Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
doq wrote:wah.......sepengalaman sy tiap2 isi freon mesin/ac harus nyala tuh oom
sepengalaman saya juga sama kok....hanya saat di bengkel itu saja yang beda, jadi saat mesin mati mereka pasang niple2 dr tabung freon lalu diisi dan dibiarkan gt aja, setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya. Selanjutnya mesin & ac dihidupkan dan dingin normal, bahkan cukup awet krn 2 thn kemudian masih bertahan dinginnya sampe pada waktu servis ac yang berikutnya. (sepengalaman saya ngisi freon di bengkel ac justru di tempat itu yg paling awet dinginnya). Saya udah lupa tarifnya, yang jelas memang jauh lebih mahal dibanding bengkel ac yang lain untuk ngisi freon.
sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
entah siapa yang jujur, siapa yang curang dan mana yang benar.....??
yang jelas saya pribadi sampe sekarang masih tetap berlangganan dengan bengkel ac yg mengisi freon pada saat mesin mati tsb
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Bro gue kan baru beli Kompressor AC merk Denso buat mobil TIMOR DOHC gue .nah kok malah gak tambah dingin bikin pusing malah pas dari bengkel AC dingin eh besoknya cuma keluar angin doang sekarang masih di bengkel kira kira apanya yg rusak yah .
yang anehnya lagi abis diganti tuh kompressor kok tiba tiba oli transmisi meleleh alias keluar dari lobang kecil yg di body transmisi apa hubungannya transmisi ma AC
jalu wrote:
sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
argumen si montir mank masuk d akal seh........tp klo kta dah tau tekanan freon pd saat full tentu hal tsb bsa d hindari khan oom?
jalu wrote:setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya.
mengenai keawetan dinginnya......klo bole tau, pd saat pengisian freon itu apa lg yg d kerjain oom?......apa ada penambalan2 bag. yg d anggap bocor?soalnya setau sy freon itu awet krn minimnya/tdk ada nya kebocoran pd system................cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
solar_kerosen wrote:Bro gue kan baru beli Kompressor AC merk Denso buat mobil TIMOR DOHC gue .nah kok malah gak tambah dingin bikin pusing malah pas dari bengkel AC dingin eh besoknya cuma keluar angin doang sekarang masih di bengkel kira kira apanya yg rusak yah .
yang anehnya lagi abis diganti tuh kompressor kok tiba tiba oli transmisi meleleh alias keluar dari lobang kecil yg di body transmisi apa hubungannya transmisi ma AC
kompressor nya d ganti yg baru ato ex-singapuran oom?
mengenai oli transmisi yg bocor setelah ganti kompressor ky nya master2 yg lain lbh mumpuni nih menerangkannya
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
jalu wrote:
sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
argumen si montir mank masuk d akal seh........tp klo kta dah tau tekanan freon pd saat full tentu hal tsb bsa d hindari khan oom?
jalu wrote:setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya.
mengenai keawetan dinginnya......klo bole tau, pd saat pengisian freon itu apa lg yg d kerjain oom?......apa ada penambalan2 bag. yg d anggap bocor?soalnya setau sy freon itu awet krn minimnya/tdk ada nya kebocoran pd system................cmiiw
kronologinya yaitu dulu kijang kapsul saya bermasalah ac nya, pdhal mbl br berumur 2 bulan,lalu saya claim ke beres tunas toyota, krn saya menuntut agar cepat2 diperbaiki akhirnya saya dirujuk ke bengkel tsb sambil membawa SPK dan didampingi oleh mekanik beres tsb.. Sebenrnya bengkel ini distributor denso & sanden, juga salah satu vendor di tunas toyota. Singkat cerita kondensor ac diganti 1 assy dan setelah itu barulah saya pertama kali melihat ngisi freon dlm posisi mesin mati.
Oh iya, selanjutnya montir itu jg menjelaskan bahwa beberapa bengkel AC (meski tidak semua) umumnya mentarget 1 tabung freon itu supaya cukup untuk 10 mbl, sehingga pada saat pengisian ya mereka tidak sampe full (untuk mengejar target tsb), bisa saja mereka isi full namun konsekuensinya 1 tabung tdk akan cukup untuk 10 mbl lagi, dan imbasnya tarif isi freon akan jd semakin mahal dan akhirnya malah susah bersaing degan bengkel lain.
saya sendiri awam bgt tg AC, makanya saya post disini ttg argumen si montir itu, benarkah yg dia ceritakan kepada saya ?? ....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
jalu wrote:
sekedar mengutip omongan dr mekanik bengkel itu "banyak bengkel ac yang saat mengisi freon sambil dihidupkan, supaya freon cepat bersirkulasi dan menimbulkan kondensasi (tetesan air), saat sudah muncul tetesan air lalu mereka pun stop pengisian freon dengan alasan sudah dingin bagus, padahal itu belum tentu sudah penuh full."
argumen si montir mank masuk d akal seh........tp klo kta dah tau tekanan freon pd saat full tentu hal tsb bsa d hindari khan oom?
jalu wrote:setelah beberapa saat mereka cek kembali pressure gauge untuk memastikan sudah penuh, baru deh dilepas niple2 n selang dr tabung freonnya.
mengenai keawetan dinginnya......klo bole tau, pd saat pengisian freon itu apa lg yg d kerjain oom?......apa ada penambalan2 bag. yg d anggap bocor?soalnya setau sy freon itu awet krn minimnya/tdk ada nya kebocoran pd system................cmiiw
kronologinya yaitu dulu kijang kapsul saya bermasalah ac nya, pdhal mbl br berumur 2 bulan,lalu saya claim ke beres tunas toyota, krn saya menuntut agar cepat2 diperbaiki akhirnya saya dirujuk ke bengkel tsb sambil membawa SPK dan didampingi oleh mekanik beres tsb.. Sebenrnya bengkel ini distributor denso & sanden, juga salah satu vendor di tunas toyota. Singkat cerita kondensor ac diganti 1 assy dan setelah itu barulah saya pertama kali melihat ngisi freon dlm posisi mesin mati.
Oh iya, selanjutnya montir itu jg menjelaskan bahwa beberapa bengkel AC (meski tidak semua) umumnya mentarget 1 tabung freon itu supaya cukup untuk 10 mbl, sehingga pada saat pengisian ya mereka tidak sampe full (untuk mengejar target tsb), bisa saja mereka isi full namun konsekuensinya 1 tabung tdk akan cukup untuk 10 mbl lagi, dan imbasnya tarif isi freon akan jd semakin mahal dan akhirnya malah susah bersaing degan bengkel lain.
saya sendiri awam bgt tg AC, makanya saya post disini ttg argumen si montir itu, benarkah yg dia ceritakan kepada saya ?? ....
kakak pembina, boleh dong di-PM-in alamat bengkelnya.
sharing dikit, dulu ane waktu service AC, diisi agak kepenuhan. mengandalkan indikator di drier. akibatnya AC gak kerja maksimal. sebentar langsung berhenti kerja kompresornya. ane klaim lagi, trus sama si montir diperiksa tekanannya, ternyata ketinggian. akhirnya dibuang sedikit. alhamduliLlah langsung normal lagi.
tapi ane kurang tahu, pas ngebuang tekanan itu apakah freon/oli ikut terbuang atau tidak.
tapi sekarang, setelah service 2x, AC mobil ane maknyoes..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ok om kopat, ini lg bongkar2 kartu nama blm ketemu,hehehe...tar di PM yaaa....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
ongkos kerja relatif om kopat, memang lbh mahal, tapi kalo harga beberapa part ada jg yg lbh murah...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Salam kenal semua... ,
mau nanya ciri2 kompresor ac udah masalah tuh apa ya?gue baru aja beli mobil tahun 94, dan sekarang udah beberapa kali masuk bengkel utk beresin PS, mesin, kaki2, tapi buat ac baiknya nunggu bermasalah dl (ga dingin, etc) atau dibawa aja ke bengkel ac dulu?gue cuman takut dibohongin karena ga tau banyak ttg ac, so far sampe sekarang si belum ada keluhan dari ac yang signifikan. makasih semuanya...
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
waktu di nyalain kompressor nya, ada suara kaya ngorok atau grook grook grook gt ga bro dari kompresor nya... atau waktu di ac nyala dan mesin di gas, ada suara mendengung ga dari arah kompressor ?? biasa itu sigh cara2 ngecek kompressor uda mau wasalam atau kaga.....
tapi mobil ane, kompressor nya uda ngorok ampir 3 taon aja masi gpp tuh... dan masi blom perna ane servis, cuman nambah freon doank kalo uda kaga dingin... itupun jarannggg bangettt...
Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya,
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
Fefe wrote:Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya,
coba diservice aja.. bersihin kondensor, evap dan kompresor. nanti ketahuan mana yang rusak. tapi risikonya, kalo ternyata kompresor parah, harus siap2 ganti kompresor. kalo gak, paling bearing di kompresor yang diganti.
kalo ganti kompresor, saran ane jangan yang ex singapur atau ex-ex lainnya. mending beli baru. emang lebih mahal 2x, tapi daya tahannya bisa 5x...
perkiraan biaya service semuanya sekitar 600rb - 1jt. itu termasuk ganti drier, oli dan freon.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
klo memang d sarankan utk menyalakan ac pd saat rpm rendah, gmana pendapat rekan2 SMer klo menyalakan ac pada saat kendaraan bergerak (kecepatan d atas 45kph)............tapi pedal kopling d tekan terlebih dulu, biar rpm mesin turun.........setelah nyala kemudian d lepas lagi??
Kalo injek kopling dengan maksud RPM engine jadi turun...hemmmm kayaknya salah analisa deh..
Adapun injek pedal kopling lalu terlihat di display RPM turun itu terjadi karena sensor RPM terpasang utk membaca putaran fly wheel. CMIIW.
Akibat kopling diinjak putaran fly wheel emang menurun karena terlepas oleh kopling yang direlease akibat pedalnya kita injak.
Sedangkan pulley compressor AC terhubung erat dengan belt ke poros engine dan itu tetap berputar seiring dengan laju kecepatan putaran roda kendaraan. Tentunya ada rasio gear yang terlibat. duh..maaf, gak pinter gua ngejelasinnya....
Intinya walau pedal kopling diinjek dan display RPM terlihat menurun drastis, namun sungguhnya putaran mesin tetap tinggi jika kendaraan sedang melaju diatas 45 kpj. yang berarti putaran kompresor ikut pula tinggi.
Jadi tindakan injek pedal kopling untuk meminimalisasi sentakan pada kompresor AC pada saat kendaraan melaju tidak akan menolong.
Demikian pendapat saya...dan mohon di koreksi oleh para pakar SM.
Fefe wrote:Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya,
coba diservice aja.. bersihin kondensor, evap dan kompresor. nanti ketahuan mana yang rusak. tapi risikonya, kalo ternyata kompresor parah, harus siap2 ganti kompresor. kalo gak, paling bearing di kompresor yang diganti.
kalo ganti kompresor, saran ane jangan yang ex singapur atau ex-ex lainnya. mending beli baru. emang lebih mahal 2x, tapi daya tahannya bisa 5x...
perkiraan biaya service semuanya sekitar 600rb - 1jt. itu termasuk ganti drier, oli dan freon.
aloo oom fefe.............
setuju sm oom kopat, sebaiknya d lakukan pembersihan system ac scr menyeluruh sekalian cek kompressor d tempat service..............imho suara kompressor yg mulai aga kasar blum tentu berarti bakal tewas......yg jelas sih klo uda bunyi2 gitu, trus ga segera d lakukan service.....yaaa tinggal tunggu waktu aja
klo sampe kompressor d vonis kudu ganti, sebisa mungkin d ganti dg yg baru........klo d total biaya ganti baru plus service dan tetekbengek nya mungkin "hanya" lbh mahal sejuta.........sedangkan klo ganti yg ex-singapuran daya tahannya bsa d katakan untung2an
hal itu sy alami sendiri beberapa waktu yg lalu......gara2 niatnya pengen ngirit malah ngorot bayangin aja, satu kompressor ex-singapuran umurnya ga sampe 6 bulan!!!! dan saat itu mobil sy udah "makan" 2 kompressor ac lho
akhirnya setelah cape dan jg trauma, mau g mau duid simpenan d belikan kompressor baru sekaligus service full system ac.....hasilnya?? dompet pun mendadak kurus
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching