seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

doq wrote:wah.......sepengalaman sy tiap2 isi freon mesin/ac harus nyala tuh oom :ungg:
sepengalaman saya juga sama kok....hanya saat di bengkel itu saja yang beda, jadi saat mesin mati mereka pasang niple2 dr tabung freon lalu diisi dan dibiarkan gt aja, setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya. Selanjutnya mesin & ac dihidupkan dan dingin normal, bahkan cukup awet krn 2 thn kemudian masih bertahan dinginnya sampe pada waktu servis ac yang berikutnya. (sepengalaman saya ngisi freon di bengkel ac justru di tempat itu yg paling awet dinginnya). Saya udah lupa tarifnya, yang jelas memang jauh lebih mahal dibanding bengkel ac yang lain untuk ngisi freon.

sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."

entah siapa yang jujur, siapa yang curang dan mana yang benar.....?? :ungg:
yang jelas saya pribadi sampe sekarang masih tetap berlangganan dengan bengkel ac yg mengisi freon pada saat mesin mati tsb
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: seputar ac n tips

Post by solar_kerosen »

Bro gue kan baru beli Kompressor AC merk Denso buat mobil TIMOR DOHC gue .nah kok malah gak tambah dingin bikin pusing malah pas dari bengkel AC dingin eh besoknya cuma keluar angin doang sekarang masih di bengkel kira kira apanya yg rusak yah .

yang anehnya lagi abis diganti tuh kompressor kok tiba tiba oli transmisi meleleh alias keluar dari lobang kecil yg di body transmisi apa hubungannya transmisi ma AC :ungg:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

jalu wrote: sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
argumen si montir mank masuk d akal seh........tp klo kta dah tau tekanan freon pd saat full tentu hal tsb bsa d hindari khan oom? :ungg: :ungg:
jalu wrote:setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya.
mengenai keawetan dinginnya......klo bole tau, pd saat pengisian freon itu apa lg yg d kerjain oom?......apa ada penambalan2 bag. yg d anggap bocor?soalnya setau sy freon itu awet krn minimnya/tdk ada nya kebocoran pd system................cmiiw :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

solar_kerosen wrote:Bro gue kan baru beli Kompressor AC merk Denso buat mobil TIMOR DOHC gue .nah kok malah gak tambah dingin bikin pusing malah pas dari bengkel AC dingin eh besoknya cuma keluar angin doang sekarang masih di bengkel kira kira apanya yg rusak yah .

yang anehnya lagi abis diganti tuh kompressor kok tiba tiba oli transmisi meleleh alias keluar dari lobang kecil yg di body transmisi apa hubungannya transmisi ma AC :ungg:
kompressor nya d ganti yg baru ato ex-singapuran oom?
mengenai oli transmisi yg bocor setelah ganti kompressor ky nya master2 yg lain lbh mumpuni nih menerangkannya :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

doq wrote:
jalu wrote: sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
argumen si montir mank masuk d akal seh........tp klo kta dah tau tekanan freon pd saat full tentu hal tsb bsa d hindari khan oom? :ungg: :ungg:
jalu wrote:setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya.
mengenai keawetan dinginnya......klo bole tau, pd saat pengisian freon itu apa lg yg d kerjain oom?......apa ada penambalan2 bag. yg d anggap bocor?soalnya setau sy freon itu awet krn minimnya/tdk ada nya kebocoran pd system................cmiiw :ungg:
kronologinya yaitu dulu kijang kapsul saya bermasalah ac nya, pdhal mbl br berumur 2 bulan,lalu saya claim ke beres tunas toyota, krn saya menuntut agar cepat2 diperbaiki akhirnya saya dirujuk ke bengkel tsb sambil membawa SPK dan didampingi oleh mekanik beres tsb.. Sebenrnya bengkel ini distributor denso & sanden, juga salah satu vendor di tunas toyota. Singkat cerita kondensor ac diganti 1 assy dan setelah itu barulah saya pertama kali melihat ngisi freon dlm posisi mesin mati.

Oh iya, selanjutnya montir itu jg menjelaskan bahwa beberapa bengkel AC (meski tidak semua) umumnya mentarget 1 tabung freon itu supaya cukup untuk 10 mbl, sehingga pada saat pengisian ya mereka tidak sampe full (untuk mengejar target tsb), bisa saja mereka isi full namun konsekuensinya 1 tabung tdk akan cukup untuk 10 mbl lagi, dan imbasnya tarif isi freon akan jd semakin mahal dan akhirnya malah susah bersaing degan bengkel lain.

saya sendiri awam bgt tg AC, makanya saya post disini ttg argumen si montir itu, benarkah yg dia ceritakan kepada saya ?? .... :ungg: :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

jalu wrote:
doq wrote:
jalu wrote: sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
argumen si montir mank masuk d akal seh........tp klo kta dah tau tekanan freon pd saat full tentu hal tsb bsa d hindari khan oom? :ungg: :ungg:
jalu wrote:setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya.
mengenai keawetan dinginnya......klo bole tau, pd saat pengisian freon itu apa lg yg d kerjain oom?......apa ada penambalan2 bag. yg d anggap bocor?soalnya setau sy freon itu awet krn minimnya/tdk ada nya kebocoran pd system................cmiiw :ungg:
kronologinya yaitu dulu kijang kapsul saya bermasalah ac nya, pdhal mbl br berumur 2 bulan,lalu saya claim ke beres tunas toyota, krn saya menuntut agar cepat2 diperbaiki akhirnya saya dirujuk ke bengkel tsb sambil membawa SPK dan didampingi oleh mekanik beres tsb.. Sebenrnya bengkel ini distributor denso & sanden, juga salah satu vendor di tunas toyota. Singkat cerita kondensor ac diganti 1 assy dan setelah itu barulah saya pertama kali melihat ngisi freon dlm posisi mesin mati.

Oh iya, selanjutnya montir itu jg menjelaskan bahwa beberapa bengkel AC (meski tidak semua) umumnya mentarget 1 tabung freon itu supaya cukup untuk 10 mbl, sehingga pada saat pengisian ya mereka tidak sampe full (untuk mengejar target tsb), bisa saja mereka isi full namun konsekuensinya 1 tabung tdk akan cukup untuk 10 mbl lagi, dan imbasnya tarif isi freon akan jd semakin mahal dan akhirnya malah susah bersaing degan bengkel lain.

saya sendiri awam bgt tg AC, makanya saya post disini ttg argumen si montir itu, benarkah yg dia ceritakan kepada saya ?? .... :ungg: :ungg:
kakak pembina, boleh dong di-PM-in alamat bengkelnya.

sharing dikit, dulu ane waktu service AC, diisi agak kepenuhan. mengandalkan indikator di drier. akibatnya AC gak kerja maksimal. sebentar langsung berhenti kerja kompresornya. ane klaim lagi, trus sama si montir diperiksa tekanannya, ternyata ketinggian. akhirnya dibuang sedikit. alhamduliLlah langsung normal lagi.
tapi ane kurang tahu, pas ngebuang tekanan itu apakah freon/oli ikut terbuang atau tidak.

tapi sekarang, setelah service 2x, AC mobil ane maknyoes..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

ok om kopat, ini lg bongkar2 kartu nama blm ketemu,hehehe...tar di PM yaaa.... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

ok om.. ane duduk manis deh sambil nunggu..
:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

PM sent om kopat...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

om jalu... ane jg mau donk di pm nama bengkel ac nya.... compressor ane uda ngorok soalnya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

PM sent om DOHC....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

thanks om jalu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

oom jalu......bengkel ac nya ini yg d sunter bukan? :ungg: :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

bukan om doq....tp di kebon jeruk
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

jd penasaran......minta PM jg dunk oom :ungg: :ungg: :mrgreen: hehehe thx oom jalu
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

makasih kakak pembina....
nanti ane pengen coba maen ke sono. ongkosnya mahalan ya dibanding bengkel AC rata2?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

ongkos kerja relatif om kopat, memang lbh mahal, tapi kalo harga beberapa part ada jg yg lbh murah...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

doq wrote:jd penasaran......minta PM jg dunk oom :ungg: :ungg: :mrgreen: hehehe thx oom jalu
PM sent om doq...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

thx oom jalu............wah tadinya mo nebak lg nama bengkelnya, ternyata salah juga hehehehe :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Fefe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
Location: Bintaro Sektor 9

Re: seputar ac n tips

Post by Fefe »

Salam kenal semua... :big_peace: ,
mau nanya ciri2 kompresor ac udah masalah tuh apa ya?gue baru aja beli mobil tahun 94, dan sekarang udah beberapa kali masuk bengkel utk beresin PS, mesin, kaki2, tapi buat ac baiknya nunggu bermasalah dl (ga dingin, etc) atau dibawa aja ke bengkel ac dulu?gue cuman takut dibohongin karena ga tau banyak ttg ac, so far sampe sekarang si belum ada keluhan dari ac yang signifikan. makasih semuanya... :frm_salut:
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

waktu di nyalain kompressor nya, ada suara kaya ngorok atau grook grook grook gt ga bro dari kompresor nya... atau waktu di ac nyala dan mesin di gas, ada suara mendengung ga dari arah kompressor ?? biasa itu sigh cara2 ngecek kompressor uda mau wasalam atau kaga.....


tapi mobil ane, kompressor nya uda ngorok ampir 3 taon aja masi gpp tuh... dan masi blom perna ane servis, cuman nambah freon doank kalo uda kaga dingin... itupun jarannggg bangettt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Fefe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
Location: Bintaro Sektor 9

Re: seputar ac n tips

Post by Fefe »

Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? :off_no: ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya, :thanks:
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

Fefe wrote:Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? :off_no: ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya, :thanks:
coba diservice aja.. bersihin kondensor, evap dan kompresor. nanti ketahuan mana yang rusak. tapi risikonya, kalo ternyata kompresor parah, harus siap2 ganti kompresor. kalo gak, paling bearing di kompresor yang diganti.
kalo ganti kompresor, saran ane jangan yang ex singapur atau ex-ex lainnya. mending beli baru. emang lebih mahal 2x, tapi daya tahannya bisa 5x...

perkiraan biaya service semuanya sekitar 600rb - 1jt. itu termasuk ganti drier, oli dan freon.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: seputar ac n tips

Post by Debiyarto »

klo memang d sarankan utk menyalakan ac pd saat rpm rendah, gmana pendapat rekan2 SMer klo menyalakan ac pada saat kendaraan bergerak (kecepatan d atas 45kph)............tapi pedal kopling d tekan terlebih dulu, biar rpm mesin turun.........setelah nyala kemudian d lepas lagi??
Kalo injek kopling dengan maksud RPM engine jadi turun...hemmmm kayaknya salah analisa deh..

Adapun injek pedal kopling lalu terlihat di display RPM turun itu terjadi karena sensor RPM terpasang utk membaca putaran fly wheel. CMIIW.
Akibat kopling diinjak putaran fly wheel emang menurun karena terlepas oleh kopling yang direlease akibat pedalnya kita injak.
Sedangkan pulley compressor AC terhubung erat dengan belt ke poros engine dan itu tetap berputar seiring dengan laju kecepatan putaran roda kendaraan. Tentunya ada rasio gear yang terlibat. duh..maaf, gak pinter gua ngejelasinnya....

Intinya walau pedal kopling diinjek dan display RPM terlihat menurun drastis, namun sungguhnya putaran mesin tetap tinggi jika kendaraan sedang melaju diatas 45 kpj. yang berarti putaran kompresor ikut pula tinggi.
Jadi tindakan injek pedal kopling untuk meminimalisasi sentakan pada kompresor AC pada saat kendaraan melaju tidak akan menolong.

Demikian pendapat saya...dan mohon di koreksi oleh para pakar SM.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

maskopat wrote:
Fefe wrote:Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? :off_no: ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya, :thanks:
coba diservice aja.. bersihin kondensor, evap dan kompresor. nanti ketahuan mana yang rusak. tapi risikonya, kalo ternyata kompresor parah, harus siap2 ganti kompresor. kalo gak, paling bearing di kompresor yang diganti.
kalo ganti kompresor, saran ane jangan yang ex singapur atau ex-ex lainnya. mending beli baru. emang lebih mahal 2x, tapi daya tahannya bisa 5x...

perkiraan biaya service semuanya sekitar 600rb - 1jt. itu termasuk ganti drier, oli dan freon.
aloo oom fefe.............
setuju sm oom kopat, sebaiknya d lakukan pembersihan system ac scr menyeluruh sekalian cek kompressor d tempat service..............imho suara kompressor yg mulai aga kasar blum tentu berarti bakal tewas......yg jelas sih klo uda bunyi2 gitu, trus ga segera d lakukan service.....yaaa tinggal tunggu waktu aja :mrgreen: :mrgreen:

klo sampe kompressor d vonis kudu ganti, sebisa mungkin d ganti dg yg baru........klo d total biaya ganti baru plus service dan tetekbengek nya mungkin "hanya" lbh mahal sejuta.........sedangkan klo ganti yg ex-singapuran daya tahannya bsa d katakan untung2an :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hal itu sy alami sendiri beberapa waktu yg lalu......gara2 niatnya pengen ngirit malah ngorot :frm_bang_head: :frm_bang_head: bayangin aja, satu kompressor ex-singapuran umurnya ga sampe 6 bulan!!!! dan saat itu mobil sy udah "makan" 2 kompressor ac lho :glodak:

akhirnya setelah cape dan jg trauma, mau g mau duid simpenan d belikan kompressor baru sekaligus service full system ac.....hasilnya?? dompet pun mendadak kurus :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator