Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

Langsung aja, saya punya pertanyaan seputar AWD dan 4WD.

1.Dari baca-baca di beberapa thread, yang saya 'tangkap' bahwa (on-demand) AWD itu roda depan dan belakang berputar dengan pembagian (?torsi?/?tenaga?) tergantung ECU sedang pada 4WD roda depan dan belakang dikunci 50-50 (?torsi?/?tenaga? nya). Benar ga om yang saya 'tangkap'?
2.Trus on deman AWD itu artinya apa ya om? Bahwa AWD nya diatur oleh computer (bukan manual)?
3. Kalo dari nomor satu, saya menyimpulkan AWD lebih praktis/bagus dari 4WD karena tenaga dibagi/diatur ECU tergantung kebutuhan. Yang saya ngerti, kalo misal roda depan tidak begitu memerlukan tenaga yang banyak, maka ECU memberikan tenaga buat roda belakang lebih besar dari roda depan. Benarkah begitu?
4. So, jadi apa kelebihan dan keuntungan dari (on-demand AWD dan 4WD (4x4)? (Misal AWD di Captiva dan 4x4 nya Pajero Sport, sori kalo bukan kelas yang sama ngebandinginnya).

Sori kalo misalnya dah dibahas mendetail di thread tertentu, saya cuman baca di beberapa thread tapi belum benar-benar mengerti.

Thanks sebelumnya atas jawabannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote:Langsung aja, saya punya pertanyaan seputar AWD dan 4WD.

1.Dari baca-baca di beberapa thread, yang saya 'tangkap' bahwa (on-demand) AWD itu roda depan dan belakang berputar dengan pembagian (?torsi?/?tenaga?) tergantung ECU sedang pada 4WD roda depan dan belakang dikunci 50-50 (?torsi?/?tenaga? nya). Benar ga om yang saya 'tangkap'?
2.Trus on deman AWD itu artinya apa ya om? Bahwa AWD nya diatur oleh computer (bukan manual)?
3. Kalo dari nomor satu, saya menyimpulkan AWD lebih praktis/bagus dari 4WD karena tenaga dibagi/diatur ECU tergantung kebutuhan. Yang saya ngerti, kalo misal roda depan tidak begitu memerlukan tenaga yang banyak, maka ECU memberikan tenaga buat roda belakang lebih besar dari roda depan. Benarkah begitu?
4. So, jadi apa kelebihan dan keuntungan dari (on-demand AWD dan 4WD (4x4)? (Misal AWD di Captiva dan 4x4 nya Pajero Sport, sori kalo bukan kelas yang sama ngebandinginnya).

Sori kalo misalnya dah dibahas mendetail di thread tertentu, saya cuman baca di beberapa thread tapi belum benar-benar mengerti.

Thanks sebelumnya atas jawabannya.
1. btul.. itu pembagian torsi.. 4WD partime center diffloknya ngunci AWD dan 4WD Fulltime center diffloknya open.
2. on demand AWD, beati AWDnya bergantung keperluan, jadi klw di aspal ada yg 4x2, adayg 4x4 dgn perbandingan 70/30, bgtu slip baru masuk 50:50, syangnya kelemahan sistem otomatis gini, ada jedanya saat transisi ke mode 4x4 50:50 jadi sering uda slip duluan.
3. tergantung, klw tu mobil aslinya FR maka roda blkng jadi defaultnya, klw aslinya FF roda depan yg mutar saat tidak butuh 4x4, ada juga yang selalu 4x4, namun center diffloknya open. AWD memang "tampak" lebih praktis dri 4WD partime karena drivernya jd ga mikir, tapi sayangnya, ECUnya suka aga lemot, atau tidak sependapat dgn driver.. hehe jadi klw lewat jalur berat nan licin, bisa aja maunya tu driver 4x4 partime yg ngunci 50:50 agar selalu mantap jalannya. tapi sama ecunya di kasih 70:30 atau masih di 4x2... sering kali d tempat licin mobil slip/muntir dulu baru ECUnya mengkoreksi lewat 4x4.. klw muntir nya di tempat yg salah kan berabe.
4. hmmmm.... dulu uda pernah di bahas om.. coba buka treat Pajero sprot VS captiva. lengkep AWD vs 4x4 dgn perbandingan HDC vs Lowgir dll..
intinya, AWD captiva untuk pemakaian highspeed jalan raya, untuk offroad kurang cocok,karena sistem 4x4nya tidak bisa di kunci (partime) tidak ada LowGear dan konstruksi suspensi yg kurang/kalah mumpuni untuk medan oprut. tidak adanya lowgir di akali dgn adanya HDC, suspensi yg kurang mumpuni di akali dgn ESP dll... ada di treat itu klw nda salah hehehe.....

mestinya gw kopi ke blog aja yah...

btw om, klw mw nanya gini jgn bikin treat baru yah, mending ke treat yg sudah ada sja, dulu jg ada treat 4x4 kok, tapi kyanya uda tenggelem.. hehe

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

bisa nebeng ke thread cherokee, thread mitsu SUV, thread pajero sport dll..
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by toyiblm »

kalau maniac off-road better 4wd dan dengan pilihan rigid suspension untuk flexibility,
kalau ndak mau pusing masalah teknis dan yang hanya tahunya injak gas nih awd solusinya dan biasanya juga kebanyakan pakai independent suspension untuk tujuan kenyamanan

pertanyaan dan jawabannya sama saja antara pro & con untuk pilihan
enak mana antara transamisi manual dan A/T

kalau dulu automatic transamision masih ada jeda, kini mulus..lus..begitu juga dengan awd, justru lebih safe. karena ECU sudah sangat cepat mengantisipasi melalui gejala ia sudah memerintahkan pembagian torsi secara imbang sebelum kejadian.

dan enaknya lagi dengan awd lebih baik pengendaliannya

untuk mobil pribadi dan keluarga kedepan mungkin akan lebih banyak menggunakan pilihan awd untuk alasan safety.

sedangkan 4wd memang untuk offroader yang extrim yang hobbiest, kalau saya mending beli mobil bekas jadul yang lebih durable dan tangguh, trus di modif.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

toyiblm wrote:sedangkan 4wd memang untuk offroader yang extrim yang hobbiest, kalau saya mending beli mobil bekas jadul yang lebih durable dan tangguh, trus di modif.
makanya ane lagi cari trooper.... hidup trooper... :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

soalnya buat harian om kopat udah ada hummer, sayang kalo hummer dipake offroad ya om.. :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

toyiblm wrote:kalau maniac off-road better 4wd dan dengan pilihan rigid suspension untuk flexibility,
kalau ndak mau pusing masalah teknis dan yang hanya tahunya injak gas nih awd solusinya dan biasanya juga kebanyakan pakai independent suspension untuk tujuan kenyamanan

pertanyaan dan jawabannya sama saja antara pro & con untuk pilihan
enak mana antara transamisi manual dan A/T

kalau dulu automatic transamision masih ada jeda, kini mulus..lus..begitu juga dengan awd, justru lebih safe. karena ECU sudah sangat cepat mengantisipasi melalui gejala ia sudah memerintahkan pembagian torsi secara imbang sebelum kejadian.

dan enaknya lagi dengan awd lebih baik pengendaliannya

untuk mobil pribadi dan keluarga kedepan mungkin akan lebih banyak menggunakan pilihan awd untuk alasan safety.

sedangkan 4wd memang untuk offroader yang extrim yang hobbiest, kalau saya mending beli mobil bekas jadul yang lebih durable dan tangguh, trus di modif.
hehe btul om, soal 4WD VS AWD ane mw ambil 2-2nya ajah...

kan skrng sih 4WD sudah tidak kaku mesti partime saja yg identik untuk medan berat.. skrng pilihannya ada 4fulltime/AWD juga..
tengok saja,semenjak tahun 90 dri pajero gen2 XJ sampai skrng fortuner 4x4, pajerosport 4x4 dll...
transfercasenya ada pilihan fulltime dgn berbagai istilah(4Fulltime/4H dll).... fungsinya tentu bwat highspeed 4WD driving di jalan raya.. jdi enak aja.. partime + lowgir dpt masih ada bonus fulltimenya juga..

CMIIW

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by toyiblm »

[quote="billyd1773dz"
hehe btul om, soal 4WD VS AWD ane mw ambil 2-2nya ajah...

kan skrng sih 4WD sudah tidak kaku mesti partime saja yg identik untuk medan berat.. skrng pilihannya ada 4fulltime/AWD juga..
tengok saja,semenjak tahun 90 dri pajero gen2 XJ sampai skrng fortuner 4x4, pajerosport 4x4 dll...
transfercasenya ada pilihan fulltime dgn berbagai istilah(4Fulltime/4H dll).... fungsinya tentu bwat highspeed 4WD driving di jalan raya.. jdi enak aja.. partime + lowgir dpt masih ada bonus fulltimenya juga..

CMIIW

thx
:beer:[/quote]


kalau yang partime udah jelas
tapi khan beda om antara awd on demand dengan full time

pertanyaannya kalau 4wd full time apakah mampu memberikan torsi
yg cukup tuk menggerakkan Mobil ke salah satu roda bila 3 roda Selip..??
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

toyiblm wrote: pertanyaannya kalau 4wd full time apakah mampu memberikan torsi
yg cukup tuk menggerakkan Mobil ke salah satu roda bila 3 roda Selip..??
kalo pertanyaannya di 4wd full time, rata2 juga punya 4 part time, kalo terjadi kondisi seperti itu ya pindah ke part time terus jalan deh. mobil 4wd full time ngga dikasih fitur selengkap AWD on demand karena udah ada 4wd part timenya.. AWD on demand dikasih fitur banyak untuk menutupi kekurangan karena ngga ada 4wd part timenya kan? kalo mobil punya 4wd partime dan juga 4wd full time dengan fitur seperti AWD on demand bakal mubazir mungkin.. harganya juga bakal mahal..

kalo adanya 4wd fulltime aja tanpa 4wd part time atau AWD on demand ya jangan dibawa ketempat2 yang bakal nyangkut lah om.. kalo nyangkut juga masih ada pilihan "call a friend" :mrgreen:
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by toyiblm »

gmx wrote:
toyiblm wrote: pertanyaannya kalau 4wd full time apakah mampu memberikan torsi
yg cukup tuk menggerakkan Mobil ke salah satu roda bila 3 roda Selip..??
kalo pertanyaannya di 4wd full time, rata2 juga punya 4 part time, kalo terjadi kondisi seperti itu ya pindah ke part time terus jalan deh. mobil 4wd full time ngga dikasih fitur selengkap AWD on demand karena udah ada 4wd part timenya.. AWD on demand dikasih fitur banyak untuk menutupi kekurangan karena ngga ada 4wd part timenya kan? kalo mobil punya 4wd partime dan juga 4wd full time dengan fitur seperti AWD on demand bakal mubazir mungkin.. harganya juga bakal mahal..

kalo adanya 4wd fulltime aja tanpa 4wd part time atau AWD on demand ya jangan dibawa ketempat2 yang bakal nyangkut lah om.. kalo nyangkut juga masih ada pilihan "call a friend" :mrgreen:
nah inilah masalahnya bro, memang part time dan fulltime saling melengkapi tapi tetap belum bisa
nandingi on demand terutama untuk melibas jalan licin dan menikung.

jadi menurut ane

awd on demand lebih diperuntukkan safety reason yang lebih tinggi dan kenyamanan
4wd part time & full time lebih cocok untuk hobbiest
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by topspeed »

hayo siapa yang mau tahu bedanya 4wd dan awd on demand
bisa test drive sendiri di jalan putar balik / U-turn
yang mana yang Ngesot2
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by topspeed »

berhubung pengetahuan masih sebatas copy and paste,
ini ada sedikit pencerahan mengenai beda 4wd and awd mungkin menolong, terutama
yang awam kaya saya

http://consumerguideauto.howstuffworks. ... wd-cga.htm

dan disana juga ada daftar mobil yang dikelompokkan and sistem yang diadopsi, sehingga tanpa pengetahuan teknis kita juga bisa melihat jelas keperuntukannya
cheerss...
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by topspeed »

dan ini ada link youtube komparasi

http://www.youtube.com/watch?v=ooQRxlChvMw

bagaimana efek yang terjadi pada sistem 4wd fulltime dengan awd jika
terjadi Slip pada saat jalan licin (koef gesekan jalan = 0 )
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

Thanks bgt om atas jawabannya. Makin ngerti sekarang. Ada poin yang masih kurang jelas om.
billyd1773dz wrote:1. btul.. itu pembagian torsi.. 4WD partime center diffloknya ngunci AWD dan 4WD Fulltime center diffloknya open.
Jadi maksudnya di 4WD juga bisa pembagiannya misalnya 70:30, sama persis seperti AWD kecuali AWD pake computer ngaturnya, 4WD ngatur sendiri (ada tombol ngatur roda mana yang dapat lebih banyak tenaga)? Btw ini perbandingan 70:30 atau 50:50 perbandingan putaran (rpm), torsi atau apa ya om? Masih belum yakin bgt saya nya.
billyd1773dz wrote: 4. hmmmm.... dulu uda pernah di bahas om.. coba buka treat Pajero sprot VS captiva. lengkep AWD vs 4x4 dgn perbandingan HDC vs Lowgir dll..
Iya om. Saya nanya ini juga karena baca-baca PS vs Captiva dan juga dari tulisan om. Mungkin pertanyaan saya kurang jelas, maksudnya itu lebih ke keunggulan/kekurangan AWD dengan 4WD dalam pembagian ?tenaga?/?torsi? nya. Om dah jawab di nomor 3.
billyd1773dz wrote:
mestinya gw kopi ke blog aja yah...
Bagus bgt om, kalo sampai ada pembahasan ini di blog atau website tertentu. Jadi nyarinya gampang, ga mesti buka semua thread dan baca semua post. Hehehe.

billyd1773dz wrote:
btw om, klw mw nanya gini jgn bikin treat baru yah, mending ke treat yg sudah ada sja, dulu jg ada treat 4x4 kok, tapi kyanya uda tenggelem.. hehe
Iya om, saya juga udah sempat nulis (masih belum di send) di thread PS vs Captiva, cuman saya mikir lagi. Kalau saya nulis di situ (seperti saya nanya sesuatu di thread Pajero kalo ga salah), yang balas yang sempat ngeliat post saya aja, pas itu halaman ter-update udah berganti, udah ga ada yg jawab atau udah ngebahas yang lain. Makanya saya putuskan di sini nanyanya, pengen dapat respon yang lebih banyak. Lebih-lebih kalo begini, saya pikir om billy pasti ngejawab karena 'keliatan bgt' ada pertanyaan, tidak seperti di thread tertentu yang bikin 'tenggelam' pertanyaannya. :mrgreen:
billyd1773dz wrote:thx
:beer:
Sekali lagi thanks bgt ya om. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

toyiblm wrote:kalau maniac off-road better 4wd dan dengan pilihan rigid suspension untuk flexibility,
kalau ndak mau pusing masalah teknis dan yang hanya tahunya injak gas nih awd solusinya dan biasanya juga kebanyakan pakai independent suspension untuk tujuan kenyamanan

pertanyaan dan jawabannya sama saja antara pro & con untuk pilihan
enak mana antara transamisi manual dan A/T

kalau dulu automatic transamision masih ada jeda, kini mulus..lus..begitu juga dengan awd, justru lebih safe. karena ECU sudah sangat cepat mengantisipasi melalui gejala ia sudah memerintahkan pembagian torsi secara imbang sebelum kejadian.

dan enaknya lagi dengan awd lebih baik pengendaliannya

untuk mobil pribadi dan keluarga kedepan mungkin akan lebih banyak menggunakan pilihan awd untuk alasan safety.

sedangkan 4wd memang untuk offroader yang extrim yang hobbiest, kalau saya mending beli mobil bekas jadul yang lebih durable dan tangguh, trus di modif.
Ternyata lebih kaya ke 'otomatis' dan 'manual' gitu toh om. Analogi nya gampang dicerna. Thanks bgt ya om. :beer:
gmx wrote:bisa nebeng ke thread cherokee, thread mitsu SUV, thread pajero sport dll..
Iya om, udah mo saya buat di thread PS ama Captiva (karena om billy bahas AWD vs 4WD di thread itu), namun karena alasan yang saya tulis di post sebelumnya makanya saya buat thread khusus. Thanks om atas masukannya. :frm_salut:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

topspeed wrote:dan ini ada link youtube komparasi

http://www.youtube.com/watch?v=ooQRxlChvMw

bagaimana efek yang terjadi pada sistem 4wd fulltime dengan awd jika
terjadi Slip pada saat jalan licin (koef gesekan jalan = 0 )
Mantap om video nya. Makin jelas ini. Ternyata sistem AWD ada banyak ya. Mungkin media otomotif di Indonesia bisa melakukan tes serupa buat mobil2 AWD/4WD keluaran terbaru (jika produsen mobil AWD atau 4WD tidak menampilkannya), jadi konsumen bisa ngeliat masing-masing kelebihan sistema AWD dari masing-masing pabrikan. Cuman saya masih belum jelas mengenai symmetrical dan asyimmetrical drivetrain. Mungkin mesti ngulang nonton videonya lagi.

Thanks ya om. :beer:


EDIT :
topspeed wrote:berhubung pengetahuan masih sebatas copy and paste,
ini ada sedikit pencerahan mengenai beda 4wd and awd mungkin menolong, terutama
yang awam kaya saya

http://consumerguideauto.howstuffworks. ... wd-cga.htm

dan disana juga ada daftar mobil yang dikelompokkan and sistem yang diadopsi, sehingga tanpa pengetahuan teknis kita juga bisa melihat jelas keperuntukannya
cheerss...
Bagus review nya tentang 4WD dan AWD. Cuman saya masih bingung di masalah 4WD.
1. 4WD part-time untuk kondisi berat (pengaturan ke posisi 4WD harus dengan posisi mobil berhenti)?
2. 4WD full-time kondisi semi berat yang pengaturannya bisa saat mobil berjalan?
3. Apakah di 4WD (full-time dan part-time) ada pengaturan yang bisa ngatur roda depan dan belakang dengan power yang berbeda (seperti halnya di AWD)? Seperti kasus bisa membagi 70-30.
4. Apakah di 4WD ada pembagian ke salah satu roda saja (misal roda depan bagian kiri yang mendapatkan tenaga jauh lebih banyak dari yang lainnya)? Seperti kasus di youtube (mobil VW dan Subaru), satu roda (misal roda depan bagian kiri) saja yang punya traksi (ketiga roda lainnya slip).
5. Jika 3&4 ada pengaturan semacam itu, apakah pengaturannya bisa/harus manual? Atau udah ada sistem yang mengaturnya?

Anyway, thanks for the link om. :beer:
Last edited by zweifellos on Sun Aug 02, 2009 8:38, edited 1 time in total.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by toyiblm »

zweifellos wrote:Jadi maksudnya di 4WD juga bisa pembagiannya misalnya 70:30, sama persis seperti AWD kecuali AWD pake computer ngaturnya, 4WD ngatur sendiri (ada tombol ngatur roda mana yang dapat lebih banyak tenaga)? Btw ini perbandingan 70:30 atau 50:50 perbandingan putaran (rpm), torsi atau apa ya om? Masih belum yakin bgt saya nya.
kalau 4wd dilakukan manual, semua torsi dibagi merata ke 4 roda fixed masing-masing 25 %, dalam segala kondisi atau bisa dikatakan 50:50 ( depan 50 dan belakang 50 ). dan tidak berubah atau selalu sekian.
Dalam kondisi kalau ban selip. misalnya depan kiri karena fixed dia tetep muter dan torsi akan berkurang 25 %

kalau awd perbandingan bisa fleksible dan automatis diatur oleh ECU tergantung medan dan pembagian disesuaikan dengan kondisi ban mana yang butuh torsi lebih besar.
jika salah satu ban selip misalnya kiri depan, dia berhenti muter dan torsi dialihkan ke ban lainnya
yang lebih membutuhkan untuk menghilangkan selip..

nah untuk alasan inilah awd memang diperuntukkan peningkatan safety apalagi ia terintegrasi dengan ABS/ESP/ dan TCS

bisa dibayangkan makanya awd on demand lebih handal untuk mobil keluarga apalagi sering keluar kota akan lebih aman nyaman dan mudah pengendalian. bisa dikatakan lebih siap dalam segala medan namun tetap nyaman dan terkendali

disamping itu awd on demand juga akan bisa lebih irit dalam konsumsi bbm dibandingkan 4wd yang
fixed
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

toyiblm wrote:
zweifellos wrote:Jadi maksudnya di 4WD juga bisa pembagiannya misalnya 70:30, sama persis seperti AWD kecuali AWD pake computer ngaturnya, 4WD ngatur sendiri (ada tombol ngatur roda mana yang dapat lebih banyak tenaga)? Btw ini perbandingan 70:30 atau 50:50 perbandingan putaran (rpm), torsi atau apa ya om? Masih belum yakin bgt saya nya.
kalau 4wd dilakukan manual, semua torsi dibagi merata ke 4 roda fixed masing-masing 25 %, dalam segala kondisi atau bisa dikatakan 50:50 ( depan 50 dan belakang 50 ). dan tidak berubah atau selalu sekian.
Dalam kondisi kalau ban selip. misalnya depan kiri karena fixed dia tetep muter dan torsi akan berkurang 25 %

kalau awd perbandingan bisa fleksible dan automatis diatur oleh ECU tergantung medan dan pembagian disesuaikan dengan kondisi ban mana yang butuh torsi lebih besar.
jika salah satu ban selip misalnya kiri depan, dia berhenti muter dan torsi dialihkan ke ban lainnya
yang lebih membutuhkan untuk menghilangkan selip..

nah untuk alasan inilah awd memang diperuntukkan peningkatan safety apalagi ia terintegrasi dengan ABS/ESP/ dan TCS

bisa dibayangkan makanya awd on demand lebih handal untuk mobil keluarga apalagi sering keluar kota akan lebih aman nyaman dan mudah pengendalian. bisa dikatakan lebih siap dalam segala medan namun tetap nyaman dan terkendali

disamping itu awd on demand juga akan bisa lebih irit dalam konsumsi bbm dibandingkan 4wd yang
fixed
oo ternyata gitu om, jadi 4WD selalu bagi fixed ya (tiap roda 25% atau depan belakang 50:50)? trus kalo 4WD sekarang apakah udah ada yang dilengkapi dengan sistem pengaturan yang bisa mengatur tidak fixed pembagiannya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by toyiblm »

seandainyapun bisa kan kembali lagi pertanyaannya apa ke manual apa otomatis ( on demand ). mesti kira-kira manual lagi, apa 30:70, 50:50 dst..ribet ah..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

saya kasih caps yah biar jelas point2 nya hehehe..... :D :D
toyiblm wrote:
kalau yang partime udah jelas
tapi khan beda om antara awd on demand dengan full time

pertanyaannya kalau 4wd full time apakah mampu memberikan torsi
yg cukup tuk menggerakkan Mobil ke salah satu roda bila 3 roda Selip..??
yuk kita share rame2...

om, klw AWD memannya bisa gerakin mobil klw 3 roda hilang traksi? 4partime sekalipun tidak akan bisa. kecuali di bantu Locker atw LSD atw ESP/kontrol traksi.

skrng kita ngomongin fungsi 4x4 dri AWD Fulltime Partime, bearti berpusat di Transfercase/Active coupling dll..
gini om.. di mobil 4x4 itu ada 3 differential.

1 di gardan depan 1 di transfercase 1 di gardan belakang.
pasti tahu donk fungsinya differential?

AWD Fulltime Partime ini yg berbeda di center diff d transfercasenya.
di AWD differentialnya active di atur oleh ECU. bisa ngunci 50:50 bisa 70:30 sesuai sensitifitas sensor di tiap roda mentrigger program ECU.

Fulltime centerdiffnya active juga, di kondisi normal centerdiffnya open seperti di gardan biasa hingga sensor ngedeteksi slip "seharusnya" pd centerdiff yg sehat centerdiff ini langsung mengunci agar pembagiannya kembali 50:50 depan belakang.

Partime centerdiffnya passif always in difflock pembagian selalu 50:50 depan dan blkng, sistem ini bisa mempertahan kan laju mobil selama HANYA 1 RODA yang selip, atau 2 roda pada GARDAN yang sama yang selip. jadi kalau sudah 3 roda yang selip, misalnya 1 roda di axle depan dan 2 di blkng semua energi akan kebuang ke roda yg selip itu.. tau kan fungsi differential?
toyiblm wrote: kalau 4wd dilakukan manual, semua torsi dibagi merata ke 4 roda fixed masing-masing 25 %, dalam segala kondisi atau bisa dikatakan 50:50 ( depan 50 dan belakang 50 ). dan tidak berubah atau selalu sekian.
Dalam kondisi kalau ban selip. misalnya depan kiri karena fixed dia tetep muter dan torsi akan berkurang 25 %
yup pernyataan di atas benar bila kendaraan itu menggunakan DIFFERENTIAL LOCKER di ke 3 DIFFERENTIALnya gardan dpn transfercase gardan blkng.

padahal SUV baru yg umum disini TIDAK ada yg berlocker d gardan.. kecuali yang CBU..

tentu sudah tahu kan fungsi differential?
klw mobil itu Partime pembagian daya d Transfercase FIX 50%:50% ke GARDAN depan dan blkng. tidak ada urusan ke RODA.

skrng pembicaraan beralih ke GARDAN yg masing2 sudah dpt jatah 50%.

di gardan karena differential itu open... tentu pembagian daya tiap roda TIDAK FIX.. rentannya dari 0-50% power mesin bergantung traksi dan beban di roda tiap gardan.

jatah tiap roda bisa FIX 25% KALAU tiap differential BISA di kunci. karena ada differntial Locked

disini setelah keluar dari transfercase TIDAK ada urusan mau itu partime fulltime atau AWD. trasnfercase hanya membagi jatah torsi gardan depan dan blkng BUKAN jatah tiap RODA.
toyiblm wrote: kalau awd perbandingan bisa fleksible dan automatis diatur oleh ECU tergantung medan dan pembagian disesuaikan dengan kondisi ban mana yang butuh torsi lebih besar.
jika salah satu ban selip misalnya kiri depan, dia berhenti muter dan torsi dialihkan ke ban lainnya
yang lebih membutuhkan untuk menghilangkan selip..


nah untuk alasan inilah awd memang diperuntukkan peningkatan safety apalagi ia terintegrasi dengan ABS/ESP/ dan TCS
nah sekarang kita beralih ke supporting tool.

tentu AWD sama dgn penjelasan di atas. dia hanya memberi jatah torsi ke gardan depan belakang.. jadi penjelasan om, kurang tepat seharusnya kata "RODA" di ganti "GARDAN".

di tiap GARDAN tentu ada 2 roda, bila tidak ada support tool, macam locker LSD ESP-Tractioncontrol(TC) 2 roda ini akan rebutan jatah torsi dari transfercase, akhirnya yang menang yang bebannya paling rendah.. ironinya, yg beban pling rendah itu yg traksinya kurang.

support tool yg lgi ngetren untuk membatu traksi mobil "agar saat 3 ban hilang traksi mobil masih bisa maju" saat ini TIDAK ada hubungannya dgn PARTIME FULLTIME dan AWD :

Locker fungsinya bwat ngunci differential untuk membagi samarata apapun yg terjadi. sebagian besar mekanik hanya bisa lock n realease
LSD fungsinya bwat membatasi perbedaan putaran di roda kanan dan kiri. ada yg mekanik ada yg hydraulic di bantu ECU.
TC fungsinya MENGEREM roda yang hilang traksi sehingga bebannya lebih berat dari roda yang punya traksi, sehingga roda yg punya traksi bisa berputar, dan mobil tetap bisa maju. hampir selalu di kontrol ECU kecuali yg akal-akalan pke rem tangan bwat masing2 roda.. :D :D :D

JADI perbedaan PARTIME FULLTIME AWD hanya di cara dan perlakuan transfercase membagi torsi ke AXLE (bukan ban) depan dan belakang. itu saja kok..... :e-dance: :frm_snipper: :frm_snipper:

soal irit tidaknya sih relatif... umumnya AWD basicnya adalah mobil FF apa lgi sistem transfercasenya lebih ringan n simple di banding transfercase all in one yg ada partime fulltime lowgir dll bodi monokok,axle independen sehingga production cost lebih murah dan kerugian mekanis pun lebih kecil makanya sekarang banyak di gunakan untuk small size SUV. dan memang karena lebih konsen untuk jalan raya AWD lebih sensitif di banding FULLTIME.

ABS ESP TCS HDC DLL ETC LAIN2.. kan TIDAK ada hubungannya dgn AWDnya om? ini sih ga mesti AWD, 4WD beneran juga banyak yg lengkep support toolnya... JK wrangler rubicon aja tu ABS ESP TCS HDC AXLE RIGID LOW GIR DIFFLOCK bla bla bla..lengkep pisan dah.. hehehe tp pusing ah.. bnyk banget PART kalau Rusak di bingung tuh... JK sih modal difflok doang juga beres mestinya sih...

CMIIW

thx
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sun Aug 02, 2009 11:50, edited 3 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:
toyiblm wrote: pertanyaannya kalau 4wd full time apakah mampu memberikan torsi
yg cukup tuk menggerakkan Mobil ke salah satu roda bila 3 roda Selip..??
kalo pertanyaannya di 4wd full time, rata2 juga punya 4 part time, kalo terjadi kondisi seperti itu ya pindah ke part time terus jalan deh. mobil 4wd full time ngga dikasih fitur selengkap AWD on demand karena udah ada 4wd part timenya.. AWD on demand dikasih fitur banyak untuk menutupi kekurangan karena ngga ada 4wd part timenya kan? kalo mobil punya 4wd partime dan juga 4wd full time dengan fitur seperti AWD on demand bakal mubazir mungkin.. harganya juga bakal mahal..

kalo adanya 4wd fulltime aja tanpa 4wd part time atau AWD on demand ya jangan dibawa ketempat2 yang bakal nyangkut lah om.. kalo nyangkut juga masih ada pilihan "call a friend" :mrgreen:
betul sekali om GMX..

tapi ada kok mobil yang ada 4 Fulltime 4 Partime 4 Lowgir n masih ada HDC ESP dll... dan di sononya bukan mobil mahal..
itu tuh Grand Vitara 4x4.... cek aja partime ada LowGir ada ESP ada...
fortuner.... di ZA n arab ada ESP (CMIIW) JKwrangler n defender juga ada ESP PARTIME Low Gir n RIGID AXLE....

hehe tapi da pernak pernik gini klw uda di kasih hujan nanlicin di tanah bakal K.O juga-klw masih pke ban halus.... klw pke ban XT baru tuh.... modal AWD doang juga berani di adu.. wkekekeke.....

klw tetep kepater yaahhh...kata om GMX CALL a FRIEND eh gaada yg nyaut? PTO (pakai tenaga otot) deh...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Abu2 »

manteppp Billl... :off_good_job: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

Lanjutkan........
:big_peace:
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by cruizer »

Yg gampang aje ah...

Klow 4wd ada handlenye, 4h 4L, bisa sesuka hati kapan perlu tinggal setel hehehe
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

mumpung membahas teknologi drivetrain, mau tanya, LSD ini fungsinya sama dengan diff lock di gardan ya? tapi beda cara kerjanya? kalo LSD dengan memberikan torsi ke ban yang ada traksi sedangkan diff lock pokoknya 2 roda akan dapet torsi yang sama, mau ada traksi ato gak, pokoknya muter terus.. gitu kan?
dengan begini, berarti LSD dan diff lock ini ada di gardan? bukan di transfer case?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:mumpung membahas teknologi drivetrain, mau tanya, LSD ini fungsinya sama dengan diff lock di gardan ya? tapi beda cara kerjanya? kalo LSD dengan memberikan torsi ke ban yang ada traksi sedangkan diff lock pokoknya 2 roda akan dapet torsi yang sama, mau ada traksi ato gak, pokoknya muter terus.. gitu kan?
dengan begini, berarti LSD dan diff lock ini ada di gardan? bukan di transfer case?
setw sya sih ya om,

klw LSD dri namanya jelas "limited" bearti membatasi putaran roda agar tidak ada satu roda yg slip sehingga seluruh torsi ngalir kesana.betul klw difflok sudah pasti 50:50,klw LSD sangat variatif dari gagal ngunci sampai maksimal 60:40. LSD konvensional bekerja dgn clucth bergantung hentakan mesin.. jadi klw mw jln LSDnya mesti di gabung momentum klw tidak percuma saja. skrng ada LSD modern yg kerjanya secara hydraulic dan sudah di kontrol ecu seperti vari-lok di jeep.

di treat pajero sya pernah ngepost bedanya om... mungkin bisa di tengok lagi. :D

LSD dan difflok biasanya istilah yg ada di gardan..walaupun center differential di transfercase saat partime differential tengahnya ngunci efeknya sama dgn difflok di gardan, sedangkan Fulltime, center diffnya active dgn pembatasan putaran bila terjadi slip efeknya hampir sama seperti LSD di gardan.

jadi skrng d SUV "mewah" ada istilah 3 difflok... beati di mobil itu 4x4 dgn locker di gardan depan dan blkng serta transfercase dgn feature partime.

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz