Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by herbid »

Sudah dua hari ini cuaca panas di Jakarta,
sehingga mobil tidak mengeluarkan asap saat dipanasin pagi.

Tapi kalo cuaca hujan dan dingin,
pasti pagi harinya atau kalau sudah lama dimatikan mesinnya,
kenalpot banyak mengeluarkan asap.

Saya yakin itu bukan cuma uap air saja,
karena selain asepnya tebal dan banyak,
warnanyapun cenderung lebih pekat dibanding sekedar uap air,
dan oli juga rutin nambah terus, walau gak banyak.

Yang jadi pertanyaan,
mengapa kalau cuaca panas mesin cenderung tdk berasap saat dipanasi ?

Ada penjelasan teknisnya ??
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by m4rio »

kalo menurut ane nih ya, kalau hujan n dingin di dalam pipa knalpot pasti berembun ya, nah klo mesin dinyalakan pasti ada penguapan karena suhu di knalpot yang meningkat sehingga air menguap. atau bisa juga karena perbedaan suhu udara antara di luar dengan suhu angin yang dikeluarkan knalpot. jadi ibarat orang yang di tempat dingin kalau ngmg aja keluar asap,mungkin prinsipnya sama kali ya?? kalau salah ya maap.

klo masalah warnanya lebih pekat, mungkin bisa disebabkan oleh kotornya pipa knalpot atau apanya kali tuh broo, jadi kebawa ampe luar deh warnanya..

ini pendapat ane loh.. kalao salah ya di maapin..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by herbid »

anehnya, knapa cuma mobil ane aja ya ?
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 657
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by Dogies »

mungkin itu faktor bagian dalem mesin (ring seher, klep, dll.) ada celah cuman celahnya kecil bgt, jadi pd siang/panas memuai & jadi bisa menutup celah yg sedikit itu shg oli tdk rembes... jadi tdk berasap..

kalo dingin jadi menyusut & menimbulkan celah shg oli rembes & menyebabkan timbulnya asap krn oli kena panas...

saran: turun 1/2 mesin, cek klep, ring seher, dll.

cmiiw
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by herbid »

Dogies wrote:mungkin itu faktor bagian dalem mesin (ring seher, klep, dll.) ada celah cuman celahnya kecil bgt, jadi pd siang/panas memuai & jadi bisa menutup celah yg sedikit itu shg oli tdk rembes... jadi tdk berasap..

kalo dingin jadi menyusut & menimbulkan celah shg oli rembes & menyebabkan timbulnya asap krn oli kena panas...

saran: turun 1/2 mesin, cek klep, ring seher, dll.

cmiiw
ini jawaban yg gw tunggu2x,
thx bro ...... :big_peace:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by roadtrain99 »

herbid wrote: Tapi kalo cuaca hujan dan dingin,
pasti pagi harinya atau kalau sudah lama dimatikan mesinnya,
kenalpot banyak mengeluarkan asap.

Saya yakin itu bukan cuma uap air saja,
karena selain asepnya tebal dan banyak,
warnanyapun cenderung lebih pekat dibanding sekedar uap air,
dan oli juga rutin nambah terus, walau gak banyak.
nubie ikutan jawab..
pernah liat smoke trail di langit dari pesawat yg terbang di ketinggian lebih dari 30rb kaki (kalo lagi cerah biasanya suka terlihat)? atau mobil/motor di negara2 yg ada winter, tempat dingin?
kalo ga salah, terjadi krn kondensasi dari panas yg dikeluarkan mesin ke suhu udara luar yg lebih dingin.
herbid wrote:Yang jadi pertanyaan,
mengapa kalau cuaca panas mesin cenderung tdk berasap saat dipanasi ?
asap sih ada tipis. dan cuaca panas cenderung lebih cepet menguap atau naik ke atas.

kalo soal oli rutin nambah, pertanda bawa ke bengkel tanyain knp.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26981
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by DOHC »

ahhh ada pertanyaan penting yg lupa ditanyain neh... mobil nya jenis dan merek apa bro, kluaran taon brapa, dan km uda jalan brapa... tidak lupa jenis oli, merek nya apa gt....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by herbid »

mazda astina 91,
shell helix 15W-50 kuning,
odo 220.000 km,
pake premium.

Kemarin pulang pergi jakarta bogor via tol ac,
jalan konstan 80 -90 kpj (ssat di tol), sejauh sekitar 110 km (karena putar2x di bogorna dan kena macet),
oli habis sekitar 40 - 50 cc-an.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26981
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by DOHC »

uda perna turun mesin atau overhaul bro ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by herbid »

mesti dicek ke bengkel dulu nih bro,
karena ane udah orang ke sekian yang memiliki tu mobil .....
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan

Post by roadtrain99 »

astina..pernah ada pengalaman dikit, dulu pas thn 94an nih mobil suka bikin serem temperature nya...
soal lari kenceng sih iya..cuma temperature nya itu..kena macet dikit, naik.