Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

budirlg
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Jun 20, 2009 13:40

Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by budirlg »

pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by ZombiEE »

saya coba menjawab dgn segala ketidak tahuan ku yah..hehehe..pertama..itu mobil RWD...torsi juga gede...hehehe..jadi terasa lbh kuat...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by poeticmind »

ZombiEE wrote:saya coba menjawab dgn segala ketidak tahuan ku yah..hehehe..pertama..itu mobil RWD...torsi juga gede...hehehe..jadi terasa lbh kuat...
gigi gardan nya berbeda... jenis mobil ini memang utk bawa beban dan tanjakan. kalo RWD, coba bandingin antara kijang baru dengan yg lama, lebih kuat yg lama.. secara gigi nya lebih gede tapi kelemahan nya ga bisa lari di jalan datar.
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by ZombiEE »

yup...tha;s more like it:)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by GTR »

poeticmind wrote:
ZombiEE wrote:saya coba menjawab dgn segala ketidak tahuan ku yah..hehehe..pertama..itu mobil RWD...torsi juga gede...hehehe..jadi terasa lbh kuat...
gigi gardan nya berbeda... jenis mobil ini memang utk bawa beban dan tanjakan. kalo RWD, coba bandingin antara kijang baru dengan yg lama, lebih kuat yg lama.. secara gigi nya lebih gede tapi kelemahan nya ga bisa lari di jalan datar.
yg ada mesinnya meraung2 terus....

kaya Xenia or angkot2, biar 1000cc yg penting final gear guedeeee..... kuat nanjak kemanapun biar diisi belasan orang.....
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by ZombiEE »

giliran top speed kaga tercapai yah oom kalo final gear gedeh?hehehehe
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by esh »

budirlg wrote:pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
Daihatsu Rocky dan Isuzu Panther itu jelas lebih kuat ditanjakan karena bermesin diesel yang torsinya lebih besar daripada mobil yang bermesin bensin. Semakin besar torsi semakin kuat ditanjakan. CC terus terang 'menghambat' kelancaran gas buang. CMIIW
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by GTR »

ZombiEE wrote:giliran top speed kaga tercapai yah oom kalo final gear gedeh?hehehehe
giliran di tol/lengang, napas nya pendek...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by DOHC »

^^

stuju, panther kalo di tol ampun dehh... suara meraung kenceng, gigi uda yg ke 5... tapi speed cuman 120 km/h... mau lebih lagi, malah kasian denger jeritan nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
budirlg
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Jun 20, 2009 13:40

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by budirlg »

wah smk tambah ilmu nih, jadi torsi menentukan di kekuatan tarikan awal ya.. Coba lihat spesifikasi 3 mobil Jenis/Daya max/Torsi max sbb : EscudoXL7/ 160(6500)/ 22.1(3500), Panther/ 80(3500)/ 19.5(1800), Rocky/ 76(3800)/ 170(2200). Harusnya XL7 juga kuat ditanjakan ya, tapi kata teman dia juga kurang tenaga, apa karena bensin atau torsi di rpm tinggi ya? Terus tentang Daya Maksimum itu menentukan apa ya? Sorry nih jd banyak tanya.
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by Ryan Steele »

esh wrote:
budirlg wrote:pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
Daihatsu Rocky dan Isuzu Panther itu jelas lebih kuat ditanjakan karena bermesin diesel yang torsinya lebih besar daripada mobil yang bermesin bensin. Semakin besar torsi semakin kuat ditanjakan. CC terus terang 'menghambat' kelancaran gas buang. CMIIW
Mungkin maksudnya CC di sini adalah kapasitas mesin...
no signature
User avatar
Mixer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
Location: Surabaya

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by Mixer »

Ryan Steele wrote:
esh wrote:
budirlg wrote:pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
Daihatsu Rocky dan Isuzu Panther itu jelas lebih kuat ditanjakan karena bermesin diesel yang torsinya lebih besar daripada mobil yang bermesin bensin. Semakin besar torsi semakin kuat ditanjakan. CC terus terang 'menghambat' kelancaran gas buang. CMIIW
Mungkin maksudnya CC di sini adalah kapasitas mesin...

Kalo menurut saya yg dimaksud bro 'esh' diatas CC = catalitic converter bukan centimeter cubic. CMIIW
setau saya yg mempengaruhi kuat di tanjakan selain perbandingan gigi/final gear juga perbandingan tenaga & berat mobil tsb, juga torsi yg dihasilkan dr dimensi bore x strokenya.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by esh »

@ Mixer: thanks sudah dibantu klarifikasi. :thanks:

Tapi sepertinya yang dimaksud oleh TS sebenarnya adalah centimeter cubic yang seharusnya ditulis cc (pakai huruf kecil). Sedangkan kalau pake huruf besar itu setahu saya adalah Catalytic Converter.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by poeticmind »

esh wrote:@ Mixer: thanks sudah dibantu klarifikasi. :thanks:

Tapi sepertinya yang dimaksud oleh TS sebenarnya adalah centimeter cubic yang seharusnya ditulis cc (pakai huruf kecil). Sedangkan kalau pake huruf besar itu setahu saya adalah Catalytic Converter.
hehehe dari kalimat nya saja udah aware itu katalik... :)
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by evolution21 »

budirlg wrote:wah smk tambah ilmu nih, jadi torsi menentukan di kekuatan tarikan awal ya.. Coba lihat spesifikasi 3 mobil Jenis/Daya max/Torsi max sbb : EscudoXL7/ 160(6500)/ 22.1(3500), Panther/ 80(3500)/ 19.5(1800), Rocky/ 76(3800)/ 170(2200). Harusnya XL7 juga kuat ditanjakan ya, tapi kata teman dia juga kurang tenaga, apa karena bensin atau torsi di rpm tinggi ya? Terus tentang Daya Maksimum itu menentukan apa ya? Sorry nih jd banyak tanya.
XL7 torsinya walaupun paling besar tapi dapet puncakya di RPM 3500
yg laen di 2000an udah puncak
mau tetep lari di tanjakan XL7 mesti di jaga di RPM tinggi terus

lalu bobot ke 3 kendaraan tsb masing2 brapa?
itu jg pengaruh besar
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by Diki_Oke_Deh »

Torsi mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk berakselerasi dari kecepatan rendah.
Sementara Tenaga , mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk mencapai kecepatan tinggi.

Sebenarnya HP(tenaga) adalah konversi dari Torsi. Dengan perhitungan HP = Torsi X Rpm / 5252. Dimana torsi satuannya pounds feet.
.
Jadi dapat dikatakan bahwa Tenaga adalah Torsi yang dipengaruhi oleh RPM dengan konstanta pembagi.(5252.)

Makanya pada spec mesin, HP selalu ,dicapai pada RPM tinggi.
Makin Besar Torsi dan RPM ,maka tenaga yang didapat juga makin besar.

Dan yang harus kita pahami adalah ,tidak mungkin kita dapat mengukur HP suatu Mesin ,karena yang dapat diukur pd hakikatnya adalah TORSI. Pada Dynometer , yang diukur sebenarnya adalah Torsi , sedangkan HP yang tertera adalah merupakan konversi dari TORSI yang dipengaruhi oleh RPM.

Torsi adalah kemampuan puntir untuk menopang beban 1 pounds dengan jarak 1 feet secara horisontal dari pusat
.
Jadi kalau kita analogikan tangan kita dengan panjang(jarak dr pusat pundak 1 feet),mengangkat batu bata seberat 1 pounds , maka dapat dikatakan torsi yg kita keluarkan adalah 1 punds feet..(bisa dikonversi ke Nm).

Banyak faktor yg mempengaruhi besaran Torsi,. Makanya torsi mobil yg direkam berbentuk parabolik..
Dan kurva HP selalu mengikuti kursa Torsi tapi dicapai pada RPM lebih tinggi.


Kalu CC, otomatis pistonnya / strokenya juga lebih gedhe , lebih besar udah pasti torsi lebih besar
Tekanan kompresi yg tinggi juga memberikan torsi yg tinggi pula , semisal karakteristik pada mesin diesel.

Tapi diesel berkarakteristik LIKE GOLIATH , Punya torsi gedhe tapi sulit diajak lari cepet. Kecuali dtambahin piranti tambahan induction atau turbo sejenisnya...

Makanya diajak lewat tanjakan pada kecepatan rendah/rpm rendah(offroad) , santai2 aja...

Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin... :big_peace:
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by Diki_Oke_Deh »

Diki_Oke_Deh wrote:Torsi mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk berakselerasi dari kecepatan rendah.
Sementara Tenaga , mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk mencapai kecepatan tinggi.

Sebenarnya HP(tenaga) adalah konversi dari Torsi. Dengan perhitungan HP = Torsi X Rpm / 5252. Dimana torsi satuannya pounds feet.
.
Jadi dapat dikatakan bahwa Tenaga adalah Torsi yang dipengaruhi oleh RPM dengan konstanta pembagi.(5252.)

Makanya pada spec mesin, HP selalu ,dicapai pada RPM tinggi.
Makin Besar Torsi dan RPM ,maka tenaga yang didapat juga makin besar.

Dan yang harus kita pahami adalah ,tidak mungkin kita dapat mengukur HP suatu Mesin ,karena yang dapat diukur pd hakikatnya adalah TORSI. Pada Dynometer , yang diukur sebenarnya adalah Torsi , sedangkan HP yang tertera adalah merupakan konversi dari TORSI yang dipengaruhi oleh RPM.

Torsi adalah kemampuan puntir untuk menopang beban 1 pounds dengan jarak 1 feet secara horisontal dari pusat
.
Jadi kalau kita analogikan tangan kita dengan panjang(jarak dr pusat pundak 1 feet),mengangkat batu bata seberat 1 pounds , maka dapat dikatakan torsi yg kita keluarkan adalah 1 punds feet..(bisa dikonversi ke Nm).

Banyak faktor yg mempengaruhi besaran Torsi,. Makanya torsi mobil yg direkam berbentuk parabolik..
Dan kurva HP selalu mengikuti kursa Torsi tapi dicapai pada RPM lebih tinggi.


Kalu CC, otomatis pistonnya / strokenya juga lebih gedhe , lebih besar udah pasti torsi lebih besar
Tekanan kompresi yg tinggi juga memberikan torsi yg tinggi pula , semisal karakteristik pada mesin diesel.

Tapi diesel berkarakteristik LIKE GOLIATH , Punya torsi gedhe tapi sulit diajak lari cepet. Kecuali dtambahin piranti tambahan induction atau turbo sejenisnya...

Makanya diajak lewat tanjakan pada kecepatan rendah/rpm rendah(offroad) , santai2 aja...

Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin... :big_peace:

PENGEN NAMBAHIN LAGEE...


Banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap Torsi mobil . Antara lain : karakteristik pembakaran , kompresi ratio , induksi/ turbo , afr , perbandingan diameter dan langkah piston , volume ruang bakar ,bobot piston ,efisiensi pembakaran/ heat lost , efisiensi mekanik,RPM , air mass flow ,karakteristik / kecepatan aliran intake dan exhaust , dll.

Faktor2 ini bersifat exponensial terhadap torsi sehingga grafik torsi untuk mobil Natural Aspirated Engine secara umum berbentuk Parabolik.

Lain dengan karakteristik mesin turbo ,dimana Torsi tertinggi relatif cenderung linear/horisontal didapat pada putaran rendah antara RPM 1000 sd 5000. Dan menurun dengan halus pada rpm tinggi.

Secara ideal sebenarnya kalau kita abaikan faktor2 tadi , torsi mesin yang didapat adalah konstan berbentuk garis horisontal.
Sedangkan Total daya/ HP yg didapat adalah linear naik keatas , seiring dengan kenaikan RPM.
Jadi HP pada rpm 3000 adalah 2x hp pada RPM 1500 ,misalnya.
Dan peak HP yg didapat adalah pada RPM tertinggi.

Tetapi karena pada kondisi sebenarnya Torsi berbentuk parabolik dan menurun pada rpm tinggi( karena efisiensi mesin turun/heat lost tinggi) , maka HP tertinggi tidak didapat pada rpm tertinggi , tetapi bersifat parabolik ,menurun mengikuti penurunan Torsi.

Untuk torsi dan tenaga maksimal didapat pada RPM tertentu , itu tergantung pada efisiensi ,desain mesin dan purposenya , tanpa bisa menghindari grafik parabolik torsi sebagai hukum alamnya.

Untuk mobil yang memberikan Torsi tinggi pada Rpm rendah(misal digunakan pada mobil niaga/mobil offroad), maka hp tertingginya juga dicapai pada rpm rendah , yang berarti peak HP yg dicapai juga relatif lebih rendah.(ingat konversi torsi ke Hp ,dimana hp adalah torsi kali rpm dibagi konstanta).
Akibatnya , mobil niaga tidak bisa dipacu/mencapai kecepatan tinggi , karena pada rpm itu torsi/hpnya udah jauh menurun.

Sementara mobil sedan , dengan torsi dicapai pada rpm tinggi ,otomatis Hp juga dicapai pada rpm lebih tinggi , dan besaran HPnya jauh lebih besar daripada mobil niaga.Karena pada rpm tinggi hp belum begitu jauh menurun.

MOGA NGGAK BINGUNG BACANYA.... :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by DOHC »

ane merasakan hawa2 penerus PPT nehh.... nice post bro...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by Turboman »

Diki_Oke_Deh wrote: Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin... :big_peace:
Diesel nggak bisa ngebut di tanjakan ?

Monggo test drive MM aka D4 D V A/T maskot IC (Innova Community) :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by Turboman »

Saya sgt setuju dgn paparan dasar yg diulas pak Diki Oke

Menambahkan :
Pengembangan mesin2 dewasa ini sudah bisa mencapai karakter mesin dengan Torsi Max. dicapai pada RPM rendah 1300 - 1750 dan Peak Power di 5000 - 5500 RPM.

Mesin2 VW TSI / Audi TFSI / BMW Twin Turbo Gasoline adalah mesin2 yg bisa menghasilkan Torsi Max "ala Diesel" since under 1900 RPM meanwhile Peak Power "ala Gasoline" at around 5000 - 5500 RPM.

Kinerja tsb dapat tercapai krn pengembangan teknik aplikasi twincharger / aplikasi 2 Turbo / GDI yg mendukung terlaksananya proses pembakaran yg ideal sejak dari RPM rendah.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by poeticmind »

@Diki_Oke_Deh : nambahin... jangan lupa kondisi udara, dapat mempengaruhi proses kerja pembakaran... :)
Image
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by yunan »

kebetulan lg forum diesel jg ikut numpang nimba ilmu
klu mesin diesel modern yg pakai common-rail apakah plg aman memakai solar sulfur rendah seperti DEX dibanding solar biasa di + vitamin2. klu shell/petronas diesel apakah punya mutu sebagus DEX?
thx
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by GTR »

Dari dulu yg menarik, rumus : HP = Torsi X Rpm / 5252
Ini seolah ga relevan ke hampir semua mesin2 terkini…
Mesin yg menghasilkan power sama, ada yg more torque ada yg less torque.




Ada yg menarik hubungan kapasitas mesin, daya & torsi max dari mesin2 bensin.
Asumsi mesin2 n/a yg umum punya spec sbb:
- output spesifik : ~75hp/liter
- daya max : di ~6000rpm
- torsi max : di ~4000rpm
- indirect injection

Angka2 daya/torsi maximum (satuan hp & lb-ft) yg dihasilkan mesin2 tadi, kebanyakan imbang (daya max = torsi max), kira2 mendekati seperti ini :
100hp/100lb-ft,
200hp/200lb-ft,
300hp/300lb-ft,
dst dst...


Utk stock mesin2 n/a yg dituning lebih jauh / dikuras ke :
- output spesifik lebih tinggi misal : 90hp/liter or 100hp/liter or 120hp/liter, dst... dst..,
- >6000rpm
Maka angka daya & torsi jadi tidak imbang lagi (angka daya > torsi), kira2 seperti ini:
- pada output spesifik 80hp/liter : 118hp/106lb-ft
- 90hp/liter : 138hp/110lb-ft
- 104hp/liter : 415hp/295lb-ft
- 120hp/liter : 237hp/160 lb-ft


Di forced induction (FI), akan menghasilkan angka daya < torsi. kira2 seperti ini:
105hp/liter : 211hp/258lb-ft
106hp/liter : 244hp/258lb-ft
91hp/liter : 400hp/450lb-ft
dst....


Tanpa meningkatkan kapasitas mesin , meningkatkan power mesin n/a sekarang ini, tidak terlalu signifikan diikuti increase torsi.
Peningkatan 50% di power (spesifik output power), mungkin hanya diikuti peningkatan 10-20% di torsi. Perbedaan di power ini efektif jika tidak diikuti bertambahnya bobot mobil.

Berbeda dengan FI, peningkatan power dengan FI selalu diikuti peningkatan torsi yg cukup/lebih signifikan.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by ZombiEE »

boleh ditambah kan...disinilah letak keunggulan transmisi CVT...tanjakan tidak dipengaruhi ratio gigi....dimana kick down jg gak nyari2 tingkat percepatan yg cocok....cuman yah itu..waktu mulai nanjak agak lelet..tapi segitu uda jalan sih pasti lebih ngacir daripada a/t konvensional..cmiiw:)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max

Post by poeticmind »

ZombiEE wrote:boleh ditambah kan...disinilah letak keunggulan transmisi CVT...tanjakan tidak dipengaruhi ratio gigi....dimana kick down jg gak nyari2 tingkat percepatan yg cocok....cuman yah itu..waktu mulai nanjak agak lelet..tapi segitu uda jalan sih pasti lebih ngacir daripada a/t konvensional..cmiiw:)
A/T konvensional harus menjaga gas dan feeling... tapi ngacir sih bisa barengan kok...ga kalah juga. :)
Image