betul boss, nyetel AFR ini selain diperlukan peralatan, juga butuh "feeling & mood" yg "tune in". Pak mekanik langganan bilang, buat fine tuning AFR ini bisa makan waktu lama....kadang bisa setengah hari, jika pengin hasil yg "perfect" dan mood-nya yg nyetel lagi "idealis"andy1800 wrote:hmmm...memang urusan AFR ini urusan yg gampang2 susah... bahkan utk yg ber-karburator jg.
kalau ada satuuu saja komponen di dalam sistemnya itu yg nggak beres, maka akan membuat penyetelannya susaaaaah banget...menjadi sedemikian sensitif.
padahal, kalau semua sistemnya beres, penyetelan AFR nya jadi sungguh enak... nggak segitunya sensitif.. nggak perlu akurat2 amat.
sudah sih...pertama kali cek emisi & lambda, hasilnya jelek....trus mulai diurut tuh komponen2nya...andy1800 wrote: yg jadi masalah utamanay, adalah mendiagnose komponen mana yg bermasalah.
biasanya, yg paling mudah adalah "pinjam dulu parts dari engine yg bisa dijadikan acuan".
lalu replace kan ke parts kita yg diduga bermasalah itu...coba beberapa lama.
dlm hal ini, MAF dan atau ECU, dan atau parts fuel supply lain nya itu, udah coba diganti-pinjem dg parts yg udah jelas2 oke, dr engine yg normal, bro ?
sudahkah didapat kesimpulan, bahwa masalahnya benar2 di elektroniknya, atau di konektor2nya doang?
dicek secara central dulu pake alat OBD2 diagnostic, nah yg pembacaanya ngaco/error mulai dijadikan tersangka...
trus semua colokan dibersihin (contact cleaner) dan di-sealer ulang...
Cek lambda, masih jelek....didiagnosa, pembacaan MAF-nya ngaco jadi kasih inpu AFR ke ECU jadi ngaco juga...
Dicek-kanibal parts lain jadi ok
Trus ECU di-reset, MAF-nya normal...
Dipake bebrapa kali, MAF ngaco lagi...nah itu td yg saya bilang, MAF-nya sih blom 100% tewas, tapi suka kumat penyakitnya....kadang waras kadang gila...
yak toell...ini yg mengganggu kenyamanan....apalgi buat orang2 yg idealis & perfeksionisandy1800 wrote: anyway,
kalau yakin bahwa MAF nya tersebut kadangkala error2-bener, memang pasti akan membuat pembakaran jadi nggak beres...
mgkin cuma dikit dan kadang2 ketidakberesannya.... namun tetep akan membuat kita dan enginenya berasa inconvenient.
merasa worth it atau enggak kah kita, yg bisa sempat men-saving sekian juta utk bbrp waktu, dg mengorbankan engine tetap "berbusi basah" spt itu....
kita ngga tahu saat itu MAF lagi sehat ato gila...
kalo pas sehat...santi serasa maknyosss...FC pun (lebih) irit....dalkot bisa 1:6-1:6.5
Giliran gilanya lagi kumat...sedihhh...serasa naikan ga enak, FC bisa melorot sampe 1:4-1:5...padahal yg nyetir sama, bbm jenis yg sama (bahkan dari SPBU yg sama) dan kondisi jalananpun relatif sama.
yaa..makanya saya setiap 500-1000KM sekali iseng2 buka busi, buat ngelihat apakah pembakarannya bagus...
btw...itu pas difoto, busi-nya engga basah kok...kering kerontang. bahkan kerak hitam yg melingkar itu juga "high n dry"
post#1300