catalicy converter tanya bisa dilepas ngak yah

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

catalicy converter tanya bisa dilepas ngak yah

Post by mpoezz »

ada yang tau tentang catalic converter

punya saya honda fit kan ada cc nya sama adik saya di beri premium aja udah hampir 2 tahun sekarang kalo jalan pelan jalan kota gitu ada nendang di rpm rendah njut njut tan tapi kadang2 aja.
saya takut nya pengaruh dari CC ini.

bisa ngak yah dilepas jadi kan bisa pake premium terus.
ada pengaruh nya ngak yah ama mesin.

terimakasih atas jawaban nya di tunggu secepatnya lo.
QiuQiu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54

Post by QiuQiu »

bisa saja bawa ke bengkel honda (resmi) untuk di-bypass.
Wo tidak yakin apakah cc sudah rusak, karena sepengetahuan wo premium kalau di jakarta sudah tanpa timbal.
Untuk memastikan sudah rusak apa tidak cc-nya, sebaiknya ditest dulu pake intelligent tester resmi dari Honda apakah kadar CO-nya berlebihan dan apakah bisa dikoreksi, dan kalo ga bisa dipastikan cc sudah rusak.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah saya sih kurang demen ke bengkel resmi honda soalnya FIT kan CBU masuk situ tambah di cekik ama mereka.

wah saya di surabaya pak,masa sih sekarang premium udah ngak pake timbal.rasanya bensin kita ini ngak ada kualitas yang bagus hehehehe.

paling saya masukin ke bengkel luar aja.lumayan owner nya juga lulusan honda jepang biaya lebih murah dan alat nya lebih lengkap hehehe.

saya sih takut nya ngak bisa di bypass aja soalnya harga CC kan mahal hehehehe.
ato pas di bypass ntar masalaha lagi kan berabe.
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Bukannya tinggal dibuka aja terus dicabut? Kan bentuknya juga cuma kayak saringan. Sekalian bikin knalpot lebih free flow
Image
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Iya....catalyc converter kan berupa semacam saringan di knalpot.
Mendingan sekalian ganti knalpot free flow aja biar tambah ngaciiiiiiiiiiiiiiiirr...!
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

asal abis dicopot jgn lupa sensornya dicopot juga mpoezz......
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Salah2 nyendat nya dari akibat saringan tangki bensin kotor.....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

bisa jadi juga pak.tapi CC nya mau dilepas aja daripada bikin ribet yang pasti juga udah rusak ntar katanya kalo lama2 di biar in bisa bikin mobil mati mendadak lagi
User avatar
xintall
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Dec 01, 2004 7:49
Location: jakarta

Post by xintall »

Sebenernya apa sih fungsi utama dari CC ini??
maklum masih awam..
New Rider On Da street
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

untuk menyaring gas gas berbahaya pak seperti timbal atau timah hitam cmiiw.
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

bung mpoezz,
fungsi utama dari catalytic converter adalah mengurangi emisi 3 gas yg berbahaya & berpengaruh buruk pada lingkungan :
1. CO karbon monoksida
2. VOCs volatile organic compounds
3. NOx nitrogen oxides

fungsi utama yg lain adalah sebagai system control mobil untuk mengetahui seberapa banyak oksigen di exhaust system. ECU akan memakai informasi ini untuk mengatur perbandingan udara & bensin yg tepat di ruang injeksi sehingga pembakaran menjadi sempurna.

so kalo sensor-nya ikutan dicopot, berarti ECU ngga akan mendapatkan input ini thus... ECU ngga akan bisa menentukan ratio udara & bensin yg tepat, so saran saya biarin aja (jangan dicopot), justru cc yg akan meng-adjust secara automatis kalo kita pake bensin yg tidak sesuai specs (premium) - cmiiw.
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

tapi kalo cc-nya emang beneran sudah rusak... & ngga mau beli cc baru ya ikutin saran bung QiuQiu tuh : bypass aja & set di ECU nilai default perbandingan udara & bensin premium (harusnya orang Honda tahu nilai yg pas).

tapi efek negatifnya... mobilnya jadi ngga enviromental friendly lagi :-(
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

udah di bypass kok pak sensor masih terpasang semua hehehehe.

rusak sih engak tapi udah setengah rusak jadi yah terpaksa dilepas daripada mati mendadak sendiri kan berabe
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Waduh pak.. saran gue honda Fit jgn pake Premium , ce gue ajah pake fit pake pertamax.. , kalo pake premium hasil nya gak optimal , turs tenaganya lebih boyo bensin jatohnya lebih boros , coba pake pertamax , setidaknya bensin namba hemat.. , soalnya kadar oktanya kuran dan timbal nya banyak banget di premium ,lama2 bisa nymbat di CC nya.. , makanya jadi sendut2an..
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

halo bung takumi, sudah lama gak login....

Wah berat juga kalo pake pertamax yang harga 2400an dan 2700an....jatuhnya memang irit, tapi keluarin koceknya yang gak kuat , sekali isi bensin bisa langsung bokek....hiks...hik....hikk....

Jatuhnya jazz/fit gak irit lagi dong.... mungkin satu2nya cara cc nya dicopot kali ya.....coba deh bung mpoezz tanya ke honda langsung....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

iya cc nya udah saya copot pak.cuman yang nyendut nyendut itu bukan dari CC nya dari TPS sensor thortle A,pedal sensor nya (kalo ngak salah nulis thortle) pas di cek di bengkel.sialnya lagi barang nya ngak ada jadi terpaksa pake njut njut an.emang sulit nih mobil CBU.

udah pernah di ganti pinjem punya nya jazz orang tapi ngak cocok masih ada njut njut an nya.
frontier

JAZZ VTEC MATIC COPOT CATALYTIC CONVERTER

Post by frontier »

MESSAGE DELETED. REASON = IRRELEVANT TOPIC
Last edited by frontier on Sun Jun 25, 2006 17:46, edited 1 time in total.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

xintall wrote:Sebenernya apa sih fungsi utama dari CC ini??
maklum masih awam..
Fungsi utama CC (Catalytic Converter) atau CAT :

1. Mengkonversi bahan bakar yang nggak terbakar (UHC - Unburned Hydro Carbon) menjadi gas CO2 dan uap H2O.

2. Mengkonversi Hasil pembakaran yang tidak sempurna, yaitu gas CO menjadi Gas CO2.

3. Mengkonversi gas gas NOx (jika terbentuk - khususnya pada high RPM) menjadi Gas N2.

Supaya gas-gas yang keluar dari lubang knalpot hanya gas CO2, N2 dan uap H2O. Jika lubang knalpot bersih (nggak ada deposit berwarna hitam), tandanya CC berfungsi dengan baik.

Yang jadi persoalan, CC atau CAT ini berfungsi pada temperature yang tinggi. Pada saat warm-up mobil, kemacetan lalu lintas, stop and go driving dalam kota, CAT ini nggak berfungsi sebagaimana mestinya, jadi masih aja ada timbunan carbon hitam di lubang knalpot dan gas-gas beracun seperti UHC, CO dan NOx nggak sempat dikonversi, keluar melalui lubang knalpot dan mencemari lingkungan udara. CC atau CAT ini berfungsi dengan baik untuk long distance driving (highway).
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah berarti tetap berbahaya juga dong CC nya pak kalo macet stop n go
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

mpoezz wrote:wah berarti tetap berbahaya juga dong CC nya pak kalo macet stop n go
Itu yang jadi kendalanya. Udah harganya mahal ... tapi nggak fungsi secara sempurna. Kalau CAT nggak berfungsi dengan baik, CAT ini pun akan jadi cepat kotor dan tersumbat. Cepat disini bukannya sebulan dua bulan tapi setahun dua tahun atau tiga ... jika hidupnya hanya dijalanan macet ... nggak pernah pulang kampung (MUDIK ... biasa lah).

Sebenarnya sih kalau pembuat mobil dan pembuat BBM, bisa bikin mobil yang dapat membakar secara sempurna (mobil dan BBM nya bagus), maka nggak perlu ada kekawatiran pencemaran lingkungan, artinya kita nggak perlu bayar mahal-mahal untuk CAT. Mereka semua ada teknologi dan bisa, hanya mereka nggak mau. Kalau pembakarannya sempurna maka mobil akan tahan lebih lama (ini yang nggak dimaui oleh pembuat mobil) dan BBM akan jadi irit (ini yang nggak dimaui oleh pembuat BBM) - business jadi nggak bagus.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hahahahha bener setuju ama yang diatas,ntar orang jarang kebengkel lagi dong.berarti CAT ngak bisa sampai 0 kan tetap ngak sempuran.

pantas banyak orang jepang yang bunuh diri dalam mobil(pernah baca) dengan cara knalpot dipasangin selang dan di taro ke dalam mobil hehehehe.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

mpoezz wrote: pantas banyak orang jepang yang bunuh diri dalam mobil(pernah baca) dengan cara knalpot dipasangin selang dan di taro ke dalam mobil hehehehe.
Kalau pembakarannya sempurna ... orang jepang yang protes ... nggak bisa bunuh diri lagi .... hehehehehe....