Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
uchychan wrote:bapake punya corolla twincam skitar 3th'an beli wktu thn 2008, selama yg ane rasain plusnya menang lega di kabin aja selebihnya itu jajan terus plus mesin sering cepat panas klo udh macet maybe bapak ane kurang selektif nd ga tau otomotif plus itu mobil pertama jg.. tiap x jajan selalu aje keluar 1-5jeti/bln bentar2 radiator, acnya lah, compressornyalah, electric power window, etc. klo djlanan udh kumat mesin'e ampun deh bikin frustasi...
so, kesimpulan ane ; jgn ambil ni mobil klo ga mau cape bolak2lik bngkel apalagi domisili jakarta yg notabene dmna2 jalan macet, ini mobil ga co2k buat kmacetan. kecuali klo bisa dapetin kondisi yg bener baik n layak gpp deh, pindah tangan nya ga byk ngerawat bgt..
klo ane milih mending kijang90an lebih baik byk rata2 user kijang ngerawat dgn baik ex contoh kyk bbrp ttngga ane udh pke 2x pkai kijang super b'turut2 mrka juga kmpungnya di jateng...
#okesip
ane selalu senang denger pendapat dari kawan yg non-master kek gini. asik dan sangat berguna
ipar ane pernah punya maestro (sayang taunnya lupa euy ), dia beli udah tangan ke tiga. ane pernah nyoba juga, menurut penilaian ane walopun udah lumayan tua tapi nyaman, larinya juga masih ok.
sayang minusnya menurut ane harga part terlalu edun . Ipar ane klo ngejajanin mobilnya minimal abis 700 rebu. minimal sebulan sekali mesti masuk bengkel, bahkan awal beli seminggu sekali dibawa ke bengkel. ada aja yang rusak, ya mungkin karena faktor usia & pemilik sebelumnya jorok.
Minusnya lagi ga semua bengkel resmi bisa benerin. Ane pernah bawa ke bengkel resmi yang lumayan gede, mereka bilang yang punya tools buat baca/setting ECU Maestro yang paling deket di Jakarta, itupun katanya cuma satu - satunya (waktu itu dibawa ke bengkel resmi di crb). Ane ga tau juga sih bengkel yang ane masukin itu boong ngga nya.
yg namanya beli mobil seken... sdikit banyak pasti harus ada jajan nya... tergantung usia tuh mobil... apalagi kalo uda diatas 10 taon.. ga mungkin jajan dikit itu... wong mobil merek tertentu aja baru 5 taonan uda jajan nya seabreg...
Kalau honda maestro dl pernah temen bokap bli mobil ini yang tahun 90(kalau ga salah, soalnya kejadiannya waktu tahun 2000 soalnya), trus maen kerumah, ga lama setelah temen bokap itu pulang, dia telepon minta tologn krn mobil nya mogok, dan seinget saya itu ribet banget deh karena bokap juga bw orng bengkel kenalan. bsk paginya bokap sm temen nya bolak balik nyari sparepart pas dah beli sparepartnya ternyata ga cocok akhir nya bolak-balik lgi nyari yg cocok,
jadi menurut saya sie mending jgn honda maestro(maaf penilaiannya objektif bgt karena dl jg smpt ikut nyari spare partnya), mungkin yg master-master lebih bijak lagi saran dan masukkannya.
kalau budget di bawah 50 jt bukannya sudah dpt mazda cronos tahun 93?smpt tertarik juga dan cari2 info katanya ok jug mobil ini karena irit trus spare part nya ga susah(kta yang punya cronos) dan ga mahal pastinya.
sebelumnya maaf kalau ada yg salah hnya coba bantu kasih masukkan
Memang masalah utama klo beli mobkas tu adlh "jam terbang". Utk yg pertama kali beli mobil, mmg umumnya kena sindrom ingin lekas2 deal..ini krn faktor dibwh sadar jd srgnya gak aware.
Utk minimize itu,
- sesabar mgkin, dg berpikir bhw "wanita bukan engkau sajaa."..jgn mentolerir satu saja nilai minusnya.
- selalu minta didampingi yg dah lbh pengalaman mobil.
Teorinya begitu...tp mmg pada pelaksanaanya gak mudah. Aplg pas udah capek2nya hunting, biasanya "yaudahlah, itu aja..dah capek."
utk twincam sbetulnya ga terlalu nyusahin koq. problem paling berkisar ac dan radiator. klu ac sbaiknya ganti kompresor saja. byk orang yg mw murah n irit, sering ganti yg copotan. pdhl umurnya ga panjang. bagusnya ganti baru saja. lebih mahal tp jauh lebih awet.
utk radiator, fyi ada bagian yg dr fiber. klu sudah lapuk ya hrs diganti. lalu namanya mobil tua pasti radiatornya byk yg sudah tersumbat/bocor. indikasinya diisi dgn air sumur bukan coolant. klu ada uang, coba ganti saja. klu mw irit y hrs rajin2 periksa.
yg perlu diperhatikan jg lis kaca pintu sopir. biasanya lisnya sudah ga mulus lg krn pernah dicongkel (biasanya krn kunci tertinggal di dlm). klu sudah ga mulus sbaiknya ganti. sebab bila tidak diganti air hujan mudah masuk dan dpt merusak motor power window.
utk part mesin lainnya seperti kabel busi, coil dll, relatif awet. klu rusak bisa pake yg copotan.