(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Gundala08 wrote:Dear all bro.

udah lama gak konsultasi, sekarang pingin konsultasi lagi sama all bro santier.

santi saya udah sebulan ini suaranya pas lagi jalan kasar sekali. suaranya seperti knalpot bocor/racing. suaranya kira-kira kedengarannya dari bawah kaki kursi depan. tadinya saya pikir bagian exhaustnya ada masalah. tapi anehnya walaupun di gas agak tinggi tapi dalam kondisi mobil berhenti suara itu gak muncul. kira-kira apa ya penyebabnya ya ?. mohon pencerahannya dari all bro sekalian yang mungkin pernah punya pengalaman yang sama. thx sebelumnya.
kalo dari gejalanya sih semacam ada kebocoran, biasanya di sambungan pipa knalpot yang ke tabung resonator (kendangan), las sambungan disitu mungkin bocor atau resonator-nya sendiri sudah bocor

ngolong bentar aja pak :D trus fokus perhatian di sambungan/las2an disitu, atau di tabung resonator-nya :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

imsus2c wrote:
inoz wrote: oh yaa kemarin ganti busi pake NGK lupa tipenya okokna spt yg ada di manual book, klo gak salah BPR6ES
oya, angka "6" dibusi itu angka kode Heat Range-nya busi, untuk busi2 merk jepang, semakin besar angkanya berarti heat range busi semakin dingin...yang artinya justru semakin cocok dipake dimesin yang lebih panas...ingat...ini semacam anomali

semakin panas temperatur kerja mesinnya, berarti heat range busi harus semakin dingin :D

kalo sesuai referensi NGK sendiri, untuk santa fe mestinya harus pake heat range level 5 yang artinya lebih panas dari level 6

salah pilih heat range busi, pengaruhnya je performa dan FC lumayan

tapi kalo memang suka ngebut dan Hi-rev (rpm tinggi, mesin panas..), ga ada salahnya pakai busi 1 step lebih dingin :D

untuk busi standard, jangan lupa untuk selalu cek dan atur gap-nya, di santa fe sekitar 0.9-1.1 mm, kalo sering ngebut, pilih yg gap-nya agak jauh :D

untuk busi iridium, gap tidak bisa (malah tidak boleh) disetel ulang :D
wah kebetulan bro imsus lagi online.. minta resepnya buat masalah santi saya dong bro.
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

imsus2c wrote:
Gundala08 wrote:Dear all bro.

udah lama gak konsultasi, sekarang pingin konsultasi lagi sama all bro santier.

santi saya udah sebulan ini suaranya pas lagi jalan kasar sekali. suaranya seperti knalpot bocor/racing. suaranya kira-kira kedengarannya dari bawah kaki kursi depan. tadinya saya pikir bagian exhaustnya ada masalah. tapi anehnya walaupun di gas agak tinggi tapi dalam kondisi mobil berhenti suara itu gak muncul. kira-kira apa ya penyebabnya ya ?. mohon pencerahannya dari all bro sekalian yang mungkin pernah punya pengalaman yang sama. thx sebelumnya.
kalo dari gejalanya sih semacam ada kebocoran, biasanya di sambungan pipa knalpot yang ke tabung resonator (kendangan), las sambungan disitu mungkin bocor atau resonator-nya sendiri sudah bocor

ngolong bentar aja pak :D trus fokus perhatian di sambungan/las2an disitu, atau di tabung resonator-nya :D
ternyata udah :). thanks bro. besok saya coba ngolong dulu.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Gundala08 wrote:wah kebetulan bro imsus lagi online.. minta resepnya buat masalah santi saya dong bro.
iya pak :D kebetulan lagi boring, weekend ini ga pulkam, makanya stuck di kantor/mess sambil browsing2 :D sekalian nunggu sahur :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

imsus2c wrote:
Gundala08 wrote:wah kebetulan bro imsus lagi online.. minta resepnya buat masalah santi saya dong bro.
iya pak :D kebetulan lagi boring, weekend ini ga pulkam, makanya stuck di kantor/mess sambil browsing2 :D sekalian nunggu sahur :D
hehehe boringnya bro imsus rezeki buat saya klo gitu :). btw resonator bentuknya seperti apa ya bro ? tadi saya sok pingin ngolong aja tapi baru ingat klo yang namanya resonator bentuknya kayak apa gak tau :).
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Gundala08 wrote:
imsus2c wrote:
Gundala08 wrote:wah kebetulan bro imsus lagi online.. minta resepnya buat masalah santi saya dong bro.
iya pak :D kebetulan lagi boring, weekend ini ga pulkam, makanya stuck di kantor/mess sambil browsing2 :D sekalian nunggu sahur :D
hehehe boringnya bro imsus rezeki buat saya klo gitu :). btw resonator bentuknya seperti apa ya bro ? tadi saya sok pingin ngolong aja tapi baru ingat klo yang namanya resonator bentuknya kayak apa gak tau :).
tabung yang paling gede itu lho pak, untuk santa fe memang posisinya ada ditengah, ya kira2 persis dibawah jok sopir
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: thanks banget bro imsus. terus kalo ada kebocoran kira-kira tukang knalpot bisa ngerjain gak ya? :) (jadi kebanyakan nanya nich :) )
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Gundala08 wrote: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: thanks banget bro imsus. terus kalo ada kebocoran kira-kira tukang knalpot bisa ngerjain gak ya? :) (jadi kebanyakan nanya nich :) )
untuk P3K/darurat bisa, pakai las acetylene (las gas, bukan listrik), tapi kalo besar sih ga terlalu di rekomendasikan, mengingat plat resonator ini tipis dan didalam tabungnya ada semacam material insulator yang beresiko rusak saat terkena api las
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

imsus2c wrote:
Gundala08 wrote: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: thanks banget bro imsus. terus kalo ada kebocoran kira-kira tukang knalpot bisa ngerjain gak ya? :) (jadi kebanyakan nanya nich :) )
untuk P3K/darurat bisa, pakai las acetylene (las gas, bukan listrik), tapi kalo besar sih ga terlalu di rekomendasikan, mengingat plat resonator ini tipis dan didalam tabungnya ada semacam material insulator yang beresiko rusak saat terkena api las
tadi sempat browsing bro. ketemunya namanya muffler. sama gak bro? klo harus ganti... wah harganya serem juga ya.. ada solusi gak bro klo memang harus di ganti. :ungg:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Gundala08 wrote:
imsus2c wrote:
Gundala08 wrote: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: thanks banget bro imsus. terus kalo ada kebocoran kira-kira tukang knalpot bisa ngerjain gak ya? :) (jadi kebanyakan nanya nich :) )
untuk P3K/darurat bisa, pakai las acetylene (las gas, bukan listrik), tapi kalo besar sih ga terlalu di rekomendasikan, mengingat plat resonator ini tipis dan didalam tabungnya ada semacam material insulator yang beresiko rusak saat terkena api las
tadi sempat browsing bro. ketemunya namanya muffler. sama gak bro? klo harus ganti... wah harganya serem juga ya.. ada solusi gak bro klo memang harus di ganti. :ungg:
muffler/silencer (english) = knalpot (bhs. belanda dan dipake di bhs indonesia) :D

mungkin maksudnya disitu knalpot utuh 1 set/gelondong, jadinya ya mahal :D

kalo memang hanya resonatornya aja dan mau hemat, bisa main ke tukang knalpot, kan banyak tuh, dan minta dibuatin (di-copy) plek seperti itu, syukur2 ada yang mirip jadi tinggal plek, mungkin harganya bisa bersaing pak... kalo bisa minta bahannya yang bagus (full stainless steel, lebih tahan panas dan tahan karat), cuman tentu ya harganya beda dengan plat besi/galvanis biasa :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

waktunya sahur dulu :D....habis itu musti bobok :e-whistle: besok masih harus kerja :off_sleep:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

imsus2c wrote:waktunya sahur dulu :D....habis itu musti bobok :e-whistle: besok masih harus kerja :off_sleep:
siip bro imsus. thanks alot. ane juga mau sahur.. terus bobok persiapkan kondisi buat ngolong besok.. :)
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

Gundala08 wrote:
imsus2c wrote:
Gundala08 wrote:Dear all bro.

udah lama gak konsultasi, sekarang pingin konsultasi lagi sama all bro santier.

santi saya udah sebulan ini suaranya pas lagi jalan kasar sekali. suaranya seperti knalpot bocor/racing. suaranya kira-kira kedengarannya dari bawah kaki kursi depan. tadinya saya pikir bagian exhaustnya ada masalah. tapi anehnya walaupun di gas agak tinggi tapi dalam kondisi mobil berhenti suara itu gak muncul. kira-kira apa ya penyebabnya ya ?. mohon pencerahannya dari all bro sekalian yang mungkin pernah punya pengalaman yang sama. thx sebelumnya.
kalo dari gejalanya sih semacam ada kebocoran, biasanya di sambungan pipa knalpot yang ke tabung resonator (kendangan), las sambungan disitu mungkin bocor atau resonator-nya sendiri sudah bocor

ngolong bentar aja pak :D trus fokus perhatian di sambungan/las2an disitu, atau di tabung resonator-nya :D
Laporan Terakhir Bro
Masalah sudah terselesaikan. tadi ngolong juga. tapi bareng sama tukang knalpot :). ternyata setelah diselidiki sama tukang knalpot, penyebab bunyi bukan dari bawah. tapi dari cover penutup yang ada tulisan HOT di bagian mesin yang bautnya kurang kencang :). hubungannya masih exhaust juga bro.
Sepertinya suara kedengeran dari bawah karena mungkin, peredaman di bagian firewall lebih baik dari pada kolong sehingga suara yang muncul dari depan lebih kencang kedengerannya dari bawah dibanding dari firewall.

sekia laporan nya bro.thx.. ane permisi sholat maghrib dulu..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by inoz »

bro imsus tuk busi ane lihat dimanual booknya begini

tuk yg 2.4L BPR6ES merk NGK untuk remark leaded (gak ngerti artinya apa, pa terkait dgn BBM nya tanp[a timbal atao yg lain). ini tipe busi yg dipake di trajet dan mazda klo gak salah.
tapi tipe PGR5C-11 merk NGK remark unleaded, aku gak ngerti leaded ama unleaded apa artinya..
kali betul secara teori yg disampaikan bro imsus,
klo yg kubeli BPR6ES cocok dong ama gaya nyopirku yg suka speeding... tapi konsumsi BBM blum diukur sebab belum ngisi fulltank abis dari Bdg pwkt PP. smoga aja agak irit, tapi kmarin pas pulang ane tarok 150 kpj lumayan tenaga ada dan krasa gak ngempos tuh...

betul mobil mo dipake modik, skalian touring sekitara jatim, makanya mesti disiapin dolo neh, abis jarang jarak jauh walo 2 bulan kmarin 2 kali PP jigja pwkt no problemo...

syukur lah brogundala klo masalahnya sdg ketemu... jadi kini dah gak kuatir lagi dg suara2, emang klo dbawa ke ahlinya lagsung ketemu klo masalah2khusus gitu
kayak dulu ada suara gluduk2 klo lwt poldur, ke beres gak ketemu, ke tukang kaki langsungketemu tinggal ganti karet bushing beres deh
skarang suara bergetar pas langsung belum ketemu juga tuh kubawa ke beres, scr fisik seh semua engine mounting bagus... tapi mekanik beres gak bs termasuk, gak bisa spooring kmarin...
kali mekanik beres tahunya cuman mesin doang yaa...
:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Gundala08 wrote: Laporan Terakhir Bro
Masalah sudah terselesaikan. tadi ngolong juga. tapi bareng sama tukang knalpot :). ternyata setelah diselidiki sama tukang knalpot, penyebab bunyi bukan dari bawah. tapi dari cover penutup yang ada tulisan HOT di bagian mesin yang bautnya kurang kencang :). hubungannya masih exhaust juga bro.
Sepertinya suara kedengeran dari bawah karena mungkin, peredaman di bagian firewall lebih baik dari pada kolong sehingga suara yang muncul dari depan lebih kencang kedengerannya dari bawah dibanding dari firewall.

sekia laporan nya bro.thx.. ane permisi sholat maghrib dulu..
sip deh kalo cuman itu, brarti masalah ringan dan solved :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

inoz wrote:bro imsus tuk busi ane lihat dimanual booknya begini

tuk yg 2.4L BPR6ES merk NGK untuk remark leaded (gak ngerti artinya apa, pa terkait dgn BBM nya tanp[a timbal atao yg lain). ini tipe busi yg dipake di trajet dan mazda klo gak salah.
tapi tipe PGR5C-11 merk NGK remark unleaded, aku gak ngerti leaded ama unleaded apa artinya..
kali betul secara teori yg disampaikan bro imsus,
klo yg kubeli BPR6ES cocok dong ama gaya nyopirku yg suka speeding... tapi konsumsi BBM blum diukur sebab belum ngisi fulltank abis dari Bdg pwkt PP. smoga aja agak irit, tapi kmarin pas pulang ane tarok 150 kpj lumayan tenaga ada dan krasa gak ngempos tuh...

betul mobil mo dipake modik, skalian touring sekitara jatim, makanya mesti disiapin dolo neh, abis jarang jarak jauh walo 2 bulan kmarin 2 kali PP jigja pwkt no problemo...

syukur lah brogundala klo masalahnya sdg ketemu... jadi kini dah gak kuatir lagi dg suara2, emang klo dbawa ke ahlinya lagsung ketemu klo masalah2khusus gitu
kayak dulu ada suara gluduk2 klo lwt poldur, ke beres gak ketemu, ke tukang kaki langsungketemu tinggal ganti karet bushing beres deh
skarang suara bergetar pas langsung belum ketemu juga tuh kubawa ke beres, scr fisik seh semua engine mounting bagus... tapi mekanik beres gak bs termasuk, gak bisa spooring kmarin...
kali mekanik beres tahunya cuman mesin doang yaa...
:big_peace:
betul pak, Leaded artinya bertimbal, Unleaded tanpa timbal
menurut klaim Pertamina, seharusnya seluruh bensin (premium) di indonesia sudah tanpa timbal (Unleaded), apalagi yg non-subsidi (Pertamax/Pertamax+)

Bedanya (untuk kasus busi), bbm bertimbal akan menimbulkan kerak/deposit logam di busi yang jika businya tidak dirancang khusus untuk itu, akan cepat rusak

Busi yang tercemar (catalyst poisoning) timbal/logam lain dari BBM, ujung elektrodanya akan berwarna merah kekuningan...
Kejadian ini sering menimpa mesin yang suka dikasih premium ditambah Octane Booster (OB) yang kandungannya timbal atau MMT :e-snooty:

Kalo ga salah, dulu pak Inoz pernah tulis, habis pake OB Bardahl, businya jadi merah keruh kekuningan, itu tandanya businya tercemar/keracunan logam (Timbal atau MMT) yang akhirnya merusak busi itu jika businya memang dirancang tidak tahan timbal :e-think:

kode busi yg saya postkan sebelumnya, infonya dari pabrikan businya itu sendiri, makanya saya cantumkan link website-nya :D

kalo cek kaki kaki, mendingan ke spesialisnya aja pak, mungkin di BeRes memang tidak disiapkan untuk kasus seperti itu :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gundala08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Gundala08 »

inoz wrote: syukur lah brogundala klo masalahnya sdg ketemu... jadi kini dah gak kuatir lagi dg suara2, emang klo dbawa ke ahlinya lagsung ketemu klo masalah2khusus gitu
kayak dulu ada suara gluduk2 klo lwt poldur, ke beres gak ketemu, ke tukang kaki langsungketemu tinggal ganti karet bushing beres deh

:big_peace:
Bener kang Inoz... memang harus ke yang ahli. tapi yang pasti saran dari all bro disini sangat berguna. bayangkan klo gak dikasih klu sama bro Imsus, saya gak tau musti dibawah ke ahli yang mana nich.. :)
BTW. rencana selanjutnya pingin pasang/nambah peredam dan ganti karet pintu.. soalnya doortrim ane udah muncul bunyi aneh-aneh. ane baca di beberapa forum katanya sebaiknya nambah peredam di pintu dan ganti karet balon. masalahnya ane bingung mau pake peredam sama karet balon kayak apa gitu. mohon saran dari all bro disini.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

absen dulu...:D
sekalian ngangkat...., sudah nyaris tenggelam

selamat malam semuanya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dannniel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Jul 28, 2010 6:22

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Dannniel »

Mau report pengerjaan yg sudah dilakukan pada santi saya

Day 1 di beres hyundai
- tune up mesin
- ganti filter bensin long life ori part
- bersihkan injector
- ganti kabel busi ori part
Total biaya 820000

Sporring+balancing+nitrogen 220000

Day 2 di bengkel dekat rumah
- ganti timing belt panjang 874000 ori part
- timing belt pendek 182000 ori part
- tensioner pully 3x95000 GMB
- ongkos kerja 200000
- ganti minyak rem 2x16000 prestone
- minyak power steering 36000 ATF
- radiator coolant 36000 master

Day 3-4-5 di olimart
- periksa ulang timing belt 175000
- ganti engine mounting kiri 675000 mobis
- engine mounting belakang 450000 mobis
-ongkos 100000
- ganti shock depan 1275000 mando
- ongkos ganti shock+ check onderstel 125000
- servis door trim+ lampu ac 65000

Day 6 di gajah mas ban
- ganti oli transmisi 3x45000 mobil 1
- cek ulang sporring free

Besok harus ke tukang ac,kerjaan banyak neh santi,biasanya ambil mobkas jarang repairnya,tp masi yg thn 2005an,selama 6 taon sudah ganti 5 mobil,santi ini yg paling menguras tenaga dan kantong,he3
-ongkos kerja kuras minyak rem+power steering+radiator+bersihkan kampas rem 150000
Dannniel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Jul 28, 2010 6:22

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Dannniel »

Ada tambahan ganti tensioner timing belt auto 711000 ori part
Dannniel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Jul 28, 2010 6:22

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Dannniel »

Bro imsus mau tanya kapan hari biar setirnya tajam ganti apa ya?
Dannniel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Jul 28, 2010 6:22

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Dannniel »

Ganti fanbelt 55000
Onkos kerja 60000
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Dannniel wrote:Bro imsus mau tanya kapan hari biar setirnya tajam ganti apa ya?
dulu rack steer saya goyah pak...mungkin hobby saya sering ngebut dan terjang jalanan jelek, waktu di olimart sih diservice situnya...

tapi faktor akurasi stir juga masih banyak pak...bukan cuman di rack steer

btw, akhir2 ini setir di santi saya juga kerasa agak berat...mungkin rack steer-nya bermasalah lagi, rencananya mau saya cek lagi...

btw, gimana kesan2nya di Olimart? siapa tau dgn customer lain agak beda...:D ketemu langsung dengan pak Indar?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dannniel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Jul 28, 2010 6:22

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by Dannniel »

dulu rack steer saya goyah pak...mungkin hobby saya sering ngebut dan terjang jalanan jelek, waktu di olimart sih diservice situnya...

tapi faktor akurasi stir juga masih banyak pak...bukan cuman di rack steer

btw, akhir2 ini setir di santi saya juga kerasa agak berat...mungkin rack steer-nya bermasalah lagi, rencananya mau saya cek lagi...

btw, gimana kesan2nya di Olimart? siapa tau dgn customer lain agak beda...:D ketemu langsung dengan pak Indar?[/quote]

Sejauh ini sih ok2 saja bro,soalnya ak tungguin terus disana,dikerjakan terus,pak indar cuman pengecekan saja,pengerjaan dikerjakan mekanik,namanya pak hari

Yg agak kurang menarik itu kalau pergantian sparepart,harus dicopot dolo,bawa pergi cari,baleknya cuman bawa kertas harga,setelah itu balek pergi beli lagi,habisin banyak waktu

Saya liat previanya pak yudi olimart jd tertarik bro imsus,he3

Apakah semua suv stirnya kurang tajam,atau saya pake ban 235/65/r17 jadi ga tajam?

Crv,xtrail,dan captiva apakah setajam sedan?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Dannniel wrote:
imsus2c wrote:dulu rack steer saya goyah pak...mungkin hobby saya sering ngebut dan terjang jalanan jelek, waktu di olimart sih diservice situnya...

tapi faktor akurasi stir juga masih banyak pak...bukan cuman di rack steer

btw, akhir2 ini setir di santi saya juga kerasa agak berat...mungkin rack steer-nya bermasalah lagi, rencananya mau saya cek lagi...

btw, gimana kesan2nya di Olimart? siapa tau dgn customer lain agak beda...:D ketemu langsung dengan pak Indar?
Sejauh ini sih ok2 saja bro,soalnya ak tungguin terus disana,dikerjakan terus,pak indar cuman pengecekan saja,pengerjaan dikerjakan mekanik,namanya pak hari

Yg agak kurang menarik itu kalau pergantian sparepart,harus dicopot dolo,bawa pergi cari,baleknya cuman bawa kertas harga,setelah itu balek pergi beli lagi,habisin banyak waktu

Saya liat previanya pak yudi olimart jd tertarik bro imsus,he3

Apakah semua suv stirnya kurang tajam,atau saya pake ban 235/65/r17 jadi ga tajam?

Crv,xtrail,dan captiva apakah setajam sedan?
betul pak, mereka memang tidak atau sedikit punya stock parts ori/standard, itupun kalo ada juga paling buat mitsubishi, yang kesitu biasanya memang mau dioprek :D jadi kalo musti ganti parts, mereka pasti nawarin, mau cari sendiri atau dicariin...nah disitulah saya jadi suka dan percaya :frm_tumbleft:

saya dulu waktu overhaul, santi nginap disitu 2 bulan (mungjin lebih) loh :mrgreen: bahkan kalo cuman tune up+ganti oli, kadang mobil saya tinggal sampe seminggu :mrgreen:

Untuk SUV, memang kalah handling dibanding sedan (kalo terbiasa pake sedan), tapi umumnya masih sama atau diatas MPV/wagon, apalagi jika SUV-nya monokok

beberapa orang yang sudah nyobain santi (jarang orang bisa nyobain santi loh..secara mobilnya jarang :mrgreen: ), bilang kalo santi handling dan setirnya termasuk tajam dan akurat

apalagi sudah pake ban 235/65R17, pasti lebih enak handlingnya, paling tidak jika dibanding santi saya yang ban nya masih gemuk...235/75R15

biasanya handling dan nyaman bertolak belakang... kalo nyaman (empuk), handling jadi terkompensasi, begitupula sebaliknya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking