AC Sata fe

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

khan
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jul 27, 2009 11:16

AC Sata fe

Post by khan »

Ada saran gak untuk AC santa yang compressor powernya gak stabil, trus lampu indikator kelap-kelip, sementara saya jumper tapi akibatnya putaran mesin jadi gak stabil waktu pake AC, seperti kalo di mobil konvensional gak pake vacuum. thank u sarannya :e-think:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: AC Sata fe

Post by iwang »

ga stabil gimana neh..
kmungkinan clutchnya yang rusak, atau agak macet..jadi berat..coba cek aja dulu kondisi kompresornya..kl macet repot lho mesin jg ga mau jalan, belt bisa putus..
dijumper maksudnya ac jadi on terus gitu?
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: AC Sata fe

Post by avansa »

pangilan pangilan Bro Imzuz.......... :mrgreen:
Image
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: AC Sata fe

Post by andra »

khan wrote:Ada saran gak untuk AC santa yang compressor powernya gak stabil, trus lampu indikator kelap-kelip, sementara saya jumper tapi akibatnya putaran mesin jadi gak stabil waktu pake AC, seperti kalo di mobil konvensional gak pake vacuum. thank u sarannya :e-think:
Bro, udah dicek belum kabel2nya? Masalahnya beberapa kali kejadian yg sering bermasalah kabelnya, ada yang soketnya udah kendor, dan ak ada yg jual tuh, mesti diakalin. Kemarin malah ama mekanik BERES yg ngakalin :)
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: AC Sata fe

Post by inoz »

saranku bawa aja ke tukang AC trus dicek semuanya
ane priksa rutin walo klmarin agak bocor pipanya trus ane ganti dan skalian isi freon dan cuci kompresornya ada di bwh dasboard, trus di depan di blakang aki ada alat spt potensio yg bisa distel tuk ukuran kedinginan.
trus betul tuh kata bro andra soket2 listriknya kadang kurang betul alias getas mesti dibuka dan dikasih cleaner tuk listrik/ komputer lalu dipasdang lagi pasti maknyuuusss
mamana suhu santi yg laen neh
:big_slap:
khan
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jul 27, 2009 11:16

Re: AC Sata fe

Post by khan »

Terimakasih saran2nya kawan2, kayaknya emang kabelnya.nanti saya cek kabel2 acnya, mungkin terutama yang menuju peralatan pengontrol putaran engine.
yang gak stabil putaran compressornya sudah saya ganti spool compressor ac nya dengan yang baru tapi masih tetap putarannya compressornya gak stabil dan lampu indikator AC tetap kelap kelip.
trus saya jumper aja kdengan kabel baru dari peralatan relay di dasboard itu langusung ke compressor. hasilnya kerja kompressor jadi bagus, dan stabil. AC dingin ok. tetapi muncul masalah lain, yaitu : putaran mesin mobil yang turun banget apalagi kalo turun gigi dan injak kopling sering mesin langsung mati. padahal kalo gak pake ac gak masalah (waktu kopling di turun ke 1200 dan beberapa detik kemudian kalo mobil udah berhenti putaran turun ke 800 rpm). nah kalo pake ac langsung terjun payung ke 400 rpm hehehe kadang mati kayak gak berfungsi semua peralatan yang mengontrol putaran mesin. (kalo mobil convetional kan pake vacuum untuk kontrol putaran saat ac on. kalo untuk mobil ini pake apa nih>

semalem juga ndut2an taunya ada kabel diatas blok mesin yang lepas, tahu deh kabel apa, gejalanya ngilitik keras dan nduut2an getaran mesin tinggi. saya periksa kabel diatas mesin yang masuk ke pentolan item (tahu deh ini apa) longgar (lepas) mungkin ini bisa jadi masukan kalo teman2 mengalami gejala yang sama
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: AC Sata fe

Post by imsus2c »

avansa wrote:pangilan pangilan Bro Imzuz.......... :mrgreen:
hadir.... :off_sleep:

biar telat yang penting merapat :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: AC Sata fe

Post by imsus2c »

khan wrote:Terimakasih saran2nya kawan2, kayaknya emang kabelnya.nanti saya cek kabel2 acnya, mungkin terutama yang menuju peralatan pengontrol putaran engine.
yang gak stabil putaran compressornya sudah saya ganti spool compressor ac nya dengan yang baru tapi masih tetap putarannya compressornya gak stabil dan lampu indikator AC tetap kelap kelip.
trus saya jumper aja kdengan kabel baru dari peralatan relay di dasboard itu langusung ke compressor. hasilnya kerja kompressor jadi bagus, dan stabil. AC dingin ok. tetapi muncul masalah lain, yaitu : putaran mesin mobil yang turun banget apalagi kalo turun gigi dan injak kopling sering mesin langsung mati. padahal kalo gak pake ac gak masalah (waktu kopling di turun ke 1200 dan beberapa detik kemudian kalo mobil udah berhenti putaran turun ke 800 rpm). nah kalo pake ac langsung terjun payung ke 400 rpm hehehe kadang mati kayak gak berfungsi semua peralatan yang mengontrol putaran mesin. (kalo mobil convetional kan pake vacuum untuk kontrol putaran saat ac on. kalo untuk mobil ini pake apa nih>

semalem juga ndut2an taunya ada kabel diatas blok mesin yang lepas, tahu deh kabel apa, gejalanya ngilitik keras dan nduut2an getaran mesin tinggi. saya periksa kabel diatas mesin yang masuk ke pentolan item (tahu deh ini apa) longgar (lepas) mungkin ini bisa jadi masukan kalo teman2 mengalami gejala yang sama
pak...mendingan ikut rame-rame dan meramaikan disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7697

masalah ac, memang agak susah mendiagnosa kalau tanpa periksa dengan teliti dan lihat langsung, secara penyebabnya bisa beberapa hal.
seperti ditulis pak andra diatas, kemungkinan kelistrikan dan kompresor ac-nya bermasalah
dan nampaknya, masalahnya ada 2, kelistrikan di AC dan pengatur putaran mesin.
Yg di putaran mesin, banyak juga penyebab nge-dropnya rpm saat diberi beban, apalagi saat stasione. Umumnya, bisa jadi dari idle-speed-control (ics), crank angle sensor (ckp), air-fuel-ratio (afr) yg bikin campuran udara+bbm tdk bagus.

Masalah mesin ndut2an saat ada "kabel-yang-lepas-dari-pentolan-item-diatas-blok-mesin" :mrgreen: , bisa jadi kabel businya lepas...kalau iya, sudah pasti mesin bakal pincang/mbrebet/ndut2an, secara busi yg kabelnya lepas tadi, pistonnya engga bekerja....malah membebani kinerja piston yang lain.
Sedangkan pentolan item tadi, sepertinya mungkin yang dimaksud "ignition coil" (koil pengapian) ya? Kalo ini bocor, bisa bikin mesin ndut2an juga...bahkan timbul percikan api

Mendingan kita bahas di topis yg saya tulis linknya diatas, biar bisa ngumpul 1 arsip :frm_tumbright:


btw...welcome aboard di SM dan sebagai sesama pemake santi, kenalin santinya dulu dong ke santier lain disini :frm_salut:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: AC Sata fe

Post by jokosuryo1254 »

kenalan kenalan noh :2gunfire: