Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnyaAbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Pindah Cost Center aja itu mbah.AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt
- Hybrid: ganti batre
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1626
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
exactly mbah SuryaSuryaputra wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:06Pindah Cost Center aja itu mbah.AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt
- Hybrid: ganti batre
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIWsahabatq8 wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:54Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnyaAbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
percuma donk mobil ane udah diurut sama suhu klo msh ambrol
sesuai arahan mbah klo mobil mau panjang umur harus sering dibejekk... ............
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kayaknya kebalik om...planetary-nya di high speed >60kmhAbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:30exactly mbah SuryaSuryaputra wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:06Pindah Cost Center aja itu mbah.AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt
- Hybrid: ganti batre
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIWsahabatq8 wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:54Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnyaAbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
Aneh jg logikanya kerja transmisi lebih berat pas stop & go ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kalo si DCVT kebalikannya Toyota punya. D-CVT daihatsu malah planetarynya buat high speed. Yang low speed/launch pake gear biasa itu lexus apa gitu (mungkin toyota jg tapi saya lupa)AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:30exactly mbah SuryaSuryaputra wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:06Pindah Cost Center aja itu mbah.AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt
- Hybrid: ganti batre
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIWsahabatq8 wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:54Yang gak pake belt bukanya hybrid ya. Kalo kyk raize gitu kan masih pake belt walaupun ada planetary gearnyaAbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Beda tujuan kykyna kalo si DCVT karena pairingnya mesin yang tenaganya pas pasan jadi biar powerloss lebih kecil dia pake gear biasa saat high speed.MSU wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:48Kayaknya kebalik om...planetary-nya di high speed >60kmhAbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:30exactly mbah SuryaSuryaputra wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:06
Pindah Cost Center aja itu mbah.
- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt
- Hybrid: ganti batre
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Aneh jg logikanya kerja transmisi lebih berat pas stop & go ya
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
apakah e-cvt sudah tidak menggunakan friction plate lg?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
- Location: South Tangerang
- Daily Vehicle: Proton Exora
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Wah rame lg.. Kita tunggu hasil tes labnya..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Mar 19, 2024 16:24
- Location: --
- Daily Vehicle: k3ve
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Betul mbah, planetary dcvt aktifnya di high speed. Pernah liat di group malay perodua alza 2nr (avxen nya disni), oddo nya sudah 500.000++, tapi cvt masih aman. Belum pernah turun transmisi.sahabatq8 wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:51Kalo si DCVT kebalikannya Toyota punya. D-CVT daihatsu malah planetarynya buat high speed. Yang low speed/launch pake gear biasa itu lexus apa gitu (mungkin toyota jg tapi saya lupa)AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:30exactly mbah SuryaSuryaputra wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:06
Pindah Cost Center aja itu mbah.
- Mesin bensin: biaya bbm dan ganti daleman cvt
- Hybrid: ganti batre
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1626
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
daripada saya jadi sotoy dan ngasih jawabannya ngaco..marmut wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 14:32AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 11:18
mbah marmut,
mobil-mobil skrg sudah banyak yang pake E-CVT planetary gear bukan sabuk baja lagi.
IMHO isu sabuk baja cvt ambrol ke depannya bakal ditemui di mobil-mobil CVT konvensional saja, khususon yang oli matic dan filternya ga pernah diganti.
apakah e-cvt sudah tidak menggunakan friction plate lg?
mending saya jawab jujur saja mbah, saya tidak tahu.
mungkin penjelasan dari video berikut ini dapat membantu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Cvt rocky raize pake cvt daihatsu gear nya di high speed
Yg pake buat low speed cvtnya yoyota
Edit nemu merek ini kirain hitachi
Yg pake buat low speed cvtnya yoyota
Edit nemu merek ini kirain hitachi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kayaknya bukan deh dcvt (dual CVT Daihatsu)itu yg d high speed pake gear. Pada low sampe not-so-fast speed ttp belt and pulley.AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:30
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Yg di low speed pake gear itu juga DCVT(direct CVT) punyanya Toyota.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1626
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
iya om, terimakasihRezPrat wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 5:57Kayaknya bukan deh dcvt (dual CVT Daihatsu)itu yg d high speed pake gear. Pada low sampe not-so-fast speed ttp belt and pulley.AbdulHakim wrote: ↑Fri Apr 19, 2024 12:30
iya betul om sahabatq8 mostly hybrid yang pure planetary gear, sedangkan yang duo kembar RR AvXen itu D-CVT low speed pake gear kalo high speed pake sabuk baja CVT CMIIW
Yg di low speed pake gear itu juga DCVT(direct CVT) punyanya Toyota.
udah dikoreksi juga oleh suhu-suhu di atas
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
AbdulHakim wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 4:00
daripada saya jadi sotoy dan ngasih jawabannya ngaco..
mending saya jawab jujur saja mbah, saya tidak tahu.
mungkin penjelasan dari video berikut ini dapat membantu
terimakasih... tp karena saya ketularan juragan delko, nontonnya masih dicepetin dan blm nemu clutch pack-nya.
nanti mau ditonton lg dgn saksama.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Cooling system sehat?jacko wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
jacko wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
sudah cek warna busi?
kalau ada borescope, boleh diintip kondisi dinding silinder keempatnya spt apa.
odometer segitu yg paling masuk akal ya seal klep sudah mengeras (kalau pakai seal klep).
misal memang pakai seal klep dan sudah mengeras, wajar oli rembes masuk ke ruang bakar sedikit².
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
nah ini saya kepikiran jalur ini om, ada rencana mau ganti motor kipas sama thermostat, kalau air setiap dua tahun ganti pakai seiken yang 50%. sementara itu yang saya kepikiran, apakah ada tambahan selain yang disebut diatas om..sahabatq8 wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 11:03Cooling system sehat?jacko wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
busi sampai saat ini bagus om, terakhir ganti 8 bulan yang lalu, pada saat uji emisi juga kemarin bagus semua.marmut wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 11:07jacko wrote: ↑Sat Apr 20, 2024 10:34 ijin bertakon mbah, kr saya ertiga 2013, kondisi unit sudah jalan 190 rb km, nah permasalahan dimesin tidak ada oli rembes,knalpot kering, garasi juga kering, tapi kenapa penyusutan oli tinggi ya mbah, oli yang pernah di pakai kyu kyu 5w30, total 5w 30 sam kerang 5w30, terakhir kemarin ganti pake fastron gold 5w 30 tapi sebelumnya di flush dengan menggunakan autoprofi line oil flush dengan system tuang di oli idel mesin 15 menit, kondisi sebelum ganti oli nguap sampe 800an ml per 5000 km. mohon arahannya mbah.
sudah cek warna busi?
kalau ada borescope, boleh diintip kondisi dinding silinder keempatnya spt apa.
odometer segitu yg paling masuk akal ya seal klep sudah mengeras (kalau pakai seal klep).
misal memang pakai seal klep dan sudah mengeras, wajar oli rembes masuk ke ruang bakar sedikit².
untuk seal klep kemarin saya sudah ganti sendiri, memang sudah mengeras pada waktu dibongkar, baru 4 bulan yang lalu saya ganti seal klepnya.
untuk alat borescope masih belum dicoba om.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
jacko wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 13:38
busi sampai saat ini bagus om, terakhir ganti 8 bulan yang lalu, pada saat uji emisi juga kemarin bagus semua.
untuk seal klep kemarin saya sudah ganti sendiri, memang sudah mengeras pada waktu dibongkar, baru 4 bulan yang lalu saya ganti seal klepnya.
untuk alat borescope masih belum dicoba om.
lha kalo ganti seal klep berarti angkat head.
kalo angkat head ya kondisi dinding silinder keliatan, kondisi ring piston jg ketauan..... ngga perlu borescope lg.
bos klep diukur nggak? ganti seal klep kalo ternyata bos klep dan/atau batang klep ikutan aus ya percuma.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Jun 06, 2023 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
hahahah maafkan om bukan seal klep yang saya ganti tapi seal busi.marmut wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 13:50jacko wrote: ↑Sun Apr 21, 2024 13:38
busi sampai saat ini bagus om, terakhir ganti 8 bulan yang lalu, pada saat uji emisi juga kemarin bagus semua.
untuk seal klep kemarin saya sudah ganti sendiri, memang sudah mengeras pada waktu dibongkar, baru 4 bulan yang lalu saya ganti seal klepnya.
untuk alat borescope masih belum dicoba om.
lha kalo ganti seal klep berarti angkat head.
kalo angkat head ya kondisi dinding silinder keliatan, kondisi ring piston jg ketauan..... ngga perlu borescope lg.
bos klep diukur nggak? ganti seal klep kalo ternyata bos klep dan/atau batang klep ikutan aus ya percuma.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 187
- Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
mencoba 5w30 ecogreen buat GV, dapat di SPBU pertamina 230ribuan per galon 3,5L
impresi lumayan enak, mungkin dipake 5000km aja cukup....
impresi lumayan enak, mungkin dipake 5000km aja cukup....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
klo ada fastron gold w30 sikat mbah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 187
- Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
malah gk ada mbah, cuman ada yg techno 10w40 di SPBU sini
waktu ditanya mreka bilang emang gk pernah stok, maklum SPBU pedalaman