Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
Guys,lam kenal. Saya pemakai hi-sporty keluaran tahun 1999. Saya pakai ban ukuran R15 235 75. Pada saat kondisi suspensi masih standarnya dengan ban yang sama, konsumsi bbm saya mencapai 1:13,5. Kemudian supaya tampilannya lebih gahar saya tinggikan bodinya dengan cara yang murah meriah, yaitu rol per belakang dan setel batang torsinya, bisa naik sekitar 15 sentian. Problem yang saya hadapi sekarang konsumsi bbmnya langsung boros, sekitar 1:9-10km, dan setirnya terasa lebih berat. Padahal saya tidak mengganti ukuran ban saya. Apakah ada pengaruh perubahan sudut as kopel terhadap kosumsi bbm serta mungkin sudut worm steer terhadap beratnya putaran stir,selain yang pasti hambatan anginnya lebih besar. Mohon masukan dari para suhu2 senior,donk.. yang jelas saya jadi mengurungkan niat mengganti ban saya dengan ukuran 30 ato 31inchi. thanks...
Diesel in my head
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
wah, hati-hati loh pak...as+bearing roda panther termasuk imut dibandingkan ukuran/beratnya, kalo kegedean rodanya bisa cepet rusak tuh kakinya
btw....mungkin ya karena hambatan anginnya itu yg bikin konsumsi bbm0nya kurang efisien
yg dibawah saya mungkin lebih bisa bantu...
btw....mungkin ya karena hambatan anginnya itu yg bikin konsumsi bbm0nya kurang efisien
yg dibawah saya mungkin lebih bisa bantu...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
setelah di-lift...apakah sudut2 roda sudah dikoreksi lg oom (spooring) ?
IMHO....perbedaan ride height akan berpengaruh dng sudut roda...jika tidak tepat tentunya gesekan yg terjadi di ban akan berlebih...selain ban cepet habis/gundul sebelah jg beban mesin akan meningkat dan kons bbm jadi bertambah
mohon dikoreksi kalo keliru....
IMHO....perbedaan ride height akan berpengaruh dng sudut roda...jika tidak tepat tentunya gesekan yg terjadi di ban akan berlebih...selain ban cepet habis/gundul sebelah jg beban mesin akan meningkat dan kons bbm jadi bertambah
mohon dikoreksi kalo keliru....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
setuju dg dik jalu........ penyetelan batang torsi, akan membuat sudut ban ke jalan jadi berubah..... jadi sebaiknya di spooring ulang.....jalu wrote:setelah di-lift...apakah sudut2 roda sudah dikoreksi lg oom (spooring) ?
IMHO....perbedaan ride height akan berpengaruh dng sudut roda...jika tidak tepat tentunya gesekan yg terjadi di ban akan berlebih...selain ban cepet habis/gundul sebelah jg beban mesin akan meningkat dan kons bbm jadi bertambah
mohon dikoreksi kalo keliru....
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
Tuh master2 udah amgkat bicara.. mungkin bisa dilaksanakan..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
karena nafsu udah gak bisa ditahan2 lagi, akhirnya jadi juga deh ganti ban 30 inchi sekalian ku spooring + balance juga. boros2 deh... tinggal cari bull bar sama bemper belakang yang pas aja.. tar ku posting gambarnya.. hi-sporty offroad look.. pengennya si forty ato evie tapi ya apa daya...
Diesel in my head
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
baaaaaa.......ditunggu pic nya yaaa
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
ada gaya, ada harga....
gaya off-road tetapi harus dibayar dengan harga BBM / Solar heheheee...
sekarang kurangi pemakaian saja... jadi kalau cuma ke warung, gak usah naik mobil.. kalau amat sangat penting..baru deh naik mobil.... hehehee...
gaya off-road tetapi harus dibayar dengan harga BBM / Solar heheheee...
sekarang kurangi pemakaian saja... jadi kalau cuma ke warung, gak usah naik mobil.. kalau amat sangat penting..baru deh naik mobil.... hehehee...
Dari Solo ke Oslo
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26940
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
stuju.. as roda.. bushing.. bearing.. nya panther, apalagi yg generasi panther kotak mahh rentan rusak... pemakaian ban standar aja masi gampang rusak gt... mendingan sekalian diupgrade dgn yg lebi bagus kalo bisa...imsus2c wrote:wah, hati-hati loh pak...as+bearing roda panther termasuk imut dibandingkan ukuran/beratnya, kalo kegedean rodanya bisa cepet rusak tuh kakinya
btw....mungkin ya karena hambatan anginnya itu yg bikin konsumsi bbm0nya kurang efisien
yg dibawah saya mungkin lebih bisa bantu...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
Setelah dilakukan spooring balancing ternyata konsumsi bbmnya skrg 1:12km. Yah,lumayan lah ga boros2 amat. memang saya setuju sama kaki depannya yang lemah tapi justru itu yang membuat saya lebih hati2 dalam mengemudi,gak asal hajar jalanan lobang. saya sengaja milih panther kotak karena saya merasa lebih enak dibandingin sama panther kapsul. baik mesin maupun rasio giginya. pengalaman saya pakai kedua jenis panther ini, grand royal (1998) dan hi grade LS (2002) kok rasanya lebih enak yang jenis kotak. Rasio giginya lebih panjang sehingga top speed yang dicapai bisa lebih tinggi. Dan mesinnya kabarnya masih asli jepang. Panther touring saya juga pernah pakai, turbonya ga terlalu terasa. Itulah yang jadi pertimbangan kenapa saya lebih pilih hi-sporty.
Diesel in my head
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
coba berpendapat neh...walaupun pemula...yang jelas konsumsi bbm berbanding lurus dengan:
-berat kendaraan (inersia)
-rolling friction (gesekan mekanis dari ukuran ban/penampang, tapak ban, 4wd system dsb)
-frontal area (penampang depan kendaraan yang melawan/memotong udara saat bergerak)
-aerodinamika..makin tinggi kendaraan, makin tinggi turbulensi udara dibawah bodi kendaraan, sehingga aliran udara tidak lancar, kurang aerodinamis. makanya mbl balap ceper2 semua..karena diusahakan aliran udara dari depan naik lewat atas mobil...dan ada efek push yang menekan kendaraan makin rapat ke tanah, sedang lift cenderung mengangkat kendaraan (makanya mbl tinggi kalo ngebut jadi ga stabil kaya mbl ceper)..kira2 begitulah sederhananya..
yang membedakan dari jenis2 mobil, selain bentuk luar yang aerodinamis, juga adalah bentuk dan aliran udara di bawah mbl. mbl2 mewah pasti dek/bodi bwahnya rata dan tertutup...sampe keluar di belakang (bentuk knalpot, semua rapih dan teratur)...simetris kanan kiri..
selamat taon baru greetings dari qatar
-berat kendaraan (inersia)
-rolling friction (gesekan mekanis dari ukuran ban/penampang, tapak ban, 4wd system dsb)
-frontal area (penampang depan kendaraan yang melawan/memotong udara saat bergerak)
-aerodinamika..makin tinggi kendaraan, makin tinggi turbulensi udara dibawah bodi kendaraan, sehingga aliran udara tidak lancar, kurang aerodinamis. makanya mbl balap ceper2 semua..karena diusahakan aliran udara dari depan naik lewat atas mobil...dan ada efek push yang menekan kendaraan makin rapat ke tanah, sedang lift cenderung mengangkat kendaraan (makanya mbl tinggi kalo ngebut jadi ga stabil kaya mbl ceper)..kira2 begitulah sederhananya..
yang membedakan dari jenis2 mobil, selain bentuk luar yang aerodinamis, juga adalah bentuk dan aliran udara di bawah mbl. mbl2 mewah pasti dek/bodi bwahnya rata dan tertutup...sampe keluar di belakang (bentuk knalpot, semua rapih dan teratur)...simetris kanan kiri..
selamat taon baru greetings dari qatar
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Pengaruh ninggiin supensi dengan konsumsi bbm
mungkin perlu dipertimbangkan juga nih, modif kaki2 depan hi-sporty dengan punya panter kapsul,ato mungkin dari tipe mobil lainnya supaya bisa puas dan gak was2 main ban gede. ada yang tau cara serta biayanya? kalo sudah begini sepertinya advis dari para master udah kita tunggu2,nih...harap2 cemas..
Diesel in my head