Sudah dua hari ini cuaca panas di Jakarta,
sehingga mobil tidak mengeluarkan asap saat dipanasin pagi.
Tapi kalo cuaca hujan dan dingin,
pasti pagi harinya atau kalau sudah lama dimatikan mesinnya,
kenalpot banyak mengeluarkan asap.
Saya yakin itu bukan cuma uap air saja,
karena selain asepnya tebal dan banyak,
warnanyapun cenderung lebih pekat dibanding sekedar uap air,
dan oli juga rutin nambah terus, walau gak banyak.
Yang jadi pertanyaan,
mengapa kalau cuaca panas mesin cenderung tdk berasap saat dipanasi ?
Ada penjelasan teknisnya ??
Help, Pagi Ngebul dan Hujan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
kalo menurut ane nih ya, kalau hujan n dingin di dalam pipa knalpot pasti berembun ya, nah klo mesin dinyalakan pasti ada penguapan karena suhu di knalpot yang meningkat sehingga air menguap. atau bisa juga karena perbedaan suhu udara antara di luar dengan suhu angin yang dikeluarkan knalpot. jadi ibarat orang yang di tempat dingin kalau ngmg aja keluar asap,mungkin prinsipnya sama kali ya?? kalau salah ya maap.
klo masalah warnanya lebih pekat, mungkin bisa disebabkan oleh kotornya pipa knalpot atau apanya kali tuh broo, jadi kebawa ampe luar deh warnanya..
ini pendapat ane loh.. kalao salah ya di maapin..
klo masalah warnanya lebih pekat, mungkin bisa disebabkan oleh kotornya pipa knalpot atau apanya kali tuh broo, jadi kebawa ampe luar deh warnanya..
ini pendapat ane loh.. kalao salah ya di maapin..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
anehnya, knapa cuma mobil ane aja ya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 657
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
mungkin itu faktor bagian dalem mesin (ring seher, klep, dll.) ada celah cuman celahnya kecil bgt, jadi pd siang/panas memuai & jadi bisa menutup celah yg sedikit itu shg oli tdk rembes... jadi tdk berasap..
kalo dingin jadi menyusut & menimbulkan celah shg oli rembes & menyebabkan timbulnya asap krn oli kena panas...
saran: turun 1/2 mesin, cek klep, ring seher, dll.
cmiiw
kalo dingin jadi menyusut & menimbulkan celah shg oli rembes & menyebabkan timbulnya asap krn oli kena panas...
saran: turun 1/2 mesin, cek klep, ring seher, dll.
cmiiw
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
ini jawaban yg gw tunggu2x,Dogies wrote:mungkin itu faktor bagian dalem mesin (ring seher, klep, dll.) ada celah cuman celahnya kecil bgt, jadi pd siang/panas memuai & jadi bisa menutup celah yg sedikit itu shg oli tdk rembes... jadi tdk berasap..
kalo dingin jadi menyusut & menimbulkan celah shg oli rembes & menyebabkan timbulnya asap krn oli kena panas...
saran: turun 1/2 mesin, cek klep, ring seher, dll.
cmiiw
thx bro ......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
nubie ikutan jawab..herbid wrote: Tapi kalo cuaca hujan dan dingin,
pasti pagi harinya atau kalau sudah lama dimatikan mesinnya,
kenalpot banyak mengeluarkan asap.
Saya yakin itu bukan cuma uap air saja,
karena selain asepnya tebal dan banyak,
warnanyapun cenderung lebih pekat dibanding sekedar uap air,
dan oli juga rutin nambah terus, walau gak banyak.
pernah liat smoke trail di langit dari pesawat yg terbang di ketinggian lebih dari 30rb kaki (kalo lagi cerah biasanya suka terlihat)? atau mobil/motor di negara2 yg ada winter, tempat dingin?
kalo ga salah, terjadi krn kondensasi dari panas yg dikeluarkan mesin ke suhu udara luar yg lebih dingin.
asap sih ada tipis. dan cuaca panas cenderung lebih cepet menguap atau naik ke atas.herbid wrote:Yang jadi pertanyaan,
mengapa kalau cuaca panas mesin cenderung tdk berasap saat dipanasi ?
kalo soal oli rutin nambah, pertanda bawa ke bengkel tanyain knp.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26981
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
ahhh ada pertanyaan penting yg lupa ditanyain neh... mobil nya jenis dan merek apa bro, kluaran taon brapa, dan km uda jalan brapa... tidak lupa jenis oli, merek nya apa gt....
numpang lewat aja....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
mazda astina 91,
shell helix 15W-50 kuning,
odo 220.000 km,
pake premium.
Kemarin pulang pergi jakarta bogor via tol ac,
jalan konstan 80 -90 kpj (ssat di tol), sejauh sekitar 110 km (karena putar2x di bogorna dan kena macet),
oli habis sekitar 40 - 50 cc-an.
shell helix 15W-50 kuning,
odo 220.000 km,
pake premium.
Kemarin pulang pergi jakarta bogor via tol ac,
jalan konstan 80 -90 kpj (ssat di tol), sejauh sekitar 110 km (karena putar2x di bogorna dan kena macet),
oli habis sekitar 40 - 50 cc-an.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26981
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
mesti dicek ke bengkel dulu nih bro,
karena ane udah orang ke sekian yang memiliki tu mobil .....
karena ane udah orang ke sekian yang memiliki tu mobil .....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Help, Pagi Ngebul dan Hujan
astina..pernah ada pengalaman dikit, dulu pas thn 94an nih mobil suka bikin serem temperature nya...
soal lari kenceng sih iya..cuma temperature nya itu..kena macet dikit, naik.
soal lari kenceng sih iya..cuma temperature nya itu..kena macet dikit, naik.