[diskusi] LC-200 vs LX-570

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by gmx »

jalu wrote:setubuh mas....LC-80 jg masuk dalam wishing list saya.... :off_good_job:
LC-100 : mesin 1HDT + IFS,
LC-105 : mesin 1HZ + RFS

LC-80 : mesin 1HDT + RFS......sempurnaaaa.... :cupss:
setuju... tapi pajaknya aja masih 6jt/tahun euy..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by roadtrain99 »

enak nih topik ngayal...

kata org sukses semua dari angan2 dulu, lalu dikejar dalam reality supaya dream jadi kenyataan. lho kok jadi kemana2 ya...hehe

krn berandai2 super kaya raya, gw akan beli dua2nya. kalo disuruh pilih satu, gw pilih lc200 yg std, ga perlu full spec.

ngomong2 lc200 diesel 4.5ltr v8 1vd bukannya 262hp/650nm dan yg lx570 380hp/540nm ya..cmiiw..serem liat mobil besar2 dgn tenaga besar2 begini...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by andy1800 »

ikutan menggantungkan mimpi setinggi langit aaah....

kalau sedan, antara toyota dan lexus, tentu saja ane pilih lexus.
utk jip ini, bagaimanapun, nama yg melegenda adalah Land Cruiser, dan bukan lexus....
msh berasa agak gimanaa gitu, ketika pada jip spt ini ditempel logo L.

kebetulan jg moncong depannya ane jg lbh suka LC200, tidak terkesan manis spt LX570
tp mmg buritannya lbh berasa eksklusif si LX siihh.

di versi manapun, gak adakah LC200 bermesin bensin ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
FortunerMan

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by FortunerMan »

andy1800 wrote:di versi manapun, gak adakah LC200 bermesin bensin ?
Kalo menurut om Wiki
http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Land_Cruiser
Engine(s)
4.0 L V6 1GR petrol (alias mesin Fortuner 4.0)
5.7 L V8 3UR petrol
4.7 L V8 2UZ-FE petrol
4.5 L V8 1VD diesel turbo
4.6 L V8 1UR petrol
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by andy1800 »

siiip lah....jadi mimpinya bisa lbh terfokus...gak terpaku sama yg dikasih ATPM doang.

nampaknya yg paling bawah itu, 1UR-FSE adalh mesin yg terbaru ya...2006-2007 an.
tp, aplikasi awalnya kok ke sedan ya....
ntar jadinya kaya' mesin 2400 yg mmg pas ditaroh ke camry, tp karakter tenaganya jd "aneh" ketika dicangkok ke harrier gitu dong ? ('mesin sedan' ke SUV).

sdgkan, 3UR-FE is a 5.7-liter (5663 cc) engine designed for use in Toyota trucks....jd, ini mesin mmg pas kalao ditanem di Land Cruiser. cuma saja, mesin yg ini hanya utk pasar US ya ?

wah, jd bingung nih, pilih pesen ke IU utk impor dari mana ya?
kalau 5700cc itu pastilah harganya beda jauh sama yg mesin 4600....worth it gak ya, selisih harganya itu dg fun of the power yg akan kita dapet ?


*ini mode nya tetep mimpi loh*
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by maskopat »

kenapa harus dibedakan ya mesin untuk SUV dan sedan (atau cross over)?
menurut ane sih sama aja, tinggal atur setting ECU aja untuk mendapatkan power band yang sesuai... :e-think:
mohon pencerahan..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by andy1800 »

demi efisiensi produksi massal, mmg akhirnya skrg mesinnya sama aja....tinggal bedain settingan ECU.

tp ada saja probabilitas, dimana sang designer mesin (the team), mindset awalnya adlh "ini mesin lbh diproyeksikan utk nantinya dicangkokkan ke sedan" ...atau sebaliknya: "ke SUV".
yg mana, kalau kita sbg desainernya, maka akan ada mindsetnya di kepala kita: utk sedan perkotaan, basiccally diperlukan engine yg mengutamakan power...sedangkan utk SUV, yg dibutuhkan adalah lbh cenderung ke torque.
nah, kalau konfigurasi mekanis mesin adalh sama persis, maka yg bisa membedakannya cuma di settingan ECU saja... tapiiii, tentu saja itu adalh "ala kadarnya".

padahal, kalau secara basicnya, sebnarnya semestinya ada perbedaan mekanis, terutama yaitu tentang dimensi bore x stroke, yg sungguh menjadikan karakter mesinnya menjadi berbeda banget....
sedan/high speed/jalan relatif datar maka=>> stroke pendek-pendek, jadi main high rev, krn maximum power ada disana....
dan sebaliknya utk suv/gak mementingkan speed/mampu menjalani medan atau terrain yg berat maka=>> langkah pergerakan piston dibikin panjang-panjang, dibikin spy torsi sudah muncul bahkan di rev cukup rendah.

demikian juga pengaruh2 dimensi mekanikal dari valve-opening/closing timing, period, dan seberapa kelebarannya << ini terwujud pd perbedaan "bentuk" (sudut, dan/atau besarnya jendolan) dari camshaft....dan mgkin bbrp hal lain

tp ya itu tadi, demi efisiensi produksi masal, maka skrg2 ini dibikinlah mesin2 yg konfigurasi mekanisnya sama persis, yg dirancang dg kompromi2 yg paling optimal, spy bisa dipakai disana-sini,... dg hanya diperbolehkan terjadinya penyesuaian2 di sisi non-mekanikal saja.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by maskopat »

kalo kita bandingkan mesin toyota.. 1AZ-FE vs 1TR-FE. kalo gak salah 1AZ-FE ini mesin untuk sedan. sedangkan 1TR-FE mesin di MPV/SUV ladder frame. bore x stroke nya sama2 86 x 86 mm.
perbandingan tenaga dan torsi:
1AZ: 155 hp @ 6000 rpm dan 192 N·m @ 4000 rpm
1TR: 136 hp @ 5600 rpm dan 182 N·m @ 4000 rpm

dari sini terlihat, mesin 1TR, masih kalah power dan torsi. bahkan bore x stroke nya pun sama. pencapaian power dan torque maksimum pun di RPM yang sama.
nah, kira2 kenapa harus ada 2 mesin yang beda dengan bore x stroke sama tapi tenaga beda?
kenapa si ipah gak dipakein mesin 1AZ aja?

gitu juga dengan 1AR-FE vs 2TR-FE. ane lihat sih, output power dan torque lebih baik 1AR-FE. tapi 2TR mencapai max torque di putaran yang lebih rendah (tapi dengan torque yang lebih kecil)..

mohon pencerahan om... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by jalu »

mungkin akan lbh enak analisa antara 1AZ vs 1TR kalo ada grafik powerband keduanya...bisa saja meski peak power n torque nya didapat direntang rpm yg hampir sama tapi salah satu mesin kurva hp atau torsinya lbh landai atau sebaliknya.

tapi kalo memang karakter kurva kedua mesin tsb memang hampir sama, mungkin saja 1TR dipilih untuk dipake di Inova krn costnya lbh murah.

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by maskopat »

tentu kak. kalo ada grafik torque dan power di antara 2 mesin ini, akan lebih enak kita cuap2nya...

tanya kak, kenapa mesin 1TR lebih murah cost nya daripada 1AZ? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by jalu »

1TR saya anggap lbh murah dr 1AZ sebenernya itu asumsi saya pribadi yah (feel free to correct this)
dengan melihat kapasitas mesin dr bore x stroke yg sama (86 x 86) tapi 1AZ punya output lbh besar HP & Torsi saya asumsikan mesin 1AZ dibuat dng teknologi yg lbh baik dibanding 1TR....teknologi lbh baik imbasnya tentu harga unitnya lbh mahal...

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by Xous »

Buat para suhu, sy punya pertanyaan iseng, sebenarnya mahal mana sehh ongkos pembuatan sebuah engine yg reliabilitynya ciamik vs engine yg performanya ciamik, semacam bahan berkualitas vs teknologi tingkat tinggi hehe. cmmiw. Maafkan jika pertanyaan saya sedikit "lucu"
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [diskusi] LC-200 vs LX-570

Post by maskopat »

kalo dari sisi ongkos buatnya (tanpa memperhitungkan research) mungkin sama aja.. tapi kalo sudah mempertimbangkan research, mahalan yang performa setan... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green