SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 18 Apr 2014, 15:02

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 21 posts ] 
Author Message
 Post subject: Serba-serbi Minyak Rem
PostMessage posted...: 28 Jun 2011, 19:26 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Perkenankan nubie membuka tret baru, karena sangat ingin mengetahui info2 dlm dunia otomotif..
Kebanyakan didalam forum otomotif membahas fluida semacam oli mesin, oli ATF, radiator coolant, etc.
Sedangkan minyak rem jarang dibahas karena minyak rem sendiri umurnya sangat panjang & tidak begitu terasa perbedaan antara yg satu dgn yg lainnya. Padahal disadari atau tidak, minyak rem juga merupakan fluida penting dalam sistem rem mobil.
Walaupun harganya murah, tapi minyak rem memiliki fungsi yg sangat vital, bahkan lebih vital drpd oli mesin.
Minyak rem sendiri dibagi berdasarkan kandungan (glycol-based / silicone-based) dan standard DOT (Departement Of Transportation USA). Dan saat ini banyak sekali produsen oli yg juga ikut2an memproduksi minyak rem, baik itu DOT3 ataupun DOT4.
Yang nubie ingin tanyakan;
1. Apakah tidak ada standard khusus mengenai kualitas minyak rem? Sebagai perbandingan pada oli ada stadard API service dan JASO.
2. Bagaimanakah ciri2 minyak rem yg bagus, apakah bisa dilihat dr kekentalan dan warnanya saja?
Mungkin master2 disini bisa menjelaskan perbedaan2 antara minyak rem yg berkualitas tinggi dgn minyak rem yg kualitasnya rendah. Karena saya heran jg, ada minyak rem seharga 10rb, tp ada juga minyak rem dr produsen oli terkenal seharga 50rb ke atas..
:thanks:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jun 2011, 20:51 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6032
Location: almost there...
belom bisa kasih komen...
cuman sharing aja, sekarang pakai minyak rem conoco, sudah setahun lebih dan waktunya kuras:
Image
Image
mungkin ada yg pake barang se-merk?

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 01:25 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9116
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
menarik!!
betul sekali oom badak, walaupun mempunyai peran yg sangat vital, namun di lapangan masih merupakan barang yg kurang diperhatikan..........
sy juga sama, klo utk oli mesin sudah memiliki merk2 dan spek tertentu utk dijadikan pegangan dalam memilih, lain hal nya dengan minyak rem (selain DOT nya aja), terus terang saya sendiri juga sdh lupa terakhir pakai minyak rem merk apa :oops: :ungg:

hal2 yg diketahui sehubungan minyak rem jg tdk terlalu banyak pembahasan nya, di bandingkan misal nya tentang oli mesin. Hampir mirip dengan oli power steering.

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 06:42 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2985
kalo ane selami ini pake patokan DOT aja, yang ane pake itu DOT 3 Merek Shell.

selain DOT 3 yang ane tau ada juga DOT 4. yang dimana perbedaannya hanyalah pada ketahanan panas minyak rem itu sendiri.

CMIIW

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 07:11 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Posts: 8713
Location: smi, bdg, jawa barat
sy mah pake minyak rem toyota............ ga tau merk apaan........

_________________
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 07:24 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Sebenernya yg saya ingin tau lebih drpd merk itu sendiri. Tapi perbedaan & spec drpd merk2 yg beredar dipasaran. Selama ini dipasaran minyak rem didominasi merk Prest*n*, tanpa kita tahu keunggulan & kandungan didalamnya. Sementara itu dipasaran semakin banyak dibanjiri merk2 baru dgn harga & kualitas unknown. Bisa dipastikan produsen oli sekarang jg msmbuat minyak rem.
Susahnya, tidak ada standard baku mengenai kualitas minyak rem yg tercantum dikemasan & apa aja kandungannya. Akhirnya muncul berbagai macam merk & harga minyak rem dipasaran.
Mungkin rekan2 yg mengerti hal teknisnya bisa dishare, krn hal ini cukup berguna drpd saling meledek antar member :D

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 07:28 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2985
wuahhh kalo bicara kandungan minyak rem mah ane gk faham.

kalo kandungan ............ hmmmm.. :e-think: :e-think:

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 19:34 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7320
AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1

Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid

DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)

Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.

DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.

Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jun 2011, 20:39 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12854
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
om turbo... mau nanya donk... kan mobil2 skrg biasanya utk minyak kopling dan minyak rem jadi satu reservoir tuh... nah kira2 ada perbedaan ga kalo pake dot 3 atau 4 gt...

dan sdikit oot neh om.. kalo ane mau kuras minyak kopling ipah, dmana yahh.. scara kalo kuras minyak rem.. kayanya yg bagian jalur pipa yg kopling kaga kena terkuras jg tuh...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 08:40 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1332
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
@om turboman : om, kalo DOT 2 gimana om?
di motor kalo gak salah pake yg DOT 2 / DOT 3 ya?

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 08:56 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
@Andrian: Standard DOT cmn mengukur titik didih dr minyak rem bro. Aku blm pernah tau kl DOT2. Yg umum dipake DOT3, kemudian DOT4 di racing, dan 5.1 di mbl dgn sistem ABS+EBD.

Yg kita tidak ketahui adalah spec kualitas masing2 merk, knapa ada yg seharga 10rb tp ada jg yg seharga 50rb. Kalo cmn berdasarkan DOT mestinya gak ada bedanya antara minyak rem hrg murah dgn yg mahal..

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 09:07 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12508
Location: in your heart
Turboman wrote:
AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1

Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid

DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)

Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.

DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.

Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.


higroskopis itu apaan ya? :e-think:

ane sih selama ini pake DOT3 untuk SL... pake merk sieken putih...
nah satu lagi, bedanya warna merah dan putih apaan ya? dicampur merah dan putih boleh kah? :e-think:
:thanks:

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 09:07 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1332
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
@badak : maksudny makin tinggi DOT makin gimana bro? ane beneran blom paham nih. :ungg:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 09:28 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
@pak kopat: Kalo gak salah higroskopis itu daya serap air, yg mana jd kelemahan minyak rem. Merah & putih gak boleh dicampur om, kl dicampur pst jebol karet rem nya. CMIIW.

@Andrian: makin tinggi DOT makin tinggi titik didihnya. Jadi lebih tahan thd kerja rem yg berat. CMIIW lg..

Ini gw yg pgn tanya koq mlh jd yg jawab ya :e-doh:

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 09:40 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7320
Kalo ane sih beli minyak rem dari trusted producer aja dah......

So far yg ane pernah pake :
- Shell DOT 4 (sampe skg), terbukti ramah thd karet2
- Igol / Motul DOT 5.1 di Panther LS AT dulu, juga ramah thd karet2.

Kalo buat minyak kopling di ToKiDies ane pake Shell DOT 3, dimana gak butuh performa khusus.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 11:34 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12508
Location: in your heart
benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 11:52 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7320
maskopat wrote:
benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:


DOT 3 lebih ramah

Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.

Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 13:25 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1332
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
minyak rem buat mobil gak apa2 kan dipeke ke motor (sama2 DOT 3)?

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jun 2011, 15:23 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12508
Location: in your heart
Turboman wrote:
maskopat wrote:
benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:


DOT 3 lebih ramah

Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.

Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.

terima kasih om turbo untuk penjelasannya... sangat bermanfaat.
jadi untuk SL ane, ane akan tetap ke DOT3 aja dulu...

nah, kalo warna, bedanya merah dan putih apa ya? katanya sama aja? :e-think:

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Feb 2012, 13:27 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
hari gini dmana pabrikan mobil umumnya jg udah ngeluarin/ngelabelin produk2 minyak dan oli....

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Feb 2012, 12:22 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 7918
Location: Kebayoran Lama
terakhir ganti bbrp bulan yg lalu, itu jg sekalian ganti master rem. pakai yg warna bening. tp merknya lupa, prestone dot 3 kalu ga salah. tp efeknya ga jelas juga, soalnya barengan dgn ganti master rem. jd pastinya jelas lebih baik dibanding sebelumnya.

:mky_01:

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 21 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 20 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group