ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Jan 30, 2009 8:09
ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Rekan rekan, salam kenal...
Saya perlu masukan, kalau ada pilihan antara Subaru Forester 2. dan Ford Escape 2.3 XLT, kira-kira mana yang lebih baik? Baik dari segi performance, kenyamanan maupun perawatan...
Terima kasih sebelumnya...
Primawan
Saya perlu masukan, kalau ada pilihan antara Subaru Forester 2. dan Ford Escape 2.3 XLT, kira-kira mana yang lebih baik? Baik dari segi performance, kenyamanan maupun perawatan...
Terima kasih sebelumnya...
Primawan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Aku dulu pakai Everest dan aku udah coba Forester di jalan tol.
Kalau Subaru 2.0 turbo atau 2.5 Turbo sih jauh performanya di atas Escape. Rasanya kayak Impreza WRX yg ditinggiin. Cuma kalau yg non turbo performanya agak boyo, kecuali mau sering mainin SI-Drive pada sport sharp dan mainin low rangenya dgn catatan rpm jadi tinggi dan boros.
Kalau ttg safety ama pengendalian tes drive aja dulu, kalau nggak, coba liat ini dulu :
http://www.subaru.com.au/about-subaru/a ... utton=home
BTW Forester ini asalnya dari sedan pak, bukan SUV. Saya juga kaget waktu pertama liat kok bentuknya kota bener. Kadang org sengaja cari yg SUV yg tinggi bukan wagon yg empuk. Ground clearance sih oke, cuma kalau masuk kita nggak naik tapi turun ke dalam kabinnya. Entah kenapa bisa begitu.
Kalau perawatan ya menang Escape pak, soalnya Subaru khan mesin boxer. Udah pernah denger mesin boxer pada rpm tinggi belum?
Aku tadi telpon ke sana, stoknya masih 2008 dgn harga 2008 juga tapi udah mulai terbatas. Yg 2009 masuknya Juni katanya dan yg banyak Exiga. Aku sih lagi nunggu Impreza WRX 2009.
Kesimpulan saya setelah nonton website itu : Kalau masih mikir harga jual kembali sih milih Escape yg fwd, tapi kalau mikir makai pilih Forester yg awd. Ini bagaikan : apa pilih Nokia yg lelet tapi bisa jual kembali cepat atau Iphone yg keren tapi harga jual turun
Kalau Subaru 2.0 turbo atau 2.5 Turbo sih jauh performanya di atas Escape. Rasanya kayak Impreza WRX yg ditinggiin. Cuma kalau yg non turbo performanya agak boyo, kecuali mau sering mainin SI-Drive pada sport sharp dan mainin low rangenya dgn catatan rpm jadi tinggi dan boros.
Kalau ttg safety ama pengendalian tes drive aja dulu, kalau nggak, coba liat ini dulu :
http://www.subaru.com.au/about-subaru/a ... utton=home
BTW Forester ini asalnya dari sedan pak, bukan SUV. Saya juga kaget waktu pertama liat kok bentuknya kota bener. Kadang org sengaja cari yg SUV yg tinggi bukan wagon yg empuk. Ground clearance sih oke, cuma kalau masuk kita nggak naik tapi turun ke dalam kabinnya. Entah kenapa bisa begitu.
Kalau perawatan ya menang Escape pak, soalnya Subaru khan mesin boxer. Udah pernah denger mesin boxer pada rpm tinggi belum?
Aku tadi telpon ke sana, stoknya masih 2008 dgn harga 2008 juga tapi udah mulai terbatas. Yg 2009 masuknya Juni katanya dan yg banyak Exiga. Aku sih lagi nunggu Impreza WRX 2009.
Kesimpulan saya setelah nonton website itu : Kalau masih mikir harga jual kembali sih milih Escape yg fwd, tapi kalau mikir makai pilih Forester yg awd. Ini bagaikan : apa pilih Nokia yg lelet tapi bisa jual kembali cepat atau Iphone yg keren tapi harga jual turun
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
di tunggu review berikutnya nih
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sat Jan 24, 2009 22:14
- Location: depan laptop
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Opkors vote for SUBARU, jauh lebih keren mamen.. Saia gak pernah naik Escape, cuman sering liat di jalanan. Trus juga gak pernah ngendarain Subaru, cuman pernah jadi penumpang doang. Jadi pendapat saia boleh didenger dan boleh [banget] buat dicuekin, haghaghag..
Yang paling saia suka dari tampilan Subaru adalah jendelanya yang tanpa kusen itu, kalo jendelanya diturunin semua trus itu pintu dibuka, beughh..dimata saia itu keren sangadh, fufufu.. << wong ndesooo..ya gini deh..
Kenapa saia gak vote Escape? Simply because Escape lebih sering ketemu di jalanan daripada Subaru (walau Escape termasuk jarang juga sih). I know..i know..alasan ini sungguh tak penting Hu-uh..saia memang gak suka mobil pasaran Btw, denger2 bengkel resmi Ford adalah terbaik service-nya di Indonesia ya? CMIIW. Bisa jadi bahan pertimbangan tuh.
Skip aja nih testi! Gak mutu..haghaghag..
Yang paling saia suka dari tampilan Subaru adalah jendelanya yang tanpa kusen itu, kalo jendelanya diturunin semua trus itu pintu dibuka, beughh..dimata saia itu keren sangadh, fufufu.. << wong ndesooo..ya gini deh..
Kenapa saia gak vote Escape? Simply because Escape lebih sering ketemu di jalanan daripada Subaru (walau Escape termasuk jarang juga sih). I know..i know..alasan ini sungguh tak penting Hu-uh..saia memang gak suka mobil pasaran Btw, denger2 bengkel resmi Ford adalah terbaik service-nya di Indonesia ya? CMIIW. Bisa jadi bahan pertimbangan tuh.
Skip aja nih testi! Gak mutu..haghaghag..
Klik thread ini ya >> JUAL CEPAT SUBARU FORESTER 2.5XT TURBO, A/T, BLACK, Th.2006, MULUS, NEGO
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
klw seandainya.. purnajual aftersales dan lokasi dealer+service subaru kya ford.....
nda mikir2 lgi ambil tu forester.......
ATPMnya kya blm serius yah jualannya?
nda mikir2 lgi ambil tu forester.......
ATPMnya kya blm serius yah jualannya?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Di Pameran Mobil tahun kapan saya lupa...Subaru meluncurkan specdown nya Subaru...wah sedih banget lihat build quality nya. Saya tidak tahu apakah waktu pameran itu tergesa-gesa atau memang production begitu.
Tapi waktu re-launch Ford Jak-Tim, saya betul-2 terkesima dengan Ford Escape XLT (yang lampu depan / belakang pakai black accent) + sunroof + in-dash audio system. Ditambah lagi bau kulit nya... top markotop deh.
Saya dan kakak sedang membandingkan 42ner,Captiva Diesel, Escape yang model ini...
Tapi waktu re-launch Ford Jak-Tim, saya betul-2 terkesima dengan Ford Escape XLT (yang lampu depan / belakang pakai black accent) + sunroof + in-dash audio system. Ditambah lagi bau kulit nya... top markotop deh.
Saya dan kakak sedang membandingkan 42ner,Captiva Diesel, Escape yang model ini...
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Boss LJP,€lj€p€ wrote:Di Pameran Mobil tahun kapan saya lupa...Subaru meluncurkan specdown nya Subaru...wah sedih banget lihat build quality nya. Saya tidak tahu apakah waktu pameran itu tergesa-gesa atau memang production begitu.
Tapi waktu re-launch Ford Jak-Tim, saya betul-2 terkesima dengan Ford Escape XLT (yang lampu depan / belakang pakai black accent) + sunroof + in-dash audio system. Ditambah lagi bau kulit nya... top markotop deh.
Saya dan kakak sedang membandingkan 42ner,Captiva Diesel, Escape yang model ini...
ambil body escape, mesin CTV diesel trus emblem toyotanya 42ner saja.
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
mesin boxer di rpm tinggi kegimana?asudarsono wrote: Kalau perawatan ya menang Escape pak, soalnya Subaru khan mesin boxer. Udah pernah denger mesin boxer pada rpm tinggi belum?
perawatannya sama aja kan ama yg biasa?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Jan 30, 2009 8:09
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Thanks masukannya Pak Asudarsono!
Sayangnya Escape di sini juga 2wd, bukan 4wd.
Anyway, thanks inputannya...
Yang saya lirik sih yang non turbo (2.0 X). Tapi performanya masih cukup bagus untuk jalan tol kan? Atau akselerasinya berat. Katanya sih dari 1-100 perlu waktu 12.7 detik...asudarsono wrote: Cuma kalau yg non turbo performanya agak boyo, kecuali mau sering mainin SI-Drive pada sport sharp dan mainin low rangenya dgn catatan rpm jadi tinggi dan boros.
Wah belum pernah tuh, pak. Gimana emangnya? Terus untuk service, apa mesin boxer perlu perawatan khusus?asudarsono wrote:Kalau perawatan ya menang Escape pak, soalnya Subaru khan mesin boxer. Udah pernah denger mesin boxer pada rpm tinggi belum?
Setuju... Meskipun iphone harga secondnya masih mahal juga, pak!asudarsono wrote:Kesimpulan saya setelah nonton website itu : Kalau masih mikir harga jual kembali sih milih Escape yg fwd, tapi kalau mikir makai pilih Forester yg awd. Ini bagaikan : apa pilih Nokia yg lelet tapi bisa jual kembali cepat atau Iphone yg keren tapi harga jual turun
Sayangnya Escape di sini juga 2wd, bukan 4wd.
Anyway, thanks inputannya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
setuju pak Poento,€lj€p€ wrote:Di Pameran Mobil tahun kapan saya lupa...Subaru meluncurkan specdown nya Subaru...wah sedih banget lihat build quality nya. Saya tidak tahu apakah waktu pameran itu tergesa-gesa atau memang production begitu.
Tapi waktu re-launch Ford Jak-Tim, saya betul-2 terkesima dengan Ford Escape XLT (yang lampu depan / belakang pakai black accent) + sunroof + in-dash audio system. Ditambah lagi bau kulit nya... top markotop deh.
Saya dan kakak sedang membandingkan 42ner,Captiva Diesel, Escape yang model ini...
saya sampai saat ini masih sering, bahkan hampir tiap pagi mengagumi bau harum leather seat escape XLT, meski sudah berumur 4 tahun lebih, bau kulit nya masih kentel dan membuat hati terkesima dan pede menjalani hari hehehehehe
saya mengagumi subaru forester, namun bukan untuk model yg saat ini, model early-mid 2008 yang masih kotak/ crossover malah saya lebih demen, entah kenapa..... masalah built quality nya juga saya setuju dengan bapak, spec down abis, karena mengejar harga yang sejajar dengan new escape dan konco2 nya. untuk subaru 2000cc awd saya kira tarikannya juga gak menang ketimbang escape XLT, beda kalo 2500cc ya.... karena faktor turbo nya, bisa disejajarkan dengan escape 3000cc 4wd yg udh diskontinu........
driving experience? yang jelas escape kualitas berkendara nya top markotop...... gak menang deh mobil jepang sekelas.... hehehehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Aku lagi (kok gue tiba2 suka ama Subaru ya, jadi maaf kalau antusiasm berlebih, habis baru tahu ada mobil Jepang kayak gini) :
a. Subaru 2008 yang framelss window tinggal yang Legacy, selain itu jendelanya semua pakai kusen kayak mobil biasa.
b. Kalau jok kulit standar ya di Ford?
c. Interior Subaru emang sederhana karena marketnya untuk pemakaian di pedesaan, shg pemilihan bahannya ke yang awet. Entah awet bnr atau nggak aku blon tahu.
d. Msin boxer perlu perawatan yang khusus, nan di sini kudu hati2. Walau semua Subaru direkomnded keandalannya oleh Polling luar negeri tapi perawatan berkala DAN OKTAN BENSIN kudu serius. Tapi mang suaranya ngbass kayak msin V6 aja ya. Kalau Ford sih mang TANGGUH dari dulunya, perawatan gampang dan nggak pernah ada problem.
e. Msin 2,5 L Subaru tahun 1986 - 2003 punya masalah head gasket (Kayak Freelander tahun sama). Sebaiknya diganti rutin tiap 100.000 km.
f. Mobil Amrik mang nak dipakai, di jalan lurus.
g. Udah pernah ke beresnya Ford belum? Aku sih udah pernah ganti radiator Everestku 3 kali di Ford Cawang. Yaudah, padahal istriku paling seneng ini mobil, lega dan empuk.
h. Belon prnah aku liat Subaru yg bener2 lelet kecuali Impreza 1,5L. Mobil awd kok ngejar harga Honda City, busyet dah.
h. Forester 2,0 non turbo krn JDM dilimit ke 180 km/j saja, bisa dicopot tapi khan garansi hangus. Akselerasi aku rasa sama kayak XTrail 2007, makanya aku bilang boyo. Kalau ama XTrail CVT aku belon pernah coba, di kantorku belon ada. Kalau pakai low range kecepatan cuma sampai 150 km/j. Jangan pakai low range di bebrapa SUV lain pada kecpatan tinggi, ada stiker warningnya tuh.
i. Seingat saya Forester 2,0 belon ada center diff lock, jadi cuma buat soft offroading aja. Aneh, Imprezanya malah ada center diff lock
j. Di beberapa SUV lain kudu hati2 membelok ntar keguling lagi, Forster karena pakai boxer engine boleh belok selayaknya sedan biasa (tapi ya ttp kudu hati2lah).
k. 2008 pasar Subaru di Cina meningkat 100% jadi kuota MotorImage banyak dibelokin ke sana. Motorimage pegang diler di 8 negara termasuk Cina. Makanya MI Indonesia masih kayak anak tiri aja. Tahu tuh si anak jadi Cinderella apa jadi abu nantinya.
l. Iya Iphone masih tetap mahal harganya. Begini aja, cukup aku bilang aku tahu depresiasi mobil Eropa tapi aku (dan banyak orang lain) enjoy aja. Masih ada langit di atas langitlah. Kalau ngelepas mobil juga aku nggak mikir dulu belinya berapa.
a. Subaru 2008 yang framelss window tinggal yang Legacy, selain itu jendelanya semua pakai kusen kayak mobil biasa.
b. Kalau jok kulit standar ya di Ford?
c. Interior Subaru emang sederhana karena marketnya untuk pemakaian di pedesaan, shg pemilihan bahannya ke yang awet. Entah awet bnr atau nggak aku blon tahu.
d. Msin boxer perlu perawatan yang khusus, nan di sini kudu hati2. Walau semua Subaru direkomnded keandalannya oleh Polling luar negeri tapi perawatan berkala DAN OKTAN BENSIN kudu serius. Tapi mang suaranya ngbass kayak msin V6 aja ya. Kalau Ford sih mang TANGGUH dari dulunya, perawatan gampang dan nggak pernah ada problem.
e. Msin 2,5 L Subaru tahun 1986 - 2003 punya masalah head gasket (Kayak Freelander tahun sama). Sebaiknya diganti rutin tiap 100.000 km.
f. Mobil Amrik mang nak dipakai, di jalan lurus.
g. Udah pernah ke beresnya Ford belum? Aku sih udah pernah ganti radiator Everestku 3 kali di Ford Cawang. Yaudah, padahal istriku paling seneng ini mobil, lega dan empuk.
h. Belon prnah aku liat Subaru yg bener2 lelet kecuali Impreza 1,5L. Mobil awd kok ngejar harga Honda City, busyet dah.
h. Forester 2,0 non turbo krn JDM dilimit ke 180 km/j saja, bisa dicopot tapi khan garansi hangus. Akselerasi aku rasa sama kayak XTrail 2007, makanya aku bilang boyo. Kalau ama XTrail CVT aku belon pernah coba, di kantorku belon ada. Kalau pakai low range kecepatan cuma sampai 150 km/j. Jangan pakai low range di bebrapa SUV lain pada kecpatan tinggi, ada stiker warningnya tuh.
i. Seingat saya Forester 2,0 belon ada center diff lock, jadi cuma buat soft offroading aja. Aneh, Imprezanya malah ada center diff lock
j. Di beberapa SUV lain kudu hati2 membelok ntar keguling lagi, Forster karena pakai boxer engine boleh belok selayaknya sedan biasa (tapi ya ttp kudu hati2lah).
k. 2008 pasar Subaru di Cina meningkat 100% jadi kuota MotorImage banyak dibelokin ke sana. Motorimage pegang diler di 8 negara termasuk Cina. Makanya MI Indonesia masih kayak anak tiri aja. Tahu tuh si anak jadi Cinderella apa jadi abu nantinya.
l. Iya Iphone masih tetap mahal harganya. Begini aja, cukup aku bilang aku tahu depresiasi mobil Eropa tapi aku (dan banyak orang lain) enjoy aja. Masih ada langit di atas langitlah. Kalau ngelepas mobil juga aku nggak mikir dulu belinya berapa.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Boss,asudarsono wrote:Aku lagi (kok gue tiba2 suka ama Subaru ya, jadi maaf kalau antusiasm berlebih, habis baru tahu ada mobil Jepang kayak gini) :
a. Subaru 2008 yang framelss window tinggal yang Legacy, selain itu jendelanya semua pakai kusen kayak mobil biasa.
b. Kalau jok kulit standar ya di Ford?
c. Interior Subaru emang sederhana karena marketnya untuk pemakaian di pedesaan, shg pemilihan bahannya ke yang awet. Entah awet bnr atau nggak aku blon tahu.
d. Msin boxer perlu perawatan yang khusus, nan di sini kudu hati2. Walau semua Subaru direkomnded keandalannya oleh Polling luar negeri tapi perawatan berkala DAN OKTAN BENSIN kudu serius. Tapi mang suaranya ngbass kayak msin V6 aja ya. Kalau Ford sih mang TANGGUH dari dulunya, perawatan gampang dan nggak pernah ada problem.
e. Msin 2,5 L Subaru tahun 1986 - 2003 punya masalah head gasket (Kayak Freelander tahun sama). Sebaiknya diganti rutin tiap 100.000 km.
f. Mobil Amrik mang nak dipakai, di jalan lurus.
g. Udah pernah ke beresnya Ford belum? Aku sih udah pernah ganti radiator Everestku 3 kali di Ford Cawang. Yaudah, padahal istriku paling seneng ini mobil, lega dan empuk.
h. Belon prnah aku liat Subaru yg bener2 lelet kecuali Impreza 1,5L. Mobil awd kok ngejar harga Honda City, busyet dah.
h. Forester 2,0 non turbo krn JDM dilimit ke 180 km/j saja, bisa dicopot tapi khan garansi hangus. Akselerasi aku rasa sama kayak XTrail 2007, makanya aku bilang boyo. Kalau ama XTrail CVT aku belon pernah coba, di kantorku belon ada. Kalau pakai low range kecepatan cuma sampai 150 km/j. Jangan pakai low range di bebrapa SUV lain pada kecpatan tinggi, ada stiker warningnya tuh.
i. Seingat saya Forester 2,0 belon ada center diff lock, jadi cuma buat soft offroading aja. Aneh, Imprezanya malah ada center diff lock
j. Di beberapa SUV lain kudu hati2 membelok ntar keguling lagi, Forster karena pakai boxer engine boleh belok selayaknya sedan biasa (tapi ya ttp kudu hati2lah).
k. 2008 pasar Subaru di Cina meningkat 100% jadi kuota MotorImage banyak dibelokin ke sana. Motorimage pegang diler di 8 negara termasuk Cina. Makanya MI Indonesia masih kayak anak tiri aja. Tahu tuh si anak jadi Cinderella apa jadi abu nantinya.
l. Iya Iphone masih tetap mahal harganya. Begini aja, cukup aku bilang aku tahu depresiasi mobil Eropa tapi aku (dan banyak orang lain) enjoy aja. Masih ada langit di atas langitlah. Kalau ngelepas mobil juga aku nggak mikir dulu belinya berapa.
knapa emang dengan radiator everest-nya? kok ampe ganti 3x?
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Setuju bro. Untuk jangka panjang dan untuk dijual kembalinya saya juga pilih Escape.asudarsono wrote:Kesimpulan saya setelah nonton website itu : Kalau masih mikir harga jual kembali sih milih Escape yg fwd, tapi kalau mikir makai pilih Forester yg awd. Ini bagaikan : apa pilih Nokia yg lelet tapi bisa jual kembali cepat atau Iphone yg keren tapi harga jual turun
Dan saya juga pemakai Nokia yang setia, karena mau dijual / ditukar tambah paling enak deh. Gak pusing.
Pengalaman pakai merk "x" pas mau dijual ngga ada yang mau terima, eh pas ada yang terima tp hrgnya rendah banget nget nget. Ya udh akhirnya saya kasih sodara aja hehe...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
@asudarsono
escape 2.3 dan 3.0 lawas standar sudah jok kulit, namun type baru kayaknya type XLS masih fabric.
escape 2.3 dan 3.0 lawas standar sudah jok kulit, namun type baru kayaknya type XLS masih fabric.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
bro g copas dari link sebelah untuk matic nya ;
http://www.subaruforester.org/vbulletin/f113/
Quote:
Originally Posted by higgledy View Post
is this your experience with Subaru's automatics or all automatics?
That was my first reaction too.
Our other car is a Ford Focus, whose auto transmission is utter crap. When we added the MY06 Forester with 4EAT to our stable, I was positively impressed. The auto box in the Forester downshifts earlier when you slow down, just like I would with a stick shift, which allows for a certain degree of engine brake. If I want to downshift even faster than the logic of the 4EAT would, I simply pull the gear lever to downshift from 4th/drive to 3rd. That works beautifully, e.g. when getting off the highway, or getting bogged down in slow traffic. The 4EAT in the Forester also holds on to the lower gear until a higher RPM than the auto in the Ford, which allows for much better acceleration. A Sportshift type transmission would be a further improvement over that.
Honestly, with the type of driving I do in the city and on a congested Interstate around a major metropolitan area (I-495 around Washington, DC, aka "the Beltway"), I would never want to go back to a manual transmission, unless it was a DSG with automatic ability.
Growing up, I used to think that automatics were for old fogies, like my dad in his Mercedes. But now that I'm no longer a teenager, I actually appreciate the convenience an automatic transmission offers in heavy, stop-and-go or slow-and-go traffic.
http://www.subaruforester.org/vbulletin/f113/
Quote:
Originally Posted by higgledy View Post
is this your experience with Subaru's automatics or all automatics?
That was my first reaction too.
Our other car is a Ford Focus, whose auto transmission is utter crap. When we added the MY06 Forester with 4EAT to our stable, I was positively impressed. The auto box in the Forester downshifts earlier when you slow down, just like I would with a stick shift, which allows for a certain degree of engine brake. If I want to downshift even faster than the logic of the 4EAT would, I simply pull the gear lever to downshift from 4th/drive to 3rd. That works beautifully, e.g. when getting off the highway, or getting bogged down in slow traffic. The 4EAT in the Forester also holds on to the lower gear until a higher RPM than the auto in the Ford, which allows for much better acceleration. A Sportshift type transmission would be a further improvement over that.
Honestly, with the type of driving I do in the city and on a congested Interstate around a major metropolitan area (I-495 around Washington, DC, aka "the Beltway"), I would never want to go back to a manual transmission, unless it was a DSG with automatic ability.
Growing up, I used to think that automatics were for old fogies, like my dad in his Mercedes. But now that I'm no longer a teenager, I actually appreciate the convenience an automatic transmission offers in heavy, stop-and-go or slow-and-go traffic.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
uda test drive forester 2.0 X
kualitas kabin jelek, kuno bgt mnurut gw, speedometer jg kuno
tarikan nya ga ada
model lampu blkng terlihat murah mnurut gw, bohlam nya aja kliatan jelas bgt
ketebalan body nya agak tipis.. di pencet2 peot2 jg
kalo ford escape blm perna test drive
kualitas kabin jelek, kuno bgt mnurut gw, speedometer jg kuno
tarikan nya ga ada
model lampu blkng terlihat murah mnurut gw, bohlam nya aja kliatan jelas bgt
ketebalan body nya agak tipis.. di pencet2 peot2 jg
kalo ford escape blm perna test drive
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
kerogawa wrote:uda test drive forester 2.0 X
kualitas kabin jelek, kuno bgt mnurut gw, speedometer jg kuno
tarikan nya ga ada
model lampu blkng terlihat murah mnurut gw, bohlam nya aja kliatan jelas bgt
ketebalan body nya agak tipis.. di pencet2 peot2 jg
kalo ford escape blm perna test drive
opini saya masih valid dong....€lj€p€ wrote:Di Pameran Mobil tahun kapan saya lupa...Subaru meluncurkan specdown nya Subaru...wah sedih banget lihat build quality nya. Saya tidak tahu apakah waktu pameran itu tergesa-gesa atau memang production begitu.
Dari Solo ke Oslo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ASK: Subaru Forester 2.0X vs Ford Escape 2.3 XLT
Interior Forester dari yg termahal sampai yg termurah sama. Emang Subaru gitu interiornya. Apalagi lampu belakangnya model crystal kayak Harrier, banyak org kayak saya juga nggak suka.
Gini aja, kalau dlm bermobil banyak situasi ekstrim lebih baik Subaru. Tapi kalau seumur2 blm pernah slip atau nanjak yg terjal dst, mending Escape. Krn walau Escape 2wd tanpa low range tapi secara hitungan ekonomi lebih murah dan interior lebih mewah.
Everestku nabrak angkot shg radiator bocor. Yah namanya juga gue slip (gak ada ABS). Beresnya gak beres betulinnya. Nasib dah.
Gini aja, kalau dlm bermobil banyak situasi ekstrim lebih baik Subaru. Tapi kalau seumur2 blm pernah slip atau nanjak yg terjal dst, mending Escape. Krn walau Escape 2wd tanpa low range tapi secara hitungan ekonomi lebih murah dan interior lebih mewah.
Everestku nabrak angkot shg radiator bocor. Yah namanya juga gue slip (gak ada ABS). Beresnya gak beres betulinnya. Nasib dah.
Ready to Race