Nissan 'New' Serena : Old or new?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks bung conan untuk pic Nissan Lafestanya. Modelnya simple banget. Ada yang tau segmen pasar yang ditujunya ?
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Lihat gambar ini :

http://english.auto.vl.ru/catalog/nissa ... hoto/7400/

Bung Conan, sebenernya Serena c24 di tahun 1999, saat Ghosn baru masuk. Interiornya jelek banget. The dashboard / cokpit kalau saya bilang look too old fashioned. Grillnya juga ngak sebagus sekarang.

Tahun 2000 atau 2001, designer Ghosn baru rubah muka ama interiornya / kokpitnya dengan design yang kita lihat sekarang. Jauh lebih modern.

Terus terang, jika c24 yang di jual sekarang interiornya mirip yang versi 1999, saya akan lebih berat ambil keputusaan mau beli atau tidak.

I know U will still wait for the c25, but this is just FYI. And that the c24 now is no longer 100% sama dengan era sebelum Ghosn.

So one can say that c24 sekarang sudah ada sentuhan designernya post Ghosn era.

By the way saya ada suggest ama orang Victory Prima, minta bossnya masukin Lafesta.

Terus terang lihat dimensi [cencored] kan tidak kecil. Kok lihat di mata beda banget ! Mudah mudahan Lafesta juga bukan big on paper, small in real life.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ya, bung Szli, C24 kan memang di-facelift pada tahun 2002, sesuai jadwal. Thanks, and I'd definitely put your suggestion into consideration. I still have some time to wait...but when the time is up, and the C25 has yet to appear, then C24 it is.

Btw, I think the Lafesta is even smaller than the [cencored]! It's shorter and lower.
Btw, mungkin ada juga sedikit effect karena Anda sudah terbiasa dengan kelegaan extra pada Serena, ya.. :)

Posted by Mr. Observer above:

Dimensi
Lafesta 4.495 X 1.695 X 1.600
[cencored] 4.610 X 1.695 X 1.640

Lebar 1st Row 2nd Row 3rd Row
Lafesta 505/505 1.310 965
[cencored] 520/495 1.245 940

Head Room 1st Row 2nd Row 3rd Row
Lafesta 965/960 965/990 895
[cencored] 1.040 1.020 945
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh my God ! Sudah pasti deh kalau gitu ! Kalau saya analyse numbersnya, yang bikin [cencored] benar kecil adalah tingginya yang cuman 1640.

Kalau Innova ama Odyssey tidak kesan kecil soalnya mereka dua lebarnya beda jauh !

Unless this strange " Z " factor bermain lagi, sudah pasti deh Lafesta juga munggil ! Sayang sekali !

Mungkin kita harus understand yah, Jepang itu negara lumayan overcrowded, full of cars, buildings and people. Jika bikin mobil gede terus, orang Jepang susah pakainya. thats why Odyssey di ceperrin.

Kalau gitu, bung Conan, lets hope Nissan tidak ikut jejak Toyota dan bikin c25 nanti juga munggil, yang gampang masuk tempat parkir kecil di kota kota Jepang !

Maybe U the famous detective harus lihat [cencored] and give a second opinion. Apakah saya biased ama Nissan, atau apakah mata saya hari kemarin rusak, atau apa. Tapi U know what, kemarin ada orang yang comentar [cencored] lebih kejam dari saya.

Some person say the [cencored] dari sudut tertentu remind her of Charade ! Daihatsu Charade !!? Jezz..

Its not that small. Cuman it means orang lain juga kaget, lihat [cencored] yang compact itu.

Lihat data [cencored], seharusnya mirip ama Stream. Tapi kok kelihatannya lebih kecil dari Stream ? Saya sudah lihat kaca, mata saya tidak rusak !

This strange phenomenon pertama kali terjadi ama saya. U really should see and tell us yr impression of this " mirage " like [cencored].
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

szli wrote: Mungkin kita harus understand yah, Jepang itu negara lumayan overcrowded, full of cars, buildings and people. Jika bikin mobil gede terus, orang Jepang susah pakainya. thats why Odyssey di ceperrin.
Betul, bung Szli, tapi, di Jepang itu tersedia mobil dari yang sekecil Honda Life sampai yang sebesar Alphard. Karena tidak seperti di sini, di Jepang semua pengemudi mobil sangat tertib, sehingga Anda tidak perlu mobil tinggi besar yang menacing hanya untuk menakut-nakuti mobil lain. Bagi yang hanya butuh mobil mini untuk pulang-pergi kantor seorang diri, bisa menggunakan supermini yang lincah dan mudah mendapat parkir. Dia tentu enggan menggunakan Alphard yang tidak lincah dan lebih sulit mendapatkan tempat parkir. Sedangkan yang harus sering membawa orang banyak bisa membeli Alphard. Jadi ada semacam balance..
Tidak seperti di sini, banyak orang yang hanya untuk pulang-pergi kantor sendirian atau hanya untuk antar-jemput satu anak sekolah, menggunakan mobil sebesar mungkin seperti Alphard. Tidak heran kemacetan dan kekacauan lalu lintas di negara kita ini begitu parahnya..
Kalau gitu, bung Conan, lets hope Nissan tidak ikut jejak Toyota dan bikin c25 nanti juga munggil, yang gampang masuk tempat parkir kecil di kota kota Jepang !
Kekekeke, maaf, bung Szli, jangan naik darah ya mendengar ini lagi, but what you said above is non-sense :mrgreen:.
Apakah Toyota juga akan membuat Alphard generasi berikut hanya sebesar Avanza? Namanya juga minivan, tentu akan dibuat besar (dan umumnya, suatu model akan bertambah besar juga pada generasi barunya). Untuk mobil mungil yang mudah parkir, kan ada Nissan March dan Nissan Cube. Masa semua mobil harus dibuat kecil :mrgreen:
Some person say the [cencored] dari sudut tertentu remind her of Charade ! Daihatsu Charade !!? Jezz..
Ini sih benar-benar non-sense sungguhan! :mrgreen:
Maaf kalau ini agak kasar, tapi otak orang itu patut diragukan...keberadaannya :mrgreen:
Aku juga bisa bilang kalau sebuah Mercedes SL 500 reminds me of a Suzuki Karimun, karena kalau dilihat dari sudut tertentu...ternyata keduanya sama-sama memiliki 4 buah roda :twisted: :twisted:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

I like this rendering. Could be the next Elgrand (but it's not the time yet for a new Elgrand) or hopefully the C25..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Conan, saya lihat website Mag-X kok tidak ada gambar atas ? Anda dapat dari mana ? Saya mau analisa tulisan Jepangnya supaya bisa tebak ini mobil apa nanti ?

Saya juga bilang ini mobil mukanya funky, cute banget. Lebih keren dari c24 saya. Pintar ya designernya. Mungkin bisa secantik Alphard deh.

Cuman lihat pillar B yang mirip Alphard, bisa saja ini new Elgrand. Soalnya muka Elgrand sekarang tanggung. Jelek banget ngak. Tapi kalah ama Alphard.

Tapi jika ini mobil c25 beneran, wow ! Bung Conan. You have hit the jackpot. Ini mobil bisa cantik banget dan kelihatannya bisa selega atau lebih lega dari c24 sekarang. Saya bisa jadi binggung nanti. Mau trade-in ? Mobil belum lunas lagi.

Yaitu bung, tulisan Jepangnya tolong share ama saya. Supaya kita lacak ini c25 or not.

Actually dalam hati saya yang paling bikin saya excited itu bukan si Ghosn (take note bung Qiu qiu), tapi design baru yang keluar dari Studio Design Nissan. Mayoritas itu cantik banget. Jika designnya jelek, saya ma masa bodoh ama Ghosn kek. Design itu sangat penting untuk prediksi merek mobil mana yang akan berjaya di masa depan.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

szli wrote:Actually dalam hati saya yang paling bikin saya excited itu bukan si Ghosn (take note bung Qiu qiu), tapi design baru yang keluar dari Studio Design Nissan. Mayoritas itu cantik banget. Jika designnya jelek, saya ma masa bodoh ama Ghosn kek. Design itu sangat penting untuk prediksi merek mobil mana yang akan berjaya di masa depan.
Mungkin Anda baru menyadarinya baru-baru ini, bung Szli, tapi itulah yang dari dulu selalu aku katakan berulang2 pada debate C24 vs C25 kita!
C24 belum memiliki design cues barunya Nissan, C25 tentu sudah.

Pic ini aku lupa ambil dari webpage apa, karena waktu itu agak terburu-buru dan pagenya dalam bahasa Jepang, dan sudah beberapa lama, aku baru ingat belum post pic ini ketika kemarin malam melihat2 album spy pics :(
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Bung conan, ibarat main black jack, seperti nya ini kartu 'AS', gambar ujungnya lancip. :)
Mobilnya kelihatan nya besar yah.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Yah, tapi belum tentu C25 akan seperti ini. Tapi at least design cuesnya akan muncul di C25, seperti 'hidung' dengan emblem Nissan pada pic di atas yang juga terdapat pada Lafesta (pic below) :

:)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Picnya Mr. Conan sedikit mirip Nissan Quest, tapi lebih tinggi dan mukanya lebih bagus.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mr. Obs. di US anda ada lihat Nissan Titan, Pathfinder dan Armada dong ? Kalau saya lihat Quest agak aneh bentuknya, meskipun dalamnya seperti kabin pesawat dengan middle consolenya.

Tapi si Titan, Pathfinder, Armada saya suka mukanya. Khas Nissan US dan macho.

Yang saya kaget, Hyundai ama Kia kayaknya laku di US. Apakah mobil Korea sekarang sudah bagus ? Kok yang di Indo banyak yang trouble yah ?
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Yeah, there was this one time I saw from the backview mirror a Nissan Titan driving up from a distance, wow, really looks big and menacing and nasty and macho, if u know what I mean. If u like that kind of connotation in a car, which I think u do, then Titan is THE car for u man.

Nissan Quest dimensinya agak lebih besar dari Toyota Sienna & Honda Odyssey (versi america, bukan versi Jepang). Tapi entah kenapa kurang laku di Amerika. Ada yang bilang karena orang Amerika ngak suka dashboardnya di tengah, tapi I doubt kalau hanya alasan itu. Anyway, kalau dibandingkan dengan Serena kita, surprisingly Serena kita ngak kalah baik dari headroom dan legroom. Hanya ruang bagasi di belakang baris ke 3, Serena kalah jauh karena mereka rata rata masih punya hampir 1 metre ruang di belakang baris ke3 (panjang mobilnya rata rata diatas 4.9m). As u can see from the picture, walaupun dimensinya gede, tapi stylingnya lebih streamline dari Serena kita.

Ngak heran kalau Hyundai n Kia laku di America. Kalau ngak salah Hyundai diranking no. 2 (setelah Honda) di America dari segi reliability. Saking PDnya Hyundai berani kasih warranty sampai 10 tahun!! Terus harga produknya juga sangat murah dibandingkan dengan kompetitornya.

BTW, sales mobil di AMerica itu ngak ada yang duduk di dalam showroom loh. Rata2 berdiri di luar pintu, always ready to meet the customer at the parking lot. Product knowledgenya juga jauh lebih mendalam daripada salesman memble kita. Aku salut betul dengan jiwa salesmanshipnya!!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Ai ! 4.9 m ? Wah di tempat parkir Mangga Dua / Mall lain bisa setengah mati parkirnya !

Quest saya bilang ngak laku yaitu, bentuknya kurang bagus. Agak aneh. Mungkin orang Amrik demikian.

Yes, saya suka muka Titan ! Kesannya kalau di belakang, dia lagi teriak " GET LOSS ". Cuman yaitu, entah kapan muka Nissan US masuk ke Indo.

Like I said, c24 kita is not really bad. Cuman yaitu, panjangnya cuman 4.6m Thats why bagasinya terbatas. Anyway kalau c24 4.9 m saya bisa pusing. Mau beli dak ? Nanti parkirnya susah loh !

wow, anda bisa ada chance masuk showroom di Amrik ? Seru yah ! Cerita dong ada lihat dan test drive mobil apalagi ?

How abt the Toyota Sienna, yang katanya lumayan laku di situ ? Sudah pelajarin ?
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Actually, Nissan Quest is 5.18m long, and Titan is 5.4m!!! :shock:

Between Odyssey and Sienna, I like the Odyssey better. Lagi lagi karena headroom. Sienna punya headroom di baris ke-3 agak kurang, sort of like Innova, sedangkan Odyssey is like Serena (or was it slightly better??). You're right, Sienna has been selling well since its launch, but I think the balance will now tip in Honda's favor with this new Odyssey.

BTW, teman teman, aku pernah ditawarin dengan cuma cuma bawa mobil pulang untuk test drive for a weekend, asalkan ada driver license dan valid insurance policy! No kidding, entah persaingannya ketat atau apa, memang hal ini cukup biasa di America. :D

Ada satu SUV yang aku suka sekali, namanya Chevrolet Equinox, karena it's got the most comfortable back seats I've ever sat in!!!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Btw Mr. Observer, aku dengar next generation Suzuki XL-7 mungkin akan menggunakan platform Theta, yang digunakan Equinox ini...
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Really? :)
But the Equinox is a 5-seater. If they use the same wheelbase on a 7-seater, it's gonna be a different story altogether. :(
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ya, bung Observer. Mungkin tidak akan ada nilai plusnya sama sekali. I just mentioned it because I found it a bit peculiar how the new Vitara, you and the Equinox are connected...maybe it's a sign that you should consider the new Vitara/XL-7? :)

Btw, bung Observer, just for information, platform sama bukan berarti wheelbasenya pasti sama. Wheelbase hanya salah satu component dari platform, yang variable/flexible. Seperti Maserati akan menggunakan platform Quattroporte untuk their next generation 5000GT coupe/spider, di mana coupe/spider ini akan memiliki wheelbase yang lebih pendek. Memang banyak orang cenderung menganggap platform seperti bagian bawah mobil dengan 4 rodanya, tapi sebenarnya platform lebih luas dari itu, semacam 'pool' kode genetik tapi untuk mobil :D
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Yes, I believe u've pointed that out before when we were discussing about Passat n A4.
But anyway, if (hypothetically) I were to buy a SUV, I think I've already made up my mind - unless TAM really screw up on the pricing, it's definitely gonna be a Fortuner 3.0D4d!!! :)
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Btw Mr. Observer, since you remind me of it, have you seen the new Passat? Design-wise, I find it surprisingly good, and to think that it comes from the company that usually hatches bland designs (new Beetle, ugh)..

It has design cues from both modern Audi (owned by VW) and BMW (rival). Audi : the side lines, the pseudo-shield grille and the overall clean look. BMW : the shape of the rear trunk and the shape of the C-pillar (BMW's trademark 'hofmeister kink')

What do you think?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Hmmmm, you're right. It's pretty 'delicious'.
But personally, I'm not in the market for a sedan (apalagi sedan eropa) for the next 4 years, nor for a minivan.
My next purchase (HYPOTHETICAL!!! :mrgreen: :new-bday: :mrgreen: ) would be the SUV - Fortuner!!
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh, seperti saya dong bung Obs. Sudah ada family car c24, ngapain cari van lagi ? Dan kemarin hujan besar, mulai takut banjir. Sadar lagi sedan is useless kalau musim hujan.

We need a good SUV untuk musim hujan yang banjirnya bisa ngak tanggung tanggung, 30 cm or more water !

Bung Obs, if the Fortuner 270 juta, will U buy it ? Its a good SUV, tapi mahal man ! Toyota biasanya keluarin mobil murah. Kali ini mungkin exception yah !

But who knows ada versi skeleton yang tanpa airbag, tanpa ABS etc. Dan harga 220-230 juta ? Untuk lewat jalan jelek, banjir, mobil mahal juga sayang sih. Tapi kalau ada Fortuner murah, ya lebih " tega " ajak dia ke daerah seram.

Dan kemarin saya lihat interior Fortuner banding Innova. Ada 2 min saya stare hard. Dan saya mulai ada feeling cabin mobil 2 ini tidak akan berbeda jauh deh. Mirip sekali. Dan baris 3 mungkin sama ama Innova spacenya.

For an SUV, baris 3 sih ngak terlalu penting deh. Paling penting posisi stirnya enak dan tinggi !

Ask a few Toyota branches dan mereka bilang tidak tau banyak tentang ini Fortuner. Frustrasi banget deh ! You guys know nothing at this moment ! Harus tunggu mungkin dekat July baru tau deh.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

szli wrote:Bung Obs, if the Fortuner 270 juta, will U buy it ? Its a good SUV, tapi mahal man ! Toyota biasanya keluarin mobil murah.
Itu kalau Anda bandingkan dengan Innova, bung Szli. Kalau Anda bandingkan dengan SUV Toyota seperti Hilux SportRider (which will be replaced by the Fortuner), Kluger, Harrier, Prado etc...Fortuner is a bargain.
Szli wrote:But who knows ada versi skeleton yang tanpa airbag, tanpa ABS etc. Dan harga 220-230 juta ?
Kekekeke, bung Szli, apa yang terjadi dengan Anda yang aku pertama kenal dulu, yang selalu menekankan pentingnya airbag pada tiap mobil? Tampaknya Anda kini sudah mengerti sendiri, mengapa konsumen Indo tidak ambil pusing soal safety kekekeke :mrgreen:
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Namanya org2 indo juga, apapun alasan dan pertimbangannya pasti yg terakhir adalah HARGA yg berbicara.... hehehe....

Sama dgn Bung Szli, gue juga mengharapkan fortuner paket hemat punya hehehe... gak perlu 2.7 L yg 2.0 L juga bolehlah kalo hanya sekedar menerobos banjir dlm kota.

Gimana kalo kita usul ke TAM masukin fortuner yg 2.0 L tapi yg V version punya, jadi kalo harga jualnya jadi sktr 220-230 jt wah itu harga yg sangat menakjubkan man! 8)

Dijamin pasti jalanan penuh sesak oleh avanza, innova dan fortuner hehehe... :wink:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Herry wrote:Gimana kalo kita usul ke TAM masukin fortuner yg 2.0 L tapi yg V version punya, jadi kalo harga jualnya jadi sktr 220-230 jt wah itu harga yg sangat menakjubkan man! 8)
Bukan ke TAM, bung Herry, tapi ke Toyota Thailand, karena Fortuner tidak diproduksi dengan mesin Innova yang jelas terlalu kecil.
Tapi aku yakin Toyota tidak akan resort to this new low. Nanti malah image Fortuner hancur karena orang bilang mesinnya kekecilan. :twisted: