Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by roadtrain99 »

zweifellos wrote:Langsung aja, saya punya pertanyaan seputar AWD dan 4WD.

1.Dari baca-baca di beberapa thread, yang saya 'tangkap' bahwa ...
2.Trus on deman AWD itu artinya apa ya om? B...
3. Kalo dari nomor satu, saya menyimpulkan AWD lebih praktis/bagus dari 4WD karena tenaga dibagi/diatur ECU tergantung kebutuhan. ...
4. So, jadi apa kelebihan dan keuntungan dari (on-demand AWD dan 4WD (4x4)...
1 & 2, dari versi captiva awd on demand, gamblangnya jika sewkt diperlukan/tergantung komputer bila mendeteksi perlu awd, lalu rwd nya dihidupkan.
3. antara awd dan 4wd, dua2nya tergantung kebutuhan. kalo 4wd memang betul2 manual tergantung kita manusianya. Kalo on demand tergantung komputer. Biasanya kalo sudah elektrikal gini, rusaknya lebih ribet.
4. Dua2nya sama aja fungsinya kalo masuk jalan rusak/krikil atau lumpur. kalo awd enaknya krn ga perlu tempat handle 4wd nya.

irit ga nya, logika kalo ban 4 4 nya hidup, pasti lebih boros.

Soal awd on demand lebih safety, sepertinya ga juga ya. Sebab dari versi captiva awd on demand, mereka bilang selama di aspal keras, yg bekerja tetep fwd, jadi masih agak irit. jadi bukan awd full time seperti subaru. Tadinya gw kira ctv awd full time.

Gw kurang jelas nih apakah, sewaktu hujan dijln aspal awd nya hidup? rasanya sih ga, hanya asumsi nih.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by roadtrain99 »

topspeed wrote:hayo siapa yang mau tahu bedanya 4wd dan awd on demand
bisa test drive sendiri di jalan putar balik / U-turn
yang mana yang Ngesot2
Kalo 4H diaspal, seinget gw susah ngesot, stir berat.
klo ctv on demand itu, hm..coba2 aja nih ya. Kalo ctv fwd, u turn disentak masih bisa wheel spin..atau ciiii ciiitt gitulah. Tapi kalo awd on demand, mungkin pas dideteksi ada slip, jadi ga ngesot, lsg diidupin rwd nya. sekedar asumsi.
tp rata2 kalo awd/4wd rasanya susah ngesot, semua ban nya dorong/tarik. kecuali mobil2 rally itu ya.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

AWD on demand = ngejar handling di cornering sekaligus FC, yg ga bisa dapet di 4x4, cmiiw..

nah kalo Assymetric di forester & WRX, liat kepamampuan sistem penggeraknya ok juga, termasuk yg mana yah?
trus LC200 ? keliatannya dia ini "serba otomatis juga"?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

roadtrain99 wrote:
topspeed wrote:hayo siapa yang mau tahu bedanya 4wd dan awd on demand
bisa test drive sendiri di jalan putar balik / U-turn
yang mana yang Ngesot2
Kalo 4H diaspal, seinget gw susah ngesot, stir berat.
klo ctv on demand itu, hm..coba2 aja nih ya. Kalo ctv fwd, u turn disentak masih bisa wheel spin..atau ciiii ciiitt gitulah. Tapi kalo awd on demand, mungkin pas dideteksi ada slip, jadi ga ngesot, lsg diidupin rwd nya. sekedar asumsi.
tp rata2 kalo awd/4wd rasanya susah ngesot, semua ban nya dorong/tarik. kecuali mobil2 rally itu ya.
yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

AWD on-demand mobil2 sports kaya di Audi sports differential, Atessa ETS skyline, Porsche 911 gitu sih boleh dibilang no-delay. target mereka udah kejar lap-timing sampe hitungan detik lewat ini.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

billyd1773dz wrote:
roadtrain99 wrote:
topspeed wrote:hayo siapa yang mau tahu bedanya 4wd dan awd on demand
bisa test drive sendiri di jalan putar balik / U-turn
yang mana yang Ngesot2
Kalo 4H diaspal, seinget gw susah ngesot, stir berat.
klo ctv on demand itu, hm..coba2 aja nih ya. Kalo ctv fwd, u turn disentak masih bisa wheel spin..atau ciiii ciiitt gitulah. Tapi kalo awd on demand, mungkin pas dideteksi ada slip, jadi ga ngesot, lsg diidupin rwd nya. sekedar asumsi.
tp rata2 kalo awd/4wd rasanya susah ngesot, semua ban nya dorong/tarik. kecuali mobil2 rally itu ya.
yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
itu dia bedanya, AWD on-demand justru untuk cornering.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote: yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
bukannya 4H itu tida dilock? jadi masih free antara gardan depan dan belakang? baru ke 4HLc yang dilock depan belakang? jadi harusnya 4H di sini sama dengan AWD? cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

GTR wrote:AWD on demand = ngejar handling di cornering sekaligus FC, yg ga bisa dapet di 4x4, cmiiw..

nah kalo Assymetric di forester & WRX, liat kepamampuan sistem penggeraknya ok juga, termasuk yg mana yah?
trus LC200 ? keliatannya dia ini "serba otomatis juga"?
forester tulisannya sih AWD om.. tpi skrng tu tiap AWD tiap 4x4 blm tentu sama sistemnya...
jadi yg salah bukan AWDnya tpi lebih ke teknis mobilnya itu sendiri. g ada garis tegas sih yg ngebedainnya suka-suka pabriknya nih... kya grand WJ, dia normalnya AWD tapi ada 4lo partimenya.. bwat offroad jgn ditanya deh.. rigid axle nah loh bingungkan...

lebih enak di coba sendiri tu mobil performa AWDnya, minimal nonton yutab hehe

klw LC200 sih.... segala ada = mahal... wkekeke...

klw mw ngebagi kelas mana SUV dgn kabilitas offroad n mana SUV kota lebih enak lihat sistem suspensinya.. lebih pasti di banding lihat tulisan dia awd atau apa.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote: yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
bukannya 4H itu tida dilock? jadi masih free antara gardan depan dan belakang? baru ke 4HLc yang dilock depan belakang? jadi harusnya 4H di sini sama dengan AWD? cmiiw..
nah disini yg rancu klw di PAJERO FORTUNER tulisan 4H justru bearti FULLTIME sedangkan di SUV konvensional kya trooper misalnya 4H itu PARTIME.

jadi di tambahin Lc(lock) untuk menandakan centerdiffnya di kunci.

hehe bingungkan...... ini ngasih namanya memang suka-suka pabriknya aja nih...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:
billyd1773dz wrote: yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
bukannya 4H itu tida dilock? jadi masih free antara gardan depan dan belakang? baru ke 4HLc yang dilock depan belakang? jadi harusnya 4H di sini sama dengan AWD? cmiiw..
nah disini yg rancu klw di PAJERO FORTUNER tulisan 4H justru bearti FULLTIME sedangkan di SUV konvensional kya trooper misalnya 4H itu PARTIME.

jadi di tambahin Lc(lock) untuk menandakan centerdiffnya di kunci.

hehe bingungkan...... ini ngasih namanya memang suka-suka pabriknya aja nih...

thx
:beer:
gawat dah... bisa celaka dong orang.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
ohw, jadi itu gak standar ya di tiap pabrikan? harus lihat lagi speknya ya... :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

GTR wrote:AWD on-demand mobil2 sports kaya di Audi sports differential, Atessa ETS skyline, Porsche 911 gitu sih boleh dibilang no-delay. target mereka udah kejar lap-timing sampe hitungan detik lewat ini.
iya klw yg di sedan lebih sensitif bahkan cendrung selalu muter ke seluruh roda tinggal center diffnya aja nyesuain... biasanya masih dibntu ESP TC dll... bingung deh...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

bro bill.. kalo Asymetric AWD Subaru itu ga bisa gerak juga yah klo 3 roda hilang traksi?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

^^
klw di lihat dri sistem 4x4 symetris subaru di transfercasenya sja,mestinya tidak bisa karena di gardan depan blkng masih ada differential.

disni perannya supporting tool ntah itu LSD atau macam ESP TractionControl dll yang ngebatu traksi dan mengurangi spin off, disini kuncinya.

soal bisa tidaknya.. bergantung mobilnya jg, klw forester mungkin bisa walau sulit, tpi klw legancy impreza yg bukan SUV kan kemungkinan tidak akan ketemu kondisi sampai 3 ban hilang traksi yah?

dan dlm kondisi real apa lgi klw licin n nanjak 1 ban g kan bisa ngegerakin mobil.. lebih mending pakai ban yg sesuai aja ini lebih membantu.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

kalo mobil2 dll diluar sana juga kaya di WRX (yg basis forester) kan bisa aja hilang traksi 3 roda kalo lagi ketemu salju..bro..

nah, di AWD on-demand, differential belakang dibatasi (diatur) "electro magnetic clutch", ini bukannya bisa yah walaupun 3 roda hilang traksi? secara biasanya gardan depan mobil beginian kan udah dapet LSD..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

billyd1773dz wrote:
GTR wrote:AWD on-demand mobil2 sports kaya di Audi sports differential, Atessa ETS skyline, Porsche 911 gitu sih boleh dibilang no-delay. target mereka udah kejar lap-timing sampe hitungan detik lewat ini.
iya klw yg di sedan lebih sensitif bahkan cendrung selalu muter ke seluruh roda tinggal center diffnya aja nyesuain... biasanya masih dibntu ESP TC dll... bingung deh...

:beer:
kalo mobil2 ini bukan cuma center-diff nya aja yg continuosly nyesuain, juga pembagian diferensial gardan belakang ke roda kiri-kanan lewat mekanikal clucth nya.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

^^
yup makanya sya bilang bisa sja asal di bantu support tool macam LSD d axle yg sistem kerjanya jg macem2 dri mekanikal clutch,magnet sampe hydraulic...

kya grand WJ yg Quadra-drive jg gtu.. saat normal dia AWD dgn diff aktif, di diff axle depan blkng juga aktif ada LSD hydraulic yg di berinama vari-lok fungsinya mirip dgn yg di transfercase.

klw di permukaan aspal licin seperti salju atau lumpur licin yg tak dalam LSDnya bisa langsung aktif ngebagi torsi secara seimbang ke roda yg punya traksi,LSD konvensional juga masih bisa nolong.. disini LSD bisa bekerja optimal. d jalur seperti ini pun masih mudah mengambil mometum untuk memancing LSD.

tapi klw offroad, bannya sebelah yg punya traksi sampai kejepit yang satu lagi ngangkat d udara,tidak bisa ngambil momentum, LSD sering kesulitan ngebagi daya dan butuh waktu beberapa detik (yg cukup lama) sampai LSD berhasil membagi daya.
ini kasusnya di LSD canggih klw d LSD biasa uda nyerah aja g bisa gerak.

makanya di era LSD canggih ini difflok masih di andalkan. sekarang sudah ada difflok otomatis yg halus kya LSD sehingga bisa d pke harian.tpi ini pun masih harus hati hati makenya, klw ngunci saat belok mobil bisa langsung muntir tidak bisa belok atau ngerusak drivetrain..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

GTR wrote:AWD on demand = ngejar handling di cornering sekaligus FC, yg ga bisa dapet di 4x4, cmiiw..
apakah memang ada pengaruh signifikan di handling pas cornering antara AWD dan 4x2? kalo dari web yg dikasih om topspeed, AWD ataupun 4WD hanya memberi bantuan sedikit saat cornering.
GTR wrote:bro bill.. kalo Asymetric AWD Subaru itu ga bisa gerak juga yah klo 3 roda hilang traksi?
maksud om symmetric drive train di subaru (macam forester)? kalo dari test yg ada di youtube yg diposting om topspeed, meski 3 roda kehilangan traksi, asal 1 roda masih ada traksi, bisa gerak tuh mobil.

dari video itu yang saya perhatikan, tiap jenis AWD beda performanya. yang paling parah yang CRV. dikasih slip roda² depannya, mobil ga bisa nanjak. katanya centre differential di mobil itu ga mampu untuk mengalirkan power ke roda belakang untuk menggerakkan mobil naik ke atas (dengan kasus roda2 depannya mengalami slip).

jadi yang saya dapat dari nonton video itu, AWD yang ditawarkan banyak produsen mobil mesti dites buat membuktikan apakah AWD yang ditawarkan benar-benar dapat diandalkan karena yang saya perhatikan banyak faktor yang mempengaruhi performa AWD/4WD mobil. kira-kira seperti yg om billy bilang di thread PS vs Captiva, bisa jadi 4x2 PS menyamai (atau bahkan melebihi) performa AWD Captiva di trek offroad tertentu asal jangan lumpur.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

^^
btul om.. untuk subaru memang salah satu AWD yg terbaik CRV parah bngt tu...
klw captiva mungkin masih di bawah forester yah

http://www.youtube.com/watch?v=zKoJuqOwbnU

jgn jauh2 diff di axle membagi kekanan kiri, kadang2 centerdiff d transfercasenya serta otak ECUnya gagal membagi torsi kedepan n blkng...

klw ada tombol center difflok kya escape n tribute 4x4 aja bgtu awd/fulltimenya tidak sanggup tinggal pencet diff tengahnya langsung diem ngunci dia.

walau gtu skrng di pasaran indo compact suv yg 4x4 cuma captiva apa lagi diesel pula.. klw gw di suruh milih compact suv yg di jual d indo pasti ambil captiva.. lebih baik dri escape tribute crv xtrail dll.... sya mungkin ambil yg fwd aja engine vcdinya mantap kenceng tpi irit 7seter bwat d pke ibu puter2 d kota.... hehe awdnya?takutnya mubazir uy bwat di aspal aja kok... blm ada pembuktian keampuhannya sih.. selain tulisan yg bertebaran yah..
selain itu klw awdnya memang bener2 ampuh ntar gatel lagi malah d siksa..ntar rusak lagi..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:^^
btul om.. untuk subaru memang salah satu AWD yg terbaik CRV parah bngt tu...
klw captiva mungkin masih di bawah forester yah

http://www.youtube.com/watch?v=zKoJuqOwbnU

jgn jauh2 diff di axle membagi kekanan kiri, kadang2 centerdiff d transfercasenya serta otak ECUnya saja gagal membagi torsi kedepan n blkng...

walau gtu skrng di pasaran indo compact suv yg 4x4 cuma captiva apa lagi diesel pula.. klw gw di suruh milih compact suv yg di jual d indo pasti ambil captiva.. better dri escape tribute crv xtrail dll.... sya mungkin ambil yg fwd aja enginenya mantap kenceng tpi irit 7seter bwat d pke ibu puter2 d kota.... hehe awdnya?takutnya mubazir uy bwat di aspal aja kok... blm ada pembuktian keampuhannya sih.. selain tulisan yg bertebaran yah..
selain itu klw awdnya memang bener2 ampuh ntar gatel lagi malah d siksa.....

thx
:beer:
itu dia om, yang saya tebelin ini yang kita ga tau gimana kehandalannya (realiabilitynya) dari bagian2 yang om bilang karena semuanya itu bersifat rahasia, adanya cuman angka2 dan slogan2 dari produsen. saya benar2 tersadar pas nonton youtube dari om topspeed itu. nama boleh macam2, tapi performa bisa beda jauh bahkan sangat jauh.

makanya buat pembeli mobil, mungkin ada baiknya menunggu mobil jenis terbaru itu dipakai banyak orang (menunggu review dan test drive dari empunyanya) kecuali memang di luar indo sudah banyak beredar. kalo ga ya seperti kasus CRV itu (mungkin di CRV banyak keunggulan2 lainnya ntah eksterior, interior, kenyamanan dll.) cuman saya dulu kepalang tanggung yakin CRV itu cukup bisa diandalkan buat offroad ringan (versi AWD/4WD nya).

saya semakin setuju dengan pendapat beberapa user SM di sini, bahwa merk/produsen mobil itu punya DNA masing2. kalo semisal mitsubishi sudah 'menanam' namanya di indo yang bikin ini merk terkenal akan sesuatunya dan berhasil di paris dakkar, mau tak mau ada pengaruh dari hal2 tersebut terhadap kualitas dan reliabilitas dari produk yang ditelurkan mitsubishi. begitu juga dengan merk/produsen mobil lainnya.

sampe sekarang saya masih salut ama subaru (sejak nonton video itu). jadinya sekarang lebih yakin nonton buktinya di youtube daripada cuman baca-baca spek itu mobil.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote:
billyd1773dz wrote:^^
btul om.. untuk subaru memang salah satu AWD yg terbaik CRV parah bngt tu...
klw captiva mungkin masih di bawah forester yah

http://www.youtube.com/watch?v=zKoJuqOwbnU

jgn jauh2 diff di axle membagi kekanan kiri, kadang2 centerdiff d transfercasenya serta otak ECUnya saja gagal membagi torsi kedepan n blkng...

walau gtu skrng di pasaran indo compact suv yg 4x4 cuma captiva apa lagi diesel pula.. klw gw di suruh milih compact suv yg di jual d indo pasti ambil captiva.. better dri escape tribute crv xtrail dll.... sya mungkin ambil yg fwd aja enginenya mantap kenceng tpi irit 7seter bwat d pke ibu puter2 d kota.... hehe awdnya?takutnya mubazir uy bwat di aspal aja kok... blm ada pembuktian keampuhannya sih.. selain tulisan yg bertebaran yah..
selain itu klw awdnya memang bener2 ampuh ntar gatel lagi malah d siksa.....

thx
:beer:
itu dia om, yang saya tebelin ini yang kita ga tau gimana kehandalannya (realiabilitynya) dari bagian2 yang om bilang karena semuanya itu bersifat rahasia, adanya cuman angka2 dan slogan2 dari produsen. saya benar2 tersadar pas nonton youtube dari om topspeed itu. nama boleh macam2, tapi performa bisa beda jauh bahkan sangat jauh.
betul sekali tepat topmarkotop dah!.... hehehe
itu yg sya takutkan dri sistem otomatis gini, driver sulit nebak apa yg dipikirin ecunya.. kapan harus ngunci kapan tidak.. klw pke tombol aja... beres tu..

tapi hati2 jg di yutube tidak 100% akurat, yg HOAX jg bnyk hehehe.. apa lgi klw video itu untuk kepentingan promosi brand tertentu..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:betul sekali tepat topmarkotop dah!.... hehehe
itu yg sya takutkan dri sistem otomatis gini, driver sulit nebak apa yg dipikirin ecunya.. kapan harus ngunci kapan tidak.. klw pke tombol aja... beres tu..
banyak hal dimana sentuhan manusia tidak bisa dikalahkan oleh computer namun mungkin enaknya punya sistem manual (full options) dan computerized tapi harga bakal jadi penghalang. :mrgreen:

mungkin ada analoginya terhadap apa saya coba2 cari tau tadi dinihari (apa itu ladderframe dan monocoque). ada satu yang menggelitik pas baca review PS, yg kira2 bunyinya : "banyak orang bakal tidak suka dengan ladder framenya PS namun tidak buat orang2 yang suka jalan di offroad".
billyd1773dz wrote: tapi hati2 jg di yutube tidak 100% akurat, yg HOAX jg bnyk hehehe.. apa lgi klw video itu untuk kepentingan promosi brand tertentu..

:beer:
iya om lupa tadi nambahin masalah youtube. mesti dilihat apa itu murni iklan, tes dari pabrikan (ini tentu lebih baik dari sekadar lembaran tulisan dari keunggulan mobil A terhadap mobil B) dan tentu lebih bagus lagi video pemakaian mobil tersebut dari yang punya (namun tentu belom pasti akurat juga karena mobil bisa dimodif atau ditambahin ini itu tapi setidaknya bisa ngasih gambaran buat yang awam seperti saya).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote:
billyd1773dz wrote:betul sekali tepat topmarkotop dah!.... hehehe
itu yg sya takutkan dri sistem otomatis gini, driver sulit nebak apa yg dipikirin ecunya.. kapan harus ngunci kapan tidak.. klw pke tombol aja... beres tu..
banyak hal dimana sentuhan manusia tidak bisa dikalahkan oleh computer namun mungkin enaknya punya sistem manual (full options) dan computerized tapi harga bakal jadi penghalang. :mrgreen:

mungkin ada analoginya terhadap apa saya coba2 cari tau tadi dinihari (apa itu ladderframe dan monocoque). ada satu yang menggelitik pas baca review PS, yg kira2 bunyinya : "banyak orang bakal tidak suka dengan ladder framenya PS namun tidak buat orang2 yang suka jalan di offroad".
hehe klw mw yg transfercasenya otomatis + manual n harganya tdk terlalu tinggi di indo sih, pling cari bekas om....

klw grandvitara 4x4 di masukin aja.. seru tuh..FISS sekelas dgn captiva n forester, ada ESP canggihnya lengkep bisa fulltime bisa partime ada lowgirnya pula..

dulu di treat subaru ada vidnya forester bareng GV... GV menang di medan beratnya ada lowgir... tpi di jalur licin forester menang kontrol traksinya lebih ampuh..

soal sasis.

sebenernya mau itu monokok atau ladder frame tidak ada masalah untuk offroad. yang monokok bisa lebih lentur dan ringan di banding ladder frame.

tapi ladderframe bisa lebih tangguh dan seandainya rusak dan bengkok lebih mudah betulinya. atau di ganti sasis lain..

SUV yg terkenal dgn performa offroadnya macam XJ jg monokok, bedanya tulangnya itu gede kya ladderframe tpi menyatu dgn bodi.

selama ini pke sampai temen ada yg xjnya guling ke jurang 75meter bodynya sih penyok(untung ada rollbar orangnya selamet), tpi tulang utama sasis monokoknya tetep lurus...

skrng klw nda salah wrangler JK jg monokok..

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:hehe klw mw yg transfercasenya otomatis + manual n harganya tdk terlalu tinggi di indo sih, pling cari bekas om....

klw grandvitara 4x4 di masukin aja.. seru tuh..FISS sekelas dgn captiva n forester, ada ESP canggihnya lengkep bisa fulltime bisa partime ada lowgirnya pula..

dulu di treat subaru ada vidnya forester bareng GV... GV menang di medan beratnya ada lowgir... tpi di jalur licin forester menang kontrol traksinya lebih ampuh..
itu grandvitara dari tahun berapa om yang udah lengkap gitu?
billyd1773dz wrote: soal sasis.

sebenernya mau itu monokok atau ladder frame tidak ada masalah untuk offroad. yang monokok bisa lebih lentur dan ringan di banding ladder frame.

tapi ladderframe bisa lebih tangguh dan seandainya rusak dan bengkok lebih mudah betulinya. atau di ganti sasis lain..

SUV yg terkenal dgn performa offroadnya macam XJ jg monokok, bedanya tulangnya itu gede kya ladderframe tpi menyatu dgn bodi.

selama ini pke sampai temen ada yg xjnya guling ke jurang 75meter bodynya sih penyok(untung ada rollbar orangnya selamet), tpi tulang utama sasis monokoknya tetep lurus...

skrng klw nda salah wrangler JK jg monokok..

cmiiw

thx
:beer:
iya om, maksudnya lebih tangguh. ini quote aslinya : Mitsubishi says it has a ladder chassis. This may not impress potential BMW X5 owners but it certainly would put a smile on the faces of those who want a really tough offroad machine.

jadi maksud saya, terkadang teknologi atau barang lama lebih bagus/cocok untuk pemakaian tertentu (yang lama belum tentu tak berguna/lebih jelek dari yang baru). seperti kasus 4WD dibandingin AWD.

btw thanks info tentang ladderframe vs monocoque nya om. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

di video itu, highlander juga ga bisa yah...
bener, buat off-road, makin ringan bobot makin baik.

sebenernya honda juga tau kalo AWD di CRV itu memang cuma dikasih segitu, "realtime AWD"buat city driving, sesuai model, mesin nya, dll.
Memang yang mau mobil2 CUV ini adalah penggemar keunggulan sedan yang mau tinggi, daripada sedan yg udah ceper just ditinggiin malah ga karuan2 tampilannya.

Dia ini bedain koq yg buat offroad, namanya "VTM-4" dan "SH-AWD", di Pilot / Ridgeline. kemampuan off road nya sesuai untuk produknya.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

zweifellos wrote: apakah memang ada pengaruh signifikan di handling pas cornering antara AWD dan 4x2? kalo dari web yg dikasih om topspeed, AWD ataupun 4WD hanya memberi bantuan sedikit saat cornering.
AWD yg bantu banyak di cornering pada model2 : sports differential Audi, SH-AWD, Attesa ETS.
mereka bagi torsi kiri-kanan ke sisi luar. misal saat belok ke kiri, torsi ditransfer ke roda belakang kanan, sebaliknya kalo belok kanan.

Terutama juga bantu traksi grip-handling daripada 4x2 kalo cornering terutama pada mobil2 power gede / forced induction.
Tenaga yang meletup2, bisa lebih tersalur lebih maksimal (tersalur lewat traksi lebih baik) kalo AWD daripada 4x2.
misal : Skyline GTR, EVO, STi, 911turbo, dll