air radiator keluar lewat celah mesin

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kermit
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Apr 29, 2009 12:51

air radiator keluar lewat celah mesin

Post by kermit »

Trims, saya baru saja bergabung di milis ini, mohon bantuan bapak dan ibu para suhu blazer. Kendaraan saya blazer montera '2000, dua hari lalu selesai mengantar istri, pada saat akan memasukkan mobil ke garasi, saya melihat ada genangan air radiator cukup banyak di lantai, sepertinya arahnya berasal dari celah mesin, dekat dengan sambungan knalpot di ruang mesin.

Menurut pihak bengkel, ada semacam 'mangkok' di bagian pendingin yang harus diperiksa, dan bisa jadi harus diganti, apabila nanti setelah dibongkar 'mangkok' nya sudah berkarat. Selain itu saya juga harus membeli beberapa spare part pendukung, seperti :

packing dexel
packing ejos
knalpot kacamata
selang hawa

Mohon bantuannya ya ...sebenarnya apakah yang terjadi pada mobil saya?
Dimanakah saya bisa mendapatkan 'mangkok' tersebut? Karena stok 'mangkok' tersebut tidak ada di Medan. Terima Kasih.

Salam saya,
Ramon
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by ALTIMIT »

packing dexel
packing ejos
knalpot kacamata

ini apaan yak?gw ga pernah denger :e-think:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by gmx »

om kermit, untuk blazer, coba diomongin di thread blazer http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 6&p=290576&
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by asudarsono »

Head gasketnya bocor kali, udah hampir 100.000 km barangkali. Kalau mangkok2an apa itu, kok baru denger.


Kalau betul head gasketnya yg kena, moga2 cuma bocor eksternal aja. Kalau masuk ruang mesin campur oli emang lebih bahaya.

Biasanya pompa air dan timing belt (kalau ada) juga diganti kalau ganti head gasket.
Ready to Race
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by esh »

Mungkin yang dimaksud 'mangkok' sama om kermit adalah tempat thermostat. Btw, selamat bergabung di SM om kermit. :D
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by asudarsono »

Ooo, berarti "berkarat" artinya udah nggak buka / tutup lagi. Lucu juga ya bahasa bengkel.

Saya juga sampai lupa mengucapkan selamat datang sama mas kermit.
Ready to Race
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by M-90 »

Packing Dexel = Paking head cylinder
Paking Ejos = Paking exhaust

Istilah diatas dipakai oleh tukang bengkel di Medan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by DOHC »

nanti kalo uda sembuh, jangan lupa dikuras radiatornya bro, ga usa pake radiator flush, pake air biasa aja, di flush/ spool berkali2, baru abis itu pakein radiator coolant, karena kalo dari cerita ente yg katanya ampe berkarat, kayanya uda lama kaga dikuras atau pake air biasa yah ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
kerbiz
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Mar 04, 2009 6:26

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by kerbiz »

xixixixi beda kota beda istilah mekaniknya yah :big_peace: . klo sy prnah juga tuh gara2 biasa pake air mineral radiatornya trus kuras ganti full coolant, 3 hari langsung rontok 'koin' nya (apa tuh istilahnya packing seal yah). posisinya ada di engine block. untung g sampe overheat :e-pray:
klo Blazer g tau deh, buat sharing aja soalnya sama waktu itu dr bawah engine ngucur air radiatornya. g luck brov :big_peace:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by gmx »

tadinya saya mau nyaranin untuk tanya2 ke milis [email protected], milis yang dibuat oleh BIC untuk konsultasi teknis mengenai blazer, terbuka untuk umum, tapi saya baca2 di milis pak kermit sudah posting di sana dan sudah langsung dijawab oleh om Donnie, salah satu dukun blazer
kermit
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Apr 29, 2009 12:51

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by kermit »

Yup...betul sekali, semuanya sudah dijawab oleh Om Donny dan para suhu lainnya, sekarang saya sedang berusaha cari2 bengkel lain yang telaten dan jujur seperti anjuran Om Donny, sehingga tidak perlu bongkar manipol, supaya waktu dan biaya pun bisa di press... Thanks beratttt buat Om..Om yang sudah beri masukan....

Salam Saya,
Ramon
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: air radiator keluar lewat celah mesin

Post by asudarsono »

Aku pernah baca ada cairan yg dimasukkan ke air radiator yg berfungsi memperkuat paking/gasket shg gak gampang kemakan ama air radiator. Ada info siapa di mana bisa beli?

Ini masalah head gasket juga salah satu alasan kudu rajin kuras air radiator dan isi dng coolant yg baik
Ready to Race