohon inpoh
Dengar2 estimasi harga sekitar 34 - 35 jt., dari item2 yg ane sebut di atas ini tanpa exhaust full sets, tapi sepertinya Down pipe dah termasuk.

Bisa juga dibeli tanpa Piggyback, jadi harga dipotong lagi en kita bisa pilih Piggyback sendiri asalkan sesuai dengan guideline si pembuat Turbo.

Utk FC sih kalo Gasoline dah pake Turbo ya gak akan lebih irit, karena Injector diganti ukuran lebih besar utk ngejar AFR, tetapi Fun To Drive factor pasti jauh lebih baik dan dengan selisih BBM yg mungkin sedikit lebih boros tapi Output Powernya jauh lebih besar :mrgreen:

Kons BBM nanti akan tergantung gaya nyetir kita juga
Wow, terima kasih atas inpoh-nya bro Turboman, sepertinya untuk ngutak ngatik sampe 40jutaan masih belum berani deh :big_peace: tapi nanti kalo ada rezeki, mungkin bisa dicoba jg tapi dengan paket lain yg lebih ekonomis, mgkn start dengan air filter dan exhaust / muffler kit dulu hehe... bro ada inpoh air filter yang baik ngga? (untuk ningkatin tenaga dan FC) berapa ya biayanya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: Wow, terima kasih atas inpoh-nya bro Turboman, sepertinya untuk ngutak ngatik sampe 40jutaan masih belum berani deh :big_peace: tapi nanti kalo ada rezeki, mungkin bisa dicoba jg tapi dengan paket lain yg lebih ekonomis, mgkn start dengan air filter dan exhaust / muffler kit dulu hehe... bro ada inpoh air filter yang baik ngga? (untuk ningkatin tenaga dan FC) berapa ya biayanya?
ya memang begitulah........buat pasang Turbo / Supercharger di mesin bensin non Turbo mmg gak murah, karena banyak sekali komponen yg harus ikut serta dirubah.

Supercharger kit set utk Alphard 2.4 aja konon harga bisa 55 jt., itupun tanpa Intercooler.

Kalo D4 D karena std-nya sudah ada Turbo, install ECU Shop Cube yg harga 3,5 jt + Down Pipe Budi 950 rb + JFC air filter aja dgn mudah masuk 135 - 140 Hp dan 330 - 340 Nm, naik 35 - 40% dr kondisi std., karena AFR Diesel yg flexible, lebih mudah di tune drpd Bensin yg hrs mempertahankan di lambda sekitar 1.

Kalo utk bensin teknik yg bisa dicoba :
- Piggyback
- AIC (Active Intercooler), sekitar 2,4 - 2,5 jt.
- Exhaust sistem set (Header sampai belakang), boleh consider HotBits punya krn Plug n Play, di develop scr teliti dgn uji Dyno. Header sampai tengah konon sekitar 5 jt, kalo komplit sampai belakang sekitar 9,5 jt.
- Busi Halo
- Coil High Power
- Oli 5W30 Full synthetic

Exhaust-nya si HotBits mmg gak murah, tapi mrk develop gak sembarangan, mereka punya Ipah bensin yang dijadikan "Test Bed" utk pengembangan exhaust system & selama pengembangan selalu di test di Dyno utk analisa Grafik Powerband-nya.

*Bukan sales HotBits*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: Wow, terima kasih atas inpoh-nya bro Turboman, sepertinya untuk ngutak ngatik sampe 40jutaan masih belum berani deh :big_peace: tapi nanti kalo ada rezeki, mungkin bisa dicoba jg tapi dengan paket lain yg lebih ekonomis, mgkn start dengan air filter dan exhaust / muffler kit dulu hehe... bro ada inpoh air filter yang baik ngga? (untuk ningkatin tenaga dan FC) berapa ya biayanya?
ya memang begitulah........buat pasang Turbo / Supercharger di mesin bensin non Turbo mmg gak murah, karena banyak sekali komponen yg harus ikut serta dirubah.

Supercharger kit set utk Alphard 2.4 aja konon harga bisa 55 jt., itupun tanpa Intercooler.

Kalo D4 D karena std-nya sudah ada Turbo, install ECU Shop Cube yg harga 3,5 jt + Down Pipe Budi 950 rb + JFC air filter aja dgn mudah masuk 135 - 140 Hp dan 330 - 340 Nm, naik 35 - 40% dr kondisi std., karena AFR Diesel yg flexible, lebih mudah di tune drpd Bensin yg hrs mempertahankan di lambda sekitar 1.

Kalo utk bensin teknik yg bisa dicoba :
- Piggyback
- AIC (Active Intercooler), sekitar 2,4 - 2,5 jt.
- Exhaust sistem set (Header sampai belakang), boleh consider HotBits punya krn Plug n Play, di develop scr teliti dgn uji Dyno. Header sampai tengah konon sekitar 5 jt, kalo komplit sampai belakang sekitar 9,5 jt.
- Busi Halo
- Coil High Power
- Oli 5W30 Full synthetic

Exhaust-nya si HotBits mmg gak murah, tapi mrk develop gak sembarangan, mereka punya Ipah bensin yang dijadikan "Test Bed" utk pengembangan exhaust system & selama pengembangan selalu di test di Dyno utk analisa Grafik Powerband-nya.

*Bukan sales HotBits*
wow.. ok harusnya banyak sekali yang bisa "digarap" tapi kepunyaan ane adalah ipah bensin 2.0 - ane bukan hanya ingin performance-nya naik (secara power / torque), tapi ane jg sangat concern mengenai FC yang baik...

intercooler active, itu plug and play? bukannya setau ane intercooler itu dipasangkan apabila ada turbo yang terpasang?

Bagaimana dengan air filter bro Turboman? Apakah itu akan improve performance (plus FC)? Karena ane sering denger ttg K&N air filter, sorry ane awam banget mengenai hal 'menggarap' engine / power :D