Taft Per Keong

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Taft Per Keong

Post by JESKONENG »

Maaf kalo sudah pernah dibahas, aku nyari2 kok blum ketemu topiknya.... Ada sodara yang tertarik mau nyari Taft GT atau Rocky yang pake per keong, tapi dia minta dicarikan infonya :
- mulai tahun brapa sampai tahun brapa versi per keong itu, dan type apa aja
- berapa kisaran harganya skarang ini
- apa aja kelemahan dan kelebihan Taft keong ini
- ketersediaan dan harga spareparts
- selukbeluk modifikasi untuk meningkatkan performa mesin dan suspensi

( kalo udah pernah dibahas, mohon dikasitau link-nya ya bro...)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Taft Per Keong

Post by mandala1 »

Halo om Jes, Taft per keong biasa akrab di panggil Taft/Rocky Independent, kalo ga salah pertama keluar tahun '95an deh.... secara harga saya kurang begitu tau (karena jarang bgt yg mau jual jenis taft ini) entah mungkin karena pemakainya cukup puas dgn mobil ini.
Kalo untuk perbandingan kelebihan dan kekurangan mobil ini, menurut saya lebih banyak kelebihannya, diantaranya adalah mesin tipe DL yg sudah terkenal handal n tidak rewel, hanya saja perawatan rutin sgt diperlukan mengingat mesin ini menggunakan teming belt, model juga bisa dibilang abadi ngga ngebosenin deh liatnya, gagah gitu loch...
Kalo kekurangannya paling hanya bantingan yg lumayan keras n suara mesin yg lumayan berisik .....
Ketersediaan spare part jgn khawatir, sampe saat ini sparepart taft/rocky masih banyak dipasaran mulai dari yg ori sampai kw-tw pun ada,, :frm_tumbright:
Tapi kalo yg ori .....muahaaalll.....he...he....,, saran saya kalo untuk urusan modif, mobil ini paling cocok di biarkan standar saja paling cuma perlu ganti ban yg lebih besar dan lebar buat mengimbangi side fender-nya yg meng-gembung,
Peningkatan performa mesin saya disini banyak member yg jago soal peningkatan performa mesin diesel.... Jadi jgn kuatir kesasar,, he...he....
Sekian deh dari saya, semoga bisa sedikit membantu......
:big_peace:
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21

Re: Taft Per Keong

Post by flame »

Taft GT ato Rocky yg pake per keong, maksudnya yg independent suspension itu kan?
1). Versinya dimulai kira2 pertengahan thn 1996. dan yg terakhir kali saya pernah dengar masih bisa diorder itu waktu thn 2006, dgn harga 294jt, yg mana menjadikan nya kurang kompetitive, sehingga banyak yg beralih ke D-cab, semenjak 2002 sampe sekarang.
2). Kisaran harga untuk Taft GT thn 2001 sekitar 90-95jt. Untuk Rocky thn 2001 sekitar 100-110jt. (Mengingat iklan mobil bekas akhir-akhir ini)
3). Dibanding versi sebelumnya:
Kelebihannya:
- suspensi jauh lebih empuk (krn dpn pake torsion bar, dan blk pake per keong)
- dashboard, grill,dan jok suda mengadopsi model seperti feroza.
- pake over fender (sayap tambahan menggelembung), karena jarak pijak roda bertambah lebar.
- turning radius lebih kecil.
- collapsable steering coulum.
- kipas mesin suda pake visco/termo fan.
- klep pembagi rem dpn&blk suda 'improved' dan blok rem blk lebih kecil, lebih pakem.
Kekurangannya:
- Kalo dipake untuk offroad, rubber-bush kaki cepet aus.
- Model gak banyak berubah, sejak diperkenalkan di tanah air sejak 1987.
4). Sparepart boleh dibilang mudah didapat dan harga terjangkau.
5). Untuk modifikasi mesin, bisa ditambah turbocharger dan intercooler. (comotan dari mesin bekas LN). Untuk modifikasi suspensi, bisa ganti shockbreger aftermarket (spt: Ranchoo, dll) dan rubber bush vinil aftermarket (maaf, lupa merknya).

NB: pernah make Rocky 2000, kesan: cukup puas, tanpa modifikasi, utk kerja sehari-hari, di kota maupun ke deso...mat hunting.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Taft Per Keong

Post by JESKONENG »

Jadi bisa dipasang turbocharger plug n play dan ganti bushing roda polyurethane ?? Yang taun 2000-an masih mahal ya. Kalo yang taun 97-98 brapa kisaran harganya ??
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Taft Per Keong

Post by billyd1773dz »

JESKONENG wrote:Maaf kalo sudah pernah dibahas, aku nyari2 kok blum ketemu topiknya.... Ada sodara yang tertarik mau nyari Taft GT atau Rocky yang pake per keong, tapi dia minta dicarikan infonya :
- mulai tahun brapa sampai tahun brapa versi per keong itu, dan type apa aja
- berapa kisaran harganya skarang ini
- apa aja kelemahan dan kelebihan Taft keong ini
- ketersediaan dan harga spareparts
- selukbeluk modifikasi untuk meningkatkan performa mesin dan suspensi

( kalo udah pernah dibahas, mohon dikasitau link-nya ya bro...)
alow om... ijin nambahi yah.. sya udah 4thn pke rocky F78 IFS ini... udah ngalamin suka citanya ma mobil kesayangan gw ini... hahaha...

-taft seri IFS F73 dan F78 mulai masuk indo tahun 96 klw di LN sih dri 93 juga udah ada..
typenya F73 atau taft SWB dan F78 rocky MWB ada versi2 langka yang rocky IFS 4door dan yang pickup.
-yup seperti yang di atas bilang, dri 80-120jt dan tergolong barang pling dicari..kemarin temen jual tahun 96 F78 turbo 100jt om..
-kelemahannya.... tidak setangguh yang rigid. jgn harap bisa kuat di siksa sekuat yang rigid.. di sini ceritanya bisa panjang klw di jabarin... tpi klw di pke di kota sih no prob nda perlu di pikirin pastinya tetep jauh lebih tangguh dri MPV macam kijang dll....
-sparepart sih buanyakkk... cuma untuk kaki2 lebih mahal dri yang rigid. IFS sih..
-mesin bisa ditancepin turbo IHI RHB5 dri DL62, bisa langsung tancep, tpi lebih maksimal klw injeksi diganti yang ada boost compasator + lowcompresion+intercooler atw ganti mesin sekalian dgn DL62 di jamin makyus sistem 4x4 nya udah model pencet.

kaki2 ini yang sulit... pilihan pling aman bwat ngelift, hanya dgn body lift, suspension IFSnya susah di tinggiin, ninggiin lewat putar batang torsi tidak di sarankan, umur kaki2 bisa pendek dan tidak bakal enak di pakenya. ban dengan ratio standar maksimal 31, dan nyamannya 30. lebih dri itu mulai kerasa beratt... kecuali uda di suntik keong ajaib...
lower arm blkng jd perhatian utama gw udah patah 2x akhirnya d reinforce bru bener...

bushing upper dan lower arm klw sering d pke oprut cepet ancur, solusinya sistem bushingnya bisa pke Polyurethane(PU) tpi setelah lama biasanya kering dan mudah berisik selain itu bila di lower arm tetep ada resiko patah lower armnya saat berartikulasi. atau di ganti dgn pillowball ,pillowball ini ampir lifetime klw aus bisa di press.juga membantu mengurangi strees di lower arm saat berartikulasi. saya di upper arm pke PU sedangkan lowerarm pke pillow ball, yang bawah masih anteng yang atas, sebulan seklai harus di semprot oli bunyi sie...

bisa coba cek milis atw forum taftdieselindonesia, biar langsung nimbrung ke komunitasnya.

thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Taft Per Keong

Post by JESKONENG »

@bro billy...
waaaah... matur tengkyu infonya yang sangat berharga... intinya Taft memang masih mahal harganya, ketangguhannya di atas mobil lain pada umumnya... okay segera meluncur ke forum yang disarankan ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999