Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
marmut wrote: Fri Apr 19, 2024 9:17 cvt digeber?
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
marmut wrote: Fri Apr 19, 2024 9:17 cvt digeber?
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Pindah Cost Center aja itu mbah.

- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt

- Hybrid: ganti batre

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Fri Apr 19, 2024 12:06
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
marmut wrote: Fri Apr 19, 2024 9:17 cvt digeber?
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Pindah Cost Center aja itu mbah.

- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt

- Hybrid: ganti batre

:ngacir:
exactly mbah Surya :big_grin:
sahabatq8 wrote: Fri Apr 19, 2024 11:54
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
marmut wrote: Fri Apr 19, 2024 9:17 cvt digeber?
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnya
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
User avatar
Krigger
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Krigger »

marmut wrote: Fri Apr 19, 2024 9:17
Krigger wrote: Fri Apr 19, 2024 9:06

, kmrn digeber naik turun bukit ke tasik lewat nagrek libas tanpa perlu ganti ke S,




cvt digeber?



20230914_144149.jpg
20230914_144545.jpg



:mky_03:






















:ngacir:
percuma donk mobil ane udah diurut sama suhu klo msh ambrol :mky_04: :big_smoking:



sesuai arahan mbah klo mobil mau panjang umur harus sering dibejekk... ............:ngacir:
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MSU »

AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 12:30
Suryaputra wrote: Fri Apr 19, 2024 12:06
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Pindah Cost Center aja itu mbah.

- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt

- Hybrid: ganti batre

:ngacir:
exactly mbah Surya :big_grin:
sahabatq8 wrote: Fri Apr 19, 2024 11:54
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnya
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Kayaknya kebalik om...planetary-nya di high speed >60kmh
Aneh jg logikanya kerja transmisi lebih berat pas stop & go ya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 12:30
Suryaputra wrote: Fri Apr 19, 2024 12:06
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Pindah Cost Center aja itu mbah.

- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt

- Hybrid: ganti batre

:ngacir:
exactly mbah Surya :big_grin:
sahabatq8 wrote: Fri Apr 19, 2024 11:54
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnya
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Kalo si DCVT kebalikannya Toyota punya. D-CVT daihatsu malah planetarynya buat high speed. Yang low speed/launch pake gear biasa itu lexus apa gitu (mungkin toyota jg tapi saya lupa)
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

MSU wrote: Fri Apr 19, 2024 12:48
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 12:30
Suryaputra wrote: Fri Apr 19, 2024 12:06

Pindah Cost Center aja itu mbah.

- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt

- Hybrid: ganti batre

:ngacir:
exactly mbah Surya :big_grin:
sahabatq8 wrote: Fri Apr 19, 2024 11:54

Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnya
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Kayaknya kebalik om...planetary-nya di high speed >60kmh
Aneh jg logikanya kerja transmisi lebih berat pas stop & go ya
Beda tujuan kykyna kalo si DCVT karena pairingnya mesin yang tenaganya pas pasan jadi biar powerloss lebih kecil dia pake gear biasa saat high speed.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.


apakah e-cvt sudah tidak menggunakan friction plate lg?
almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by almer18 »

Duvebriliant0 wrote: Fri Apr 19, 2024 6:50 sudah pas sebulan sejak ybs terakhir online :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Wah rame lg.. Kita tunggu hasil tes labnya..
:ngacir: :big_smile]
Slipkopling
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Mar 19, 2024 16:24
Location: --
Daily Vehicle: k3ve

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Slipkopling »

sahabatq8 wrote: Fri Apr 19, 2024 12:51
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 12:30
Suryaputra wrote: Fri Apr 19, 2024 12:06

Pindah Cost Center aja itu mbah.

- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt

- Hybrid: ganti batre

:ngacir:
exactly mbah Surya :big_grin:
sahabatq8 wrote: Fri Apr 19, 2024 11:54

Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnya
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Kalo si DCVT kebalikannya Toyota punya. D-CVT daihatsu malah planetarynya buat high speed. Yang low speed/launch pake gear biasa itu lexus apa gitu (mungkin toyota jg tapi saya lupa)
Betul mbah, planetary dcvt aktifnya di high speed. Pernah liat di group malay perodua alza 2nr (avxen nya disni), oddo nya sudah 500.000++, tapi cvt masih aman. Belum pernah turun transmisi. :big_exellent:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

marmut wrote: Fri Apr 19, 2024 14:32
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.


apakah e-cvt sudah tidak menggunakan friction plate lg?
daripada saya jadi sotoy dan ngasih jawabannya ngaco..
mending saya jawab jujur saja mbah, saya tidak tahu.
mungkin penjelasan dari video berikut ini dapat membantu
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by trebla88 »

Cvt rocky raize pake cvt daihatsu gear nya di high speed

Yg pake buat low speed cvtnya yoyota

Edit nemu merek ini kirain hitachi :upss:
Screenshot_2024-04-20-11-20-34-365_com.tokopedia.tkpd.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 12:30
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Kayaknya bukan deh dcvt (dual CVT Daihatsu)itu yg d high speed pake gear. Pada low sampe not-so-fast speed ttp belt and pulley.

Yg di low speed pake gear itu juga DCVT(direct CVT) punyanya Toyota.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

RezPrat wrote: Sat Apr 20, 2024 5:57
AbdulHakim wrote: Fri Apr 19, 2024 12:30
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Kayaknya bukan deh dcvt (dual CVT Daihatsu)itu yg d high speed pake gear. Pada low sampe not-so-fast speed ttp belt and pulley.

Yg di low speed pake gear itu juga DCVT(direct CVT) punyanya Toyota.
iya om, terimakasih
udah dikoreksi juga oleh suhu-suhu di atas :big_okay:
jacko
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by jacko »

ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

AbdulHakim wrote: Sat Apr 20, 2024 4:00
daripada saya jadi sotoy dan ngasih jawabannya ngaco..
mending saya jawab jujur saja mbah, saya tidak tahu.
mungkin penjelasan dari video berikut ini dapat membantu


terimakasih... tp karena saya ketularan juragan delko, nontonnya masih dicepetin dan blm nemu clutch pack-nya.
nanti mau ditonton lg dgn saksama.

:big_deal:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

jacko wrote: Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
Cooling system sehat?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

jacko wrote: Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.



sudah cek warna busi?

kalau ada borescope, boleh diintip kondisi dinding silinder keempatnya spt apa.

odometer segitu yg paling masuk akal ya seal klep sudah mengeras (kalau pakai seal klep).
misal memang pakai seal klep dan sudah mengeras, wajar oli rembes masuk ke ruang bakar sedikit².
jacko
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by jacko »

sahabatq8 wrote: Sun Apr 21, 2024 11:03
jacko wrote: Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
Cooling system sehat?
nah ini saya kepikiran jalur ini om, ada rencana mau ganti motor kipas sama thermostat, kalau air setiap dua tahun ganti pakai seiken yang 50%. sementara itu yang saya kepikiran, apakah ada tambahan selain yang disebut diatas om..
jacko
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by jacko »

marmut wrote: Sun Apr 21, 2024 11:07
jacko wrote: Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.



sudah cek warna busi?

kalau ada borescope, boleh diintip kondisi dinding silinder keempatnya spt apa.

odometer segitu yg paling masuk akal ya seal klep sudah mengeras (kalau pakai seal klep).
misal memang pakai seal klep dan sudah mengeras, wajar oli rembes masuk ke ruang bakar sedikit².
busi sampai saat ini bagus om, terakhir ganti 8 bulan yang lalu, pada saat uji emisi juga kemarin bagus semua.

untuk seal klep kemarin saya sudah ganti sendiri, memang sudah mengeras pada waktu dibongkar, baru 4 bulan yang lalu saya ganti seal klepnya.

untuk alat borescope masih belum dicoba om.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

jacko wrote: Sun Apr 21, 2024 13:38

busi sampai saat ini bagus om, terakhir ganti 8 bulan yang lalu, pada saat uji emisi juga kemarin bagus semua.

untuk seal klep kemarin saya sudah ganti sendiri, memang sudah mengeras pada waktu dibongkar, baru 4 bulan yang lalu saya ganti seal klepnya.

untuk alat borescope masih belum dicoba om.


lha kalo ganti seal klep berarti angkat head.
kalo angkat head ya kondisi dinding silinder keliatan, kondisi ring piston jg ketauan..... ngga perlu borescope lg.

bos klep diukur nggak? ganti seal klep kalo ternyata bos klep dan/atau batang klep ikutan aus ya percuma.
jacko
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by jacko »

marmut wrote: Sun Apr 21, 2024 13:50
jacko wrote: Sun Apr 21, 2024 13:38

busi sampai saat ini bagus om, terakhir ganti 8 bulan yang lalu, pada saat uji emisi juga kemarin bagus semua.

untuk seal klep kemarin saya sudah ganti sendiri, memang sudah mengeras pada waktu dibongkar, baru 4 bulan yang lalu saya ganti seal klepnya.

untuk alat borescope masih belum dicoba om.


lha kalo ganti seal klep berarti angkat head.
kalo angkat head ya kondisi dinding silinder keliatan, kondisi ring piston jg ketauan..... ngga perlu borescope lg.

bos klep diukur nggak? ganti seal klep kalo ternyata bos klep dan/atau batang klep ikutan aus ya percuma.
hahahah maafkan om bukan seal klep yang saya ganti tapi seal busi. :big_peace: :big_peace:
MarYuko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MarYuko »

mencoba 5w30 ecogreen buat GV, dapat di SPBU pertamina 230ribuan per galon 3,5L

impresi lumayan enak, mungkin dipake 5000km aja cukup....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

MarYuko wrote: Mon Apr 22, 2024 3:25 mencoba 5w30 ecogreen buat GV, dapat di SPBU pertamina 230ribuan per galon 3,5L

impresi lumayan enak, mungkin dipake 5000km aja cukup....
klo ada fastron gold w30 sikat mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MarYuko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MarYuko »

Suryaputra wrote: Mon Apr 22, 2024 3:54

klo ada fastron gold w30 sikat mbah.
malah gk ada mbah, cuman ada yg techno 10w40 di SPBU sini

waktu ditanya mreka bilang emang gk pernah stok, maklum SPBU pedalaman