SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 20 Oct 2014, 11:23

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 314 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 13  Next
Author Message
PostMessage posted...: 26 Jul 2004, 22:47 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
Baru saja menonton acara MotorCruise on Metro...tentang launching Nissan new Serena dan pamerannya di mall2. Kepada calon konsumen, Nissan menyebut Serena sebagai model baru - but this is only partly true. Memang Serena yang baru saja diluncurkan adalah 'model baru' bagi konsumen lokal, tapi generasi Serena ini (generasi kedua) telah diluncurkan di Jepang sejak tahun 1999.

Generasi pertama Serena diluncurkan di Jepang pada tahun 1991 dan lifespan-nya berakhir pada tahun 1997. Generasi ini pernah masuk ke Indonesia juga, kita tentu masih ingat. Sempat vakum sebentar, karena mengalami perubahan besar2an seperti mesin di tengah-bawah (ala Suzuki Carry) yang dirubah menjadi di depan (front-engined) dan berpenggerak roda depan. Generasi kedua diluncurkan tahun 1999 (lihat foto di bawah) dan telah mengalami mid-life facelift pada tahun ketiga, yaitu tahun 2002 dan menjadi Serena yang kita lihat baru diluncurkan disini.

Nissan Serena generasi ketiga akan diluncurkan pada tahun 2005 (full model change). Nah, bagaimana dengan Serena disini? Jika Nissan konsisten dan segera merakit model baru, maka Serena model tahun 2004 hanya akan berusia setahun. Hal ini tentu akan berdampak pada resale value-nya. Seperti Mitsubishi yang meluncurkan 2 model Lancer secara 'kilat' sebelum meluncurkan new Global Lancer yang baru2 ini duluncurkan. Ketika model basis Evo IV-VI berakhir, seharusnya diteruskan oleh Lancer Cedia (basis Evo VII-VIII), tetapi karena skema AFTA, diluncurkan Lancer buatan Thailand yang tidak populer di pasar, lalu segera diganti Cedia dan kini new global Lancer.

Contoh lain adalah Honda CRV. Model pertama yang dirakit lokal hanya bertahan sekitar 2 tahun, karena di Jepang telah diluncurkan generasi baru yang tidak lama kemudian diluncurkan disini. Mengapa bisa secepat itu, karena proses pembuatan partsnya tetap dilakukan di Jepang dan disini hanya proses assembly (CKD), sehingga tak lama setelah diluncurkan di Jepang bisa segera diluncurkan di negara tempat CKD.

Honda Stream dan Civic juga demikian. Itu Honda. Bagaimana dengan Nissan? Setahu aku, Nissan juga segera meluncurkan facelifted X-Trail, bahkan model terbaru 350Z segera dipasarkan disini. Sesuai dengan slogannya Shift the Future, aku yakin Nissan akan konsisten meng-update model2nya, terutama karena Nissan ingin menggeser posisi Honda di Indo(they're on the right track, X-Trail's sales figure has overtaken CRV's).
Kecuali mungkin Terrano yang modelnya tidak diganti2..

Aku merasa Nissan terlambat 2 tahun (atau terlalu cepat 1 tahun) dalam me-release Serena. Mungkin karena mengejar waktu agar bisa launching Serena sebelum Kijang Innova. Mungkin mereka kuatir jika tahun depan baru memasukkan new Serena, sudah banyak konsumen yang membeli Kijang Innova. Jadi mereka meluncurkan generasi sekarang (yang sudah berusia 5 tahun) untuk 'menanamkan brand' Serena di konsumen, agar model tahun depan bisa menuai sukses.

Tapi bagaimana dengan konsumen yang membeli karena menyangka Serena ini model yang totally new from Japan - karena Nissan memang mempromosikannya sebagai model terbaru? Alasan orang membeli model terbaru tentu karena modelnya akan bertahan 4-5 tahun ke depan.

Ketika tahun depan Serena baru diluncurkan di Jepang, tentu tidak mungkin tetap memproduksi parts generasi lama hanya untuk dikirim ke Indo, karena mesin2 moulding dsbnya tentu sudah dirubah (seperti BMW yang tidak lagi merakit seri-5 model lama, Astra yang tidak lagi memproduksi Kijang kapsul).

Mohon pendapat dari semua :)

Maaf jika topiknya kurang menarik :wink:


P.S. Bayangkan jika design Serena 2005 mirip Siti Nurha..err, Toyota Voxy/Noah...hmmm...


Attachments:
serena_1999.jpg
serena_1999.jpg [ 16.27 KiB | Viewed 1928 times ]


Last edited by conan on 26 Jul 2004, 23:04, edited 1 time in total.
Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 26 Jul 2004, 23:02 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
Here's an article confirming that the new Serena is due in 2005 :)

NISSAN TAPS VISTEON, VALEO TO SUPPLY AUTOMODULES.

Nissan Motor Co. is using Visteon Corp. tosupply cockpit modules to its Canton, Miss., pickup truckplant—its first use of an outside supplier for subassem-blies, reports the Nihon Keizai Shimbun.Until now, Nissan has bought modules only fromCalsonic Kansei Corp., a Nissan group member.The newspaper also says Valeo SA, the Frenchsupplier, will provide Nissan with front-end modules for the next-generation Serena minivan made in Japan and similar assemblies for Sentra sedans built in Mexicobeginning in 2005. The deal eventually will cover modulesfor more than 200,000 vehicles annually.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Jul 2004, 09:16 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 15 May 2003, 23:12
Posts: 9468
Location: Indonesia
Hmmm gimana ya. Tapi saya rasa NISSAN tidak akan begitu cepat mendatangkan SERENA model 2005 nya ke Indonesia.

Mereka harus mengembangkan dan serius menjual New SERENA yang telah diluncurkan baru2 ini (model 1999 di Jepang). Karena kalau terburu2 melaunch versi 2005 maka udah pasti akan berdampak pada nilai jual kembali. Atau jangan2 model 2005 yg akan datang tidak masuk ke Indo ?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Jul 2004, 09:29 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 07 Jun 2004, 09:38
Posts: 917
Hi Conan,

Want to know my opinion ? Here is it :

Kasus mobil ganti model menurut saya agak mirip satu pria bachelor mencari istri. Saat ini dia lagi pacaran dan dalam waktu dekat mau married. Saya yakin banyak laki di dalam hati pasti pikir, somewhere out there pasti ada gadis yang lebih cocok, seksi, cantik dan baik dari pada gadis yang ama saya sekarang.

Dan this maybe true, or must be true, soalnya di dunia, or just Indonesia, gadis banyak sekali.Tapi kita kan ngak bisa tunggu terus for this perfect girl, soalnya we cannot live forever. Bisa saja misalnya besok, satu bulan, atau 1 tahun lagi kita benar benar ketemu ama gadis yang aduhai itu, atau saya di tabrak mobil dan tewas dengan Serena saya, ngak bisa di forum ini lagi. Nobody knows the future, even yang jangka pendek.

Misalnya, saya 2 hari lalu baru saja capek2 wax Stream saya. Jadi sangat cantik lagi. Eh, kemarin, sialnya, waktu parkir, ada satu motor box di samping. Orangnya buka pintu box, dan pintu boxnya kenak mobil saya ! Ada cat terkelupas ! Sial kan ? Itulah hidup, man maupun mobil.

Jadi most people kan caranya, if this girl looks OK, ya uda lah, marry saja. Dan hope kita ngak ketemu another one yang bikin kita mau cerai. Untung mobil bisa ganti, paling rugi berapa puluh juta. Tapi cerai kan costnya sangat tinggi.

Jadi for my case, saya lihat Serena yang sekarang sangat cantik, cute, featurenya lengkap dan up to date, dan harganya makes sense. Benar, mungkin 1 , atau 2 tahun lagi All New (Tiap kali all-new) Serena keluar. Tapi featurenya, bentuknya kan sekarang ngak ketahuan. Dan even if better, harganya maybe lebih mahal lagi.

Dan saya feel, sesudah pemilu, kan ada libur panjang (idul fitri) mendekati. Dan jika new presidennya OK, dan pemilu success, suasana libur untuk semua orang Indo pasti Happy. Ngak takut ribut lagi. Good time untuk Holiday ama family. Saya rencana mau pakai Serena ini untuk ajak family ke Puncak, Lembang etc.

Dan saya ngak mungkin holiday ini tidur di rumah dan tunda menikmati libur 1 tahun lagi till new model keluar, just because saya mau tunggu Serena baru lagi yang entah kapan keluar. Dan berapa harganya.

Again like Handphone dan komputer, mereka ganti model dan technologynya lebih cepat lagi. So how ? Ngak mungkin tunggu for the perfect one. That day may never come.

Dan bisa saja tahun depan, China ama Taiwan ribut, perang terjadi. US ikut campur. Economy Dunia pasti amblas. Serena baru mungkin 5 tahun lagi baru keluar. Rupiah anjlok. Harga semua mobil termasuk Serena naik tajam. Ngak terjangkau lagi.

Dunia saat ini terlalu banyak ??? Dan sudah banyak orang yakin AlQaeda kemungkinan besar serang US dengan sekala besar Nov tahun ini, untuk ganggu pemilu US dan cegah George Bush yang musuh mereka no1 terpilih jadi President US lagi. See what they did to Spain ? Benarkan Presiden pro-US di ganti dan tarik pasukan mereka.

Bisa saja AlQaeda repeat recipe yang sama di US. US sering bilang Indo ngak aman untuk tourist. Justru saya ketawa, US lah yang saat ini paling berbahaya untuk manusia. AlQaeda kan mau coba pakai senjata Nuklir atau Biologi untuk hancurkan US. Feels much safer di Indonesia kita !

Jadi point saya simple, if you love this Serena, or girl right now, Just do it ! Model yang lebih bagus pasti akan datang. But thats life.

Mirip satu silly joke ini : Ada satu gadis madut. Mau dijemput laki yang naik mobil keren. Pertama di jemput Toyota Corolla. Ah ngak mau. So medium class. Next satu BMW, wah, lumayan. Tapi saya mau Jaguar ! Jadi dia ngak naik mobil. Next Mercy, Wow, tapi saya mau Rolls Royce.

Berikutnya malah datang Kijang, Panther, Terrano etc. Akhirnya, sudah malam banget, mobil sudah ngak banyak di jalan. Akhirnya dia naik apa tahu ? Truk Sampah !


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Jul 2004, 11:59 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 04 Mar 2004, 13:47
Posts: 1136
Udah bung szli ga usa terpengaruh dengan mr.conan. Lakukan apa yang lu kehendaki.

Kan ada pepatah: lakukan apa yang bisa lakukan hari ini, jangan tunda sampai besok.

Kmrn g juga nonton Mo cruise kok, keren banget nissan ini. Dan prediksi g minggu depan yang akan di bahas adalah suzuki apv.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Jul 2004, 17:15 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
Thank you bung Szli buat opinion-nya! Aku baru baca di thread APV ternyata sudah inden ya. Ditunggu reviewnya :wink:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2004, 21:49 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Jul 2004, 21:03
Posts: 873
Hi everyone,

I sudah punya sedan, jadi maunya sih beli MPV yang mau kotak kek, mau gepeng kek, yang penting harus nyaman dan lega. Pilihan sekarang antara Innova, Serena, dan Odyssey yang katanya versi CKD-nya mau dilaunching bulan Agustus.
Innova is eliminated in the first round karena my mom yang diehard fannya Kijang sudah indent itu, dan tentunya saya mau pilih mobil lain supaya bisa tukar-tukaran kalau sudah bosan.
Jadi tinggal Serena atau Odyssey. Hati I cenderung pilih Serena, karena sangat cocok buat I dan keluarga 2 anak, apalagi tinggi I 1.85m, dan kaki I yang size 10 sepertinya tidak ada tempat di baris ketiganya Odyssey.
Tetapi, begitu dengar Serena mungkin akan total change di 2005, rasanya seperti I jatuh cinta sama gadis ini yang serba perfect, tetapi tahu dia menderita penyakit ajaib yang membuat dia menjadi nenek hanya dalam kurun waktu 1-2 tahun. Kepala I mulai bersuara dan protes, emangnya ngak takut harga resale jatuh? Terus gengsinya kan turun karena no longer the latest model? Siapa tahu diketawain orang lagi eh si anu beli mobil baru yang belum 2 tahun sudah ganti model, kayak orang bloon aja.
Kalau Odyssey kan baru keluar dari Jepang akhir tahun lalu. Jadi still a fresh babe! Dan katanya mesin dan transmisinya juga sangat smooth. Siapa ada insider info mengenai CKD version? Dan somebody in this forum sebut sebut juga soal Mitsubishi Grandis yang CKD?? Is that a sure thing?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Jul 2004, 23:24 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
Hi there Mr. Observer

Aku ingin menekankan bahwa walaupun ada kebolehjadian pada tahun 2005 diluncurkan Serena baru di Jepang, tidak menjamin prinsipalnya disini akan segera mengganti model lokal. Walaupun aku rasa tidak bisa terlalu lama ditunda, karena pabrik yang memproduksi body parts Serena lama telah beralih memproduksi model baru.
Maaf jika thread ini telah 'meracuni' Anda, tapi menurut aku before making any choices, it's always, always better to know than to not know :)

Mengenai Grandis, aku sudah pernah mengepost uji typenya di thread lain dan itu adalah bukti Mitsubishi serius mengenai rencana meluncurkan Grandis. But I think it's going to be imported built-up rather than knocked down, just like what they did with the Pajero.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Jul 2004, 02:40 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Posts: 1448
Location: in the globe
Welcome on board mr observer.
Tul,diforum ini kita sharing aja apa yg kita ketahui "all about"otomotif.
Kita secara bebas dan bertanggung jawab memposting apa yg kita yakini baik dan layak bagi RR untuk ketahui bersama.

But,setelah memilah info2 yg ada,the final decision is remind yours....
Seperti conan,yg berdasar asumsi data diinternet meyakini akan ada new serena yg benar2 new drpd model yg ada sekarang,atau bung szli yg tetap commited dengan gadis pilihannya,begitulah memang adanya,hidup adalah semata pilihan...........

So go a head,tapi secara cool pertimbangkan mana yg akan menjadi pilihan terbaik diantara Oddysey,grandis,dan new serena.
Pertimbangkan semua aspek dr teknology,performance,penampilan,kenyamanan,features,value for money,spareparts dll dll.
Rekan2 yg sekiranya punya info akan dg senang hati memposting disini....
:wink:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Jul 2004, 09:43 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 07 Jun 2004, 09:38
Posts: 917
Welcome aboard Mr. Observer

Opini saya tentang Serena baru 2005 saya sudah omong panjang di post sebelumnya. Jadi saya ngak repeat lagi.

May I share my view dengan anda. Satu, Mr. Carlos Ghosn, CEO Nissan Jepang sekarang terkenal orang pintar. Saya yakin dia tidak sebodoh itu mau rusakin bayi Serena C24 yang baru saja lahir di Indo. If CBU ya mau ganti model gampang, tapi C24 kan CKD. Sudah invest banyak uang dan tenaga untuk training workernya dan beli mesin mesin, jika 1-2 tahun lagi ganti C25, kan pusing lagi ! Harus ganti mouldnya, mesinnya, training lagi.

Dan paling penting, Nissan Indonesia dari dulu sampai sekarang ngak perna do something like this. Malah a bit slow sometimes. Terrano sampai sekarang belum ganti new model yang sudah ada di luar negeri. Soalnya istri saya bilang, Terrano yang sekarang dari dulu handsome, banyak yang suka macho imagenya.

Lihat BMW yang lebih sering ganti model. Seri 3 yang lama masih awet dan popular. Paling penting tampangnya OK or not ? Versi BMW 1995 seri 3 saja masih handsome sampai sekarang. Ngak kesan grandmother tuh, malah kesanya wanita umur 30-40an yang angun dan [cencored] mature. Pasti anda pernah lihat wanita middle age yang elegant, sensual dan lebih attractive di banding ABG kan ? Apalagi BMW seri 3 versi 2001. Ama yang sekarang kan ngak beda terlalu jauh.

Honda CRV generasi dulu memang kalah jauh ama yang sekarang, soalnya memang yang generasi dulu tampangnya jelek. Saya ngak pernah interest amanya. CRV yang sekarang OK tampangnya. Tapi Serena C24 ini cute banget. C25 sebagusnya ngak mungkin jauh lebih cantik dengan yang C24 ini.

Oh yes, saya baru kepikiran, ada satu indikator bahwa, new model keluar di Jepang, belum tentu keluar di sini, dan if yes, not so soon. Listen carefully to what I say. Mungkin bisa calm U down :)

Lihat contoh Honda Odyssey. Sudah berapa generasi di Jepang dan di dunia. Sudah obvious ini mobil pasti laku di Indo yang cinta family van. Kok Honda Indo never rakit di sini, dan never jual as CBU ? Malah importir umum yang jualin ? Its still a mystery to me... What are the guys at Honda Prospect Motor (Honda Indo) thinking all these years !!!

Dan yang saya dengar, Honda Indonesia akhirnya " Bangun dari tidur " tapi masih ngantuk, paling masukin Odyssey baru as CBU, not CKD. Toyota juga. Banyak mobil bagus like Noah/Voxy, Alphard, etc. not only ngak di CKD, jual as CBU juga ngak. I guess they are Happy dengan Kijang capsul yang benar cetak banyak uang untuk Toyota.

Jadi, my guess is, Carlos Ghosn ngak mungkin masukin C25 so soon, if benar akan segera di launch di Jepang. Paling C26 yang akan datang ke Indo. 6 or more years later. Ini baru make sense. Percaya saya, Nissan ngak seperti dulu. Mereka sekarang cerdas, optimis. Ngak mungkin tembak kaki sendiri. As proof of my confidence, saya sudah pesan C24 1 bulan sebelum launching !

Anda mau Odyssey atau C24 ? Heres my view: Odyssey mobil OK. Tapi anda harus tau, Mesinya 2400cc. Artinya sudah di tax bracket yang berat. CKD kek atau CBUin Honda Indo, harganya pasti di atas 300 juta. Seperti Honda Accord. Mungkin mesinya saja sama.

Dan Honda ngak seperti Nissan, mereka suka laba yang gemuk. Ngak mungkin jual mobil 2400 cc dengan harga mobil 2000 cc, seperti X-Trail vs CRV. Mentang mentang mereka PD banget ama merek Honda.

Dan lihat specnya, dan saya pernah duduk di dalam. I tell U, meskipun dashboardnya bagus, tapi interior spacenya lebih sempit dari Serena. Soalnya overall heightnya rendah banget di angka 1550 mm. Si Serena main di 1825 mm. Beda 27.5 cm ! Stream saya aja tingginya 1590 mm.

Dan Odyssey baris ke tiganya mirip Stream saya. Maximum cuman bisa untuk 2 dewasa. No more ! Dan ngak ada walkthrough corridornya like Serena & Alphard. Untuk mobil semahal itu, interiornya too small. Unless anda fanatik Honda ya saya nothing to say.

Jika anda sabar, not in a hurry, ya silahkan tunggu Serena C25 or C26. But if like me, anda mau segera dapat MPV yang keren, lega untuk libur Nov / Dec yang sudah dekat, why not enjoy now ?

Lihat tampang C24 ini, pasti seawet BMW seri 3 tahun 1995. Beautiful for a long time. But if anda dari awal sudah ngak suka modelnya C24 ini, ya silahkan tunggu...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Jul 2004, 11:23 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
Wah, diskusinya mulai menghangat sekarang :)

Bertukar pikiran di forum seperti ini memang sangat bagus untuk menambah wawasan..and don't forget to not take anything personal :wink:

Bung Szli, aku sangat setuju dengan Anda tentang Carlos Ghosn. Dengan tangan dingin dia membalikkan kondisi Nissan dari merugi menjadi kembali posisi no 2 di Jepang. Most likely the most valuable man in the car industry right now! Oya, dalam beberapa tahun ke depan ini Nissan akan gencar me-release banyak sekali model baru untuk mengganti seluruh lineup-nya sekarang (design will take cues from Renault's latest offerings, as Nissan is under Renault now), dan aku yakin Serena merupakan salah satu diantaranya :wink:

Tentang proses CKD, tolong yang lebih mengerti bisa mengkoreksi aku jika salah..setahu aku, CKD hanya merakit part2 yang sudah jadi menjadi mobil utuh. Sedangkan proses moulding body and interior parts dilakukan di pabrik pembuatannya. Pada pergantian model generasi baru, mesin2 lama diubah untuk membuat yang model baru, sehingga tidak bisa lagi membuat model lama (misalnya setelah membuat Vios, Soluna tidak bisa lagi dibuat walaupun hanya untuk menjadi taksi, haha)
Jadi jika pabrik Nissan di Jepang yang memproduksi Serena telah membuat model baru, model lama yang di-CKD di negara lain akan bisa bertahan sampai persediaan part2 yang sudah jadi habis dirakit...

Memang benar untuk mengambil keputusan awal untuk merakit lokal sejenis mobil membutuhkan waktu tidak sedikit..market research dsb. Tapi begitu proses CKD sudah berjalan, perubahan model sedikit saja akan segera berlaku efektif...seperti facelift2 Honda Civic, Stream, Nissan X-Trail dsb. Hanya beberapa bulan setelah facelift dilakukan di negara pembuat, sudah segera dijual di negara perakit...

Mengutip sedikit dari komentar bung Szli nih :o

Apalagi BMW seri 3 versi 2001. Ama yang sekarang kan ngak beda terlalu jauh...
Honda CRV generasi dulu memang kalah jauh ama yang sekarang, soalnya memang yang generasi dulu tampangnya jelek.


Bung Szli benar dan that's exactly my point. Seri-3 tahun 2002 s/d 2005 adalah facelift dari model tahun 1999 s/d 2002, karena itu tidak berbeda jauh sama halnya seperti Serena sekarang dibandingkan dengan model tahun 1999 (yang gambarnya bisa dilihat di atas).
Sedangkan CRV berbeda jauh karena telah mengalami full model change..sama halnya seperti yang akan terjadi pada Serena baru (2005).

Aku juga masih pikir2 terus...soalnya tidak mau bernasib sama dengan orang2 yang membeli Kijang kapsul atau Suzuki Every Plus di awal tahun ini...dan sekarang disuguhi Innova dan APV...hmm

Untuk bung Observer, aku ada sedikit masukan..Serena adalah sebuah Van seperti Toyota Alphard, sedangkan Odyssey/Grandis adalah MPV yang interior spacenya tidak selega Van, tapi dibanding Van posisi duduknya lebih menyerupai sedan. Jadi pilihlah sesuai yang paling cocok dengan kebutuhan Anda..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Jul 2004, 15:38 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 07 Jun 2004, 09:38
Posts: 917
Mr. Conan,

Perhaps you are right abt the CKD thing. Saya bukan ahli pabrik mobil.

Tapi ada 2nd possibility. Misalnya Honda Stream facelift. Mukanya lumayan major change. Nah, I don't know abt the others, tapi saya lebih suka mukanya old version yang kesan smiling face, baby face, dan yang baru mirip Goldfish mata benjolan. Agak strange. Ngak senyum lagi.

So, yang suka Stream old face cannot get a new one, soalnya tidak produksi lagi. Harus beli second.

So Serena nanti yang baru maybe more handsome, or may not be. Misalnya lebi aneh, atau meskipun cakep, in a different way. Some people mungkin tetap lebih suka versi C24 yang baru launch sekarang.

So my best opinion is, yang mau beli C24, lihat C24 lamaan dari berapa sudut di showroom. 15 minute stare at the car jika perlu ! Jika benar puas dengan bentuk yang sekarang, seperti saya, go for it ! Dari pada nanti mau ngak bisa, soalnya udah ganti muka yang ngak sesuai selera. Seperti lagu. Saya malah rindu dengan lagu lagu tahun 1980s dan 90s yang banyak enak, tapi mulai langka. Malah lagu sekarang banyak yang terlalu rock, aneh dengarnya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Jul 2004, 17:12 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Jul 2004, 21:03
Posts: 873
Mr. Szli, sepertinya anda betul betul fanatik deh ama Serena, dari luar sampai ke dalam dan tulangnya segala.

I cuma jatuh cinta dengan cabinnya yang sangat, sangat flexible n praktis, sedangkan untuk exteriornya my feeling is neutral, doesn't make my heart beats like seeing the (new) Odyssey. Tetapi, menurut I dimensinya Serena lebih pas untuk Jakarta. Lebarnya yang 1.695m pasti lebih gambang untuk memanuver/parkir daripada Innova atau Odyssey. Sedangkan kelegaan tetap dapat diberikan dengan cabin yang tinggi. Ya korbannya (kalau boleh I katakan begitu) adalah bentuknya menjadi boxy n tidak aerodinamis.

I pikir New, New Serena (C25?) tidak mungkin masuk dalam 1-1.5 tahun (seperti Mr. Szli katakan Carlos tidak mungkin mau tembak kaki sendiri). Tapi juga tidak mungkin 5-6 tahun (karena sepertinya Indonesia diposisikan untuk memproduksi MPV untuk diekspor ke pasar Asean. Mana mungkin Malaysia yang sudah dapat New Serena ini sejak Juni 2001 mau menunggu 5-6 tahun lagi untuk generasi baru?? Jadi perkiraan I yang paling realistis adalah 1.5-3 tahun lah.

I tidak tahu setelah generasi baru keluar, apakah serena yang sekarang ini bisa menjadi tante tante yang anggun seksi atau menjadi tante tante yang fashion sensenya sudah ketinggalan zaman. Siapa tahu generasi baru ini dengan bentuk yang seperti Odyssey (new) tetap bisa memberi kelegaan cabin yang seperti Serena sekarang??? :roll:

Anyway, I sudah indent Serena dari seminggu lalu (sebelum I tahu soal this new n old thing), setelah lihat displaynya di mal TA (yang hitam cakep juga).


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Jul 2004, 17:39 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
Wah, bung Observer juga ternyata sudah indent juga. Ditunggu juga reviewnya :D .
Pilihan warna hitam juga sangat tepat, selain kontras dengan interiornya juga untuk lebih menampilkan chrome accentsnya.
Bung Szli, Anda pilih warna apa ya? :o

Aku sependapat, interior Serena 2005 tidak akan berbeda terlalu jauh dari yg sekarang, terutama featuresnya yang seperti flexible seats and electric sliding doors. Jadi pilihan aman bagi yang jatuh cinta pada interiornya.

Hmm, aku jadi penasaran exterior Serena 2005 seperti apa, karena aku suka Nissan's design direction sekarang (post-Ghosn era, like the 350Z and Murano, Infinity FX45). Mungkin akan menjadi seperti baby Elgrand :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 01:55 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 15 May 2003, 23:12
Posts: 9468
Location: Indonesia
Cukup menarik untuk disimak postingnya ...

Quote:
Dan paling penting, Nissan Indonesia dari dulu sampai sekarang ngak perna do something like this. Malah a bit slow sometimes. Terrano sampai sekarang belum ganti new model yang sudah ada di luar negeri. Soalnya istri saya bilang, Terrano yang sekarang dari dulu handsome, banyak yang suka macho imagenya.


Emang bener kata szli, kalo di luar negeri TERRANO sudah berubah total. Bahkan di negara tetangga paling dekat pun, SINGAPORE ... di sana sudah mendatangkan TERRANO model terbarunya dan yang versi lamanya sudah jarang sekali. Sedangkan di Indo hanya mengalami face lift saja.

Quote:
I pikir New, New Serena (C25?) tidak mungkin masuk dalam 1-1.5 tahun (seperti Mr. Szli katakan Carlos tidak mungkin mau tembak kaki sendiri). Tapi juga tidak mungkin 5-6 tahun (karena sepertinya Indonesia diposisikan untuk memproduksi MPV untuk diekspor ke pasar Asean. Mana mungkin Malaysia yang sudah dapat New Serena ini sejak Juni 2001 mau menunggu 5-6 tahun lagi untuk generasi baru?? Jadi perkiraan I yang paling realistis adalah 1.5-3 tahun lah.


Yup, mungkin tidak akan terlalu lama 5-6 tahun. Tapi kalo lihat dalam kasus TERRANO, bisa jadi Serena model 2005 hanya sampe ke negara tetangga saja (Singapore n Malay).

Quote:
Dan lihat specnya, dan saya pernah duduk di dalam. I tell U, meskipun dashboardnya bagus, tapi interior spacenya lebih sempit dari Serena. Soalnya overall heightnya rendah banget di angka 1550 mm. Si Serena main di 1825 mm. Beda 27.5 cm ! Stream saya aja tingginya 1590 mm.

Dan Odyssey baris ke tiganya mirip Stream saya. Maximum cuman bisa untuk 2 dewasa. No more ! Dan ngak ada walkthrough corridornya like Serena & Alphard. Untuk mobil semahal itu, interiornya too small. Unless anda fanatik Honda ya saya nothing to say.


Emang kalo sebagai mobil keluarga sejati (bisa ngangkut penumpang dengan nyaman) New SERENA ini patut diacungi jempol. Dan mobil keluarga sejati kelas mewah jatuh pada Alphard. Kalo New Odyssey dan Stream spertinya tanggung untuk barisan ketiganya, dimana atapnya sangat rendah dan posisi duduknya kurang leluasa. Bagi anda yang berpostur besar, lebih baik pilih Alphard atau New SERENA aja, karena sampe baris ketiga masih nyaman.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 09:35 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 07 Jun 2004, 09:38
Posts: 917
Digitall, anda paling ngerti pikiran saya ! You and I are on the same wavelength !

To observer,

You have made a wise choice. Bukan saya sok pintar atau saya benci Honda. Ngak. Mobil saya pertama dan sampai sekarang Honda Stream. Dan Odyssey baru memang pretty. Stream akan jadi small brother Serena saya, temanin dia tiap malam di garasi saya.

Cuman anda kan sadar, Jakarta itu macet, dan akan makin macet 5 tahun ke depan. Tiap hari saja berapa mobil baru masuk jalanan Jakarta ?

Memang Serena ngak se-glamorous Odyssey atau Sedan keren. Tapi untung anda practical juga pikiranya. Bayangkan, jujur saja, imagine kita sekarang lagi kenak macet 3 jam di Jln. Sudirman, atau 7 jam di Cipanas Puncak. Saat itu, God honest nih, anda mau di dalam Serena atau Odyssey ? Mana yang lebih bantu anda "enjoy" macet itu ?

Dan Anda benar sekali tentang lebar mobil. Stream saya juga 1695 mm lebarnya. Pass banget. Tiap kali parkir atau nyelip situ sini, saya sering pikir mobil di Jakarta ngak boleh terlalu gemuk. Bisa repot nanti. Sering lihat Carnival trapped, soalnya terlalu gemuk.

Innova pasti tetap laku keras, soalnya banyak orang di Indo beli namanya, bukan mobilnya. Cuman saya wish them all the best, dapat mobil gemuk, dan lebi sempit. Lebih susah parkir dan lebi claustrophobic.

Tapi memang Innova itu lebih murah. Jadi yang lebih pentingkan hemat puluhan juta vs extra comfort, its still not a bad choice.

Cuman jika anda dananya cukup untuk beli mobil hampir 300 juta, jangan tanggung tanggung, go for the maximum comfort. Kita akan sangat tertolong nanti saat macet di Jakarta bisa 2-3 jam per hari 5 tahun ke depan. Dan saya senang soalnya saya sadar, feature di Serena HighwayStar saja sudah sama atau melebihi banyak sedan mewah di Indonesia. And you pay much less !


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 12:21 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 04 Mar 2004, 13:47
Posts: 1136
Saya sangat setuju sekali dengan pendapat bung szli, krn pendapatnya objektif walaupun memang agak serena oriented.

Jadi kesimpulan saya mobil yang dibutuhkan oleh bung szli adalah mobil yang luas, lega, fleksibel, tampang bagus, muat banyak, harga terjangkau, feature lumayan, ga terlalu gede, sesuai kebutuhan dan yang jelas harus matik. Titik.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 17:16 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 May 2004, 11:00
Posts: 840
Location: Asia
Hmm kasihan amat negara kita, jadi buangan mobil2 yang out of date dari negara2 tetangga kita. Seingat gue model yang masuk diind kebanyakan model keluaran 1-3 tahun yang lalu di negara2 tetangga. Tapi mungkin ada AFTA, semoga kebijaksanaan bisa berubah. Sehingga kita bisa nikmati model2 terbaru spt yg ada dinegara lain.

_________________
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 17:35 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Jul 2004, 21:03
Posts: 873
Hi guys,

terlepas dari masalah kapan keluarnya generasi baru, I pikir resale valuenya C24 pasti akan cukup bagus terus. Kenapa I bilang begitu? Bandingkan dengan Peugeot 807 atau VW Caravelle yang secondnya masih Rp300 jutaan, C24 tidak kalah loh baik dari penampilan, fitur maupun kenyamanan. C24 is really good value for money.

Ingat ngak waktu X-trail baru keluar? Mesinnya lebih bertenaga, fiturnya lebih lengkap, tangki bensinnya lebih besar, tetapi orang orang masih ragu, apa bisa bersaing dengan CRV?? Fast forward ke sekarang, X-Trail lebih laku dari CRV, dan harga secondnya CRV malah lebih anjlok (padahal sudah pakai garansi 3 tahun segala).

Sekarang Serena dan Innova ada pada keadaan yang hampir sama, hanya nama Nissan sekarang sudah lebih baik dari setahun lalu, tetapi lawannya juga lebih kokoh. Kalau Serena terbukti lebih lega, lebih nyaman, lebih praktis (that's the point of MPV, bukan?), siapa tahu penjualan n resale valuenya tidak kalah kalah amat ama Innova. That will be a real happy ending for me and Mr. Szli yang sudah indent hahaha. :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 17:36 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 10 May 2004, 14:22
Posts: 1664
Location: Taco Bell
Herry wrote:
Hmm kasihan amat negara kita, jadi buangan mobil2 yang out of date dari negara2 tetangga kita.



Mungkin ini hanya bad luck awal yg eventually akan membawa Indonesia menjadi suatu negara yg maju dan lebih civilized penduduknya.

Lihat tuh Aussie, dulu pulau itu kan dijadikan tempat pembuangan naripidana, sama spt. pulau Nusakembangan kita.

Kali aja, semakin banyak sampah yg dibuang ke negara kita, semakin maju negara kita ntar................hihihi............mungkin gak yah? :wink:


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 17:38 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 10 May 2004, 14:22
Posts: 1664
Location: Taco Bell
Nissan Serena di Amerika sudah stop di-produksi total dan sudah tidak dijual lagi. Penggantinya adalah Nissan Quest.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Jul 2004, 23:18 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2004, 00:34
Posts: 2961
A bit off-topic but an interesting stuff :

87 PT. Honda Prospect Motor (pp2-iaad) HONDA Elysion 2.4 A/T 29/07/2004

HPM mengajukan uji tipe Elysion...hmm :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 30 Jul 2004, 10:01 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 07 Jun 2004, 09:38
Posts: 917
Hi Observer,

Now you are talking ! :)

Anda pasti ambil yang hitam kan ? Istri saya juga gila ama yang hitam, keren dan berwibawa. Cuman saya say no to her. Soalnya saya pendapat bahwa hitam, meskipun galak, tapi jika rawatnya ngak hati hati, baretnya lebih gampang kelihatan. Dan lebih nyerep panas. Saya ambil yang 2 tone champagne silver dan sparkling silver. Persis yang di pakai di iklan mereka. So if U love black, take care of the paint.

Tiap kali beli mobil baru, feelingnya aneh. Kepingin pakai terus, tapi takut kena baret. Atau mending protek dia di garasi. Drive me a bit nuts. Kalau kena baret besar bisa upset banget nanti.

Dan saya yakin resale value pasti bagus. Why ? Sudah banyak teman dan saudara (mereka rata rata pemilik Kijang Kapsul !) saya memuji mobil ini hebat. Nah artinya nanti yang mau jual pasti ngak terlalu banyak, kan mobilnya enak di pakai. Dan peminatnya pasti banyak. Untuk jadi spykid, saya kadang malam lewat dealer Nissan di PIK. Guess what, sering lihat ada tamu lagi test drive ! Good sign. Dan dealer saya bilang sekarang waiting listnya sudah masuk ke bulan Oktober !

Nah, demand tinggi, supply limited. Gambar saja graphic economics. Harga pasti OK kan ? Hukum Demand and supply ngak bisa bohong. Kijang saja yang supplynya juga banyak (banyak yang jual juga) harganya tetap OK. Apalagi jika Serena nanti yang jual sedikit dan yang mau beli 2ndnya banyak.

Satu sales Nissan PIK bilang sekarang on average dia dan rekanya dapat 8 order Serena saat ini per orang. Cuman 8 ? Listen to this. Assumsi seluruh Indo averagenya kita mark down, ke say 5. Dan per dealer ada 5 salesman. Nissan kan ada sekitar 45 dealer. Jadi 45x5x5= 1125 selama 7 hari. Jadi bisa saja projected salesnya per bulan 4000 unit. Not bad, considering si Kijang main di 5000-6000 per bulan ! Mau angkanya di potong separu juga masih bagus di 2000 per bulan.

Ngak heran. Si X-Trail saja belakangan salesnya 800+ per bulan. Kan mobil keluarga jauh lebi popular di Indo di banding SUV / Sedan. Saya memang sangat pro mobil ini. Jika ada yang bilang Serena jelek, tolong bilang apanya yang ngak bagus. Saya lihat ini mobil hampir tidak ada weakness. Paling ngak pintar berenang.

Actually jika saya mau feel special, seharusnya saya harap ngak banyak orang pakai Serena ini, supaya mobil saya langka seperti BMW seri 7. Kan orang pakai Kijang Kapsul ngak mungkin feel special, soalnya tetangga, tante, adek, teman, nenek banyak yang pakai juga (Kan mobil sejuta umat). Dan cilakanya, yang pakai Kijang mewah bentuknya mirip ama yang versi murah.

Sama dengan yang Innova nanti. Innova yang 200 jutaan (apalagi yang versi 2700cc V6 nanti) kan badanya sama dengan yang harga 160an. Ibaratnya U beli Louis Vuitton asli, tapi orang kirain you beli yang palsu ! Exclusifitasnya agak turun gara gara saudaranya yang lebih murah.

Benar versi mewah ada huruf Krista atau G atau V, tapi orang kan harus dekat banget baru notice. Dan sudah berapa kali saya lihat Taruna / Baleno etc. tempel lambang "BMW" di mobilnya. People are not going to be impressed. Bisa saja pemilik versi murah tempel sendiri lambang Krista.

Jadi advise saya, jika mau irit, beli Innova yang versi murah di 160-170an juta (Lumayan good value untuk mobil 7 seater). Tapi jika anda sudah berani keluar 210-220 jutaan untuk yang Krista, jangan tanggung, mending tancap gas dan ambil Serena Highway Star. Everything U want sudah ada di versi ini (Jok kulit, TV / DVD / CD / MP3 / rear camera / electrik sliding door / fog lamp etc.). Seharusnya iklan Vios Britney Spears " Its Everything " lebih pantas untuk Serena.

Dan lucunya, sekarang banyak Vios jadi Taxi ! Pasti pemilik Vios kesal, nasipnya sama pemilik Soluna. Gengsinya hilang total, dan resale valuenya hancur (Toyota luh). So its not everything, but " Its all Gone with the Wind ". Mudah mudahan Innova ngak ada versi Taxinya (Kan versi Innova 160 juta harganya dekat ama harga Vios). Serena aman, soalnya perusahaan taxi mana yang berani keluar 233 juta untuk satu Van Taxi ? Kapsul saja belum lama ada berita mau di jadikan Taxi. So pray TAM ngak se kejam itu.

Di majalah katanya Honda (finally) inggin jual CRV versi 2.4 September nanti. Nah, Honda mau jualnya harga berapa ? Jual harga sama dengan yang 2.0 untuk fight X-Trail 2.5 pasti di demo pemilik CRV lama 2.0 Mereka pasti rasa kesal, dikerjain kan ? Jual lebih tinggi di say 270-280 ya ngak bisa fight X-Trail yang di 250 juta. Dan ketemu Serena yang sudah lengkap. Serba salah ! Siapa suruh Honda dari dulu rakus sih !

Berita HPM mau uji coba Elysion baru menarik. If I am HPM, mending saya masukin Elysion dari pada Odyssey. Elysion kan jauh lebi lega.

By the way, Chalupa, Serena sepertinya ngak pernah tu injak tanah Amerika. Are U sure ? Yang saya tahu Serena versi 1990s cuman ada di Eropa.

Dan anehnya baru belakangan ini Honda garansinya naik dari 2 ke 3 tahun. Innova juga nanti sama. Meskipun menguntungkan konsumen, saya rasa mereka mulai ngalah gara gara gempuran dari ATPM lain termasuk Nissan. Merasa salesnya terancam baru naikin garansinya. Why not dari dulu ?

Sama juga, mobil yang sekarang bunga 0 % seperti Kia Carens meskipun kelihatanya bagus, tapi saudara saya bilang, mobil yang gitu justru sebenernya ngak laku ! Baru pakai cara super generous untuk narik pembeli.

Saya sih sudah tulis surat ke Nissan, supaya mereka ikut warrantynya juga 3 tahun / 100,000 km. Tapi jika mereka ngak mau, its OK. Toh Nissan qualitynya sama dengan Honda. Stream saya misalnya sudah 2 tahun lebih tapi ngak pernah rewel. So 2 tahun garansi cukup kok. Malah mobil yang rewel 4 tahun garansi saja kurang !

Rekan bisnis saya yang pakai X-Trail saya interview. Dia bilang ini mobil enak, dan sudah 35000 km lebih ngak pernah ada problem. Saya tanya dia tentang Innova. Dia bilang Serena ama Innova classnya jelas beda. Harganya saja beda 60 juta lebih ! Benar juga sih.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 30 Jul 2004, 13:13 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 10 May 2004, 14:22
Posts: 1664
Location: Taco Bell
szli wrote:
H

By the way, Chalupa, Serena sepertinya ngak pernah tu injak tanah Amerika. Are U sure ? Yang saya tahu Serena versi 1990s cuman ada di Eropa.


Of course I am sure, I live here in the U.S.
Nissan North America sudah men-stop total produksi dan penjualan Serena di U.S. market, dan sebagai gantinya, dikeluarkanlah Nissan Quest.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 30 Jul 2004, 18:01 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Jul 2004, 21:03
Posts: 873
Waduh, kiranya Mr. Szli sudah kehabisan sales pitch untuk Serena, tetapi masih ada aja yang ditambahkan dan meyakinkan lagi. :e-clap:

I baca di Kompas hari ini bahwa targetnya Nissan untuk Serena adalah 300 unit/bulan. Jika analisa anda betul, berarti mereka sudah way above target. Artinya, come 1 Agustus, diskon launching sudah pasti ditiadakan, dan on paper kita kita yang sudah indent sudah profit Rp3 juta. :D

Terakhir I dengar bahwa Odyssey belum tentu di-CKD di Indonesia, tetapi versi CBU saja. Anyone has more insider info on this??


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 314 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 13  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 14 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com