SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 30 Jul 2014, 20:07

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 91 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next
Author Message
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 12:29 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 28 Aug 2009, 11:42
Posts: 22
Chevrolet optra matic gw udah di flushing oli maticnya, udah ganti oli transmisi -- bengkel resmi di Tandean
- udah ganti busi ama kampas rem di bengkel hang tuah ... tapi sangat disayangkan ... busi nya tidak cocok jd transmisi sering mati dan suara tidak stabil...(hal ini diketahui pas gw bawa ke bengkel pertamina di pasar minggu... gilaa bengkel resmi chevrolet bisa amatir seperti ini ck ck ck..dan rem jg masi berbunyi ... waktu complaint mereka cmn bisa blg tidak mungkin)..jd gw gak akan kembali lagi ke bengkel amatir resmi itu.

- mobil gw sering tersendat pada saat mau ngebejek gas ..hal ini biasanya terjadi kalo mobil udah panas.. kalo baru2 bawa engga begitu...kayak nahan gitu...kadang2 ada hentakan di transmisinya...kadang tidak mau nanjak ... padahal sudah di tune up mpe 2x dalam 3bulan ini...

please banget saran2 buat para senior yg ahli matic buat info penyakit mobil gw ini ... and rekomendasi bengkel yg bagus..and karena gw cewe kadang kalo ke bengkel suka ditawarin ini itu yg gw gak ngerti ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 14:20 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Seperti yang pernah saya tulis pada salah satu diskusi mengenai Chevrolet di Indonesia... hubungan main dealer / Chevy Indonesia dengan Sub dealer/authorized workshop memang tidak bagus.. masalahnya seperti telor sama ayam.. adik saya pernah bawa AVEO ke bengkel resmi di jalan Arjuna.. malah terang-2 an ditolak.

Kembali ke masalah transmisi...
saya menyarankan untuk bawa ke bengkel GMAWI.. atau telpon ke Customer Assistance Center 0-800-10-CHEVY (24389) Direct Line (021) 889 55105 . Mereka akan melakukan diagnosa untuk melihat permasalahan. Kemungkinan ECU nya harus di reset. Kelihatannya posisi kick-down nya terlalu cepat.
Sekarang menggunakan bensin apa?. Coba pakai pertamax dan ditambah Fuel Injection cleaner, jalankan mobil keliling Tol dengan kecepatan konstan 60-80 km/j.. untuk membersihkan saluran-2 bensin / Fuel injection.

untuk sementara tunggu jawaban dari teman-2 yang lain karena ada juga yang mengendarai Chevy Captiva (mungkin lebih pengalaman dengan karakteristik Chevy).. setelah itu baru ambil kesimpulan...

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 14:36 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 28 Aug 2009, 11:42
Posts: 22
Bener banget .. can u imagine gw habis 1 juta lebih buat ganti kampas rem filter bensin ama busi... tp hasilnya NOLLLL besar ... ah sudahlah .. percuma dibahas kalau benar amatir begitu ...

bengkel GMAWI itu dimana? bagus gak?

dari awal beli saya pakai petramax, ( saya beli second ) waktu diprint record service di bengkel resmi Tandean siy .. masalah ada jedug2 / atau hentakan .. nah krn saya baca record service bengkel masalahnya sama berarti bengkel tersebut tidak bisa handle dong ...
Soal Fuel injector saya ndak tahu .. konsumsi BBM borooosss bgt 1:7 hiks hiks :( untuk dalam kota .. luar kota lebih parah kali ya... blom ngitung siy tp ke Bandung PP isi bensin petramax full dari posisi setengah 180rb pulang bensin sudah seperempat kurang

udah telp chev nya mereka cmn mengatasi keadaan darurat ... saya disuruh ke bengkel SUN motor atau bengkel resmi terdekat ... hangtuah itu ... lah hasilnya?? bingung .. gw gak ngerti sama sekali soal mobil ... :(

Mobil gw Chevrolet Optra .. sedan .. bukan captiva .. apa sama aja?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 15:07 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Posts: 4623
mobilnya taun brapa? dah jalan brapa KM?
sejarah perawatan transmisinya ada ga?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 15:11 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 28 Aug 2009, 11:42
Posts: 22
mobilnya tahun 2003, service recordnya ada, KM 59.000, sejarah perawatan transmisi cmn ganti2 oli aja, flusing baru gw itu di satu bengkel gak tau kalo tangan sebelumnya ( gw tangan ke 3)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 15:51 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Posts: 4623
saran dari Pak Eljepe layak dicoba yg tentang injector cleaner
cara praktisnya tinggal beli yg botolan, macam merk Redline harganya antara 100 - 150rb
di tuang ke tangki saat kondisi bensin minim, lalu diisi full tank.
sebaiknya digunakan sebelum pergi keluar kota saja. agar lebih maksimal membersihkan injectornya

cara lain bisa minta ke bengkel bersihin injector, cara ini lebih terjamin kebersihan injectornya, tapi biaya mungkin sedikit lebih mahal (ratusan ribu kok, ga sampe jutaan) :) dan tidak praktis.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Aug 2009, 18:32 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Bengkel GMAWI (General Motors Auto World Indonesia / ATPM nya Chevy) ada di jalan arteri Kebayoran Lama. dari taman puring, ambil arah velbak, jangan naik jembatan, tapi ikuti jalan yang arah ke kiri.. disitu ada dua bengkel,,, lihat bengkel yang ke dua..

Captiva dan Optra sama-2 dibuat oleh Chevrolet Korea.. jadi mungkin menggunakan ECU (Engine Control Unit) yang sama...
Saya harapkan kakak-2 yang sudah biasa mengendarai Captiva bisa memberi pengarahan baik untuk P3K atau untuk memilih bengkel yang baik.

Telpon saja dari jalan atau rumah teman, bilang kalau mobil tiba-2 tersendat-sendat. Karena kamu perempuan... jadi takut mesinnya mati ditengah jalan.. Tapi memang ada biaya.. "storing" nya. Bilang terus terang. kapok ke bengkel Hang Tuah..
Meskipun tidak tahu pasti tapi kelihatannya SUN MOTOR lebih serius berbisnis..

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Aug 2009, 00:25 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 11 Aug 2009, 11:29
Posts: 19
Hallo Redpanda... :mrgreen: :mrgreen:

mungkin Optra nya bisa dibawa ke bengkel Chevrolet Andalan Pondok Indah... lokasinya persis yang di kasi tau sama Bro ELJEPE :thanks:

kbetulan saya baru ambil captiva, jadi memang blum pernah servis disana (andalan PI).. tapi denger dari beberapa temen... bengkel disana cukup handal,,, mekaniknya juga bagus... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

berikut alamat dan no telpon nya.. mungkin bisa janjian dulu dgn bengkelnya, soalnya bengkel ini biasanya rame... hehehe...

Andalan
Jl. Arteri Pondok Indah no 8-9, Jakarta Selatan
Phone: (021)7396889

semoga membantu... :frm_salut:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Aug 2009, 21:59 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 28 Aug 2009, 11:42
Posts: 22
Hi guys...jd harus fuel injector ya..soal hentakannya ditransmisi krn ini jg ya? Kira2 biaya jutaan jg ya?:(


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Aug 2009, 22:49 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
Hi juga sis.... :)
sebaiknya ikuti dulu anjuran dari pak LJP ttg pemakaian fuel injection cleaner, kalo masih mendapati masalah yg sama ada baiknya dilakukan cek transmisi di bengkel yg sudah dirujuk,, n apabila ternyata memang betul bermasalah di transmisi matik nya....saran sy lebih baik atur rencana ganti mobilnya :) kenapa? Karena biaya perbaikan transmisi matik tidak sedikit dan terlebih sparepart pengganti untuk A/T chevy Optra mungkin agak susah didapat, seandainya ada pun udah pasti muahaaaal...... :mrgreen: :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Aug 2009, 22:54 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
Oiya....ada satu lagi yg kelupaan.....
Coba kuras oli matik nya dulu sis (kuras keseluruhan bukan cuma ganti oli), karena dikhawatirnya sebelumnya pernah ada penggantian oli matik yg tidak sesuai spek nya untuk mobil ini,, baca2 di buku manual ttg penggunaan oli matik yg dianjurkan....
Semoga membantu....... :)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Aug 2009, 23:00 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Jangan panik dulu bu.
Itulah susahnya... kita tidak tahu pasti masalah di transmisi atau di Fuel Injection.... karena keduanya bisa menyebabkan hentakan......
Kalau pedal gas diinjak langsung sampai habis... mesin akan seperti tertahan sebentar dan kemudian jalan kencang dan transmisi akan berganti secara bertahap. Ini yang namanya "kick-down". Tetapi coba jalankan di jalan yang kosong, lalu gas secara perlahan-lahan. Seharusnya transmisi akan berpindah pada RPM-RPM tertentu secara halus.. Rasakan hentakannya, bandingkan dengan yang anda alami sebelumnya...
Sekarang kalau sedang diam, rasakan perpindahan dari P,R,N,D,2,1 dan sebaliknya.. apakah ada hentakan (jerking).
Tapi kalau anda dalam kecepatan konstan dan mesin tersendat-sendat.. itu kemungkinan Fuel Injection. Anda bisa melakukan seperti yang saya sarankan diatas.

Coba saja panggil emergency... karena mereka akan datang dengan peralatan yang sangat lengkap dilihat dari truk service nya. Dan pasti mereka akan melakukan diagnosa dengan alat yang canggih sehingga dapat mengetahui bagian-2 yang bermasalah. Atau ya langsung kebengkel ANDALAN yang disebut mas "qaqa" diatas.

odometer 59k memang saatnya untuk flush A/T. Jadi <59K / pemakai sebelumnya memang cukup ganti-2 ATF saja. Tetapi kenapa bermasalah.... ya harus kita analisa satu persatu..

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 06:41 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 28 Aug 2009, 11:42
Posts: 22
Khan flushing itu kuras oli matic khan...nah itu udahhhhhhhhhhhhh..kena 1,2juta di bengkel R'sona .. :(
Memang RPMnya naek ampe angka 3 kalo tersendat...abis itu lancar tp suka bgt diklakson ama mobil belakang krn jalannya lama...hentakannya kalo mobil panas stlh 30menit jalan biasanya...itu kalo diposisi rem trus gas lg terasa bgt hentakannya :(
Fuel injectornya beli dmn ya?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 07:29 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
redpanda wrote:
Khan flushing itu kuras oli matic khan...nah itu udahhhhhhhhhhhhh..kena 1,2juta di bengkel R'sona .. :(
Memang RPMnya naek ampe angka 3 kalo tersendat...abis itu lancar tp suka bgt diklakson ama mobil belakang krn jalannya lama...hentakannya kalo mobil panas stlh 30menit jalan biasanya...itu kalo diposisi rem trus gas lg terasa bgt hentakannya :(
Fuel injectornya beli dmn ya?


Tenang-2 jangan emosi dan jangan panik, kami mengerti kebingungan anda, kami berusaha membantu.
iya maksud saya, prosedur sudah dijalankan dengan benar. Jadi seperti yang di khawatirkan oleh pak "mandala", kemungkinan pernah diganti dengan oli yang salah (Contoh Honda, menggunakan oli transmisi khusus) atau ya transmisi bermasalah dari pabrik.
yang perlu dibeli bukan Fuel Injector nya tetapi Fuel Injection Cleaner.. bisa dibeli di Ace Hardware... yang sudah teruji ialah merk REDLINE seperti yang disebutkan oleh pak "evolution21".

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 08:21 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
Betuuuul sis....calm down ajah ga usah panik :mrgreen:
Kita telusuri pelan2 disini, mudah2an ketemu jalan keluarnya.......
Menurut pengalaman rekan2 yg lain yg pernah sy baca2 disini ada beberapa yg berpengalaman bilang bahwa bengkel specialis matik di luaran malah jauh lebih profesional daripada bengkel resmi, mungkin sis bisa coba datangi salah satu dari tempat itu......
Hmmm.......mungkin pak LJP atau rekan2 yg lain bisa bantu rekomendasikan bengkel nya? Trims..... :)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 08:42 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
mandala1 wrote:
Betuuuul sis....calm down ajah ga usah panik :mrgreen:
Kita telusuri pelan2 disini, mudah2an ketemu jalan keluarnya.......
Menurut pengalaman rekan2 yg lain yg pernah sy baca2 disini ada beberapa yg berpengalaman bilang bahwa bengkel specialis matik di luaran malah jauh lebih profesional daripada bengkel resmi, mungkin sis bisa coba datangi salah satu dari tempat itu......
Hmmm.......mungkin pak LJP atau rekan2 yg lain bisa bantu rekomendasikan bengkel nya? Trims..... :)


yang penting sudah punya alat untuk mendiagnosa TCU (Transmission Control Unit) atau PCM (Powertrain Control Module / gabungan TCU dan ECU/Engine Control Unit).

paling top ya : ricardo matic....
Jl. Raya Kampung Kelapa (PLN) No. 1 Cikokol Tangerang Telp. 021-5547672 / 55755708

alternative lainnya : (hanya baca di iklan / belum dengar komentar pasien-2 nya).
WANI MATIC , Komp Pinang Griya Permai, Jalan Pinang Griya /3A, Ciledug, Tangerang.
021-731-0046 / 0816-143-1330

Bengkel HS, Jalan Kepu Selatan No.34,Kemayoran, Jakarta Pusat. 021-424-4911, 425-3275, 0812-101-4082 dengan bapak Hasan.

Apollonia Automatic 0812-909-6065 / 021-6858-0367.

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 09:26 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
saya mah memantau aja deh, sebab kagak ngarti masalahnya apa yah.....?? :e-think:

penjelasan dr TS lbh kepada ungkapan kekecewaan karena kinerja bengkel resmi yang krg profesional sehingga mbl kesayangannya msh belum kunjung selesai jg masalahnya. sementara TS sendiri sebagai kaum hawa jg kurang begitu mendalami ttg teknik otomotif, sehingga sulit untuk mendiagnosa bagian apa yang rusak...OK dont worry..... :big_peace:

kepada sis redpanda..pls calmdown dulu...kalo memang sis krg memahami segi teknis kendaraan mungkin sis bisa membuat daftar keluhan/gejala yang terjadi seperti (sebagian sudah saya rangkum) :

1. timbul hentakan saat mbl berjalan
2. tersendat saat ngebejek gas...terutama saat panas
3. kadang tidak kuat nanjak
4. RPMnya naek ampe angka 3 kalo tersendat
5. busi nya tidak cocok jd transmisi sering mati dan suara tidak stabil.. :e-think:
6. ????? (pls dilengkapi lagi yah....)

selain daftar keluhan, tentunya sis redpanda juga ingat perbaikan apa saja yg sudah dilakukan (ini saya udah rangkum juga :mrgreen: ) :

1. flush/kuras oli transmisi matic
2. Ganti busi
3. ganti kampas rem
4. ganti filter bensin
5. ??? (apa lagi...... ?)

nah kalo list keluhan dan list perbaikan sudah Sis lengkapi...mudah2an data2 tsb bisa membantu para suhu di SM ini untuk mendiagnosa apa sih "penyakit" yang sebenernya terjadi di mobil sis redpanda :e-pray:

Segitu aja deh...cuma sekedar sumbang saran yah....... :frm_salut:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 19:04 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 28 Aug 2009, 11:42
Posts: 22
Hi guys...gimana engga panik udh abis 3jt-an mslh ga kelar :(
Pas baru beli mobil ini yg gw lakukan :
1. Flushing dibkel resmi jg Rp.1.2jt bengkel Rsona Tandean..montirnya maksa suruh ganti timing belt ..pdhal dikaca atas kemudi supir udh adasticker timing belt KM 88rb sekian
(Ga mau ksana lagi)
2.Ganti oli mesin + tune up di bengkel hang tuah rp 500rb-an
....Setelah sbln muncul gejala2 ini : hentakan trus tersendat
3. Beli kaca film 3M 1,7jt,beli head unit tape pioner 1,8jt
4. Makin ga nyaman dgn hentakannya krn srg jalan lately..lgs bawa ke bengkel hang tuah
..Ganti filter bensin
..Ganti kampas rem
..Ganti busi total biaya 1,1jt
--> masalah malah nambah...suara mesin gak stabil ..mesin sering mati..
5.Pas kebetulan mati mesinnya dijalan..seblh kiri ada pom bensin pertamina dan ada bengkelnya..lgs kstu ..ganti busi merk MBK..mesin lgs rada stabil.
Tune up ... Total biaya rp,178rb

Masalahnya ya itu
1.Hentakan transmisi kalo udh panas
2.Kalo ngijek gas kayak nahan a.k.a tersendat...
3.Nanjak hrs gigi 2 bru kuat..malah pnah diplangi gak bisa sama sekali mpe rame diklaksonin
4.Suara rem ngak ngik nguk kalo ngerem pas jalan pelan
5.Bensin boros abeess.. 1:7 jarak tempuh tiap hari..karet - dharmawangsa ..dharmwangsa - senayan city - karet
Seminggu habis 450rb...buat bensin

Bsk gw ke ace hardware Redline ya..trus lgs bawa ke jalan tol? Mpe brp lama bawa jalannya?

Gw ga panik tp udh meratap..abis keluar uang percuma gak ada hasil :((


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 20:02 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
redpanda wrote:
--> masalah malah nambah...suara mesin gak stabil ..mesin sering mati..
5.Pas kebetulan mati mesinnya dijalan..seblh kiri ada pom bensin pertamina dan ada bengkelnya..lgs kstu ..ganti busi merk MBK..mesin lgs rada stabil.
Tune up ... Total biaya rp,178rb

Masalahnya ya itu
1.Hentakan transmisi kalo udh panas
2.Kalo ngijek gas kayak nahan a.k.a tersendat...
3.Nanjak hrs gigi 2 bru kuat..malah pnah diplangi gak bisa sama sekali mpe rame diklaksonin
4.Suara rem ngak ngik nguk kalo ngerem pas jalan pelan
5.Bensin boros abeess.. 1:7 jarak tempuh tiap hari..karet - dharmawangsa ..dharmwangsa - senayan city - karet
Seminggu habis 450rb...buat bensin

Bsk gw ke ace hardware Redline ya..trus lgs bawa ke jalan tol? Mpe brp lama bawa jalannya?
Koq sy malah jadi curiga nya ke sistem pengapian yah? :e-think:
gini...gini....coba sis ganti busi nya dulu ke merk lain yg memang sesuai dgn speknya Optra...bisa jadi busi merk MBK itu nggak cocok untuk karakter mesinnya (misalnya bisa aja itu busi cocoknya untuk mobil biasa non injection),,
coba cek lagi ke bengkel 'coil' nya karena sis bilang ngadatnya kalo sudah panas.....sekalian di cek lagi pendukung elektrikal lainnya seperti kabel busi, dll....

btw sewaktu ganti kampas rem, apakah udah dipastikan kalo itu original atau barang kw? karena meskipun ganti di be-res ngga jaminan pasti pake barang ori.... (bukan nuduh yeee....) :)
Ato bisa jadi juga piringan cakram di mobil sis udah agak 'kemakan' sehingga bisa menimbulkan bunyi derit sewaktu di rem di kecepatan rendah.....
Gw ga panik tp udh meratap..abis keluar uang percuma gak ada hasil :((


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 21:10 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
saya sependapat dng om gundala....eh mandala... :big_weee:

sepertinya problem utama ada di sistem pengapian yg mengalami masalah, asumsi saya juga Coil nya yang udah lemah ditunjukan dengan adanya gejala mesin tersendat2 (mbrebet) dan semakin parah terjadi saat mbl udah panas :e-think:

kalo sistem pengapian ada gangguan tentunya pembakaran gak sempurna, makanya jadi boros

mungkin para suhu disini bs melengkapi diagnosa lbh lanjut :frm_salut:

@redpanda : meski rem berdecit, gimana dng kinerja rem nya, masih tetap pakem gak ?

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 21:24 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
Waaak.....maap,, tadi koq tulisan ane bisa jadi satu ke quote yah? :e-think:
Ini deh ane betulin dulu biar ga binun.....hehehe...... :)
redpanda wrote:
--> masalah malah nambah...suara mesin gak stabil ..mesin sering mati..
5.Pas kebetulan mati mesinnya dijalan..seblh kiri ada pom bensin pertamina dan ada bengkelnya..lgs kstu ..ganti busi merk MBK..mesin lgs rada stabil.
Tune up ... Total biaya rp,178rb

Masalahnya ya itu
1.Hentakan transmisi kalo udh panas
2.Kalo ngijek gas kayak nahan a.k.a tersendat...
3.Nanjak hrs gigi 2 bru kuat..malah pnah diplangi gak bisa sama sekali mpe rame diklaksonin
4.Suara rem ngak ngik nguk kalo ngerem pas jalan pelan
5.Bensin boros abeess.. 1:7 jarak tempuh tiap hari..karet - dharmawangsa ..dharmwangsa - senayan city - karet
Seminggu habis 450rb...buat bensin

Bsk gw ke ace hardware Redline ya..trus lgs bawa ke jalan tol? Mpe brp lama bawa jalannya?

Koq sy malah jadi curiga nya ke sistem pengapian yah? :e-think:
gini...gini....coba sis ganti busi nya dulu ke merk lain yg memang sesuai dgn speknya Optra...bisa jadi busi merk MBK itu nggak cocok untuk karakter mesinnya (misalnya bisa aja itu busi cocoknya untuk mobil biasa non injection),,
coba cek lagi ke bengkel 'coil' nya karena sis bilang ngadatnya kalo sudah panas.....sekalian di cek lagi pendukung elektrikal lainnya seperti kabel busi, dll....

btw sewaktu ganti kampas rem, apakah udah dipastikan kalo itu original atau barang kw? karena meskipun ganti di be-res ngga jaminan pasti pake barang ori.... (bukan nuduh yeee....) :)
Ato bisa jadi juga piringan cakram di mobil sis udah agak 'kemakan' sehingga bisa menimbulkan bunyi derit sewaktu di rem di kecepatan rendah.....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 22:36 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Posts: 4623
setelah dicampur fuel injector cleaner, sebaiknya tunggu dipakai dulu sampe +/- 50 km
baru dah dipake ke tol, lebih baik lagi, dipake kalo pas sekalian jalan2 ke bdg :)
karena seluruh obat yg telah dicampurkan ke bensin,
akan lebih maksimal disemprot ke injectornya dengan jumlah yg besar dan relatif lama

saya ilustrasikan seperti ini yah
kalo kita mau bersihkan kotoran binatang di lantai taman, dan kebetulan
alat untuk membersihkan satu2nya hanya ada keran air dan selang

kita semprot tu kotoran dengan tekanan air keran yang dibuka maksimal, dan terus menerus untuk mendapatkan hasil yg optimal kan?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 23:18 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
redpanda wrote:
Khan flushing itu kuras oli matic khan...nah itu udahhhhhhhhhhhhh..kena 1,2juta di bengkel R'sona .. :(
Memang RPMnya naek ampe angka 3 kalo tersendat...abis itu lancar tp suka bgt diklakson ama mobil belakang krn jalannya lama...hentakannya kalo mobil panas stlh 30menit jalan biasanya...itu kalo diposisi rem trus gas lg terasa bgt hentakannya :(
Fuel injectornya beli dmn ya?

Kalo pas tersendat RPM nya bisa naik ke 3000rpm, berarti mustinya bukan masalah dari pengapian?? ane gak ngerti cuma pake logika aja.....kecuali kalo "tersendat" nya nge-brebet kaya mao mati mesinnya. :e-think:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Aug 2009, 23:47 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
redpanda wrote:
....Setelah sbln muncul gejala2 ini : hentakan trus tersendat

--> masalah malah nambah...suara mesin gak stabil ..mesin sering mati..

5.Pas kebetulan mati mesinnya dijalan..seblh kiri ada pom bensin pertamina dan ada bengkelnya..lgs kstu ..ganti busi merk MBK..mesin lgs rada stabil.

Masalahnya ya itu
1.Hentakan transmisi kalo udh panas
2.Kalo ngijek gas kayak nahan a.k.a tersendat...
3.Nanjak hrs gigi 2 bru kuat..malah pnah diplangi gak bisa sama sekali mpe rame diklaksonin


dari postingan ini ada indikasi mesin tersendat...bahkan pernah ampe mati dijalan.

hmm...kira2 apakah rpm naik ke 3000 karena TS meng-kickdown (menginjak pedal gas dalam2) supaya bisa lbh kencang (gak lately) ?? :e-think:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Aug 2009, 09:03 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Maaf Bu atau Mbak redpanda, kalau beli mobil 2nd atau 3rd itu memang ada resiko. Kita khan tidak tahu sama sekali kondisi mobil waktu baru dalam arti apakah ada cacat dari pabrik. Kemudian bagaimana perawatan cara mengemudi dua pemilik sebelumnya. Bukan maksud kami menyepelekan biaya yang sudah dikeluarkan, tetapi kami berusaha menganalisa berdasarkan tulisan cerita ibu / mbak dan membandingkan dengan pengalaman kami... Seandainya kami menganalisis dilapangan, tentunya akan berbeda..... lho kok jadi kuliah.

Sekarang Ibu/Mbak jangan mengeluarkan dana dulu, tetapi bagaimana kalau janjian dengan service car dari GMAWI dan didampingi pak sjamsul (secara beliau ini ahli listrik), atau pak Jalu/pak Evolution 21 (ahli mesin). Jadi bisa konsultasi hasil pembacaan alat diagnosa....(OBD / On Board Diagnostic). Nanti kalau perlu suku cadang.. bisa ngebon dari pak Mandala1. Setelah semua selesai panggil pak Nescafe... mobil jadi kinclong lagi deh...
Mungkin itu saran saya untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih jelas.

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 91 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google Adsense [Bot] and 15 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com