Ada sistem turun mesin dengan membuka karter oli bawah dan menartik kruk as dan piston dari bawah,
sehingga blok mesin utama tdk perlu turun.
Pertanyaan:
Bagaimana memasang kembali Piston di lubang silinder -nya ?
Karena Ring piston baru memiliki daya pegas yang kuat dan ukurannya lebih besar dari lubang silinder saat belum dimasukkan.
Kalau dari atas, diperlukan alat Piston Ring Kompresor, dan piston head dimasukkan satu per satu ke lubang silinder,
dengan bantuan alat tsb.
Piston ring compressor
Ada yang punya info bagaimana cara memasang piston dari mesin mobil yg dikodok tadi ?
Ngodok Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Ngodok Mesin
yang umum saya liat sih, pekerjaan "ngodok" mesin itu umumnya melepas cyl head dan karter, setelah karter dilepas lalu con-rod dibuka dr crank shaft, piston dikeluarkan dr atas. Begitu jg saat memasang kembali piston dimasukan dr atas dengan alat piston ring compressor seperti pada foto, baru setelah itu con-rod dipasang kembali di crank shaft, selanjutnya cylhead dan perangkat lainnya nya dipasang kembali.
IMO cara tsb lbh praktis ketimbang mencabut piston dr bawah, sebab jika piston dicabut dr bawah kt harus melepas crank shaft, dan untuk melepas crank shaft tentu saja langkah2 yg mesti dilakukan lbh repot
CMIIW yah..
IMO cara tsb lbh praktis ketimbang mencabut piston dr bawah, sebab jika piston dicabut dr bawah kt harus melepas crank shaft, dan untuk melepas crank shaft tentu saja langkah2 yg mesti dilakukan lbh repot
CMIIW yah..
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Ngodok Mesin
Oh begitu ya .....,jalu wrote:yang umum saya liat sih, pekerjaan "ngodok" mesin itu umumnya melepas cyl head dan karter, setelah karter dilepas lalu con-rod dibuka dr crank shaft, piston dikeluarkan dr atas. Begitu jg saat memasang kembali piston dimasukan dr atas dengan alat piston ring compressor seperti pada foto, baru setelah itu con-rod dipasang kembali di crank shaft, selanjutnya cylhead dan perangkat lainnya nya dipasang kembali.
IMO cara tsb lbh praktis ketimbang mencabut piston dr bawah, sebab jika piston dicabut dr bawah kt harus melepas crank shaft, dan untuk melepas crank shaft tentu saja langkah2 yg mesti dilakukan lbh repot
CMIIW yah..
jadi pemasangan head piston tetap dari atas toh.
thx atas infonya.