Manual atau matic?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Manual atau matic?
Kalian lebih suka mobil dengan transmisi manual atau yg automatic? Lalu kenapa?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Saya pilih Matic! Di masa yang akan datang, matic akan lebih berguna. Apalagi kota2 besar udah mulai macet... udah pasti prospek Matic lebih cerah.
Matic juga bikin kita nyaman saat berkendara. Enak deh kalo udah pake matic. Dan jarang yang mau balik lagi ke manual. Walopun ada yang balik lagi ke manual, karena lebih sering berakselerasi.
Untuk mobil matic memang dibutuhkan kapasitas mesin yang besar, agar setiap perpindahan gigi ada tenaganya. Misalnya matic 1500cc lebih pas untuk dipake dalam kota. Kalo matic diatas 1800cc udah enak banget, baik di dalam kota atopun di luar kota.
Kalo mau lebih canggih lagi yah TIPTRONIC, matic ada dan manual juga bisa.
Matic juga bikin kita nyaman saat berkendara. Enak deh kalo udah pake matic. Dan jarang yang mau balik lagi ke manual. Walopun ada yang balik lagi ke manual, karena lebih sering berakselerasi.
Untuk mobil matic memang dibutuhkan kapasitas mesin yang besar, agar setiap perpindahan gigi ada tenaganya. Misalnya matic 1500cc lebih pas untuk dipake dalam kota. Kalo matic diatas 1800cc udah enak banget, baik di dalam kota atopun di luar kota.
Kalo mau lebih canggih lagi yah TIPTRONIC, matic ada dan manual juga bisa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Yg dimaksud triptonik? Atau sistem transmisi modifikasi yg ada di Indo (sorry lupa namanya)? Kalo yg transmisi modifikasi, sepertinya cara kerjanya hampir sama dengan yg manual karena kita sendiri yg harus shift gearnya, dan dengan pola yg sama dengan gear box asli, tapi koplingnya yg special krn bukan berupa pedal, tp tombol di tuas transmisi (kayak yg otomatis).whitewolf wrote:Kalo sistem'nya bisa dual matic ama manual gitu cara kerjanya gimana ya? Maksudnya Gear Box'nya tuh gimana ya cara kerjanya? Ada yang tau gak? :-)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yup Matic aja deh. Mengenai perawatan transmisi matic mudah koq. Cukup mengganti oli transmisi secara teratur. Teknologi sekarang udah canggih2, jadi ngga serepot / sejelek transmisi matic pertama kali keluar. Bahkan matic baru lebih awet... asalakan perawatan teratur.
Mobil baru jarang mogok lah. Asal ngga ditinggalin berbulan2 mobil ngga akan mogok.
Mobil baru jarang mogok lah. Asal ngga ditinggalin berbulan2 mobil ngga akan mogok.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
gua pernah baca artikel otomotif maticnya Audi TT ( kupe ) pake triptonic, trus disebutin bebas perawatan dan life time warranty ( jaminan seumur hidup ) dimana system mekanisme akselerasinya mirip bebek matic ( yamaha nuvo ) dimana ada dua diaphragm disc yg bisa mengecil dan membesar diameter pulleynya sesuai beban yg diterima, dan juga belt yg menghubungkan keduanya. Cuman .... kalo motor beltnya dari karet .... mala-lama aus, tapi kalo Audi beltnya dari rantai baja berlapis-lapis .... diklaim nggak akan rusak. Jadi ... system maticnya udah nggak banyak pake valve dan oli lagi.
Kelebihan laen Triptoniknya Audi ...... tanpa sentakan ! even gas dibecek habis ampe kandas dari posisi diam ! Kayaknya sekarang ini merk laen udah pake transmisi model beginian. Temen gua ada yg pake Civic matic baru juga tanpa sentakan even dibecek abis ...... matic sekarang hebaaat tenannnnn !!!
Kelebihan laen Triptoniknya Audi ...... tanpa sentakan ! even gas dibecek habis ampe kandas dari posisi diam ! Kayaknya sekarang ini merk laen udah pake transmisi model beginian. Temen gua ada yg pake Civic matic baru juga tanpa sentakan even dibecek abis ...... matic sekarang hebaaat tenannnnn !!!
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
Kalo dilihat filosofinya .... matic tuh dibikin buat kenyamanan, so ... memang bukan buat tarik-tarikan, dimana perpindahan gigi di set-up pada putaran tertentu ( pada rpm sedikit diatas rpm torsi puncak, sekitar 2500 ~ 3500 rpm tergantung jenis mobil ). Nah ... kalo manual perpindahan giginya terserah kita, mau ngeden ampe 6000 rpm it's okay.... asal gigi nggak rontok aja. Disamping itu umumnya matic jumlah giginya lebih sedikit dibanding manual, misal klo versi manualnya 5 speed ... maticnya biasanya 4 speed, dan yg pasti rasio antar gigi manual lebih rapat ..... ini salah satu yg bikin tarikan lebih responsif dibanding matic.
Soal top speed .... final gear ratio manual lebih kecil dibanding matic, it means .... putaran gardan/as roda lebih mendekati putaran mesin ketimbang matic, so .... dengan rpm mesin yg sama, prm roda manual lebih gede dari matic ..... laju kendaraan jadi lebih cepat.
TAPI ITU DULUUUU ..........
era mid 90'an tehnologi matic udah berkembang pesat, salah satunya Tiptronic .... dan udah di applied hampir seluruh merk mobil untuk versi maticnya. Kelebihan laen Tiptronic adalah bisa juga buat manual .... sehingga rpm perpindahan giginya terserah kita. Kalo toh kita tetep pengen pake matic tapi yg responsif .... biasanya ada tombol sekitar tuas ( 2 mode : normal & sport ) dan tekan mode sport maka perpindahan gigi akan terjadi pada rpm lebih tinggi ....... tarikan lebih terasa.
Soal top speed .... final gear ratio manual lebih kecil dibanding matic, it means .... putaran gardan/as roda lebih mendekati putaran mesin ketimbang matic, so .... dengan rpm mesin yg sama, prm roda manual lebih gede dari matic ..... laju kendaraan jadi lebih cepat.
TAPI ITU DULUUUU ..........
era mid 90'an tehnologi matic udah berkembang pesat, salah satunya Tiptronic .... dan udah di applied hampir seluruh merk mobil untuk versi maticnya. Kelebihan laen Tiptronic adalah bisa juga buat manual .... sehingga rpm perpindahan giginya terserah kita. Kalo toh kita tetep pengen pake matic tapi yg responsif .... biasanya ada tombol sekitar tuas ( 2 mode : normal & sport ) dan tekan mode sport maka perpindahan gigi akan terjadi pada rpm lebih tinggi ....... tarikan lebih terasa.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Mas Boplang, mau tanya nih, apakah cuma triptonik atau mode sport aja yg bikin akselerasi lebih cepat? Soalnya dulu waktu aku test drive Honda CR-V, perpindahan gear mengikuti akselerasi, contohnya kalo lagi jalan pelan, paling rpm antara 2-3 udah shift, tapi kalo gas aku injak sampe dalam, rpm 4 (mungkin lebih) baru shift, apakah ini salah satu tehnologi baru yg diapply pada transmisi matic? Btw untuk tambahan kenapa matic lebih lambat: biasanya lebih berat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
yup .... kayaknya gitu deh ........... the latest matic makin pintar aja, seingat gw udah make microchip yg bisa baca karakter/style pengemudi. Lancer matic baru juga spt itu ... jika dibejek abis shiftnya pada rpm lebih tinggi.
iya tuh ..... gearbox matic lama gede banget, berat n bikin lamban.
iya tuh ..... gearbox matic lama gede banget, berat n bikin lamban.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Oct 22, 2003 4:57
Civic tahun berapa 2003 atau 2004? bener nih gak sentak walaupun di tekan abis2an? tapi tarikannya gimana?boplang wrote:Temen gua ada yg pake Civic matic baru juga tanpa sentakan even dibecek abis ...... matic sekarang hebaaat tenannnnn !!!
I can't believe that God would choose to play dice with universe -Albert Einstein
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
wehh, pada mbahas yang baru-baru neh. ikutan tanya yang lama dunk. baru nemu genio matik 92.
1. apa stasioner/idle posisi gear netralnya tinggi? 1000-1200 rpm.
2. ada 3 transmisi yang gue masi bingung penggunaannya. D4, D3 dan 2. masing-masingnya untuk apa sih?
3. biasanya, kelemahan matik apa?
thanks yak, segitu dulu deh pertanyaan gue. btw, salam kenal...
1. apa stasioner/idle posisi gear netralnya tinggi? 1000-1200 rpm.
2. ada 3 transmisi yang gue masi bingung penggunaannya. D4, D3 dan 2. masing-masingnya untuk apa sih?
3. biasanya, kelemahan matik apa?
thanks yak, segitu dulu deh pertanyaan gue. btw, salam kenal...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Civic baru baik taon 2003 versi matic enak koq. Tarikannya bagus, padahal matic. Kalo dilakukan kick down untuk nyiap mobil di depan hentakan terjadi halus dan sedikit sentak tentu ada, namanya juga kick down.
Tarikan Civic sedikit dibawah ALTIS, tapi Civic 1700cc dan Altis 1800cc. Btw, keduanya oke punya apalagi versi Matic. Kalo mau lebih canggih dan harga sekelasnya bisa ambil Peugeot 307 XS Tiptronic (matic dan manual ada).
Tarikan Civic sedikit dibawah ALTIS, tapi Civic 1700cc dan Altis 1800cc. Btw, keduanya oke punya apalagi versi Matic. Kalo mau lebih canggih dan harga sekelasnya bisa ambil Peugeot 307 XS Tiptronic (matic dan manual ada).