2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Oke... Berhubung ane sudah ditodong - todong sama banyak oknum untuk segera nge-review CR-V 2.0 CVT...
Gayung bersambut... akhirnya ada seorang member SM yang menawarkan CR-V nya untuk di review... Kebetulan ybs baru aja SPK CR-V 2.0 CVT buat bininya...
Kenapa nggak ambil CR-V Turbo ?
Simpel aja, ybs sangat mengutamakan yang praktis dan mudah dirawat, karena yang pake bini... (saat ybs beli blom rame kasusnya om 171DJI)...
So... apakah CR-V 2.0 CVT juga cukup baik bagi yang mengutamakan praktikalitas dan kemudahan perawatan ?
Styling
Ane gak akan berlama - lama dengan impresi luar-dalamnya karena nyaris mirip...
Yang jelas CR-V 2.0 CVT ini exteriornya 99% identik dengan CR-V 1.5 Turbo non-Prestige.
Adapun perbedaan di sisi luar yang terlihat adalah muffler yang cuma sebiji...
Interior
Sangat basic, bahkan untuk ukuran mobil 400 juta... Kalau ngerasa liat yang 1.5 Turbo Prestige dah miris hati, yang 2.0 CVT apalagi... Stir lebih polosan, Panel kayu diganti panel silver, head unit standar (seperti di Civic Turbo S saya), tombol AC manual, dan kursi masih fabric.
Oh ya, tipe paling basic ini formatnya tidak lagi 7-seater, tapi 5-seater.
Ya basic sih nggak apa tapi mbok jangan 400 juta juga harganya...
Driving
Baiklah, yang paling bikin penasaran adalah rasa berkendaranya. Mesin yang digunakan adalah 2.0 Liter R20Z1 SOHC i-VTEC bertenaga 155 PS sama seperti CR-V generasi-3 dan generasi-4.
Perbedaan hanya pada sektor transmisi yang sekarang menggunakan CVT, menggantikan good ol' 5-speed.
Karena ane sudah familier dengan CR-V generasi-5, maka gak perlu terlalu banyak penyesuaian. Sekali lagi, ane nggak terlalu banyak expect mobil ini untuk jadi kenceng atau gimana... karena CR-V 2.0 memang dari dulu terkenal lemot... Dengan transmisi CVT ane sangat berharap ya setidaknya a tad better daripada 5-speed nya. Karena kebetulan punya HR-V 1.8 dan Civic 1.8 dengan transmisi CVT dan 5-speed, CVT di HR-V jauh lebih baik dibanding 5-speed di Civic...
Dari karakter injakan gas, mobil ini seakan memang diciptakan untuk urban roads. Untuk kalangan berkaki sopan, nginjek gas gak pernah lebih dari 25%. Sangat mudah mengkail torsi bawah di mesin 2.0 Liter SOHC yang memang fokusnya ke economy ini.
Bagi yang nggak tau, sistem VTEC di R-series (R18 dan R20) ini berkebalikan dibanding VTEC di K maupun B series. VTEC nya berfokus pada economy, sehingga hanya ada eco-cam saja yang bekerja pada putaran rendah, justru VTEC dis-engage waktu putaran tinggi (pernah dibahas oom egibaio di review Civic FD1 nya).
Plus, extra displacement 500cc dari CR-V Turbo justru membuat tarikan bawah CR-V paling basic ini jadi menyenangkan, untuk perkotaan lebih linear tidak ada efek laggy seperti di varian Turbo.
Ya tentunya, figur angka - angka di brosur dan teknologi tetap berbicara.
Karakter asli dari CR-V 2.0 justru makin terekspos ketika mesin ini diperas sampai RPM di atas 2000. Di CR-V Turbo, lewat 2000 RPM ketika turbo spool up mobil sudah langsung melesat kencang, CR-V 2.0 harus berpuas diri dengan tenaganya yang pas-pasan. Sempat saya kickdown, CVT bisa slip-up sampai 5000 RPM dimana itu sudah langsung masuk range powerband, tapi ya tetep, larinya segitu-segitu aja. Beda 35 hp dibanding versi Turbo memang nggak bohong.
Sehingga jadi agak males untuk mbejek...
Baik handling, steering, dan kenyamanan, nyaris tidak ada yang berubah dari CR-V 2.0. Tetep terasa lembut tapi tidak menyebabkan bodyroll berlebih, steering akurat walaupun agak sedikit hambar. Sehingga tidak terlalu banyak yang perlu dikomentari soal ini.
Intinya, ya memang kayak beli CR-V tapi tanpa beli mesin Turbo nya...
Conclusion
Nah jujur, nulis conclusionnya agak repot...
IMHO, beli CR-V generasi 5 tanpa beli mesin Turbo nya sebenernya agak mubazir, karena kayak cuma dapet casing CR-V tanpa dapet segala kelebihan utama dari platform baru Honda... Which is salah satunya adalah mesin Turbo seperti di Civic dan New Accord. Let aside problem di beberapa unit ya... Setidaknya, kalo gak dapet fitur banyak tapi masih dapet mesin baru gitu loh...
Untuk alasan praktikalitas dan kemudahan... Ya reasonable sih, tapi kembali lagi, dengan harga setara CR-V 2.0 Liter itu bisa dapet Nissan X-Trail 2.5 T32 brand new masih kembalian. Secara mesin lebih besar, kelengkapan juga lebih topcer.
So... ane harus berpikir keras apakah CR-V versi paling basic ini layak dibilang worth it...
OK, ya mungkin pembeli CR-V 2.0 adalah orang-orang yang memang pengen dapet CR-V tanpa harus berurusan dengan perawatan mesin Turbo dan merasa modelnya X-Trail udah kurang "fresh", atau yang alergi dengan merek batu makam, atau bos besar perusahaan yang mau ngebeliin manager - manager nya mobil dinas, dan punya relasi baik dengan petinggi dealer H ...
Atau ya sama seperti alasan si member SM ini beli ... karena ngebeliin bini ... bisa ngomel para bini disuruh ngisi pertamax turbo tiap kali pake...
Saya pribadi?
Tetap lebih milih X-Trail 2.5 ... I have personal preference with bigger engines... Klo CR-V antara buy turbo or buy others... Krn IMHO klo orang yang paham mobil untuk pake sendiri (bukan pake bini) akan sayang beli CR-V yang tipe paling basic tanpa mesin turbo nya...
My big thanks to Mr. H for lending us...
Gayung bersambut... akhirnya ada seorang member SM yang menawarkan CR-V nya untuk di review... Kebetulan ybs baru aja SPK CR-V 2.0 CVT buat bininya...
Kenapa nggak ambil CR-V Turbo ?
Simpel aja, ybs sangat mengutamakan yang praktis dan mudah dirawat, karena yang pake bini... (saat ybs beli blom rame kasusnya om 171DJI)...
So... apakah CR-V 2.0 CVT juga cukup baik bagi yang mengutamakan praktikalitas dan kemudahan perawatan ?
Styling
Ane gak akan berlama - lama dengan impresi luar-dalamnya karena nyaris mirip...
Yang jelas CR-V 2.0 CVT ini exteriornya 99% identik dengan CR-V 1.5 Turbo non-Prestige.
Adapun perbedaan di sisi luar yang terlihat adalah muffler yang cuma sebiji...
Interior
Sangat basic, bahkan untuk ukuran mobil 400 juta... Kalau ngerasa liat yang 1.5 Turbo Prestige dah miris hati, yang 2.0 CVT apalagi... Stir lebih polosan, Panel kayu diganti panel silver, head unit standar (seperti di Civic Turbo S saya), tombol AC manual, dan kursi masih fabric.
Oh ya, tipe paling basic ini formatnya tidak lagi 7-seater, tapi 5-seater.
Ya basic sih nggak apa tapi mbok jangan 400 juta juga harganya...
Driving
Baiklah, yang paling bikin penasaran adalah rasa berkendaranya. Mesin yang digunakan adalah 2.0 Liter R20Z1 SOHC i-VTEC bertenaga 155 PS sama seperti CR-V generasi-3 dan generasi-4.
Perbedaan hanya pada sektor transmisi yang sekarang menggunakan CVT, menggantikan good ol' 5-speed.
Karena ane sudah familier dengan CR-V generasi-5, maka gak perlu terlalu banyak penyesuaian. Sekali lagi, ane nggak terlalu banyak expect mobil ini untuk jadi kenceng atau gimana... karena CR-V 2.0 memang dari dulu terkenal lemot... Dengan transmisi CVT ane sangat berharap ya setidaknya a tad better daripada 5-speed nya. Karena kebetulan punya HR-V 1.8 dan Civic 1.8 dengan transmisi CVT dan 5-speed, CVT di HR-V jauh lebih baik dibanding 5-speed di Civic...
Dari karakter injakan gas, mobil ini seakan memang diciptakan untuk urban roads. Untuk kalangan berkaki sopan, nginjek gas gak pernah lebih dari 25%. Sangat mudah mengkail torsi bawah di mesin 2.0 Liter SOHC yang memang fokusnya ke economy ini.
Bagi yang nggak tau, sistem VTEC di R-series (R18 dan R20) ini berkebalikan dibanding VTEC di K maupun B series. VTEC nya berfokus pada economy, sehingga hanya ada eco-cam saja yang bekerja pada putaran rendah, justru VTEC dis-engage waktu putaran tinggi (pernah dibahas oom egibaio di review Civic FD1 nya).
Plus, extra displacement 500cc dari CR-V Turbo justru membuat tarikan bawah CR-V paling basic ini jadi menyenangkan, untuk perkotaan lebih linear tidak ada efek laggy seperti di varian Turbo.
Ya tentunya, figur angka - angka di brosur dan teknologi tetap berbicara.
Karakter asli dari CR-V 2.0 justru makin terekspos ketika mesin ini diperas sampai RPM di atas 2000. Di CR-V Turbo, lewat 2000 RPM ketika turbo spool up mobil sudah langsung melesat kencang, CR-V 2.0 harus berpuas diri dengan tenaganya yang pas-pasan. Sempat saya kickdown, CVT bisa slip-up sampai 5000 RPM dimana itu sudah langsung masuk range powerband, tapi ya tetep, larinya segitu-segitu aja. Beda 35 hp dibanding versi Turbo memang nggak bohong.
Sehingga jadi agak males untuk mbejek...
Baik handling, steering, dan kenyamanan, nyaris tidak ada yang berubah dari CR-V 2.0. Tetep terasa lembut tapi tidak menyebabkan bodyroll berlebih, steering akurat walaupun agak sedikit hambar. Sehingga tidak terlalu banyak yang perlu dikomentari soal ini.
Intinya, ya memang kayak beli CR-V tapi tanpa beli mesin Turbo nya...
Conclusion
Nah jujur, nulis conclusionnya agak repot...
IMHO, beli CR-V generasi 5 tanpa beli mesin Turbo nya sebenernya agak mubazir, karena kayak cuma dapet casing CR-V tanpa dapet segala kelebihan utama dari platform baru Honda... Which is salah satunya adalah mesin Turbo seperti di Civic dan New Accord. Let aside problem di beberapa unit ya... Setidaknya, kalo gak dapet fitur banyak tapi masih dapet mesin baru gitu loh...
Untuk alasan praktikalitas dan kemudahan... Ya reasonable sih, tapi kembali lagi, dengan harga setara CR-V 2.0 Liter itu bisa dapet Nissan X-Trail 2.5 T32 brand new masih kembalian. Secara mesin lebih besar, kelengkapan juga lebih topcer.
So... ane harus berpikir keras apakah CR-V versi paling basic ini layak dibilang worth it...
OK, ya mungkin pembeli CR-V 2.0 adalah orang-orang yang memang pengen dapet CR-V tanpa harus berurusan dengan perawatan mesin Turbo dan merasa modelnya X-Trail udah kurang "fresh", atau yang alergi dengan merek batu makam, atau bos besar perusahaan yang mau ngebeliin manager - manager nya mobil dinas, dan punya relasi baik dengan petinggi dealer H ...
Atau ya sama seperti alasan si member SM ini beli ... karena ngebeliin bini ... bisa ngomel para bini disuruh ngisi pertamax turbo tiap kali pake...
Saya pribadi?
Tetap lebih milih X-Trail 2.5 ... I have personal preference with bigger engines... Klo CR-V antara buy turbo or buy others... Krn IMHO klo orang yang paham mobil untuk pake sendiri (bukan pake bini) akan sayang beli CR-V yang tipe paling basic tanpa mesin turbo nya...
My big thanks to Mr. H for lending us...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Pertamax di amankan , setiap hari merhatiin CRV gen 5 ini di jalanan belum pernah liat sekalipun varian 2.0 , malah yg paling banyak itu tipe prestige turbo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Unit yg jarang terlihat d mata saya...
Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...
Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek
Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...
Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...
Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek
Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Kira2 setelah jadi format 2 baris apakah kelegaan kabin, legroom baris 2 pengaruh signifikan?
Oh ya om kalo fc nya gimana?
Oh ya om kalo fc nya gimana?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Thanks bro Chz... Kmren kepikiran ambil ini jg.. Cm masalah harga n diskon yg minim membuat saya pikir2 lg... Tp stlah baca review ini..... . Jadi batal.. Hehe
Good review bro..
Good review bro..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Head unit nya bikin ilfeel..
Tp tampang nya sih keren banget ya generasi 5 ini..
Tp tampang nya sih keren banget ya generasi 5 ini..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Very very nice review as usual..
Bahasanya simple tapi lugas, cocok buat nemenin ngopi di weekend pagi.. hehehe..
Meskipun saya belum sanggup beli mobil 400 jutaan, tapi saya mikirnya sama agak sayang 400jt dibeliin makhluk beginian.. kalo bukan karena turbonya utk apa beli crv?
Btw, FC nya ngga di share ni om?
Penasaran pengaruh CVTnya ke FC dibanding yg old 5at..
Bahasanya simple tapi lugas, cocok buat nemenin ngopi di weekend pagi.. hehehe..
Meskipun saya belum sanggup beli mobil 400 jutaan, tapi saya mikirnya sama agak sayang 400jt dibeliin makhluk beginian.. kalo bukan karena turbonya utk apa beli crv?
Btw, FC nya ngga di share ni om?
Penasaran pengaruh CVTnya ke FC dibanding yg old 5at..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
R20 udh dipake dari jaman RE masak sih masih mau beli jg di crv RW . Sama2 jadulnya mending versi K24 nya thailand . Imho .pernahmiskin wrote: βFri Feb 23, 2018 20:51 Unit yg jarang terlihat d mata saya...
Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...
Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek
Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...
- apple, banana, & grape -
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1577
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Foto anak kuncinya sesuatu bangeeet ya...masih perlu colok dan putar kunci kalah sama mobil 250-300jtan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Saya sempat lihat di Dealer interiornya memang bikin ilfeel, ga ada kesan mewah sama sekali, head unit maksa modelnya, Pas di dealer malah salesnya ngomong 1.5turbo NP, padahal jelas2 2.0, payah product knowledge sales2 ahond, yang dijual aja ga tau apa barang yang didisplay
Entah kenapa pabrikan sekarang kayanya mematikan lowest Trim macam exceed di ANPS dan G di ANF, padahal dulu lebih laku kaya'nya, malah ga salah ada varian G TRD Sportipu, semoga aja batch 2 lebih masuk akal macam ANPS exceed dapat jok kulit dan ANF dapat Bi-Beam Headlamp with DRL
Entah kenapa pabrikan sekarang kayanya mematikan lowest Trim macam exceed di ANPS dan G di ANF, padahal dulu lebih laku kaya'nya, malah ga salah ada varian G TRD Sportipu, semoga aja batch 2 lebih masuk akal macam ANPS exceed dapat jok kulit dan ANF dapat Bi-Beam Headlamp with DRL
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Tue Oct 03, 2017 9:15
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Mending hrv 1.8 om kl dibawa dalam kotaeka00 wrote: βSat Feb 24, 2018 1:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Ini mesin jadul bisa minum premium ya kalo gt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2117
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
very nice review as usual, om ..
cuma foto interiornya kurang banyak aja..
btw, kalo yang 1.5 Turbo minimal pake Ron 98 ya om? atau pake Ron 90/92 juga uda bisa?
cuma foto interiornya kurang banyak aja..
btw, kalo yang 1.5 Turbo minimal pake Ron 98 ya om? atau pake Ron 90/92 juga uda bisa?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
- Location: South Jakarta
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Kalau keterangan di buku manual, minimum RON yg direkomendasikan itu 91 ke atas sih, di bawah itu bisa, tapi untuk keadaan darurat saja sampai ketemu pom bensin yg jual bensin RON nya sesuai. Kalau ane sih sekarang pake pertabo, dulu pas awal pake shell v power sebenarnya udah enak, cuma mesin terasa masih kurang optimal tenaganya (terasa sedikit nahan tenaganya), nah pake pertabo baru deh terasa enteng dan lebih halus mesinnya.
Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Tue Oct 03, 2017 9:15
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Udah beda kelas sih Om, walau harga mirip bisa dapet crv [emoji51]mike22 wrote:Mending hrv 1.8 om kl dibawa dalam kota [emoji23]eka00 wrote: βSat Feb 24, 2018 1:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Coba cek disini : https://www.instagram.com/megaaudio_jakarta/indrasir wrote: βSat Feb 24, 2018 2:21 Kalau keterangan di buku manual, minimum RON yg direkomendasikan itu 91 ke atas sih, di bawah itu bisa, tapi untuk keadaan darurat saja sampai ketemu pom bensin yg jual bensin RON nya sesuai. Kalau ane sih sekarang pake pertabo, dulu pas awal pake shell v power sebenarnya udah enak, cuma mesin terasa masih kurang optimal tenaganya (terasa sedikit nahan tenaganya), nah pake pertabo baru deh terasa enteng dan lebih halus mesinnya.
Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
Ada CR-V turbo 1.5 yang uda pasang di instagram'nya, pakai adapter
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Ugh ane paling suka crv rw warna hitam. Gagah sangar gitu kesannya. Kalo yg putih kesannya malah agak imut.
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
betul, surprisingly Prestige justru yang paling banyak terlihat pdhl ya paling mahalgrandis_GT wrote: βFri Feb 23, 2018 19:52 Pertamax di amankan , setiap hari merhatiin CRV gen 5 ini di jalanan belum pernah liat sekalipun varian 2.0 , malah yg paling banyak itu tipe prestige turbo
Saya juga jarang liat dan jarang nemu unitnya kalo gak si oknum ini beli... bisa ditagih mulu anepernahmiskin wrote: βFri Feb 23, 2018 20:51 Unit yg jarang terlihat d mata saya...
Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...
Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek
Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...
Naah karena banyak yang gak bisa bedain personal preference sama nge-fanboy um... ya kalo urusan personal preference saya mah tetep Honda... tapi kalo udah jatah nge review ya harus fair cm karena personal preference saya mesti dituduh antek H...
Biasa yang nuduh tu gak bisa bikin review... atau gak pernah baca review saya...
Untuk leg room gak terlalu signifikan, tapi iya lebih lega sedikit.
Yang signifikan itu ruang kepalanya... karena gak ada sunroof dan gak ada vent AC yang nongol itu.
FC jujur gak ngetes... MID juga habis di reset jadi gak valid... cm berdasarkan pengalaman user CR-V RE dan RM 2.0, kisaran di 1 : 8-9 km/l... asumsi saya ya gak beda jauh kalau perkotaan mungkin irit ini dikit karena CVT.
Untung batal om CR-V baru gak turbo sih sayang menurut saya. Cuma dapet 50% sensasinya.
HU nya sih jelek... heran banget HPM selalu ngasih HU kayak gini... persis di Civic HB S saya, lelet banget juga interface nya.
Naaah itu dia... justru dengan sama-sama mesin yang mirip generasi lama, saya jadi mikir mending saingannya dong (X-Trail) bisa dapet top trim non sunatan massal.Bulgogi wrote: βSat Feb 24, 2018 0:20 Very very nice review as usual..
Bahasanya simple tapi lugas, cocok buat nemenin ngopi di weekend pagi.. hehehe..
Meskipun saya belum sanggup beli mobil 400 jutaan, tapi saya mikirnya sama agak sayang 400jt dibeliin makhluk beginian.. kalo bukan karena turbonya utk apa beli crv?
Btw, FC nya ngga di share ni om?
Penasaran pengaruh CVTnya ke FC dibanding yg old 5at..
FC gak ngetes om tapi perkiraan ya agak irit sedikit dari CR-V generasi lawas... biasanya sekitar 1 km/l bedanya bisa karena minim gear hunting waktu cruise. FC luar kota mungkin perkiraan saya bisa jauh banget dibanding yang lama.
Mana pake case covernya mirip yang keyless, begitu liat ada tombolnya... yeh ini mah jack knife keypengendiesel wrote: βSat Feb 24, 2018 1:22 Foto anak kuncinya sesuatu bangeeet ya...masih perlu colok dan putar kunci kalah sama mobil 250-300jtan
Secara exterior memang kalo gak liat emblem bokong dan knalpot bisa mistaken ama 1.5 NP om, lg mabok kali salesnya terlalu trondol emang buat CR-V basic trim yang udah 400 juta. Gak beda jauh dari RE dan RM 2.0 ...Winz wrote: βSat Feb 24, 2018 1:23 Saya sempat lihat di Dealer interiornya memang bikin ilfeel, ga ada kesan mewah sama sekali, head unit maksa modelnya, Pas di dealer malah salesnya ngomong 1.5turbo NP, padahal jelas2 2.0, payah product knowledge sales2 ahond, yang dijual aja ga tau apa barang yang didisplay
Entah kenapa pabrikan sekarang kayanya mematikan lowest Trim macam exceed di ANPS dan G di ANF, padahal dulu lebih laku kaya'nya, malah ga salah ada varian G TRD Sportipu, semoga aja batch 2 lebih masuk akal macam ANPS exceed dapat jok kulit dan ANF dapat Bi-Beam Headlamp with DRL
Untuk konsumen kelas ini, rasanya selisih duit antara tipe basic dan tipe tertinggi sedikit, dan biasanya karena udah adu gengsi makanya sekalian hajar tipe tertinggi... Atas dasar itu mungkin semua pabrikan apalagi yg besar macem ToyoHonda ngasih opsi trondolan ya buat ngeramein aja, tapi stok dan penjualan tetep dihajar tipe paling mahal.
Naah tinggal personal preference saja yang berbicara um mmg banyak yang prefer ini karena modelnya lebih baru... termasuk si oknum SM yang meminjamkan ini kayaknya jg alasannya gak ngambil X-Trail itu.eka00 wrote: βSat Feb 24, 2018 1:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
Bisa k4ng... cm gak rekomen ah, 400juta kok ngisi bensin subsidi...
Nah itu biar nonton videonya aja, klo poto interiornya banyak nanti gak pada nonton
Di fuel tank tulisannya RON91 minimum... tapi saya tetep rekomen orang yang beli buat pake 98 ...
Perbedaan performanya jauh sekali soalnya... di Civic HB saya pake 92 buat perkotaan kayak kurang vitamin...
Nah ini sudah dijelaskan...indrasir wrote: βSat Feb 24, 2018 2:21 Kalau keterangan di buku manual, minimum RON yg direkomendasikan itu 91 ke atas sih, di bawah itu bisa, tapi untuk keadaan darurat saja sampai ketemu pom bensin yg jual bensin RON nya sesuai. Kalau ane sih sekarang pake pertabo, dulu pas awal pake shell v power sebenarnya udah enak, cuma mesin terasa masih kurang optimal tenaganya (terasa sedikit nahan tenaganya), nah pake pertabo baru deh terasa enteng dan lebih halus mesinnya.
Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
Hehehe iya rasanya mobil SUV memang cocoknya warna hitam... cm ya begitu dekil keliatan dekil bangetfikrirukmanaa wrote: βSat Feb 24, 2018 3:41 Ugh ane paling suka crv rw warna hitam. Gagah sangar gitu kesannya. Kalo yg putih kesannya malah agak imut.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9893
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Masa fanboy H pilih X-Trail ?..
Mau cuman 2.0L enginenya, ttp H the best lah
Mau cuman 2.0L enginenya, ttp H the best lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Thx ripiunya om...ud ane liat di video jg..btw kedapnya dan enaknya bantingan gmana? Sama dg xtrail? Nambah dikit dpt voxy ya hehe...btw baris ke2 bisa direbahkan sampe gmana? Ga bisa maju mundur? Cocok buat suami yg beliin bini buat anjem...emak2 bgitu sampe lgs matiin mesin hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Bagaimana kalau beli RE di normalin lagi,gak sampai 400 kali......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
meh dasar antek ahond dan kroni-kroninya
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Ga fd2 ajanugroho bagor wrote: βSat Feb 24, 2018 12:34 Bagaimana kalau beli RE di normalin lagi,gak sampai 400 kali......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
yang crv ini ada tipe manualnya ga ya??
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R